pengertian manajemen menurut para ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Diposting pada 2.104 views

Pengertian manajemen menurut para ahli memiliki berbagai penafsiran sesuai dengan bidang dan pengalaman mereka masing-masing. Namun pada intinya dari semua pengertian manajemen menurut para ahli ini memiliki makna yang sama.

Apa sih itu manajemen? Sering denger sih, di kampus-kampus khususnya di fakultas ekonomi juga ada satu program studi manajemen. Di UGM misalnya, salah satu kampus tergadjah di jogja, disana ada jurusan manajemen.

Tidak hanya S1, tetapi yang D3 pun juga ada. Lalu bagaimana dengan kampus yang lain? Di kampus yang lain juga banyak, di UNY juga ada S1 manajemen, kalau D3 nya adanya manajemen pemasaran.

Selain prodi Akuntansi dan Perbankan, Manajemen juga menjadi salah satu jurusan favorit dari para calon mahasiswa.


Terlepas dari itu semua, kalian mungkin sudah menjadi mahasiswa Manajemen, yang sekarang sedang mencari tahu apa sih itu manajemen, atau sedang diberi tugas oleh dosen terkait dengan manajemen. Nah, pada kesempatan ini akan membahas terkait dengan majemenen.

Manajemen merupakan terjemahan dari kata “management” yang berasal dari kata “manage”. Kata “manage” dalam bahasa indonesia memiliki arti mengatur, mengelola.   

Sementara itu managemendalam bahasa Inggris memiliki arti pengelolaan, pengurus atau pimpinan.

Manajemen seringkali dikaitkan dengan sebuah ilmu dalam mengatur dan mengelola sebuah perusahaan. Sehingga ada juga yang menyatakan bahwa manajemen merupakan seni dalam memimpin, mengelola atau mengurus sebuah organisasi.    

Manajemen juga merupakan satu disiplin ilmu yang dapat kita temui di berbagai perguruan tinggi, bahkan merupakan program studi paling favorit selain Akuntansi untuk fakultas ekonomi.

Lalu sebenarnya apa sih manajemen itu? Daripada bingung, berikut adalah beberapa pengertian manajemen menurut para ahli yang kami peroleh dari berbagai sumber.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen menurut ahli

1. American Management Association

Manajeman adalah sebuah tindakan untuk menyelesaikan sesuatu melalui orang lain dan meminta mereka melakukannya dengan sukarela (dengan senang hati).

2. Henri Fayol

Pengertian manajemen menurut Henri adalah mengelola yang meliputi meramalkan/merencanakan (planning), mengatur (to organize), mengoordinasi (to co-ordinate) dan mengendalikan (to control).   

3. Fredmund Malik

Manajemen adalah merubah sumber daya menjadi utilitas (sesuatu yang memiliki nilai/manfaat/kegunaan). Sehingga manajemen dimaksudkan sebagai salah satu faktor produksi besama-sama dengan mesin, bahan baku dan modal.  

4. G.R. Terry

George R. Terry merupakan seorang ahli manajemen, salah satu bukunya berjudul Principles of Management (1997) mengungkapkan bahwa management is the accomplishing of a predetemined obejectives through the efforts of other people.

Manajemen adalah pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan melalui atau bersama-sama usaha orang lain).G.R. Terry

Menurut Terry, manajemen memiliki pengertian sebagai suatu proses atau bisa juga disebut sebagai kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan/pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisaional atau maksud-maksud yang nyata.

Hal tersebut meliputi pengetahuan tentang apa yang seharusnya dilakukan, tentang penetapan cara bagaimana melakukannya, tentang bagaimana mereka harus melakukannya dan mengukur efektivitas dari usaha-usaha yang telah mereka lakukan sebelumnya.  

5. James A.F Stoner

Manajemen adalah suatu proses dari merencanakan, penggunaan sumber daya, dan pengorganisasian untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

6. Van Fleet dan Peterson

Manajemen adalah serangkaian kegiatan yang diarahkan pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan.

7. Kreitner

Pengertian manajemen menurut Kreitner adalah proses penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya yang langka secara efisien dalam lingkungan yang berubah.

8. Luther Gulick

Manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

9. F.W. Taylor

Manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan, kapan dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara terbaik dan termurah (ter efisien).

10. Wilson Bangun

Manajemen adalah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.

11. Pengertian Manajemen Johnson

Johnson, sebagaimana dikutip oleh Pidarta mengemukakan
bahwa manajemen adalah proses mengintegrasikan sumber-sumber
yang tidak berhubungan menjadi sistem total untuk menyalesaikan
suatu tujuan. (Abdul Choliq, 2011: 2)

12. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan

13. Mary Parker Follet

Manajemen diartikan sebagai sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan orang lain.

Mary Parker Follett (3 September 1868 – 18 Desember 1933) merupakan seorang social worker dari Amerika, beliau juga merupakan konsultan manajemen, filsuf dan pelopor di bidang teori organisasi dan perilaku organisasi.

Marry Parker Follet merupakan salah satu ahli yang menjadi pencetus Teori Manajemen Klasik dan Teori Administrasi.

Menurut Mary Parker Follet Manajemen adalah “Management is the art of getting things down with and through other people”.

Definisi ini memiliki dua makna yaitu: “Getting things down with other people” atau mencapai sesuatu “Bekerja bersama ” orang lain dan “Getting things down through other people” atau mencapai sesuatu “Bekerja melalui” orang lain . ( ULBER : 2011 )

Follet mengambil definisi manajemen dari asal katanya, yakni sebuah seni mengatur. Dari definisi ini, ditemukan pengertian manajemen sebagai sebuah seni yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan melalui orang lain.

Definisi ini memiliki arti bahwa orang yang melakukan fungsi manajemen seperti seorang seniman yang melakukan berbagai usaha-usaha atau upaya untuk bisa mencapai tujuan organisasi.

Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan mengontrol orang-orang lain dan menjaga agar orang lain tersebut menyelesaikan tugasnya.

14. Menurut James A.F Stoner

Pengertian manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya manusia organisasi lainnya agar tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

15. Menurut Luther Gulick

Pengertian manajemen adalah sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama-sama dalam rangka mencapai tujuan, serta membuat sistem tersebut bermanfaat bagi semuanya (kemanusiaan).

16. Schein (2008 : 2)

Menurut Schein menajemen diartikan sebagai sebuah profesi yang ditutut untuk bekerja secara profesional,  karakteristiknya adalah membuat keputusan berdasakan prinsip-prinsip umum, para profesional mendapatkan status setelah mereka mencapai standar prestasi kerja tertentu, dan para profesional tersebut juga ditentukan oleh kode etik yang kuat.

17. Menurut Massie dan Douglas

Manajemen adalah suatu proses saat suatu kelompok orang bekerja sama
mengarahkan orang lainnya untuk bekerja mencapai tujuan yang sama
(Massie dan Douglas).

18. Riky W. Griffin

Riky W. Griffin merupakan profesor Terhormat Manajemen di Mays Business School, Texas A&M University. Beberapa buku karya beliau yang sukses diantaranya adalah Management, Organizational, Behavior (bersama Greg Moorhead), dan Business Essential (bersama Ron Ebert).

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, serta pengawasan sumber daya dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang lebih efektif dan efisien. Jadi, proses ini membantu sebuah tujuan tercapai sesuai rencana dengan cara yang benar.

19. Andrew F. Sikula

Manajemen merupakan suatu proses yang berkaitan dengan kegiatan merencanakan, mengendalikan, pengorganisasian, pengarahan, komunikasi, serta pengambilan keputusan dengan tujuan meningkatkan efisiensi produk dan jasa perusahaan.

20. Gordon

Sebuah metode administrasi untuk melaksanakan dan melakukan berbagai tugas demi mencapai tujuan tertentu.

21. Prof. Oie Liang Lee

Manajemen tidak hanya sebuah ilmu, namun juga seni melakukan koordinasi dan mengawasi sumber daya manusia yang dibantu dengan peralatan demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelum proses kerja.

22. Lawrence A. Appley

Sebuah seni yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu melalui bantuan tenaga orang lain.

23. Ordway Tead

Menurut Tead, manajemen merupakan sebuah proses serta kegiatan dalam memimpin, serta mengarahkan terselenggaranya sebuah tugas dalam organisasi. Proses ini dilakukan untuk mewujudkan tujuan yang telah disepakati.

24. Richard L. Daff

Menurut Richard, manajemen adalah proses pencapaian tujuan dan sasaran organisasi menggunakan cara yang efektif. Cara itu dilakukan melalui 4 tahap, yakni perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian sumber daya dalam organisasi.  

25. Luther Gulick 

Gulick mendefinisikan manajemen sebagai sebuah bidang ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memahami alasan dan cara manusia bekerja sama untuk menghasilkan manfaat. Ilmu ini dilakukan dengan upaya yang sistematis dan teratur. 

26. Drs. H. Malayu Hasibuan

Manajemen adalah salah satu kelompok ilmu seni yang mengatur pemanfaatan berbagai sumber daya secara lebih efektif serta efisien.  Ilmu seni ini diterapkan demi mencapai tujuan tertentu yang sudah disepakati sebelumnya.

27. Silalahi M. A

Silalahi justru mengartikan manajemen sebagai sebuah ilmu perilaku yang tersusun dari beberapa aspek sosial bukan dari segi tanggung jawab kesehatan maupun keselamatan kerja. 

28. Hilman

Manajemen disebut sebagai sebuah fungsi untuk mencapai suatu tujuan dengan bantuan kegiatan orang lain. Selain itu manajemen juga sebuah kegiatan mengawasi usaha-usaha masing-masing individu di dalamnya agar mencapai tujuan yang sama. 

29. Drs. Oey

Oey mendefinisikan manajemen berdasarkan fungsi utamanya saja, yakni kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atau pengontrolan.

30. Dr. Sp. Siagian

Manajemen adalah kemampuan maupun keterampilan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh hasil berupa tujuan yang ingin dicapai dengan bantuan orang lain.

31. Dr. Ahuja

Manajemen merupakan pihak tertentu yang ada untuk menawarkan jasa dalam bidang pengelolaan dan berhubungan dengan manajemen.

32. Prof. Eiji Ogawa

Manajemen adalah sebuah implementasi dan perencanaan serta pengendalian kegiatan yang dilakukan oleh orang dalam organisasi.

Kegiatan ini dilakukan setelah ditetapkan sasaran kerja yang dapat diperbaiki dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang tidak stabil. 

Baca juga : Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Dalam Bahasa Inggris Menurut Para Ahli

1. Van Fleet dan Peterson

A set of activities directed at the efficient and effective utilization of resources in the pursuit of one or more goals

Manajemen adalah serangkaian kegiatan yang diarahkan pada pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan.

2. Kreitner

Management is a problem solving process of effectively achieving organizational objectives through the efficient use of scarce resources in a changing environment. 

Kreitner mendefinisikan manajemen sebagai proses penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya yang langka secara efisien dalam lingkungan yang berubah.

3. Harold Koontz

Management is an art of getting things done through and with the people in formally organized groups. It is an art of creating an environment in which people can perform and individuals and can co-operate towards attainment of group goals.

Manajemen menurut Koontz adalah seni menyelesaikan sesuatu dan bersama orang-orang dalam kelompok yang diorganisasikan secara formal. Ini adalah seni menciptakan lingkungan di mana orang dapat melakukan dan individu dan dapat bekerja sama menuju pencapaian tujuan kelompok.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli di Indonesia

1. Handoko (1999;8)

Pengertian manajemen Menurut Handoko, adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), dan pengawasan (controlling).

Fungsi-fungsi manajemen ini akan kami jelaskan dibawah ini. Dan agak kesulitan nih mencari tokoh Indonesia yang mendefinisikan manajemen. Teman-teman kalau tahu bisa menghubungi saya ya.

2. Menurut Dr. Lilis Sulastri, MM

Manajemen pada dasarnya bisa diartikan sebagai suatu seni mengatur yang melibatkan proses, cara, dan tindakan tertentu, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian/pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain.

3. Menurut Azhar Susanto (2002:7)

Manajemen adalah proses pencapaian tujuan melalui keahlian orang lain yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya.

Fungsi-fungsi Manajemen

Fungsi manajemen dapat dipecah-pecah menjadi empat bagian, apa sajakah itu? Let’s baca ke-empat fungsi manajemen dibawah ini :  

1. Perencanaan (Planning)

Fungsi manajemen yang pertama adalah planning, pengertiannya merupakan suatu kegiatan merencanakan, merencanakan apa? merencanakan pekerjaan-pekerjaan/kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi dalam mencapai tujuan organisasi terseut.

Dalam perencanaan ini dibutuhkan kemampuan dalam mengadakan visualisasi dan melihat ke depan (visioner) yang digunakan untuk merumuskan suatu pola dari berbagai tindakan untuk masa yang datang.  

2. Pengorganisasian (organizing)

Organizing atau dalam bahasa indonesia memiliki arti sebaai pengorganisasian adalah sebuah proses pengelompokan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan dan penugasan setiap kelompok kepada seorang manajer.

Asal kata dari organizing adalah “organon” yang merupakan kata dalam bahasa Yunani yang memiliki arti alat. Pengorganisasian ini dilakukan untuk mengatur sumber-sumber daya yang diperlukan oleh suatu organisasi atau perusahaan termasuk sumber daya manusia, sehingga tugas-tugas setiap bagian dalam suatu perusahaan dapat terlaksana dengan baik.  

3. Pelaksanaan (Actuating)

Fungsi manajerial yang ketiga adalah actuating atau pelaksanaan yang memiliki pengertian sebagai usaha dalam menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa, hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapat tujuan yang telah direncanakan sebelumnya secara bersama-sama.  

4. Pengawasan (Controling)

Fungsi manajerial yang terakhir adalah pengawasan atau controling, pengertiannya yaitu penemuan dan penerapan cara dan alat untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.  

Kumpulan Materi Manajemen :

Sekarang sudah tahu kan pengertian manajemen menurut para ahli, giliran kalian menyimpulkan sendiri pengertian manajemen menurut kalian sendiri, he he.

Sumber referensi : 

  1. What is management? diakses di https://www.managementstudyhq.com/what-is-management.html pada tanggal 14 September 2019.
  2. Hani Handoko, 1999, Manajemen, BPFE Yogyakarta: Yogyakarta
  3. Sulastri, Lilis. 2012. Sebuah Pengantar. La Good Pubblishing: Bandung. 2012
  4. Djahir, Yulia. (2014). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta:Penerbit Deepublish.
Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.