tugas manajer operasional

Tugas Manajer Operasioal dan Keterampilan yang Harus Dimiliki

Diposting pada 121 views

Tugas manajer operasional – Terdapat berbagai manajemen dalam sebuah perusahaan. Salah satunya adalah manajemen operasional. Dalam setiap divisi tentu saja sudah pasti terdapat leader yang memimpin dan bertanggung jawab atas jalannya tugas operasional.

Ia merupakan manajer operasional. Manajer operasional memiliki pengertian sebagai seseorang yang memiliki peranan untuk menentukan rencana produksi (manufacturing) dan mengatur proyek terkait operasional perusahaan.

 Mereka juga terlibat dalam pengawasan dan pengadaan barang produksi. Tugas manajer operasional cukup berbeda di setiap perusahaan tapi mereka memiliki tugas inti yang sama taitu melakukan pemantauan dan menganalisis sistem produksi perusahaan.

Untuk lebih mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab seorang manajer operasional berikut ini akan diulas lebih lanjut mengenai detail tugas manajer operasional dalam perusahaan.

Tugas Manajer Operasional

1. Mengarahkan dan mengelola tim operasional

Manajer operasional harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan kuat. Ini karena ia harus memimpin beberapa staff operasional perusahaan dalam proses produksi.

Pengarahan dan pengelolaan yang baik bertujuan agar dapat mencapai target bisnis pada perusahaan. Manajer operasional bertanggung jawab penuh atas organisasi yang berjalan di perusahaan.

2. Menekan biaya pengeluaran perusahaan

Tugas manajer operasional diharapkan dapat mampu mengatur dan menekan segala biaya pengeluaran dari perusahaan.

Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat lebih efisien dengan modal yang minim tetapi memiliki pemasukan yang maksimal.

Ia harus dapat mampu memangkas biaya-biaya operasional yang sekiranya kurang penting dan tidak menguntungkan perusahaan.

3. Meningkatkan efektivitas operasional

Tugas manajer operasional selanjutnya ialah meningkatkan efektivitas jalannya operasional pada perusahaan.

Manajer operasional bertanggung jawab memantau dan mengawasi kualitas produk yang dihasilkan perusahaan sebelum memasarkannya.

Meningkatkan efektivitas perusahaan bertujuan agar mencapai visi misi yang sudah ditargetkan sebelumnya.

4. Memberikan operasional penuh

Selanjutnya ialah manajer operasional harus memberikan operasional optimal yang dijalankan oleh para karyawaan.

Hal ini bertujuan agar segala aktivitas operasional perusahaan yang telah direncanakan dan dijalankan akan berjalan secara baik, lancar, dan maksimal.

5. Meninjau kinerja

Manajer operasional memiliki wewenang dalam meninjau kinerja para staff/karyawan dan memberikan umpan balik kinerja kepada mereka.

Ini berguna agar proses operasional perusahaan memiliki evaluasi dan kinerja menjadi lebih baik dan maksimal.

6. Menganalisis proses bisnis

 Harus mampu menganalisis proses bisnis secara detail pada bidang produksi dan distribusi unit operasional perusahaan. Manajer operasional harus mampu dalam menganalisis hal tersebut agar kinerja operasional perusahaan.

Baca juga : 7 Tugas Manajer Personalia Beserta Tanggung Jawabnya

Beberapa tugas dan tanggung jawab lain seperti

  • Memberikan feedback atau penilaian kepada karyawan, promosi, kompensasi, dan pemutusan hubungan kerja yang ditinjau dari kinerja para staff.
  • Mengelola para tim operasional untuk mencapai target bisnis perusahaan.
  • Membantu memperbarui prosedur operasi standar semua kegiatan operasional.
  • Memberikan dukungan dan bimbingan pelatihan kepada karyawan perusahaan.
  • Membuat atau mengembangkan operasi dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Baca juga : 10 Tugas Manajer Keuangan, Pengertian, dan Tanggung Jawabnya

Keterampilan yang harus dimiliki manajer operasional

1. Memiliki jiwa kepemimpinan

Seorang manager dalam bidang apapun termasuk manajer operasional wajib memiliki keterampilan dalam memimpin suatu tim dan mengordinasikan secara baik dan optimal agar operasional perusahaan berjalan dengan lancar.

2. Dapat diandalkan dalam penyelesaian masalah

Manajer operasional harus mampu menghandle atau bertanggung jawab atas beberapa problematika yang terjadi dalam operasional perusahaan. Maka dari itu ia harus mampu diandalkan dalam penyelesaian masalah.

3. Komunikasi yang baik

Seorang leader sudah pasti harus memiliki komunikasi yang baik agar dapat mengordinasikan segala perencanaan dan keputusan secara lancar dan tepat kepada para staff-staff karyawan.

4. Dapat menjalin kerjasama dengan tim

Manajer operasional akan selalu mengordinasikan kepada para staff karyawan dan dengan manajer pada divisi lain. Hal ini dibutuhkan kerja sama tim yang baik, maka dari itu sangat diperlukan keterampilan dalam menjalin kerjasama dan koordinasi antar tim.

Itulah beberapa tugas dari manajemen operasional dan keterampilan-keterampilan yang harusnya dimiliki para manajemen operasional gunan menunjang kinerja tugas yang dilaksanakan di perusahaan.

Menjadi seorang manajer operasional merupakan sebuah tantangan tersendiri dan tentu bukanlah hal yang mudah. Semoga ulasan terkait tugas manajemen operasional dapat bermanfaat ya!.

Baca juga : 8 Tugas Manajer Produksi – Pengertian, Tanggung Jawab & Keahlian

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in