tugas brand manager

Tugas Brand Manager : Tanggung Jawab, Syarat dan Gajinya

Diposting pada 327 views

Tugas Brand Manager : Syarat dan Gajinya – Brand atau merek merupakan simbol, nama, warna, logo yang menjadi identitas sebuah produk. Dengan kata lain brand ini dipakai untuk membedakan sebuah produk dengan produk yang lain, sehingga pemilik brand dapat lebih mudah mengkomunikasikannya kepada konsumennya.

Dalam artikel pengertian merek menurut para ahli disebutkan bahwa menurut Kotler merek diartikan sebagai sebuah nama, istilah, tanda, simbol, atau desain atau sebuah kombinasi di antaranya, yang bertujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen.

Merek merupakan identitas yang dipakai untuk mengkomunikasikan kepada konsumennya terkait produk. Proses untuk mengkomunikasikan ini disebut sebagai branding atau membuat target pasar mengetahui nama brand kita.

Di dalam brand melekat marketing mix dengan diferensiasi. Dengan kata lain brand tersebut memikul marketing mix seperti product, price, place dan promotion.

4P yang sering kita sebut sebagai marketing mix tersebut harus memiliki pembeda terhadap merek yang lain. Diferensiasi pada 4P tersebut kemudian dikomunikasikan secara terus menerus melalui brand perusahaan.

Sehingga ketika orang mendengan nama brand tersebut langsung teringat, ohh itu yang produknya unik itu ya? ohh itu yang harganya murah itu ya? itu yang bisa produknya memiliki manfaat banyak itu ya?

Tugas Utama Brand Manager

Tugas utama seorang brand manager adalah mengkomunikasikan brand tersebut kepada konsumen dengan berbagai strategi dan membangun brand equity yang kuat.

Dalam ilmu pemasaran dikenal yang namanya brand equity atau ekuitas merek. Ekuitas merek merupakan seperangkat nilai yang menyatakan kekuatan merek di pasar, semakin tinggi nilai ekuitasnya semakin bagus impactnya bagi perusahaan, bahkan bagi konsumenpun juga memiliki values lebih. Lebih lanjut pelajari di : Fungsi Ekuitas Merek Bagi Perusahaan dan Konsumen

Brand equity ditentukan oleh 4 elemen yaitu brand awareness, brand assoisation, perceived quality dan brand loyalty.

Seorang brand manager harus dapat meningkatkan ekuitas merek melalui 4 elemennya di atas. Yang pertama, brand awareness mengacu pada kesadaran akan keberadaan suatu merek.

Kedua, asosiasi merek merupakan asosiasi atau keterikatan sebuah sifat/jenis/benda atau hal apapun terhadap merek. Sebagai contoh, ketika saya bilang Aqua maka apa yang Anda bayangkan.

Pasti tidak jauh-jauh dari “air mineral/air minum”. Hal itu berarti asosiasi merek brand Aqua sangat baik, tapi kalau ada yang mengatakan bahwa Aqua itu mobil berarti ada yang salah kan?

Ketiga, perceived quality yaitu membangun persepsi kualitas yang baik di benak konsumen terhadap suatu produk.

Terakhir, loyalitas merek yaitu adanya kesetiaan konsumen terhadap suatu merek, salah satu indikatornya adalah melakukan pembelian ulang (repeat order).

Nah tentu saja tanggung jawab seorang brand manager tidak hanya itu saja, masih banyak tugas-tugas lain yan berkaitan dengan branding sebuah perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Manager

1. Meningkatkan ekuitas merek melalui berbagai lini media yang dimiliki.
2. Mengembangkan dan membentuk citra merek (brand image) di pasar Indonesia.
3. Merencanakan dan melaksanakan kamapanya ikan dan promosi yang efektif dan menarik di berbagai saluran media.
4. Bertanggung jawab untuk memaksimalkan laba atas kegiatan iklan dan promosi di berbagai saluran media
5. Bertanggung jawab untuk menganalisis data dan membuat strategi innovatif untuk membuat kampanye pemasaran kami menjangkau audiens target yang tepat dengan cara seefektif mungkin.
6. Memonitor trend di pasar, riset pasar dan aktivitas kompetitor untuk mengidentifikan peluang.

Syarat dan Keahlian Yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Brand Manager

Menjadi seorang brand manager tentu bukan sembarang orang, mengingat posisinya yang berada di midle management atau sebagai manager. Yang pasti memiliki tim yang dipimpimnya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab tim tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber termasuk referensi dari lowongan kerja sebagai brand manager, maka berikut adalah beberapa syaratnya :

  1. Memiliki pengalaman setidaknya 3 tahun di level supervisor atau manajer di bidang terkait.
  2. Minimal S1 Manajemen/Bisnis
  3. Memiliki pengalaman dalam hal branding, promosi, event, dll.
  4. Usia maksimal 40 tahun.
  5. Memiliki skills kepemimpinan dan mampu mengelola tim.
  6. Good marketing skills and knowledge.
  7. Mampu menganalisis data dan pandai menangkap peluang.
  8. Bisa berbahasa Inggris.
  9. Memiliki keterampilan strategis yang kuat dan mampu merumuskkan arahan strategis untuk bisnis.
  10. Keterampilan yang perlu dimiliki : research, creativity, analys, budgeting, dan manajemen.

Berapa Gaji Seorang Brand Manajer?

Gaji seorang brand manajer cukup besar, hampir sama dengan manajer-manajer di posisi yang lain. Pada perusahaan yang sudah mapan, gajinya bisa mencapai 8 – 15 Juta Rupiah.

Kamu ingin menjadi seorang brand manager? Kuncinya, terus belajar dan update dengan dunia marketing/pemasaran. Miliki pengalaman sebanyak-banyaknya dalam bidang pemasaran.

Kalau bisa tidak hanya dalam hal pekerjaannya saja, tapi juga memiliki bisnis sendiri atau minimal membangun personal branding yang kuat.

Atau kamu mau mengetahui tugas-tugas di posisi yang lain? Seperti berikut ini :

1. Tugas Seorang Field Officer & Skill Yang Dibutuhkan
2. Tugas dan Tanggung Jawab CMO (Credit Marketing Officer) Di Perusahaan Finance
3. Tugas Barista di Kafe dan Besar Gaji Barista Pemula

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.