unsur unsur manajemen

6 Unsur Manajemen dari Manusia, Mesin, Uang sampai Pasar

Diposting pada 50 views

Pengertian dan Unsur Manajemen – Pada dasarnya sebuah perusahaan membutuhkan manajemen yang baik supaya perusahaannya bisa berjalan dengan sempurna. Hal ini tentunya akan berkesinambungan dengan unsur manajemen yang harus dilengkapi karena kedudukannya sangat penting.

Namun, Anda harus mempelajari fungsi, pengertian, hingga beberapa aspek yang masuk kedalam unsurnya. Hal ini tentunya akan bermanfaat dalam mengembang perusahaan, sehingga dapat menghasilkan manajerial yang baik dan membuat perusahaan menjadi lebih aktif.

Pengertian Unsur Manajemen

1. Pengertian secara Umum

Unsur manajemen adalah suatu kemampuan untuk mengorganisasi sebuah penyusunan perencanaan dalam membangun perusahaan atau organisasi. Hal ini mampu menghasilkan pergerakan yang tepat, sehingga menciptakan pengawasan dan pengendalian.

Unsur tersebut bisa diartikan sebagai manajemen yang merupakan ilmu berurutan, sehingga bisa membuat suatu rencana menjadi lebih sistematis. Unsur ini bermanfaat untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dalam menghasilkan tujuan bersama.

2. Pengertian secara Etimologis

Unsur manajemen merupakan sebuah cara untuk merealisasikan dan mengatur sistem. Hal ini juga merupakan sebuah ilmu untuk membuat proses menjadi lebih sistematis karena tujuannya jelas.

Ilmu ini juga bisa dilihat sebagai usaha bersama untuk mengendalikan kemampuan setiap sumber daya manusia dalam melakukan pekerjaannya, sehingga mampu bekerja sesuai dengan fungsinya dan mencapai tujuannya dengan baik.

3. Pengertian Menurut Terry

Terry mendefinisikan unsur ini sebagai sebuah sistem yang unik untuk melakukan beberapa tindakan. Unsur pada manajemen akan berputar dalam beberapa proses pengarahan hingg pengawasan untuk mencapai tujuan bersama.

4. Pengertian Menurut W. Griffin

W. Griffin mendefinisikan unsur dalam organisasi sebagai sebuah proses untuk mengendalikan kegiatan dengan perencanaan, koordinasi, organisasi, dan beberapa control supaya sumber daya manusianya mampu mencapai tujuan bersama sesuai dengan kesepakatan di awal.

5. Pengertian Menurut A. Appley

Appley mengartikan unsur pada manajemen sebagai sebuah kemampuan untuk membuat sumber daya manusia menjadi efektif dalam mengerjakan tugasnya. Hal ini termasuk kesediaan dan keahlian seseorang dalam mengorganisir sebuah kelompok menjadi lebih efektif.

Baca juga : Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Unsur-Unsur Manajemen

Berikut ini adalah unsur-unsur manajemen :

1. Manusia

Manusia merupakan faktor penting dalam menentukan sebuah managerial. Hal ini akan membuat tujuan perusahaan terjaga kekuatannya, sehingga prosesnya akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya.

Peran manusia juga berfungsi untuk melakukan proses kerja, karena manusia merupakan makhluk bepekerja yang dilengkapi dengan kecerdasan alami. Kecerdasan ini yang akan membuat proses manajemen menjadi lebih sistematis dan terarah dengan baik.

2. Uang

Uang merupakan unsur penting dalam unsur manajemen karena fungsinya sebagai alat tukar. Uang juga bisa berfungsi sebagai alat pengukur nilai, sehingga besar kecilnya kegiatan bisa diukur dari jumlah uang yang digunakan.

Oleh karena itu, biasanya perusahaan harus memperhitungkan uang secara hati-hati karena hal ini sangat penting untuk mencapai tujuan bersama yang telah disusun. Uang juga merupakan hal yang harus disiapkan secara rasional.

Di samping itu, uang juga berfungsi untuk membayar seluruh jasa yang telah dilakukan oleh pekerja, sehingga harus disediakan dengan baik untuk membayar sumber daya manusia, dan bisa menjadi capaian dalam jumlah nominal dari suatu perusahaan.

3. Mesin

Mesin merupakan hal penting untuk mendukung unsur manajerial, hal ini karena bisa mempermudah kegiatan perusahaan sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan. Mesin juga bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih efisien.

4. Bahan

Bahan adalah suatu unsur manajemen yang bisa membuat dunia usaha lebih cepat mencapai tujuannya. Hal ini untuk membuat prosesnya menjadi lebih baik, sehingga manusia bisa membereskan urusannya dengan bantuan bahan atau material.

Bahan ini bisa terbagi dua, yang pertama ada raw material dan bahan jadi. Keduanya tetap penting digunakan dalam dunia usaha, sehingga bisa menjadi sarana penting dalam mencapai tujuan perusahaan untuk mencapai hasil yang maksimal.

5. Metode

Metode merupakan bagian penting dalam mengerjakan pekerjaan. Hal ini bisa menjadi suatu urutan kerja yang baik untuk menghasilkan hasil maksimal. Metode juga bisa menjadi suatu perantara untuk membuat pekerjaan menjadi lebih lancar dan tepat guna.

Metode juga bisa ditetapkan sebagai cara pelaksanaan dengan membuatnya menjadi sesuatu yang harus hadir dalam penetapan manajerial. Hal ini karena metode dapat membuat penggunanya mempertimbangkan beberapa aspek supaya tepat sasaran.

Semua pekerja wajib untuk mengenal metode yang baik supaya pekerjaan bisa berjalan lebih nyaman dan efektif. Dengan begitu, sumber daya manusia membutuhkan edukasi yang tepat terkait edukasi metode terbaik dalam pelaksanaannya.

Baca juga : Konsep Manajemen

6. Pasar

Pada unsur dalam manajemen, pasar merupakan hal yang penting untuk mengetes manajerial baik. Hal ini karena sebuah produk akan teruji laku tidaknya hanya di pasar.

Maka aspek penguasaan pasar sangat penting sebagai unsur dalam manajemen perusahaan.Unsur manajemen merupakan sesuatu yang absolut karena bisa menjadi penggerak untuk menentukan arah perusahaan.

Maka semua pengertian sampai bagian unsurnya harus dipenuhi dengan baik untuk menciptakan perusahaan yang ideal.

Baca juga artikel yang lain :

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Positioning

Gambar Gravatar
Mencoba untuk berbagi pengetahuan walaupun tidak ditemani secangkir kopi.