tugas admin marketing

10 Tugas Admin Marketing Disertai Tanggung Jawab dan Gajinya

Diposting pada 13.741 views

10 Tugas Admin Marketing Disertai Tanggung Jawab dan Gajinya – Sebuah perusahaan pasti melakukan kegiatan pemasaran untuk menjangkau konsumen yang akan menjadi targetnya. Pemasaran ini biasanya ditangani oleh bagian pemasaran atau marketing.

Tidak sedikit orang yang ingin berkarir sebagai admin marketing, begitu juga dengan Kamu. Dilansir dari berbagai sumber menyatakan bahwa tugas seorang admin marketing itu cukup menyenangkan, hal ini karena marketing berhubungan dengan konsumen secara langsung.

Pekerjaannyapun cukup menantang karena dibayangi-bayangi target dan dipengaruhi berbagai faktor luar yang bisa membuat perilaku konsumen berubah seketika.

Daripada pusing mengenai marketing, btw tahukah kamu tugas dan tanggung jawab admin marketing itu apa saja? dan berapa gaji yang akan didapatkan? Tenang, Kamu akan segera mengetahuinya melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu Admin Marketing?

Admin marketing adalah orang-orang yang mempersiapkan dan melakukan kegiatan pemasaran secara tepat sasaran untuk menuju goal pemasaran yang telah ditetapkan.

Tugas spesifik dan tanggung jawab admin marketing biasanya berkaitan dengan pencatatan penjualan, perekapan order, upload produk hingga melayani customer yang akan order.

Mereka juga harus mampu memilih sarana dan media yang cocok untuk diaplikasikan dalam kegiatan pemasaran.

Admin marketing juga berhubungan langsung dengan customer apabila ada pertanyaan, kritik, saran, maupun keluhan dari pelanggan. Tidak hanya itu saja, admin marketing juga bertugas untuk melakukan umpan balik dan follow up untuk meningkatkan penjualan.

Persiapan marketing yang dikerjakan juga harus sesuai dengan Standard Operational Procedure dari awal hingga akhir.

Tugas Admin Marketing dan Tanggung Jawabnya

Apa saja tugas seorang admin marketing yang perlu Kamu tahu? Admin marketing akan sibuk dengan kegiatan seputar administrasi.
Berikut beberapa tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh admin marketing

1. Mengurus Data Penjualan

Segala sesuatu yang berkaitan keluar masuk penjualan akan dihandle langsung oleh admin marketing melalui beberapa tugas kecil.

Pertama adalah memeriksa ulang status data penjualan yang sudah maupun belum masuk secara teliti agar lebih mudah untuk menindaklanjuti. Data penjualan harian juga harus rajin diinput untuk kebutuhan pengarsipan.

Kemudian admin marketing melakukan tagihan dan tindak lanjut dari penjualan yang belum terhitung masuk ke dalam sistem.

Masalah teknis yang menghambat pendataan harus dilaporkan sesegera mungkin ke bagian admin supervisor.

2. Mengecek Ulang Hasil Input Data

Data yang sudah diinput dapat ditelaah kembali untuk menghindari kesalahan. Sekecil apapun akan sangat berdampak pada perhitungan layanan penjualan.

Ketika ada perbedaan antara data dengan invoice perusahaan, cross check dengan pelanggan untuk dilakukan koreksi. Cross check dapat dilakukan satu minggu sekali.

3. Membuat Laporan

Terdapat beberapa tugas kecil dalam menyusun laporan
Membuat laporan akhir bulan berupa faktur penjualan dan tagihan yang akan dicek oleh admin supervisor :

  • Merekap transaksi setiap periode tertentu
  • Mendistribusikan salinan invoice
  • Membantu supervisor admin untuk mengurus seluruh laporan penjualan

4. Melakukan Kegiatan Administrasi dan Pengarsipan

Tugas admin marketing yang keempat adalah melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi dan pengarsipan. Setelah seluruh data lengkap dan terorganisir, input akan dimasukkan ke arsip untuk disimpan dengan baik. Rekap administrasi dan arsip tersebut harus ditata secara urut dan sistematis.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pencarian data apabila dibutuhkan secara darurat atau peninjauan ulang.

Selain data-data, admin marketing juga merekap kebutuhan alat tulis kantor. Admin marketing bertugas mengajukan persediaan alat tulis kantor kepada supervisor admin untuk mendapatkan persetujuan.

5. Mengelola Database Customer

Database pelanggan merupakan kebutuhan penting sebuah perusahaan karena keberadaannya akan membuka jalan untuk menjangkau customer menjadi pelanggan setia.

Database menjadi sebuah sarana bagi perusahaan untuk mengakrabkan pelayanan sesuai keinginan pelanggan.

Tanggung jawab pengelolaan database ini diserahkan kepada admin marketing yang juga bertugas memberikan informasi baru dengan mengacu pada data pelanggan.

6. Promosi dan Direct Mail Pelanggan

Tugas admin marketing yang keenam adalah melakukan promosi dan direct mail pelanggan. Admin marketing akan memanfaatkan berbagai macam platform media sosial untuk menawarkan beragam promosi terbaru dari perusahaan.

Sebelum menjadi pelanggan, biasanya customer akan menerima Direct Mail yang isinya merupakan penawaran. Bahkan untuk beberapa model bisnis yang target konsumennya adalah perusahaan (jenis B2B) atau instansi pemerintah maka tidak cukup dengan e-mail, harus disertai dengan proposal agar terlihat profesional.

Tidak hanya pada calon pelanggan saja, admin marketing juga akan mengirimkan Direct Mail kepada pelanggan yang sebelumnya pernah order, dengan harapan mereka melakukan pembelian ulang atau reorder.

7. Melakukan Proses Penjualan

Selain mempersiapkan, admin marketing juga ikut serta dalam proses penjualan, baik secara aktif maupun pasif. Mengingat bahwa admin marketing cenderung menangani hal-hal berbau arsip dan administrasi dari data proses penjualan. Proses penjualan ini antara lain sebagai berikut :

  • Menerima order dari konsumen dan melakukan pencatatan.
  • Melihat inventory (stock).
  • Mencetak surat order dan menyampaikan kebagian gudang dan produksi.
  • Koordinasi dan memberikan informasi detail terkait alamat pengiriman, ekspedisi dll kepada bagian gudang untuk proses pengiriman.

8. Upload Produk

Pada beberapa perusahaan admin penjual akan diberi tugas dan tanggung jawab untuk mengupload produk, tentu saja produk yang di upload adalah produk milik perusahaan.

Dimana uploadnya? Di lini penjualan milik perusahaan, bisa di website, marketplace maupun sosial media.

Buat Anda yang belum mengerti tugas yang satu ini tidak perlu khawatir, karena sangat mudah dipelari. Biasanya juga ditraining oleh atasan terkait prosedur dan tata caranya.

9. Membalas Chat dan Pertanyaan Dari Customer

Tugas admin marketing selanjutnya adalah membalas chat dan pertanyaan dari customer, chat yang dimaksud bisa beragam seperti chatt whatsapp, chatt di sosial media, website dan di marketplace.

Pada tugas ini, seorang admin marketing diharapkan mampu membalas dan melayani customer dengan fast respon. Sehingga cutomer tidak keburu beralih ke lapak pesaing.

10. Menjelaskan Informasi Terkait Produk

Terkadang banyak pertanyaan datang karena kurang penjelasan mengenai produk, untuk itu perlu edukasi lebih mendalam lagi. Staff admin marketing salah satunya adalah menjelaskan informasi terkait produk mulai dari manfaat, fitur-fiturnya hingga harga.

Termasuk juga bila perusahaan mengadakan promo, maka admin marketing yang akan menyampaikan kepada para konsumen, entah itu hanya melalui whatsapp maupun marketplace.

Baca juga : 10 Tugas Administrasi Keuangan Dan Kualifikasinya

Kualifikasi (Requirement) Admin Marketing

Kamu telah mengulik lebih jauh tugas seorang admin marketing. Sebelum membahas soal kemampuan dan keahlian, terdapat beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi untuk menjadi admin marketing.

  • Maksimal usia 27 tahun, laki-laki maupun perempuan
  • Riwayat pendidikan minimal S1 di semua jurusan, jurusan manajamen, bisnis, akuntansi di utamakan.
  • Lancar berbahasa inggris.
  • Pengalaman minimal satu tahun di bidang admin marketing
  • Mampu mengoperasikan komputer, minimal microsoft office.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Berpenampilan baik.
  • Disiplin, teliti, jujur dan bertanggung jawab.

Sedangkan, untuk kualifikasi khusus berupa ketentuan tambahan dari perusahaan, seperti mampu melakukan rekap dan administrasi bidang tertentu serta siap ditempatkan di mana saja.

Baca juga : 10 Persyaratan dan Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran

Gaji Seorang Admin Marketing

Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji yang diperoleh seorang admin marketing adalah Rp3.301.097 setiap bulannya. Berikut beberapa rata-rata gaji admin marketing dari masing-masing domisili di Indonesia

  • Jakarta, rata-rata Rp3.800.000
  • Surabaya, rata-rata Rp3.360.000
  • Bandung, rata-rata Rp3.800.000
  • Denpasar, rata-rata Rp3.065.000

Untuk perusahaan yang terhitung besar, seperti Chevron dan Pertamina, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp10.500.000 hingga Rp29.499.000.

Kesimpulan

Kamu kini sudah memahami apa saja tugas seorang admin marketing di sebuah perusahaan. Kamu dapat mempertimbangkan jenjang karir ini kalau sudah yakin mampu melaksanakan sistem kerja dengan baik.

Posisi ini juga direkomendasikan untuk Kamu yang menyukai hal-hal berbau pemasaran dan mengaplikasikan beberapa teknik marketing untuk membuai target pelanggan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Baca juga : Tugas dan Tanggung Jawab CMO (Credit Marketing Officer) Di Perusahaan Finance

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.