pengertian slogan

Pengertian Slogan: Ciri ciri, Macam dan Contoh Slogan

Diposting pada 5,158 views

Pengertian Slogan, Ciri ciri, Macam dan Contoh Slogan – Sudah pernah mendengar atau membaca sebuah kalimat yang unik dan menarik? Jika pernah mungkin yang anda dengar atau baca itu adalah slogan.

Ya kali ini kita akan membahas mengenai pengertian slogan, tapi tidak itu saja, kita juga akan membahas ciri-ciri serta jenis-jenis slogan. Jadi bagi kalian yang sedang mencari materi seputar slogan bisa baca langsung ya.

Pengertian Slogan

Slogan adalah suatu kalimat yang singkat, menarik, mencolok, dan mudah diingat oleh siapa saja yang mendengar atau membacanya. Walaupun kalimatnya singkat, tapi didalamnya terkandung makna yang luas.

Slogan harus terdiri dari beberapa kata saja, untuk itu untuk membuat suatu slogan yang bisa diingat oleh banyak orang kita harus memeras otak untuk memilih kata yang tepat dan efektif.

Dengan keterbatasan jumlah kata, membuat beberapa orang kesulitan untuk membuatnya, itu adalah sebuah tantangan. Untuk itu jika ingin membuat sebuah slogan, perkayalah kosa kata Anda sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapat kata yang tepat.

Biasanya slogan dibuat untuk mengajak seseorang untuk melaksanakan sesuatu, baik itu untuk membeli suatu produk, atau menaati suatu aturan yang telah dibuat. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengajak, maka sudah sepantasnya penggunaan kata perlu diperhatikan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu panjang dalam membuat sebuah slogan, gunakanlah beberapa kata saja agar mudah diingat oleh banyak orang. 

Ciri-Ciri Slogan

Setelah kita mengetahui pengertian slogan, selanjutnya kita akan membahas ciri-ciri slogan, berikut ciri-cirinya.

1. Terdiri dari beberapa kata saja dan menarik karena tujuan utamanya adalah agar mudah diingat.
2. Menjelaskan tentang sesuatu, apakah itu suatu produk atau layanan masyarakat.
3. Slogan juga bisa berupa semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.

Itu tadi beberapa ciri dari slogan yang perlu Anda ketahui supaya tidak salah lagi dalam membedakan teks slogan dengan teks-teks lain.

Macam-Macam Slogan

Seperti yang saya jelaskan diatas, terdapat beberapa jenis slogan, antara lain sebagai berikut:
1. Contoh slogan kesehatan, isinya ajakan untuk selalu hidup sehat.
2. Contoh slogan kebersihan, isinya mengenai ajakan untuk selalu hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
3. Contoh slogan pendidikan, isinya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan.
4. Contoh slogan produk, isinya mengenai ajakan untuk membeli suatu produk atau menikmati suatu jasa.

Nah itu dia beberapa macam-macam slogan yang mungkin sering kita temui sehari-hari. Jika kalian menemukan contoh lain, silahkan cantumkan pada kolom komentar yang sudah tersedia.

Manfaat Slogan Bagi Perusahaan

Manfaat slogan bagi perusahaan antara lain:

  • Membangun kesan positif. Slogan yang kreatif dan menarik dapat menciptakan kesan positif bagi perusahaan di mata konsumen. Slogan juga dapat merefleksikan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan yang ingin dikenal oleh publik.
  • Meningkatkan daya ingat. Slogan yang mudah diingat dapat membantu konsumen mengenali dan mengingat perusahaan dengan lebih baik. Slogan juga dapat membantu konsumen mengasosiasikan perusahaan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Mendorong tindakan. Slogan yang mengandung ajakan atau imbauan dapat mendorong konsumen untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli, mencoba, atau merekomendasikan produk atau jasa perusahaan. Slogan juga dapat mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen terhadap perusahaan.
  • Membangun loyalitas. Slogan yang konsisten dan sesuai dengan kualitas produk atau jasa perusahaan dapat membangun loyalitas konsumen. Slogan juga dapat menjadi alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, serta menciptakan ikatan emosional yang kuat.
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif. Slogan yang unik dan berbeda dari pesaing dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan di pasar. Slogan juga dapat menjadi salah satu faktor diferensiasi yang membuat perusahaan lebih dipilih oleh konsumen.

Oleh karena itu, slogan merupakan salah satu elemen penting dalam strategi branding perusahaan. Perusahaan harus memilih slogan yang sesuai dengan karakteristik, tujuan, dan sasaran perusahaan, serta mampu menyampaikan pesan yang efektif dan efisien kepada khalayak.

Contoh Slogan Brand-brand Terkenal

Slogan adalah kalimat pendek yang mudah diingat dan mengandung pesan yang ingin disampaikan oleh suatu produk, organisasi, atau gerakan. Slogan biasanya digunakan untuk mempromosikan, menginspirasi, atau mempengaruhi khalayak sasaran. Berikut adalah beberapa contoh slogan yang menarik dan efektif:

1. Adidas: Impossible is Nothing

Slogan ini mengajak konsumen untuk tidak menyerah pada tantangan dan mencapai hal-hal yang tampaknya mustahil. Slogan ini juga mencerminkan sifat optimis, bersemangat, dan berprestasi dari brand Adidas.

2. Dove: Real Beauty

Slogan ini menunjukkan bahwa produk Dove adalah produk yang cocok untuk semua jenis kulit dan tubuh, tanpa perlu mengubah atau menyembunyikan apa adanya. Slogan ini juga menimbulkan rasa nyaman, percaya diri, dan cantik bagi konsumen.

3. McDonald’s: I’m Lovin’ It

Slogan ini menggambarkan bahwa produk McDonald’s adalah produk yang disukai oleh banyak orang dan membuat konsumen merasa senang. Slogan ini juga menimbulkan rasa lapar, puas, dan cinta bagi konsumen.

4. Harley-Davidson: Live to Ride, Ride to Live

Slogan ini menggambarkan bahwa produk Harley-Davidson adalah produk yang menjadi bagian dari gaya hidup dan identitas konsumen. Slogan ini juga menimbulkan rasa petualang, bebas, dan hidup bagi konsumen.

5. Disneyland: The Happiest Place on Earth

Slogan ini menggambarkan bahwa Disneyland adalah tempat yang dapat memberikan kebahagiaan dan kenangan tak terlupakan bagi konsumen. Slogan ini juga menimbulkan rasa senang, ajaib, dan bermimpi bagi konsumen.

6. Audi: Vorsprung durch Technik

Slogan ini berarti “Keunggulan melalui Teknologi” dalam bahasa Jerman. Slogan ini menunjukkan bahwa produk Audi adalah produk yang memiliki teknologi canggih, inovatif, dan berkualitas tinggi. Slogan ini juga menimbulkan rasa kagum, percaya, dan maju bagi konsumen.

7. Skittles: Taste the Rainbow

Slogan ini menggambarkan bahwa produk Skittles adalah produk yang memiliki berbagai rasa dan warna yang menyenangkan dan berbeda dari yang lain. Slogan ini juga menimbulkan rasa penasaran, gembira, dan manis bagi konsumen.

8. Gillette: The Best a Man Can Get

Slogan ini menunjukkan bahwa produk Gillette adalah produk yang dapat memberikan hasil cukur terbaik dan membuat konsumen terlihat lebih tampan dan maskulin. Slogan ini juga menimbulkan rasa percaya diri, kejantanan, dan sempurna bagi konsumen.

9. Snickers: You’re Not You When You’re Hungry

Slogan ini menggambarkan bahwa produk Snickers adalah produk yang dapat mengatasi rasa lapar dan mengembalikan kondisi normal konsumen. Slogan ini juga menimbulkan rasa lucu, cerdas, dan kenyang bagi konsumen.

10. Volkswagen: Das Auto

Slogan ini berarti “Mobil itu” dalam bahasa Jerman. Slogan ini menunjukkan bahwa produk Volkswagen adalah produk yang menjadi standar atau acuan bagi mobil lainnya. Slogan ini juga menimbulkan rasa simpel, elegan, dan andal bagi konsumen.

Contoh lain slogan:

  • “Just do it” – Nike
  • “I’m lovin’ it” – McDonald’s
  • “Think different” – Apple
  • “Impossible is nothing” – Adidas
  • “Because you’re worth it” – L’Oréal
  • “The happiest place on earth” – Disneyland
  • “Melts in your mouth, not in your hand” – M&M’s
  • “The ultimate driving machine” – BMW
  • “Finger lickin’ good” – KFC
  • “Open happiness” – Coca-Cola

Slogan adalah salah satu alat komunikasi yang penting dan efektif untuk membangun citra dan reputasi suatu produk, organisasi, atau gerakan. Oleh karena itu, slogan harus dibuat dengan hati-hati dan kreatif agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Contoh Gambar Slogan

Contoh slogan
Contoh slogan
Contoh slogan 2
Contoh slogan 2
Contoh slogan motivasi
Contoh slogan motivasi
Slogan motivasi
Slogan motivasi

Ciri-ciri Slogan Yang Baik

Dari contoh-contoh di atas, kita bisa melihat beberapa ciri-ciri slogan yang baik, yaitu:

  • Singkat dan padat. Slogan tidak perlu panjang dan rumit, asalkan bisa menyampaikan pesan dengan jelas dan kuat.
  • Mudah diingat. Slogan harus bisa menempel di benak khalayak dan membuat mereka mengasosiasikannya dengan produk, organisasi, atau gerakan yang bersangkutan.
  • Menarik perhatian. Slogan harus bisa menarik minat khalayak dan membuat mereka penasaran atau tertarik untuk mencoba atau bergabung dengan produk, organisasi, atau gerakan yang bersangkutan.
  • Mengandung nilai atau manfaat. Slogan harus bisa menyampaikan nilai atau manfaat yang ditawarkan oleh produk, organisasi, atau gerakan yang bersangkutan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Sesuai dengan identitas. Slogan harus bisa mencerminkan identitas atau karakteristik dari produk, organisasi, atau gerakan yang bersangkutan, baik secara visual maupun verbal.

Selanjutnya yaitu kita akan melihat beberapa contoh teks slogan supaya kalian semua lebih paham lagi. Berikut beberapa contoh slogan yang cukup menarik.  

Baca : Pengertian cerpen, dan ciri ciri cerpen

Nah itu dia materi kali ini mengenai pengertian slogan, ciri-ciri teks slogan, dan juga jenis-jenis slogan serta contohnya. Semoga Bermanfaat. Baca juga artikel lain berikut ini :

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.