pengertian bisnis
Pengertian Bisnis

PENGERTIAN BISNIS: Fungsi, Maksud, Tujuan, dan Tingkatan dalam Bisnis

Diposting pada 2.523 views

PENGERTIAN BISNIS: Maksud, Tujuan, Tingkatan, dan Pihak-Pihak dalam Pengelolaan Bisnis – Salah satu kata dalam ilmu ekonomi adalah “bisnis”, kata ini seringkali diartikan untuk mewakili sebuah kegiatan usaha dalam rangka menghasilkan keuntungan dengan jalan memenuhi kebutuhan masyarakat.  

Bisnis merupakan sebuah kata kerja, melakukan bisnis berarti menghasilkan uang melalui pemenuhan kebutuhan masyarakat. Orang yang melakukan bisnis disebut dengan pebisnis atau businessman. Sebelum artikel ini tayang, kitapunya.net telah mempublikasikan artikel serupa dengan judul : Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Bisnis

bisnis

Salah satu ahli yang cukup terkenal mengemukakan pengertian bisnis, beliau adalah Haughes dan Kapoor , menurutnya bisnis adalah suatu kegiatan usaha yang terorganisasi yang dilakukan oleh individu untuk memproduksi dan menjual barang / jasa (layanan) untuk mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Lain lagi yang dikemukakan oleh Brown dan Petrello (1976) yang menyatakan bahwa “Business is an institution which produces goods and services demanded by people”. Bisnis adalah sebuah institusi/lembaga yang memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat/orang banyak.

Ketika kebutuhan masyarakat meningkat, maka institusi bisnis juga akan meningkat. Dengan kata lain, kebutuhan masyarakat adalah peluang bisnis yang dapat diambil oleh siapapun saja.

Bisnis merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh laba. Laba merupakan selisih antara pendapatan (omset) dengan total biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi dan mendistribusikan ke masyarakat.

Laba ini dipakai oleh perusahaan untuk menjalankan bisnisnya, sekaligus sebagai modal untuk melakukan produksi yang selanjutnya.

Bisnis ini secara umum mengacu pada sebuah kegiatan usaha yang ada di dalam masyarakat atau di dalam industri.

Bisnis memang berkaitan dengan sebuah usaha untuk memproduksi barang, menjual barang, sampai dengan menjual jasa guna mendapatkan keuntungan. Lebih jauh lagi dapat melihat klasifikasi bisnis berikut ini : 

  • Usaha pertanian
  • Produksi bahan mentah
  • Pabrik/manufaktur
  • Konstruksi Usaha perdagangan besar dan kecil
  • Transportasi dan komunikasi Usaha finansial, asuransi, dan real estate
  • Usaha jasa
  • Usaha yang dilakukan oleh pemerintah

Jika sudah diketahui definisi bisnis, lalu fungsi bisnis itu untuk apa?

Fungsi Bisnis

Sesuai dengan pengertiannya, bahwa bisnis merupakan kegiatan ekonomi dari mulai memproduksi barang mentah hingga menjualnya dalam bentuk barang jadi. Dalam buku The World of Business (1979) yang dikemukakan oleh Dan Steinhoff menyebutkan bahwa sebelum dapat menyediakan barang dan jasa untuk masyarakat, diperlukan bahan mentah terlebih dahulu. Sehingga tampak terdapat beberapa fungsi bisnis yaitu :

  • Acquiring raw materials (mencari bahan mentah)
    Perusahaan manufaktur yang memproduksi barang mentah menjadi barang jadi, akan mencari bahan mentah terlebih dahulu. Mencari disini bukan berarti mengais-ngais tanah, melainkan mendapatkan bahan mentah dengan berbagai cara seperti menambang, budidaya, hingga membeli dari supplier/penambang.
  • Manufacturing raw materials into products (merubah bahan mentah menjadi produk). 
    Bahan mentah yang telah diperoleh, akan diproduksi agar menjadi produk/barang yang dibutuhkan masyarakat.
  • Distributing products to consumenrs (mendistribusikan produk ke konsumen).  
    Setelah barang jadi, kemudian akan didistribusikan kepada masyarakat. Sebagai timbal baliknya, entitas/perusahaan akan mendapatkan laba dari penjualan yang telah dilakukan.

Pendapat lain terkait dengan fungsi bisnis, ada yang membaginya kedalam dua bagian yaitu bagian production (produksi) dan marketing. Terbagi kedalam dua bagian mengingat tidak semua perusahaan membutuhkan bahan mentah, dalam perusahaan jasa produksi adalah pada saat layanan / jasa sedang berlangsung. Apalagi sekarang banyak bisnis berbasis digital yang tidak memerlukan bahan baku.

Kemudian marketing adalah salah satu cara untuk mengenalkan dan mendistribusikan produk/barang/jasa yang dimiliki perusahaan.

Maksud dan Tujuan Bisnis 

Bersumber dari sebuah modul pengantar bisnis karya Muniya Alteza, salah satu dosen di Fakultas Ekonomi UNY menyebutkan bahwa bisnis memiliki beberapa maksud dan tujuan, yaitu sebagai berikut :

1. Untuk memenuhi kebutuhan dan keiingan konsumen
Contoh : Laptop dan komputer untuk kebutuhan editing
2. Keuntungan
Contoh : Hampir semua organisasi memiliki tujuan untuk menghasilkan keuntungan
3. Pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan
Contoh : Organisasi bisnis yang peduli dengan lingkungan dan masa depan.
4. Mengatasi berbagai risiko
Contoh : biro jasa keamanan, lembaga asuransi, hukum, dll.
5. Tanggung jawab sosial
Contoh : Banyak berbagai perusahaan menghadirkan produk dengan tujuan menyelamatkan lingkungan, seperti mengolah limbah, memproduksi barang ramah lingkungan dll.

Tingkatan Partisipasi Bisnis

Ada beberapa tingkatan partisipasi bisnis dalam lingkungan ekonomi global, yaitu :

1. Domestik

Oranisasi bisnis terbatas pada lingkungan lokal dan belum memasarkan dalam skala internasional atau lintas negara.

2. Internasional

Organisasi bisnis yang telah memperluas pangsa pasar ke negara lain melalui pasar internasional.

3. Multinasional

Perusahaan multinasional telah membangung berbagai pabrik di luar negeri di berbagai negara.

4. Global

Perusahaann mulai memilih suatu lokasi pabrik diberbagai negara dan melakukan sinergi antar pabrik untuk memproduksi produk secara efektif, efisien dan fleksibel.

Baca juga : 4 Macam Lingkungan Bisnis : Lingkungan Ekonomi, Teknologi, Hukum-Politik dan Sosio-Budaya

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.