cara menghemat kuota internet

10 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis di Android

Diposting pada

10 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis di Android – Adanya internet membawa dampak positif berupa kemudahan dalam berkomunikasi, tetapi di sisi lain masih teringat di bayangan saya bahwa adanya kemajuan teknologi membuat hoaks semakin tak terkendali.

Sebagai akibat dari kebebasan berpendapat yang saat ini semua chanel itu berada di jempol masing-masing orang.   Setiap orang dapat memiliki media, setiap orang dapat menyebarkan informasi dan setiap orang dapat membuat berita sendiri entah melalui sosial media, website, atau chanel youtubenya.

Sebagai diskusi yang menarik, seorang wakil ketua DPR yang cerdas dan tegas menyampaikan terkait dengan permasalahan hoaks yang tak terkendali di Indonesia sebagai akibat dari pemerintah yang kurang menggunakan podium istana untuk berbicara. Selengkapnya dapat dibaca di artikel ini : Fakta! Penyeba Hoaks Tak Terkendali Karena Presiden Kurang Bicara.   

Adanya internet ternyata juga membuat orang semakin konsumtif, terutama konsumtif dalam pemakaian data yang setiap bulannya bisa mencapai bergiga-giga. Belum lagi konsumtif dalam hal berbelanja karena saat ini belanja dapat dilakukan dengan menggunakan kedua jempol saja.  


Konsumsi data atau kuota yang tak terkendali ini tentu membuat hidup kita semakin boros, bagaimana tidak setiap bulannya atau bahkan setiap minggunya kita menyisahkan sebagian gaji yang dikhususkan untuk membli kuota data atau internet.

Dan tak heran, bila satu bulan rata-rata orang menghabiskan 100 ribu hanya untuk membeli kuota internet.   Itu artinya semakin tingginya konsumsi data yang dilakukan oleh setiap orang, setidaknya ada beberapa penyebab mengapa konsumsi data internet menjadi tinggi, boros dan cepat habis. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

1. Buka Youtube Terlalu Lama

nonton youtube

Hayoo, siapa yang paling sering buka YouTube? YouTube adalah hiburan sekelas televisi, bahkan sekarang ini sudah hampir mengalahkan televisi karena orang lebih banyak menonton Youtube ketimbang menonton televisi.   

Youtube memang menjadi sarana hiburan yang paling potensial, tidak hanya sarana hiburan tapi juga sarana dalam mendapatkan informasi dan berita terkini.

Jika di televisi ada iklan, maka di Youtube iklan tidak sesering yang ada di televisi. Ditambah kita bisa menonton sesuka hati video yang kita pilih. Mungkin itu beberapa alasan mengapa orang saat ini lebih banyak menonton Youtube ketimbaang menonton televisi.  

 Di Youtube aja ada televisi. Tapi ternyata Youtube adalah aplikasi yang paling banyak menyedot kuota, makanya provider-provider saat ini menawarkan paket internet unlimited Youtube yang memungkinkan mengakses Youtube dalam waktu yang lama.  

Tapi buat kamu yang menggunakan paket biasa, hati-hati yaa kalau nonton Youtube, jangan sampai kebablasan yang membuat kuotamu cepat habis.   

2. Download Aplikasi / Update Sistem

update aplikasi di android

Download mendowonload aadalah hal biasa, mulai dari mendownload lagu, video, game, dokumen dll. Ternyata download juga menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis, terutama mendownload video, anime, film yang rata-rata memiliki size besar.  

Jadi buat anda yang pengen download film, video, atau anime lebih baik menggunakan wifi yang pastinya akan lebih irit dan tidak membuat kuotamu cepat habis.  

Baca juga : Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia dan Pertumbuhannya

3. Bermain Game Online

bermain game

Game-game berat yang menggunakan kuota data juga cukup menguras kuota internet, maka dari itu bila pengen irit cobalah untuk kurangi bermain game dan bermain game online ktika menggunakan wifi aja, bisa di kampus, kafe atau di tempat lainnya yang menyediakan hotspot gratis.  

4. Terlalu Lama Main Instagram

instagram

Instagram isinya kalau ngga gambar ya video, satu gambarnya saja bisa memiliki size hampir 1 mb. Belum videonya, jadi ketika membuka instagram berapa gambar dan video yang dilihat? Maka tak heran apabila instagram ini juga menjadi salah satu aplikasi yang membutuhkan kuota besar.  

Jika pengen irit, kurangi waktu untuk membuka instagram. Bisa beralih ke sosial media lain seperti twitter, whatsapp, atau facebook.  

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Internet

5. Streaming Film

streaming film

Ketika bosan menghampiri, kadang film datang sebagai obat. Kalau tidak memiliki file film ya pilihan terakhir buka google dan buka streaming film. Streaming film ini sangat boros dalam hal kuota internet, terlebih lagi apabila kualitas yang dipilih sudah HD, bila pengen irit dapat menurunkan kualitas video.  

6. Theatring

threatring dan hotspot

Smartphone memang bisa dijadikan sebagai penyebar hotspot, entah itu untuk komputer, laptop atau untuk perangkat lain. Masalahnya, terkadang laptop akan melakukan update otomatis yang tentunya mmembuat kuota semakin cepat habis.  

Apalagi kalau ada teman yang meminta dan tidak tahu diri, misal untuk download, nonton youtube dll. Maka dari itu gunakan fitur theatring dengan bijak agar kuota internetmu lebih hemat lagi.  

Beralih dari penyebab ke solusi, maka kita dapat merumuskan beberapa solusi untuk mengehemat kuota internet agar tidak cepat habis. Setidaknya solusi-solusi dibawah ini memberikan efek positif dalam menghemat kuota internet, dan sudah terbukti ampuh.  

Tapi beberapa diantaranya membutuhkan konsistensi pengguna supaya dapat tercapai tujuan utamanya dalam menghemat kuota internet di android. Karena percuma bila niatnya menghemat namun tidak disertai dengan konsistensi, misal saja dalam mengakses Youtube, harus diperhatikan waktu dan durasinya.  

Selain dari segi perilaku pengguna, dari segi lain juga dapat dilakukan sebagai usaha untuk menghemat kuota internet seperti menggunakan aplikasi pengingat konsumsi data harian yang biasanya di beberapa smartphone sudah tersedia.  

Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis di Android

Tapi agar lebih bermakna, maka akan kami jelaskan dari point ke point untuk menghemat kuota internet agar tidak cepat habis di Andoid. Kita mulai dari tips dan trik yang pertama :  

1. Memakai Broswer Yang Lebih Efisien

Walaupun tidak berpengaruh significan tetapi menggunakan broswer yang lebih efisien akan membatu Anda dalam menghemat kuoa agar tidak cepat habis. Berdasarkan pengalaman pribadi, broswer seperti opera dan uc broswer lebih efisien ketimbang broswer lainnya. Tapi kembali lagi ke kenyamanan Anda sebagai penggunanya, karena ini pengaruhnya tidak terlalu signifikan.  

Menggunakan opera kamu dapat mengaktifkan data saving untuk menghindari konsumsi data yang berlebihan, dengan ini kamu juga dapat mengoptimalkan gambar tanpa menghabiskan kuota yang besar seperti ketika menggunakan broswer lain.  

Menggunakan google chrome kabarnya juga bisa dilakukan, yaitu dengan cara pergi ke menu “Setting” kemudian pilih “Bandwith” dan kemudian pilih “Data Server” lalu klik aktifkan untuk mengakitfkan data saving.   

2. Memakai Aplikasi Ringan “Lite”

facebook-lite

Pernah mendengar Facebook Lite? Selain ada Facebook biasa, ada juga Facebook Lite yang merupakan aplikasi versi ringan yang irit kuota. Hanya saja tidak semua aplikasi ada versi ringannya, hanya eerapa seperti Facebook Lite, Twitter Lite, Line Lite, Skype Lite dan lain sebagainya.

Selain menghemat kuota data karena sangat ringan konsumsi datanya, juga menghemat penggunaan memori dan RAM di android. Karena aplikasi ini biasanya tidak memiliki size yang besar yang dapat menguras space di memorimu.  

Untuk menghemat kuota kamu dapat menggunakan aplikasi ini yang bisa kamu download di Playstore secara gratis dan mudah.  

3.  Menonaktifkan Sinkronisasi Secara Otomatis

Beberapa aplikasi memerlukan sinkronisasi akun secara otomatis tanpa kamu sadari, hal ini akan membuat kuota internet kamu berkurang tanpa kamu sadari. Untuk menonaktifkan kamu cukup pergi ke akun setting > akun dan kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan secara otomatis.

Dengan begitu kamu sudah hemat kuota, tapi kalau tidak pengen ribet yaa biarkan saja terjadi sinkronisasi secara otomatis. Lagipula, pengaruhnya juga tidak terlalu besar dalam hal konsumsi data internet.  

4. Gunakan Paket Internet Unlimited YouTube

Youtube memang menjadi aplikasi yang paling bersahabat saat ini, daya hiburnya melebihi televisi. Tak jarang apabila orang saat ini waktunya lebih banyak digunakan untuk menonton Youtube ketimbang menonton televisi.  

Dengan YouTube kita dapat menonton tontonan apapun yang kita mau, dan minim iklan yang tidak seperti di televisi.

Sayangnya untuk menjalankan aplikasi YouTube dibutuhkan konsusi data yang besar, maka untuk tetap menikmati aplikasi YouTube solusinya adalah menggunakan paket internet unlimited Youtube sehingga tak perlu kuatir lagi masalah kuota internet cepat habis/boros.

Beberapa provider internet yang tersedia paket ini antara lain IM3, XL, Smartfren dll.  

5. Aktifkan Pengingat Data Harian

Di beberapa smartphone ada pengingat yang khusus mengingatkan penggunaan data harian yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, seperti yang ada di smartphoen Oppo. Di smartphone itu sudah ada secara default pengingat konsumsi data harian ini, dapat kamu setting di 200 mb, 500 mb atau sesuaikan dengan total kuota yang kamu miliki.

Intinya disinilah letak manajemen kuotamu, misal saja kamu dalam satu bulan memiliki 30 Gb maka kamu dapat mensetting peringatan di 800 mb atau 900 mb.

Yang apabila peringatan itu muncul, maka seketika itu juga kamu kurangi konsumsi data yang menguras kuota internet seperti nonton youtube, video, streaming film, game online, download dan lain sebagainya.  

Ini adalah cara efektif yang dapat kamu lakukan dalam menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

Di beberapa smartphone seperti samsung, sony, xiaomy juga ada. Silahkan cek langsung saja ke menu Setting > Data Usage > Celluer Data > Set Celluler Data Limit.

6. Ketahui Aplikasi Yang Paling Banyak Menghabiskan Kuota

Di dalam smartphone biasanya kita dapat melihat penggunaan data internet setiap aplikasi yang kita instal di smartphone yang kita gunakan. Dari situ akan ketahuan aplikasi yang paling banyak menghabiskan kuota, kalau dari admin sendiri adalah Instagram, yang kemudian disusul dengan Youtue.

Nah bagaimana denganmu? Coba di cek di menu Setting > Data Usage. Di situ akan terlihat konsumsi datamu dalam rentang waktu tertentu, dan di bagian bawahnya akan terlihat deratan aplikasi beserta penggunaan datanya.  

Jika sudah mengerti, maka kamu bisa mengurangi penggunaan data di aplikasi-aplikasi tersebut, mengurangi yaa buka menghentikan.

Jadi ini soal manajemen diri, bagaimana kamu mengatur dirimu sendiri untuk menahan agar tidak boros kuota. Atau kamu bisa menggunakan solusi menggunakan aplikasi ringan atau versi “lite” nya.

7. Setting ke Hanya Update Ketika Tersambung dengan WIFI

update aplikasi di android

Tak jarang kuota internet habis karena update aplikasi secara otomatis, padahal hampir setiap minggunya ada aplikasi-aplikasi yang minta di update. Dan sekali update aplikasi bisa menguras data hingga 10 Mb lebih, tergantung aplikasinya. Jika hanya satu aplikasi sih ngga masalah, tapi jika lebih dari 10 aplikasi yang di update setiap bulannya maka udah berapa tuh.

Maka dari itu, perlu di atur agar update otomatis hanya saat tersambung ke WIFI. Dengan pengaturan ini kamua akan aman karena aplikasi tidak akan update secara otomatis lagi, dan kamu pun bisa meng update aplikasi secara manual, dan pilih-pilih mana aplikasi yang sekiranya penting untuk di update menggunakan kuota data/internet.

Untuk mengatur opsi ini dalam menghemat kuota internet agar tidak cepat habis, kita perlu membuka aplikasi Play Store, setelah itu pergi ke menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Dengan begitu kamu akan mencegah kehabisan kuota akibat update aplikasi.

8. Gunakan Aplikasi Kompresi Data

Cara kedelapan dalam menghemat kuota internet agar tidak habis adalah dengan menggunakan aplikasi pengompres data. Sebagai contoh aplikasi adalah Onavo Extend.

Namun cara ini dinilai kurang efektif dalam menghemat kuota, karena kompresi datanya hanya untuk gambar dan untuk broswer saja, tidak dapat digunakan untuk mengkompresi data saat melihat video di Youtube.

9. Hati-hati Saat Aktifkan Hotspot/Theatring

threatring dan hotspot

Seringkali kita cuek saat mengakitfkan hotspot, padahal terkadang ini yang paling menyedot kuota. Kita tidak tahu kalau wifi kita dibajak, atau suatu saat pernah ada perangkat lain yang terhubung dengan smartphone kita. Dan ketika kita aktifkan akan terhubung secara otomatis.

Kalau kita hubungkan dengan laptop/komputer, maka bukan tidak mungkin laptop tersebut melakukan update secara otomatis. Padahal update software di laptop biasanya sizenya sangat besar, bahkan bisa diatas 1 GB. Maka dari itu bila kuotamu tiba-tiba habis setelah kamu aktifkan hotspot, bisa jadi kamu telah update software secara otomatis di laptop/komputer.

10. Main Game Offline

bermain game

Kalau kamu tetap pengen main game, tapi takut kuotamu terkuras karena game online. Maka kamu dapat main game-game offline yang tidak perlu menggunakan kuota data. Dengan demikian kamu irit dan tak perlu takut kuotamu cepat habis.

Nah dengan cara-cara menghemat kuota internet di atas, kamu sekarang dapat lebih hemat, dan uangnya dapat kamu gunakan untuk kebutuhan yang lain. Jika dirasa artikel ini bermafaat, jangan lupa share ke sosial media agar teman-temanmu dapat merasakah hematnya kuota di smartphonenya.

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.