tugas admin sales

Admin Sales – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 113 views

Admin Sales – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya – Pernahkah Kamu mendengar admin sales? Jika pernah, Kamu mungkin masih bingung mengenai perbedaan admin marketing dengan admil sale, hal ini karena keduanya sama-sama berkecimpung di dunia pemasaran dan penjualan.

Tugasnya memang terlihat hampir sama, namun ada beberapa yang membedakannya jika kita lihat secara lebih spesifik lagi. Tidak hanya itu, Kamu akan mulai mengerti apa saja tugas seorang admin sales melalui beberapa informasi di bawah ini

Apa itu Admin Sales?

Admin sales merupakan sebuah posisi di perusahaan yang bertanggung jawab secara administrasi terhadap penjualan dan memberikan dampak hubungan yang baik dengan klien.

Mereka yang ada di jabatan admin sales memiliki peranan yang penting dalam menghasilkan prospek klien, meningkatkan kuantitas pelanggan, menjawab pertanyaan seputar pelayanan, dan mempersiapkan dokumentasi penjualan.

Admin sales akan menangani proses pesanan dan menggantikan tim penjualan apabila sedang tidak ada di tempat. Mereka akan memberikan dorongan penjualan yang cepat dan berorientasi pada kualitas layanan bagi pelanggan.

Bahkan, admin sales adalah seseorang yang akan membantu tim penjualan mengejar dan memenuhi target.

Sebagian besar waktu yang dimiliki admin sales akan dicurahkan untuk berkomunikasi dan menangani informasi seputar pelanggan.

Lalu, apa bedanya admin sales dengan admin marketing?

Admin marketing akan lebih berfokus pada urusan rekap penjualan dari tim sales. Unsur komunikasinya juga bersifat atraktif melalui Direct Email atau media lainnya untuk menarik perhatian pelanggan.

Sedangkan, tugas seorang admin sales akan bertujuan memenuhi kebutuhan tim penjualan dan melakukan pekerjaan secara one-on-one dengan pelanggan. Komunikasi kepada pelanggan juga terjadi secara langsung dan to the point mengenai penjualan.

Meskipun jika dilihat dari luarnya mereka melakukan pekerjaan yang sama, namun dasar dari tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan jelas berbeda.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Admin Sales

Kamu mengetahui dengan jelas perbedaan admin sales dan admin marketing. Kini Kamu akan berfokus pada tugas-tugas apa saja yang akan Kamu dapatkan ketika menjadi admin sales di sebuah perusahaan.

Tugas admin sales secara umum yaitu sebagai berikut

1. Menangani Segala Sesuatu yang Berhubungan Dengan Pelanggan

Salah satunya adalah menerima dan menjawab permintaan layanan dari para pelanggan melalui sambungan telepon.

Tugas tersebut akan membiasakan admin sales untuk mengembangkan hubungan yang baik agar barang dan jasa yang dijual makin disenangi oleh pelanggan.

Setelah pelanggan melakukan pemesanan, admin sales akan melakukan update status pemesanan secara berkala dan menginformasikannya secara langsung.

Berkomunikasi dengan pelanggan adalah kegiatan yang akan dihabiskan oleh admin sales selama seharian. Tentu jika berada di posisi ini, Kamu harus bersemangat untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

2. Membantu Mengurus Penjualan

Di bidang penjualan, admin sales akan bertugas mengejar harga jual. Sebuah perusahaan tentu menginginkan penjualannya menghasilkan laba yang banyak. Untuk itulah admin sales berpartisipasi mengejar tujuan tersebut.

Semakin banyak penjualan, target juga akan semakin tercapai. Admin sales bekerja sama dengan tim pemasaran untuk memaksimalkan transaksi sehingga target akan cepat terpenuhi setiap harinya.

3. Menyusun Laporan

Admin sales akan memasukkan target penjualan yang sudah dicapai ke dalam rekapan dan pengarsipan. Dari situ, admin sales bisa mengerjakan laporan penjualan yang dibutuhkan untuk disampaikan ke pihak tertentu.

Laporan tersebut akan berupa ringkasan data dari jangka waktu harian, bulanan, hingga tahunan.

4. Mengatur Kebutuhan Tim Penjualan

Tugas ini menuntut admin sales untuk sedikit mengadopsi tugas dari seorang manager, yaitu mengurus segala kebutuhan tim sales atau pemasaran.

Mereka akan mengatur jadwal pertemuan antara tim sales dengan calon pelangan maupun pelanggan setia. Selain itu, admin sales juga bertugas menyiapkan presentasi dan informasi lain seputar produk yang akan dikenalkan ke pihak terkait.

Tugas khusus yang juga harus dilaksanakan adalah sebagai berikut

  1. Menangani invoice penjualan
  2. Melakukan penagihan atas produk yang belum dibayarkan
  3. Pemeriksaan terhadap kelengkapan input pemesanan oleh pelanggan
  4. Menyimpan catatan penjualan dan data pelanggan
  5. Melayani pemesanan via online maupun telepon
  6. Berkoordinasi dengan divisi logistik untuk memastikan pengiriman berjalan tepat waktu
  7. Melaporkan kegiatan yang cenderung mencurigakan
  8. Memahami update fitur produk dari waktu ke waktu

Kualifikasi dan Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Admin Sales

1. Efisien dan Mudah Beradaptasi

Dalam menjalankan tugas umum dan khusus yang sudah tertera, admin sales harus mampu menggunakan cara yang terbukti efisien. Pekerjaan akan mudah diselesaikan.

Pekerjaan yang efisien berhasil dijalankan apabila admin sales tersebut mudah beradaptasi agar mudah menemukan cara yang tepat untuk menjalankan pekerjaannya.

2. Memiliki Keterampilan Teknologi

Admin sales harus memiliki keahlian untuk memanfaatkan teknologi yang dibutuhkan. Teknologi yang biasanya dioperasikan adalah komputer dan spreadsheet.

Kedua alat tersebut akan berguna bagi admin sales untuk menginput data penjualan dan merekapnya secara rapi dalam satu file.

3. Komunikasi yang Mendukung

Berhubungan dengan banyak orang harus ditunjang dengan komunikasi yang seimbang. Ketika Kamu berperan sebagai admin sales, harus ada bentuk komunikasi yang sopan, ramah, dan profesional.

Impresi perusahaan di hadapan pelanggan akan diperhitungkan melalui kinerja karyawan yang berinteraksi dengannya. Pastikan Kamu memiliki skill komunikasi yang mumpuni.

4. Ketelitian yang Tinggi

Cara kerja yang akurat dan detail mengakibatkan alur pesanan yang dinamis dan menyenangkan pelanggan.

Keahlian ini akan membantu admin sales untuk bekerja dengan hasil yang memuaskan dan tidak ada kesalahan yang akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Ketelitian adalah kemampuan krusial yang harus dimiliki setiap pekerjaan yang harus terbiasa dan tidak asing dengan data dan pengarsipannya.

5. Multitasking

Jadwal kerja admin sales bisa jadi padat dan penuh kesibukan. Belum lagi ketika harus melayani pelanggan saat harus segera memasukkan data penjualan agar tidak terlupakan.

Kemampuan multitasking akan membawa ketenangan bagi Kamu sewaktu harus menghadapi situasi yang benar-benar hectic. Keahlian ini bertujuan untuk mengatasi seluruh pekerjaan agar tidak ada yang terbengkalai.

6. Kemampuan Lain yang Mendukung

Beberapa keahlian dan kemampuan berikut akan menjadi nilai tambahan bagi Kamu

  • Percaya diri dan mudah bekerja sama dalam tim
  • Berdedikasi tinggi
  • Mudah beradaptasi dengan deadline dan mengatasinya dengan rajin bekerja lebih awal
  • Perencanaan dan manajemen yang baik
  • Proaktif dan fleksibel
  • Terbiasa dengan data berbasis angka
  • Tata bahasa yang mudah dipahami

Gaji Seorang Admin Sales

Berdasarkan data terkini, rata-rata gaji admin sales di Indonesia adalah Rp3.219.071 setiap bulan. Beberapa gaji di beberapa wilayah terbagi sebagai berikut

  • Surabaya, rata-rata Rp3.150.000
  • Jakarta, rata-rata Rp3.860.000
  • Denpasar, rata-rata Rp2.700.000

Admin sales di Bank Mandiri bisa memperoleh gaji sekitar Rp7.500.000 setiap bulan, sedangkan PT Freeport di kisaran Rp10.000.000. Beberapa perusahaan nasional memberikan gaji sebesar Rp4.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Kesimpulan

Bagi Kamu yang awalnya kebingungan mengenai tugas seorang admin sales dan perbedaannya dengan admin marketing, kini Kamu sudah bisa memilih posisi yang tepat. Kalau kamu mampu bekerja dengan baik, tentu jabatan tersebut akan sangat menguntungkan kedepannya.

Utamakan keahlian komunikasi yang menyenangkan hati pelanggan untuk membantu perusahaan mencapai target profit yang telah ditetapkan.

Terimakasih sudah membaca artikel berjudul admin sales – tugas, tanggung jawab, kualifikasi dan gajinya. Kamu juga bisa baca artikel yang lain sebagai berikut :

1. Tugas Brand Manager : Tanggung Jawab, Syarat dan Gajinya
2. Tugas Resepsionis -Tanggung Jawab, Keahlian dan Gajinya
3. Tugas Seorang Staff Administrasi dan Gajinya


Jurusan Kuliah Terkait

Manajemen | Administrasi Perkantoran | Akuntansi | Pemasaran | Ilmu Komunikasi