skills yang dibutuhkan staff administrasi perkantoran

10 Persyaratan dan Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran

Diposting pada 159 views

10 Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran – Menjadi administrasi perkantoran tentu saja membutuhkan beberapa keahlian yang harus dipenuhi guna mendukung pekerjaan. Bahkan beberapa keahlian diantara merupakan kewajiban, jika tidak memilikinya maka harus dilakukan pelatihan terlebih dahulu.

Dalam artikel sebelumnya, telah disebutkan mengenai Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Perkantoran. Jika Anda berminat untuk melamar pekerjaan dalam posisi ini, tonjolkan beberapa skills di bawah ini agar peluang diterimanya lebih besar.

Jika Anda merasa belum yakin dengan kemampuan yang Anda miliki, Anda bisa belajar mandiri atau dengan mengikuti beberapa kursus. Sekarang banyak kok kursun online yang bisa Anda apply dari yang gratis sampai yang berbayar.

Menariknya lagi, Anda juga mendapatkan sertifikasi yang bisa Anda gunakan untuk meyakinkan HRD bahwa Anda adalah orang yang tepat mengisi posisi Administrasi Perkantoran.

10 Persyaratan Staff Administrasi Perkantoran

  1. Memahami Dasar Administrasi Perkantoran
  2. Memahami Administrasi Kepegawaian.
  3. Memahami Administrasi Keuangan dan Akuntansi
  4. Memahami Administrasi Sarana Prasarana
  5. Memahami Dasar-dasar Kearsipan
  6. Menguasai dan Mampu Mengoperasikan Aplikasi Microsoft Office
  7. Memahami SOP Komunikasi Melalui Telephone
  8. Memahami Surat-Menyurat
  9. Mampu Bekerja Dengan Teliti, Teratur dan Teroganizir
  10. Menguasai Bahasa Inggris Secara Lisan dan Tulisan

Baca juga : Prospek Kerja Administrasi Bisnis Dengan Gaji Terbaik

Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran

Beberapa keahlian berikut ini penting untuk dimiliki oleh seorang staff administrasi perkantoran, hayoo keahlian mana yang belum kamu kuasai?

1. Mampu Mengaplikasikan Software dan Update Teknologi

Melakukan rekap dan arsip data dapat dibantu dengan software yang umum digunakan, seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, dan PowerPoint. 

Keahlian untuk mengoperasikannya secara fasih akan membantu Kamu yang berminat di posisi ini untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang efisien.

Begitu pula dengan penggunaan jaringan internet. Kamu tidak akan jauh-jauh dari website dan media sosial yang mengharuskan untuk tidak gagap dengan sesuatu yang update dan viral.

2. Disiplin dan Menyukai Ketepatan Waktu

Kedisiplinan dan ketepatan waktu adalah porsi seimbang dari pengerjaan aktivitas kantor yang padat dan sering mendadak. Pastikan kalau Kamu adalah seseorang yang tidak menyukai keterlambatan, sehingga akan menyokong kinerja sebagai bagian dari administrasi perkantoran.

Kamu akan memberikan instruksi kepada staff yang lain untuk mampu bekerja tepat waktu karena peranmu adalah sebagai pengawas.

3. Teratur, Teliti, dan Teroganisir

Mengumpulkan berbagai jenis data fisik dan elektronik tentu tidak mudah. Dengan jumlah yang banyak, Kamu akan mengadopsi keteratuan, ketelitian, dan cara kerja yang terorganisir. Kemampuan tersebut memudahkanmu untuk memilah dan mengurutkan data ke bagian yang seharusnya.

Tentu akan memudahkan pula pihak yang lain ketika membutuhkan data-data untuk kepentingan yang mendesak atau perlakuan tinjauan ulang.

4. Kualifikasi Khusus

Kualifikasi khusus yang dimaksud adalah persyaratan jenis kelamin, usia, dan pendidikan terakhir.

Umumnya, sebuah kantor mencari pelamar dengan jenis kelamin perempuan karena akan berhadapan dengan kebutuhan administratif.

Beberapa perusahaan membutuhkan pelamar dengan tingkat pendidikan yang cukup tinggi. Namun, skil yang berkaitan dengan administrasi tetap menjadi indikator utama.

5. Komunikasi

Skills yang dibutuhkan oleh staff administrasi perkantoran adalah komunikasi, pasalnya tugasnya memang berkaitan erat dengan komunikasi. Terutama berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja maupun pihak luar.

Terlebih lagi, komunikasinya tidak hanya sekedar bertemu langsung melainkan komunikasi melalui telepon dan melalui surat resmi. Jadi komunikasi adalah keahlian yang penting dimiliki, bahkan wajib.

6. Scheduling and Time Management

Salah satu tugas staff administrasi adalah menyusun jadwal acara di perusahaan, termasuk jadwal pak bos juga dia yang ngatur. Sehingga sangat penting untuk menguasai scheduling, diantaranya menentukan waktu yang tepat dan time management agar tidak terjadi bentrokan antara agenda 1 dengan agenda yang lain.

7. Interpersonal dan Team Work

Interpersonal merupakan kemampuan berinteraksi dengan karyawan lain secara personal, intinya bagaimana seorang karyawan menjaga hubungan baik dengan karyawan yang lain.

Pasalnya orang yang tidak memiliki interpersonal biasanya susah untuk diajak bekerja sama dan berkomunikasi, padahal staff administrasi perkantoran sangat membutuhkan kerjasama kelompok yang baik.

Demikian artikel tentang persyaratan dan keahlian yang harus dimiliki oleh staff administrasi perkantoran. Bagi artikel ini ke temenmu yang harus mengetahui informasi ini. Terimakasih.