manfaat pemasaran online

Manfaat dan Keuntungan Pemasaran Online (Online Marketing)

Diposting pada 16.750 views

Kitapunya.net – Manfaat dan Keuntungan Pemasaran Online (Online Marketing), Dunia ini bersifat dinamis yang akan selalu berubah dan terus mengalami perkembangan, kita bisa melihat dari segi revolusi teknologi yang perkembangannya sangat pesat, adanya teknologi membuat dunia ini semakin kecil, membuat orang dengan mudah dan cepat untuk berkomunikasi dalam jarak yang jauh.

Adanya teknologi juga membuat kemudahan dalam mengakses informasi dan berita, saat ini orang tidak perlu lagi berlangganan surat kabar atau majalah untuk mendapatkan informasi/berita. Tinggal buka smartphone atau laptop, maka sudah dapat mengakses berita di Indonesia, bahkan dalam lingkup internasional melintasi batas-batas negara.

Begitu juga dalam dunis bisnis yang akan terus berkembang, menyesuaikan dengan situasi dan permintaan yang ada di pasar. Jika dulu awalnya orang menawarkan produk dari mulut ke mulut, kini pemasaran juga sudah di onlinekan.

Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam memasarkan produk baik berupa barang/jasa dan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen dalam jangka panjang.


Baca juga : Pengertian dan Konsep Pemasaran

Pengertian Pemasaran Online

Pengertian pemasaran online menurut ahli di antaranya:

  1. Pemasaran online merupakan teknologi digital dan penggunaan internet yang terhubung untuk mencapai tujuan bersama dalam pemasaran, serta mendukung penggunaan konsep pemasaran modern (Chaffey, 2000).
  2. Kotler (2001: 256) menyampaikan bahwa pemasaran online merupakan salah satu cara marketing yang dilakukan melalui sistem komputer online yang menghubungkan antara penjual dan pembeli secara interaktif.
  3. Bone dan Kurtz (2005) berpendapat bahwa pemasaran online yaitu komponen yang ada pada e-commerce. E-commerce sendiri adalah suatu sistem jual beli secara online. Pemasaran secara online berperan sebagai komponen di dalam e-commerce.

    Komponen tersebut di antaranya sebagai strategi mulai dari produksi, distribusi, harga yang ditetapkan, serta promosi melalui berbagai media digital. 

    Sehingga bisa diartikan bahwa pemasaran online adalah berbagai jenis proses dalam melakukan pemasaran pada suatu produk maupun jasa sampai dengan ke tangan pembeli, yang dilakukan melalui media digital. 
  4. Pemasaran online adalah pemakaian data dan aplikasi untuk melakukan perencanaan dalam pelaksanaan konsep distribusi, promosi produk, dan penetapan harga. Konsep itu mempunyai tujuan untuk menciptakan jual beli dengan nilai kepuasaan tersendiri bagi individu atau organisasi (Strauss dan Frost, 2001).

Dari empat ahli di atas, dapat diambil definisi bahwa pemasaran secara online adalah suatu kegiatan promosi yang bertujuan mengenalkan sebuah produk atau jasa yang dilakukan secara online. Tetapi bisa juga didefinisikan sebagai semua usaha promosi dengan memakai media internet.

Pemasaran online atau online marketing merupakan versi terbaru dari model pemasaran, yang lebih canggih dan modern. Sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan suatu produk, baik barang ataupun jasa.

Tentu saja karakteristik antara pemasaran model konvensional dengan pemasaran online berbeda, karena dalam pemasaran model online antara pemasar dengan konsumen tidak bertemu secara langsung, itu artinya penjelasan tentang produk kepada konsumen menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, termasuk dalam pemilihan media yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai produk.

Dalam artikel ini akan kami bahas mengenai manfaat pemasaran online dan keuntungannya menggunakan pemasaran model online (online marketing). Seperti apakah pembahasannya, simak artikel berikut ini :

Manfaat Pemasaran Online

Manfaat dan Keuntungan Pemasaran Online (Online Marketing)

a. Melakukan perubahan dengan cepat. 

Dalam pemasaran online, kita akan lebih flexible karena keseluruhan berada di kendali kita. Proses pemasaran juga akan lebih cepat dan mudah, termasuk dalam merespon konsumen, melakukan promosi bahkan kita dapat memulai atau menghentikan promosi secara cepat.

Bila kita menemukan sesuatu kejanggalan atau kesalahan dalam berpromosi, kita bisa langsung mengubah teknik atau strategi kita dalam berpomosi.

b. Menentukan sasaran demografis tertentu 

Dalam online marketing, khususya digital advertising calon-calon audience atau orang yang akan melihat iklan dapat kita atur. Kita dapat menentukan siapa yang akan melihat iklan ini dengan pengaturan-pengaturan iklan, dari mulai tingkat pendapatan, lokasi, pekerjaan, pendidikan dll.

Kita dapat mengatur itu semua, kemudian dari sekelompok itu masih bisa kita kelompokkan lagi menjadi kotak-kotak berdasarkan keyword atau kata kunci- kata kunci yang relevan dengan produk tersebut.

c. Banyak media pilihan. 

Selain kita dapat mengatur agar iklan kita tepat sasaran, kita juga memiliki berbagai platform yang bisa kita jadikan sebagai media promosi atau media dalam memasarkan produk yang kita miliki, kita dapat menggunakan video di youtube, video di instagram dan sosial media lainnya, melalui email, melalui blog/website, melalui email dan masih banyak lagi.

d. Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen 

Internet adalah kebutuhan setiap orang yang dengannya dapat mengakses informasi, mengakses hiburan, games dan masih banyak lagi. Media online adalah tempat yang efektif bagi pemasar dan konsumen untuk bertemu, karena kedua-duanya tidak perlu untuk keluar rumah untuk saling bertemu.

Konsumen akan dengan mudah mendapatkan informasi tentang produk yang mereka inginkan, produsen juga akan lebih mudah dalam menyampaikan informasi produk kepada konsumen.

Ketika keduanya saling bertemu, keduanya pun akan saling mendapatkan keuntungan. Konsumen akan mendapatkan produk yang mereka inginkan, dan pemasar akan memiliki income sehabis penjualan terjadi.

e. Kemampuan Konversi Instan

Pemasaran online akan lebih mudah dalam konvenrsi secara instan bila sudah diterapkan sistem informasi kedalam sistem. Sebagai contoh, ketika ada orang yang memesan maka secara langsung akan muncul invoice yang berisi total belanja, harus ditransfer kemana, dll.

Baca juga : Definisi Pemasaran (Marketing).

Keuntungan Pemasaran Online

1. Kemudahan Dalam Pengelolan Barang

Kita dapat menerapkan sistem informasi manajemen kedalam sistem, ketika terjadi penjualan melalui website kita maka kita dapat dengan mudah melihat sisa stok barang berapa, yang sudah terjual berapa dll. Kemudahan-kemudahan itulah yang ada pada model pemasaran online.

2. Lebih Efisien dalam Biaya dan SDM (Karyawan)

Pemasaran secara online akan lebih efesien dari segi biaya, dari mulai biaya promosi, biaya operasional dan biaya karyawan. Iklan akan lebih efisien karena akan lebih mengena dan tepat sasaran, biaya operasional akan efisien karena tidak memerlukan tempat untuk display barang dan macam-macamnya.

Dari segi karyawan apalagi, adanya sistem informasi dan konversi otomatis tentu akan menghemat tenaga kerja yang dibutuhkan dalam setiap tugas.

3. Pelayanan Lebih Fokus

Adanya sistem informasi yang melayani secara otomatis dan efisien, kita tidak perlu takut lagi overload pelanggan. Kita tinggal fokus dalam hal persediaan barang, packing sampai kirim mengirim barang.

4. Riset Pasar Lebih Mudah

Percaya atau tidak, kita dapat melihat seberapa besar potensi penjualan dari jumlah orang yang mencari barang dengan keyword atau kata kunci tertentu yang diketikkan di search engine.

5. Kemudahan Memilih Target Pasar

Seperti yang disinggung di atas, bahwa melalui pemasaran online maka seorang pemasar dapat menargetkan ke sasaran yang lebih tepat. Dapat dibidik berdasarkan pendapatan, pendidikan, dll.

6. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Internet akan lebih flexible dalam segi ruang dan waktu, seseorang dapat mengiklankan 24 jam dan ditargetkan di daerah mana saja, pemasar juga dapat memulai/menghentikan promosi sewaktu-waktu. 

Seseorang pemasar di jawa, bisa saja mendapatkan pelanggan di Sumatra, bahkan di luar negeri pun juga sesuatu hal yang muntkin terjadi.

Strategi Pemasaran Online Terbaik

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa strategi online marketing banyak sekali jenisnya. Di antara semua jenis atau metode itu, terdapat empat yang terbaik. Metode-metode ini tak memerlukan biaya terlalu besar namun tetap memberikan hasil yang maksimal.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan upaya yang dilakukan oleh pemilik website untuk optimasi supaya terindeks di mesin pencari dan muncul pada halaman hasil pencarian. Dengan munculnya situs di laman hasil pencarian, jumlah kunjungan pun akan mengalami peningkatan.

Melakukan optimasi untuk sebuah website tidak memerlukan biaya yang mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting dan membeli domain. Di luar itu, Anda dapat melakukan riset serta pembuatan konten tanpa biaya.

Baca juga : Cara Menjadi SEO Specialist

2. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing ini memiliki prinsip kerja dan target yang sama seperti SEO. Tujuannya adalah untuk memunculkan situs atau website di laman hasil pencarian search engine. Dengan begitu, traffic kunjungan website meningkat dan semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda.

Perbedaan mendasar di antara SEM dan SEO adalah pada metode yang dipakai untuk bisa tampil di halaman hasil pencarian. Anda perlu membayar kepada search engine untuk bisa menampilkan website di halaman pertama dan paling atas pada halaman hasil pencarian.

3. Social Media Marketing

Social media merupakan salah satu platform yang paling powerful di antara media online lainnya. Sebagian besar masyarakat saat ini telah menjadi pengguna sosial media. Facebook, Instagram, dan Twitter menjadi 3 platform raksasa penguasa medsos.

Platform tersebut merupakan sebuah peluang emas yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk melakukan pemasaran online. Tentu saja Anda membutuhkan strategi yang tepat untuk bisa menjangkau target pasar.

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat. Dalam strategi ini, umumnya perusahaan menjalin kerja sama dengan blogger dan memanfaatkan blog untuk menjalankan strategi pemasaran.

Apabila pengunjung blog merasa tertarik dengan produk yang dipasarkan oleh perusahaan, mereka akan memesan atau membeli. Setiap terjadi transaksi pembelian yang berhasil, blogger akan menerima bagi hasil.

5. Email Marketing

Strategi pemasaran online selanjutnya adalah email marketing. Sesuai dengan namanya, email marketing berarti pemasaran melalui media email. Biasa juga disebut sebagai news letter, jika kalian sering menerima promo-promo melalui email ya berarti kalian telah menjadi sasaran dari email marketing.

Banyak platform yang bisa dijadikan sebagai tools untuk email builder dari yang gratis sampai yang berbayar. Biasanya email marketing juga dipadukan dengan website untuk mendapatkan data email calon customer, entah melalui subcribe, download ebook ataupun free trial.

Baca juga :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.