prospek kerja administrasi bisnis

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Dengan Gaji Terbaik

Diposting pada 135 views

Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan pekerjaannya yang memiliki gaji menjajikan– Kamu pasti sering mendengar jurusan Administrasi Bisnis di beberapa universitas. Ilmu ini termasuk ilmu ekonomi yang memang mengkhususkan untuk pengelolaan sebuah bisnis.

Walaupun jurusan ini masih agak kurang peminatnya dibandingan dengan jurusan ekonomi lainnya seperti Manajemen, Akuntansi, Administrasi Negara, dan beberapa ilmu lainnya. Padahal prospek kerja Administrasi Bisnis ini cukup luas dan menggiurkan.

Dalam keseharian kita semua tidak lepas dari yang namanya bisnis. Baik itu dalam skala besar maupun kecil. Kegiatan jual beli di warung misalnya, itu juga termasuk dalam lingkup bisnis. Banyaknya peluang kerja yang bisa Kamu dapatkan dari jurusan Administrasi Bisnis ini juga didukung dengan tingkat gaji yang lumayan tinggi sehingga sayang jika Kamu lepaskan.

Apa Itu Administrasi Bisnis?

Ilmu Administrasi Bisnis dalam beberapa universitas juga disebut dengan Administrasi Niaga yaitu suatu bagian dari ilmu administrasi yang fokus mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional suatu usaha bisnis dan perusahaan. Cabang ilmu ini memiliki perananan yang cukup tinggi dalam membantu suatu perusahaan untuk menjalankan bisnis atau usahanya.

Mata kuliah yang akan Kamu pelajari dalam Administrasi Bisnis ini pada dasarnya hampir mirip dengan ilmu administrasi lainnya. Kamu akan belajar tentang pemasaran, pengelolaan SDM, keuangan, hingga proses produksi. Secara rinci, ilmu yang akan Kamu dapatkan ketika melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan Administrasi BIsnis ini antara lain:

  • Operasi Bisnis
  • Sumber Daya Manusia atau Personalia
  • Teori dan Perilaku Organisasi
  • Keuangan Bisnis
  • Kewirausahaan
  • Ilmu Pemasaran atau marketing
  • Manajemen Kepemimpinan atau Leadership
  • Teori Pengambilan Keputusan
  • Perencanaan BIsnis

Apa Saja Prospek Kerja Administrasi Bisnis?

Pekerjaan administrasi bisnis
Pekerjaan administrasi bisnis

Peluang kerja untuk lulusan Administrasi Bisnis ini dapat dikatakan cukup luas. Dengan beberapa ilmu yang dimiliki hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan ini. Selain untuk perusahaan swasta, Kamu yang mengambil jurusan Administrasi Bisnis juga dapat bekerja di beberapa instansi pemerintah seperti Dinas Pasar, Badan Pengembangan dan Pembangunan Daerah, dan berbagai instansi lainnya.

Semua sektor usaha yang masih melakukan produksi dapat Kamu jadikan sebagai lahan pekerjaan. Hal ini disebabkan selama proses produksi masih berlangsung pasti kelangsungan perusahaan juga masih berjalan, sehingga akan banyak hal terkait dengan Administrasi Bisnis yang memerlukan tenaga dari lulusan Administrasi Bisnis, Berikut adalah beberapa contoh posisi yang dapat Kamu tempati setelah lulus nanti.

1. Staf Administrasi

Posisi ini jelas bisa Kamu dapatkan karena sangat sesuai dengan jurusan yang diambil. Staf administrasi dalam suatu perusahaan biasanya masih dibagi menjadi beberapa bagian, seperti staf administrasi umum, staf administrasi gudang, staf perpajakan, dan banyak lagi. Tugas utama dari seorang staf administrasi adalah melakukan penyimpanan dan rekap data berbagai aktivitas surat menyurat perusahaan.

Selain itu Kamu juga harus bisa menyimpan dengan baik berbagai surat berharga dan juga berbagai bukti transaksi agar mudah ditemukan kembali pada saat dibutuhkan. Untuk pekerjaan surat menyurat seperti surat pembelian, surat kontrak, dan surat-surat resmi lainnya yang berkaitan dengan jalannya suatu bisnis juga akan menjadi tugas Kamu nantinya. Gaji yang akan Kamu terima berkisar mulai dari Rp 3 juta.

2. Staf Marketing atau Pemasaran

Ketika Kamu kuliah di jurusan Administrasi Bisnis, Kamu akan belajar tentang kebijakan dan strategi marketing. Hal ini akan membuka peluang untuk bisa menjadi seorang staf marketing dari sebuah perusahaan. Tugas utama dari divisi pemasaran ini adalah meningkatkan volume penjualan produk yang dihasilkan oleh perusahaan melalui cara promosi ke para konsumen.

Selain melakukan tugas promosi, Kamu juga mengerjakan tugas sehari-hari yang berhubungan dengan pemasaran, misalnya rencana program, evaluasi program, dan juga pencatatan dan pendataan target penjualan pada periode waktu tertentu. Staf marketing ini akan mendapatkan gaji mulai dari Rp. 3 juta dan bisa ditambah dengan bonus penjualan dari perusahaan.

3. Konsultan Bisnis

Pekerjaan ilmu administrasi
Pekerjaan ilmu administrasi

Banyaknya ilmu yang dipelajari pada mata kuliah Administrasi Bisnis ini dapat menjadikan peluang buat Kamu untuk bekerja sebagai konsultan bisnis. Kamu dapat bergabung dengan perusahaan yang menyediakan jasa konsultan atau membuka jasa konsultan sendiri. Apabila Kamu bekerja di sebuah perusahaan maka akan disebut sebagai konsultan internal. Namun jika diluar perusahaan disebut konsultan ekternal.

Tugas pokok sebagai seorang konsultan adalah memberikan masukan atau nasihat tentang berbagai aspek bisnis yang akan dijalankan oleh klien. Namun Kamu tidak memiliki kewenangan untuk melaksanakan rencana dan menentukan kebijakan yang akan dijalankan. Jadi posisi ini hanya untuk mengarahkan saja. Untuk gaji yang akan Kamu terima mulai dari Rp. 5 juta dan akan lebih tinggi sesuai job yang Kamu dapatkan.

Baca juga : Prospek Kerja Ilmu Komunikasi



4. Manajer Perusahaan

Posisi ini mungkin banyak sekali yang ingin mendudukinya. Selain terlihat bonafit juga merupakan posisi strategis dalam suatu perusahaan. Sebagai seorang manajer perusahaan tentunya Kamu memiliki tugas yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, mengatur tugas-tugas untuk para staf, fungsi pengawasan, penilaian kinerja, pengembangan staf dan semua hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

Untuk bisa menjadi seorang manajer perusahaan, hal utama yang harus Kamu kuasai adalah ilmu manajemen yang baik. Karena seorang manajer merupakan pemimpin sehingga harus memiliki kecakapan dalam hal komunikasi dan pengetahuan tentang bisnis perusahaan. Lancar dan tidaknya aktivitas perusahaan akan bergantung pada manajer ini.

Gaji yang bisa Kamu dapatkan dari posisi ini mulai dari Rp.5 juta dan kenaikannya sesuai kebijakan perusahaan.

5. Tenaga Pendidik atau Dosen

Bagi Kamu yang mempunyai jiwa mengajar, mungkin Kamu cocok dengan posisi dosen ini. dengan menjadi dosen, Kamu dapat terus belajar dan menyalurkan ilmu untuk para mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan. Namun untuk bisa mencapai posisi dosen ini ada persyaratan yang harus Kamu miliki. Syarat utama adalah harus memiliki pendidikan minimal S2 atau S3 pada jurusan yang sama.

Seorang dosen Administrasi Bisnis tidak hanya bertugas untuk mengajar di dalam kelas, namun juga melakukan penelitian dan berbagai pengembangan ilmu pengetahuan yang dipelajari. Penelitian ini dapat dijadikan sebuah karya tulis ilmiah sehingga bisa Kamu publikasikan di beberapa jurnal baik nasional maupun internasional. Gaji yang ditawarkan sebagai dosen ini mulai dari Rp. 5 juta.

6. Pegawai Bank

Prospek kerja Administrasi Bisnis yang paling menarik adalah menjadi pegawai bank. Banyak sekali yang ingin menduduki posisi ini. Selain terbilang pekerjaan yang banyak dicari karena gaji yang ditawarkan tinggi juga pekerjaan ini dianggap pekerjaan yang nyaman. Banyak bank swasta membuka peluang pekerjaan untuk para lulusan Administrasi Bisnis, tentunya dengan persyaratan dari masing-masing bank.

Pada beberapa bank, gaji yang diberikan untuk seorang pegawai bank mencapai angka dari Rp. 5juta dan terus naik hingga belasan juta rupiah. Dengan gaji yang tinggi ini tidak heran jika banyak yang ingin menjadi pegawai bank. Kecakapan umum yang harus dimiliki antara lain pengetahuan tentang administrasi yang baik, komunikasi, dan manajemen administrasi yang mumpuni.

7. Entrepreneur

Tidak semua lulusan Administrasi bisnis harus bekerja di kantor atau intansi pemerintah dan swasta. Kamu bisa mengembangkan jiwa bisnismu dengan membuka bisnis sendiri. Mulai dari bisnis kecil-kecilan yang Kamu jalankan berdasarkan ilmu yang telah Kamu dapatkan selama di bangku kuliah. Pengetahuan yang Kamu dapatkan cukup untuk memulai dan menjalankan bisnismu sendiri.

Selain ilmu pengetahuan, Kamu juga harus memiliki daya kreatif yang tinggi untuk bisa terus membangun bisnis dengan ide-ide menarik yang mampu bersaing dengan bisnis yang lainnya. Menjalankan bisnis sendiri juga butuh ketekunan dan kegigihan dalam menghadapi semua rintangan dan hambatan. Namun pendapatan yang bisa Kamu terima cukup lumayan, mulai dari Rp. 5 juta.

8. Pegawai Negeri Sipil

Bukan hanya perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga lulusan dari Administrasi Bisnis, beberapa instansi pemerintah juga membutuhkannya. Terutama untuk instansi yang berkaitan dengan pengembangan usaha seperti usaha kerakyatan, dinas pasar, pembangnan daerah, dan lain sebagainya. Untuk bisa menjadi seorang PNS Kamu harus melalui tahapan tes CPNS yang digelar oleh Pemerintah Indonesia.

Kelebihan dari menjadi perangkat pemerintah ini adalah Kamu akan mendapatkan gaji yang stabil sesuai dengan golongan yang Kamu terima. Kisaran dari gaj tersebut minimal adalah Rp 3 juta dan akan terus meningkat dengan kenaikan golongan dan kenaikan gaji berkala. Apabila Kamu berminat menjadi aparatur negara, siapkan pengetahuan umum mulai dari sekarang.

9. Staf HRD atau Sumber Daya Manusia

Posisi lainnya yang dapat diisi oleh lulusan Administrasi Bisnis adalah menjadi staf HRD. Divisi human resource departemen ini merupakan salah satu bagian dari sebuah perusahaan yang fungsinya bertanggung jawab dalam hal pengelolaan sumber daya manusia. HRD ini akan mempersiapkan tenaga kerja mulai dari rekruitmen pegawai hingga pembuatan surat kontrak kerja.

Fungsi lain dari staf HRD ini adalah melakukan pemetaan dan penyaringan terhadap sumber daya manusia sebagai bahan evaluasi untuk perusahaan terkait pegawai. Seorang HRD harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berjiwa kepemimpinan, teamwork, dan mampu memotivasi karyawan untuk berkembang. Gaji yang bisa Kamu dapatkan dari posisi HRD ini mulai dari Rp. 3 juta.

10. Manajer Pemasaran

Satu lagi posisi yang banyak diminati oleh para lulusan Administrasi Bisnis, yaitu menjadi seorang manajer pemasaran. Tugas utama dari seorang manajer ini adalah melakukan pengaturan terhadap kinerja staf pemasaran, melakukan pengawasan akan program yang telah disusun agar terlaksana dengan baik, dan juga melakukan wawancara pada saat rekruitmen pegawai marketing.

Seorang manajer pemasaran dituntut untuk bisa memiliki pemikiran kreatif tentang program-program penjualan yang akan menunjang target yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Semakin tingginya persaingan membuat manajer pemasaran ini harus bisa menemukan formula yang baru dan tepat untuk menaikkan brand awareness. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini mulai dari Rp. 5 juta.

Baca juga : Prospek Kerja Manajemen

Administrasi Bisnis ini mempunyai ruang lingkup ilmu yang beragam dan peluang kerja yang luas juga. Banyak yang masih ragu untuk mengambil jurusan ini karena mungkin kalah populer dengan jurusan ilmu sosial lainnya. Padahal dengan peluang yang masih terbuka luas ini, Kamu justru akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena tingkat persaingan yang masih sedikit. Carilah informasi pada beberapa universitas yang membuka jurusan Administrasi Bisnis.