syarat syarat sebuah iklan

Syarat-syarat Iklan Yang Baik dan Sukses: Struktur dan Komponen

Diposting pada 9.202 views

Syarat-syarat Sebuah Iklan Yang Baik dan SuksesIklan adalah salah satu pesan yang dibuat oleh pengiklan untuk menyampaikan pesan terkait product benefits kepada audience yang akan menjadi calon konsumen.

Pada intinya iklan berguna untuk menyampaikan informasi (product benefits) kepada audience yang telah di riset sebelumnya (sesuai dengan segmen dan targetnya).  

Iklan dibuat tentu memiliki tujuan, namun pada akhirnya iklan dibuat dengan goal untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan.

Walaupun, iklan ada dua jenis, iklan komersil dan iklan non komersil. Iklan komersil merupakan iklan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Sedangkan iklan non komersil berguna untuk mensosialisasikan, mempengaruhi (perilaku, sikap/tindakan), seperti  iklan layanan masyarakat.  


Iklan membutuhkan media sebagai penyambung pesan dari pengiklan ke audience, sehingga dalam pengertian lain iklan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan untuk memasarkan produk atau jasa kepada masyarakat tertentu melalui media tertentu dengan suatau pesan atau berita.  

“Media tertentu” itu dapat berupa televisi, radio, internet, pamflet, banner dan iklan-iklan digital (sosial media, website, youtube, dll).

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah suatu media yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa yang ditujukkan kepada khalayak umum yang dibuat dengan sangat menarik dengan harapan bisa membuat orang tertarik untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan.

Penempatan iklan harus pada tempat yang ramai atau banyak dilihat, bisa itu dijalan raya, di media cetak seperti koran dan majalah, di radio, internet atau jika kalian memiliki cukup uang, Anda bisa mengiklankannya di Televisi.

Dengan begitu, akan ada banyak orang yang melihat iklan Anda dan kemungkinan besar Anda juga akan memperoleh banyak pembeli, itulah tujuan dari iklan itu sendiri.

Struktur Iklan Yang Baik

Setiap iklan yang kita lihat, biasanya memiliki struktur yang hampir sama, yaitu terdiri dari judul iklan, nama produk atau jasa, dan juga deskripsi dari produk atau jasa itu sendiri. Berikut penjelasan dari masing-masing struktur teks iklan tersebut.

1. Judul Iklan

Judul iklan merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli Anda, yaitu judul dari iklan yang Anda buat apakah tentang makanan, produk kecantikan atau yang lainnya.

2. Nama Produk atau Jasa

adalah bagian yang isinya mengenai produk atau jasa yang hendak kalian tawarkan kepada khalayak.

3. Deskripsi Iklan

Deskripsi iklan adalah penjelasan dari produk atau jasa secara rinci dan detail. Didalamnya Anda bisa menyertakan keunggulan-keungulan produk atau jasa Anda supaya banyak orang tertarik.

Kebanyakan iklan memiliki struktur seperti diatas, tetapi ada juga beberapa iklan yang tidak sesuai dengan struktur diatas, itu tidak masalah karena tujuan utama dari teks iklan adalah supaya orang tertarik dan ingin membeli produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

Selanjutnya, kita akan memperlajari bagaimana kalimat yang harus digunakan agar orang-orang lebih tertarik lagi. Sebenarnya ada 2 faktor yang bisa menunjang suatu iklan berhasil atau tidak, yang pertama adalah desain dan yang kedua adalah penggunaan kalimat, yang akan kita pelajari disini aadalah penggunaan kalimat terlebih dahulu karena saya nggak jago-jago banget dalam desain.

Ciri Kebahasaan Teks Iklan

1. Berupa kalimat slogan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kalimat yang bisa membuat orang lain tertarik adalah dengan menggunakan kalimat slogan.

Slogan itu digunakan untuk menunjang produk kita dan agar berbeda dari yang lain. Slogan bisa menjadi ciri khas produk Anda jika dalam pembuatannya menarik dan tidak ada unsur jiplak punya orang lain. Artinya itu harus real dari Anda sendiri.

2. Kalimatnya Membujuk (Persuasif)

Point kedua adalah menggunakan kalimat persuasif atau bujukan. Dengan kalimat bujukkan yang pas dan tidak terlalu berlebihan, membuat orang lain tertarik ingin membeli produk Anda.

Namun, bujukan ini tidak berlaku untuk semua orang atau hanya orang tertentu saja yang mungkin tertarik.

Untuk itu, buatlah setidaknya kalimat bujukkan dengan target market yang pas, misalnya produk Anda tentang sepatu futsal, maka carilah market yang berhubungan dengan sepatu futsal seperti disekitar tempat futsal atau sekolah-sekolah bola.

Komponen Kesuksesan Iklan

Dari berbagai pengertian tersebut, kita kemudian mengumpulkan beberapa hal yang kemudian kita sebut sebagai syarat-syarat dari sebuah iklan :

1. Bahasa iklan (Copy Writing)

Bahasa iklan yang disebut dengan copy, teknik yang digunakan untuk membuat bahasa iklan yang bagus disebut sebagai copy writing. Orang yang membuat bahasa iklan disebut dengan copy writer. Beberapa syaratnya antara lain :

  • Menggunakan pilihan kata yg tepat, menarik, sopan dan logis
  • Ungkapan yg digunakan hrs bisa memikat dan sugestif
  • Disusun scr singkat dan menonjolkan bagian2 yg dipentingkan

2. Isi iklan 

Isi iklan adalah content yang merupakan sebuah pesan yang disampaikan oleh pengiklan kepada audience. Isi iklan harus memiliki syarat sebagai berikut ini :

  • Obyektif dan jujur
  • Singkat dan jelas 
  • Tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain
  • Menarik perhatian banyak orang

Syarat iklan yang baik dan sukses

1. Menjual 

Iklan yang baik harus mampu menjual pesan, sehingga orang akan mudah tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk.  

2. Persuasif 

Tujuan utama sebuah iklan adalah untuk membujuk, sehingga iklan yang baik dan sukses adalah yang mampu membujuk audience untuk melakukan sesuatu seperti pesan yang disampaikand alam iklan.  

3. Unik 

Iklan yang baik adalah yang otentik, unik dan tidak plagiat. Dengan keunikan pada iklan, orang akan lebih mengingat iklan, produk atau pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut.   

4. Relevan 

Maksud dari relevan adalah terdapat hubungan antara iklan dengan produk yang di iklankan.  

5. Simpel 

Iklan yang simple akan lebih mudah di ingat ketimbang iklan yang berlebihan.  

6. Menghibur  

Iklan yang baik dan sukses adalah iklan yang tidak hanya berbicara tentang produk saja, tetapi juga dapat menghibur.

Di era ini bahkan iklan sudah berkembang menjadi content marketing, atau iklan berbasis konten. Dengan kata lain, iklan dimasukkan dikemas dalam sebuah konten hiburan yang cukup menghibur.  

Nah, itu adalah beberapa syarat-syarat sebuah iklan yang baik dan sukses. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca juga : Manfaat dan Keuntungan Marketing Online (Pemasaran Online)

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.