pengertian ceo

Pengertian CEO: Tugas, Tanggung Jawab dan Kriterianya

Diposting pada 72 views

Apa itu CEO? – Biasanya istilah CEO sering disebut dalam berbagai topik yang membahas tentang ekonomi dan bisnis. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan CEO? Ulasan di bawah ini akan menjelaskan secara lengkap tentang pengertian CEO, kriteria, tugas hingga perannya dalam sebuah perusahaan.  

Pengertian CEO (Chief Executive Officer)

CEO merupakan singkatan dari Chief Executive Officer yang termasuk dalam jajaran eksekutif paling tinggi dalam perusahaan. Pada dasarnya, pengertian CEO adalah sosok yang bertanggung jawab untuk menjalankan perusahaan sebab setiap keputusan yang CEO ambil itu harus dipertanggungjawabkan. 

Apabila Anda masih bingung, maka bisa dibilang CEO ini menjabat sebagai Direktur Utama dalam suatu perusahaan. Seorang CEO harus mampu memimpin perusahaan dengan baik, bukan hanya asal perintah saja melainkan juga harus bisa memajukan perusahaan yang dipimpinnya tersebut. 

Jabatan CEO ini tidak boleh dijalankan dengan main-main oleh sebab itu CEO harus dijabat oleh orang yang benar-benar kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Sebagai pemimpin yang menjalankan perusahaan maka CEO harus mampu memimpin para bawahannya agar bisa bekerja dengan baik. 


Bukan hanya itu saja, CEO juga harus bisa memilih dan menempatkan pekerja yang memang ahli di bidangnya agar mereka bisa bekerja sesuai dengan tugas dan porsi yang tepat. CEO memang harus mampu menciptakan tim yang solid agar segala target perusahaan dapat tercapai.

Tugas dan Tanggung Jawab CEO

1. Memimpin Perusahaan

Salah satu tugas utama CEO adalah bertindak sebagai pemimpin perusahaan. Oleh sebab itu, CEO harus bisa mempertanggungjawabkan segala tindakan dan keputusan yang diambilnya. CEO harus bisa menjadi seorang pemimpin yang visioner sehingga masa depan perusahaan menjadi lebih cerah.

Menjadi CEO di sebuah perusahaan juga dituntut untuk selalu mampu melakukan beragam inovasi. Bukan hanya inovasi dalam perusahaan saja, melainkan juga mampu menciptakan produk baru yang dapat dikembangkan oleh perusahaan tersebut. 

Inovasi yang diciptakan oleh CEO suatu perusahaan diharapkan membuat perusahaan bisa semakin berkembang dan tidak kalah bersaing dengan kompetitor. Kedua hal tersebut pada akhirnya akan membuat target perusahaan akan tercapai. 

2. Mengimplementasikan Visi dan Misi Perusahaan

CEO memiliki tanggung jawab untuk memimpin perusahaan dengan beragam visi dan misi yang bertujuan untuk memajukan perusahaan. CEO juga perlu untuk terus berinovasi agar terjadi perubahan dalam perusahaan ke arah yang lebih baik. 

3. Komunikator

Bukan hanya bertindak sebagai pemimpin perusahaan, seorang CEO juga harus mampu bertindak sebagai komunikator. Dalam hal ini, CEO bertugas menjadi seorang komunikator yang baik antara karyawan dengan direksi perusahaan. 

Sebagai komunikator, CEO harus mampu menyampaikan aspirasi karyawan sekaligus menyampaikan solusi paling bagus agar permasalahan dapat terselesaikan dengan baik. CEO juga harus memiliki kemampuan untuk menjadi komunikator yang baik antara perusahaan dengan dunia luar. Oleh sebab itu seorang CEO harus mampu konsisten dalam mengambil keputusan. 

4. Eksekutor

Setiap ide harus bisa dieksekusi dengan baik agar gagasan tersebut menjadi kenyataan yang sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu CEO juga bertugas menjadi seorang eksekutor yang mampu mengambil beragam keputusan terbaik agar bisnis menjadi semakin lancar.

5. Membuat Keputusan Strategis Untuk Perusahaan

Salah satu tugas seorang pimpinan perusahaan adalah membuat berbagai keputusan strategis untuk perusahaan. Karena levelnya berada di atas, biasanya keputusannya terkait dengan departemen yang berada dibawahnya seperti departemen pemasaran, departemen keuangan, departemen produksi, departemen distribusi dan lain sebagainya.

6. Membangun Jaringan Bisnis

Sebuah perusahaan tidak akan kuat apabila berdiri sendiri, jaringan bisnis sangatlah diperlukan untuk membantu kelancaraan semua proses bisnis.

Seorang CEO lebih banyak berdiskusi dan bernegosiasi dengan jaringan bisnis yang lain. Semakin banyak mitra yang saling menguntungkan tentu akan meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

7. Mengelola dan Memajukan Perusahaan

CEO juga memiliki tugas untuk mengelola perusahaan agar bisa semakin maju. Mengelola perusahaan bukan suatu pekerjaan yang mudah, sebab CEO perlu memastikan bahwa perusahaan yang dipimpinnya itu mendapat dana yang cukup, menghasilkan produk berkualitas hingga proses pemasaran yang lancar.

Dalam melaksanakan tugas mengelola perusahaan, CEO memang akan dibantu oleh beragam divisi atau staff di perusahaan tersebut. Namun, CEO perlu memiliki kontrol agar proses pengelolaan perusahaan bisa berjalan dengan lancar dari hulu hingga ke hilir. 

8. Mengelola Alokasi Anggaran Belanja Perusahaan

CEO bertanggung jawab pula atas alokasi anggaran belanja dalam suatu perusahaan. Oleh sebab itu, CEO perlu memiliki pemahaman yang cukup mengenai keuangan sebab segala perencanaan keuangan perusahaan harus sepengetahuan CEO. 

CEO harus mampu mengatur dan mengelola anggaran belanja perusahaan agar tepat sasaran. Anggaran belanja tersebut juga termasuk perencanaan investasi finansial yang terlebih dahulu harus melewati proses analisa dan evaluasi yang ketat. 

9. Menciptakan Budaya Kerja Positif

CEO juga perlu terus memperhatikan kondisi lingkungan kerja perusahaan yang dipimpinnya. Hal tersebut disebabkan karena setiap pesan dari CEO dapat berpengaruh ke semua lapisan perusahaan. CEO perlu menciptakan budaya kerja positif sehingga karyawan bisa memberikan kinerja optimal. 

Peran CEO dalam Sebuah Perusahaan

1. Membangun Sebuah Tim yang Solid

Perusahaan membutuhkan suatu tim yang solid demi terwujudnya kinerja karyawan yang bisa menghasilkan profit bagi perusahaan. Tim yang solid tentu tidak bisa begitu saja terbentuk maka dari itu CEO perlu berperan dalam pembentukan sebuah tim yang solid.

Seorang CEO harus mampu berperan sebagai jembatan untuk menghubungkan antara karyawan dengan jajaran dewan direksi perusahaan. CEO harus mampu memberikan solusi terbaik jika terjadi permasalahan yang melibatkan karyawan dengan jajaran dewan direksi.

2. Mewakili Perusahaan di Depan Publik

CEO memiliki tanggung jawab sebagai wajah dari suatu perusahaan yang sedang dipimpinnya. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban seorang CEO untuk bisa berperan sebagai “wajah” yang mewakili perusahaan di depan publik dengan kinerja dan sikap yang baik.

3. Merencanakan Tujuan Perusahaan

CEO juga berperan penting dalam perencanaan bisnis dari perusahaan yang dipimpinnya. Perencanaan bisnis suatu perusahaan itu melibatkan evaluasi tentang profitabilitas. Oleh sebab itu seorang CEO perlu mengawasi kinerja setiap divisi sehingga target bisnis yang sudah tersusun tersebut bisa tercapai.

Kriteria CEO

1. Pendidikan Tinggi

Idealnya seorang CEO perlu memiliki tingkat pendidikan tinggi, setidaknya bergelar sarjana. 

2. Memahami Ilmu Keuangan

Memahami ilmu keuangan akan membuat CEO lebih bijak dalam mengambil keputusan yang berpotensi menguntungkan secara bisnis. 

3. Memiliki Banyak Koneksi

CEO juga membutuhkan banyak koneksi, maka dari itu biasanya seorang CEO sejak di bangku kuliah sudah terlihat memiliki jiwa kepemimpinan dengan cara sering mengikuti dan membantu berbagai event. Mulai dari seminar bisnis hingga event sosial yang berpotensi menghasilkan banyak koneksi.

4. Pekerja Keras

CEO dalam sebuah perusahaan biasanya berawal dari karyawan yang bekerja dengan sangat keras dan serius. Karyawan yang serius bekerja itu biasanya yang semangat saat diberi tugas tambahan sebab mereka akan sekaligus bisa belajar saat mengerjakan tugas tambahan tersebut. 

5. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

CEO merupakan pemimpin dari sebuah perusahaan, maka dari itu penting untuk memiliki jiwa kepemimpinan, mampu membimbing dan mengatur karyawan-karyawan dibawahnya.

6. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Seorang CEO akan lebih banyak bernegosiasi dengan mitra bisnis dan meeting membahas strategi ataupun menyelesaikan masalah. Terkadang CEO juga dituntut untuk berpidato di depan seluruh karyawan. Karena itulah kemampuan komunikasi sangat penting dimiliki oleh seorang CEO.

7. Mampu Berbahasa Inggris

Bahasa inggris menjadi salah satu bahasa internasional, ketika berkomunikasi dengan rekan bisnis yang berasal dari luar Indonesia tentu kemampuan bahasa Inggris akan sangat membantu.

Baca juga artikel terkait :

CEO yang bertindak sebagai pemimpin perusahaan memang sangat penting bagi perkembangan perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, tidak bisa sembarangan dalam memilih CEO, perlu banyak pertimbangan agar tugas dan tanggung jawab, serta peran CEO dapat dijalankan dengan lancar.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.