Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Lengkap !

  • Whatsapp
pengertian manajemen menurut ahli

Pengertian manajemenmenurut para ahli memiliki berbagai penafsiran sesuai dengan bidang dan pengalaman mereka masing-masing. Namun pada intinya dari semua pengertian manajemen menurut para ahli ini memiliki makna yang sama. Manajemen merupakan terjemahan dari kata “management” yang berasal dari kata “manage”. Kata “manage” dalam bahasa indonesia memiliki arti mengatur, mengelola.   

Sementara itu managemendalam bahasa Inggris memiliki arti pengelolaan, pengurus atau pimpinan. Manajemen ini seringkali dikaitkan dengan sebuah ilmu dalam mengatur dan mengelola sebuah perusahaan. Sehingga ada juga yang menyatakan bahwa manajemen merupakan seni dalam memimpin, mengelola atau mengurus sebuah organisasi.    

Muat Lebih

Manajemen juga merupakan satu disiplin ilmu yang dapat kita temui di berbagai perguruan tinggi, bahkan merupakan program studi paling favorit selain Akuntansi untuk fakultas ekonomi. Lalu sebenarnya apa sih manajemen itu? Daripada bingung, berikut adalah beberapa pengertian manajemen menurut para ahli yang kami peroleh dari berbagai sumber.

Baca juga : Fungsi-fungi Manajerial

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Lengkap !

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. American Management Association

Manajeman adalah sebuah tindakan untuk menyelesaikan sesuatu melalui orang lain dan meminta mereka melakukannya dengan sukarela (dengan senang hati).

2. Henri Fayol

Pengertian manajemen menurut Henri adalah mengelola yang meliputi meramalkan/merencanakan (planning), mengatur (to organize), mengoordinasi (to co-ordinate) dan mengendalikan (to control).   

3. Fredmund Malik

Manajemen adalah merubah sumber daya menjadi utilitas (sesuatu yang memiliki nilai/manfaat/kegunaan). Sehingga manajemen dimaksudkan sebagai salah satu faktor produksi besama-sama dengan mesin, bahan baku dan modal.  

4. George.R.Terry

Manajemen adalah kerangka kerja atau proses yang didalamnya melibatkan pengarahan atau bimbingan dari sekelompok orang ke arah tujuan organisasional dengan maksud yang jelas dan telah ditentukan sebelumnya.

5. James A.F Stoner

Manajemen adalah suatu proses dari merencanakan, penggunaan sumber daya, dan pengorganisasian untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

6. Van Fleet dan Peterson

Manajemen adalah serangkaian kegiatan yang diarahkan pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan.

7. Kreitner

Pengertian manajemen menurut Kreitner adalah proses penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya yang langka secara efisien dalam lingkungan yang berubah.

8. Luther Gulick

Manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

9. F.W. Taylor

Manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan, kapan dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara terbaik dan termurah (ter efisien).

10. Wilson Bangun

Manajemen adalah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

11. Koontz

Koontz mendefinisikan manajemen sebaga seni menyelesaikan sesuatu bersama-sama dengan orang dalam kelompok yang diorganisasikan secara formal. Juga merupakan seni menciptakan lingkungan di mana orang dapat melakukannya secara individu dan dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan kelompok.        

12. Menurut Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan

Pengertian Manajemen Dalam Bahasa Inggris Menurut Para Ahli

1. Van Fleet dan Peterson

A set of activities directed at the efficient and effective utilization of resources in the pursuit of one or more goals

Manajemen adalah serangkaian kegiatan yang diarahkan pada pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan.

2. Kreitner

Management is a problem solving process of effectively achieving organizational objectives through the efficient use of scarce resources in a changing environment. 

Kreitner mendefinisikan manajemen sebagai proses penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya yang langka secara efisien dalam lingkungan yang berubah.

3. Harold Koontz

Management is an art of getting things done through and with the people in formally organized groups. It is an art of creating an environment in which people can perform and individuals and can co-operate towards attainment of group goals.

Manajemen menurut Koontz adalah seni menyelesaikan sesuatu dan bersama orang-orang dalam kelompok yang diorganisasikan secara formal. Ini adalah seni menciptakan lingkungan di mana orang dapat melakukan dan individu dan dapat bekerja sama menuju pencapaian tujuan kelompok.

 Baca juga : Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Sekarang sudah tahu kan pengertian manajemen menurut para ahli, giliran kalian menyimpulkan sendiri pengertian manajemen menurut kalian sendiri, he he.

Sumber referensi : 
1. What is management? diakses di https://www.managementstudyhq.com/what-is-management.html pada tanggal 14 September 2019.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *