Prospek Kerja Sosiologi, Ini 10 Pekerjaan Yang Cocok

  • Whatsapp
prospek kerja sosiologi

Prospek Kerja Sosiologi – Mungkin beberapa dari Kalian pernah mendengar tentang jurusan Sosiologi. Bagi yang dulu masuk di jurusan IPS ketika dibangku SMU tentu sudah akrab dengan nama Sosiologi ini.

Jurusan ini memang tidak banyak peminatnya, karena tidak termasuk dalam jurusan favorit yang menjadi incaran banyak orang. Padahal apabila Kalian mempelajari lebih jauh prospek kerja Sosiologi ini cukup luas dan menjanjikan.

Muat Lebih

Secara garis besar, ilmu Sosiologi ini mempelajari tentang perilaku atau sikap individu terhadap lingkungan di sekitarnya. Termasuk didalamnya adalah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi sikap atau perilaku kita terhadap masyarakat.

Walaupun terkesan seperti jurusan yang tidak menjanjikan namun banyak sekali peluang kerja yang bisa kamu dapatkan ketika kamu sudah lulus dari kuliah jurusan Sosiologi ini.

Apa Itu Sosiologi?

apa itu sosiologi
apa itu sosiologi?

Ilmu Sosiologi termasuk dalam kajian ilmu Filsafat yang mempelajari tentang hubungan dan perilaku individu dengan individu, individu dengan beberapa kelompok, dan juga para kelompok dengan kelompok lainnya.

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa jauh dari hubungan sosial antar manusia yang lainnya, baik individu maupun kelompok. Hubungan sosial inilah yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat.

Beberapa hal yang akan Kalian pelajari jika mengambil jurusan Sosiologi ini antara lain tentang bagaimana orang bisa mempengaruhi kita, lalu seberapa jauh tatanan pemerintah, agama, dan ekonomi dapat mempengeruhi kehidupan dan perilaku kita, serta mempelajari tentang bagaimana kita sebagai individu dapat mempengaruhi orang lain. Hal pokok dalam ilmu Sosiologi adalah hubungan antar makhluk dalam lingkungan sosial.

Apa Saja Prospek Kerja Sosiologi?

prospek kerja sosiologi
Pekerjaan jurusan sosiologi

Menggeluti bidang yang tidak banyak orang meliriknya mungkin bisa menjadikan sebuah keuntungan bagi Kalian. Jangan minder ketika banyak yang bertanya akan jadi apa kalau belajar Sosiologi.

Faktanya banyak posisi menarik yang membutuhkan lulusan bidang Sosiologi dan dengan gaji yang cukup lumayan tinggi. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang dapat kamu jadikan acuan ketika sudah lulus nantinya.

1. Peneliti Sosial

Seperti peneliti lainnya, tugas Kalian di pekerjaan ini adalah membuat perencanaan, dan melakukan pengelolaan terhadap proyek-proyek yang berhubungan dengan penelitian sosial.

Ada banyak sekali perangkat lunak komputer yang bisa Kalian manfaatkan untuk membantu mengumpulkan data, melakukan analisa, dan juga mengatur berbagai informasi yang telah didapatkan.

Kalian bisa juga melakukan penelitian dengan teknik wawancara atau dengan menggunakan kuesioner untuk menyelidiki berbagai isu sosial yang ada dengan mengambil sample populasi yang mendekati.

Perusahaan yang bergerak di bidang sosial dan juga lembaga pemerintah seperti Dinas Sosial membutuhkan lulusan ini. Gaji yang akan Kalian dapatkan mulai dari Rp 5 juta dan kenaikannya tergantung dari jenis penelitian yang dilakukan

2. Advice Worker

Yang menjadi basic pekerjaan dari seorang advice worker adalah menyediakan berbagai informasi rahasia dan saran-saran yang akan dilakukan kepada klien tentang berbagai permasalahan yang diajukan.

Pekerjaan advice worker ini juga dapat berperan sebagai penasihat umum atau tenaga ahli yang menangani berbagai masalah keuangan dan hukum. Contohnya adalah tentang pekerjaan, perumahan, hutang, pendidikan, dan kesejahteraan.

Dari beberapa permasalahan dan topik yang diajukan tersebut, Kalian akan membuat kajian dan memberikan informasi serta saran baik secara langsung kepada klien maupun melalui beberapa media seperti email, telepon, dan lainnya.

Kalian dapat bekerja sebagai advice worker di rumah sakit, pengadilan, penjara, atau pusat informasi khusus. Gaji yang akan Kalian dapatkan berkisar Rp 3 – 5 juta.

3. Pekerja Sosial

Mungkin banyak yang sudah mengerti tentang pekerjaan sebagai pekerja sosial. Tugasnya adalah membantu sekelompok sosial untuk bisa melalui masa sulit dan memantau serta memastikan orang-orang yang rentan terhadapnya seperti anak-anak dan orang tua bisa terjaga dari bahaya. Peran pentingnya adalah memberikan dukungan agar mereka mampu membantu diri mereka sendiri

Yang membedakan dari pekerjaan ini adalah, mereka bekerja dalam berbagai peraturan perundang-undangan serta prosedur yang terkait. Kalian dapat bekerja di rumah sakit, sekolah, perkantoran, ataupun berbagai sektor publik da organisasi yang bersifat sosial sukarela.

Pekerja sosial ini akan berkolaborasi dengan profesi lain dalam hal perawatan sosial dan kesehatan. Gaji yang ditawarkan untuk pekerja sosial ini mulai dari Rp. 3 juta.

4. Community Development Worker

Pekerjaan ini hampir sama dengan pekerja sosial, bedanya adalah seorang community development worker ini bertugas untuk membantu masyarakat agar bisa membawa perubahan dan juga meningkatkan kualitas hidup sosial bermasyarakat.

Profesi ini akan bekerja baik secara individu, keluarga, maupun masyarakat dengan memberdayakan mereka untuk mengidentifikasi semua hak, kebutuhan, dan tanggung jawab sosial.

Selain mengidentifikasi, Kalian juga harus bisa mengembangkan kegiatan yang bisa menghasilkan aspirasi dari masyarakat. Fungsi yang lainnya adalah sebagai penghubung antara warga atau masyarakat dengan pihak otoritas terkait.

Masalah yang sering ditangani adalah ketidaksetaraan dan beberapa proyek yang dianggap kurang tepat. Gaji yang Kalian dapatkan dari pekerjaan ini sekitar Rp. 3 juta.

5. Konselor

Ketika Kalian menempuh pendidikan pada jurusan Sosiologi, akan banyak ilmu yang Kalian dapatkan sehingga bisa untuk bekal menjadi seorang konselor.

Tugas seorang konselor sosial ini adalah membantu klien untuk bisa merefleksikan tentang apa saja yang telah mereka lalui dalam kehidupannya serta mempertimbangkan beberapa cara alternatif saat mereka akan melakukan sesuatu rencana.

Seorang konselor harus menyediakan waktu untuk mendengarkan sehingga klien dapat bercerita dan mengekspresikan perasaan yang terjadi pada dirinya dengan mudah.

Kalian harus bisa memahami dan memberikan alternatif penanganan agar klien tidak bingung dan dapat mengatasi permasalahannya. Konselor ini dapat berdiri sendiri atau bekerja untuk instansi dari dinas Sosial. Gaji yang Kalian dapatkan berkisar Rp. 10 juta.

6. Staf Dosen atau Pengajar

Jika Kalian lulus dari perkuliahan dengan nilai yang bagus, tidak menutup kemungkinan kamu dapat bekerja sebagai dosen di jurusan yang sama. Peluang sebagai staf pengajar tidak hanya di perguruan tinggi namun juga bisa di sekolah, pusat pendidikan masyarakat, organisasi pemuda, penjara, serta berbagai organisasi sukarela lainnya. Kalian dapat mengajar dari tingkat pemula hingga tingkat dasar.

Apabila Kalian ingin terus berkarya pada bidang pendidikan ini, Kalian dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi untuk bisa menjadi seorang profesional yang bekerja lebih tinggi lagi.

Seperti untuk menjadi dosen, pada beberapa universitas atau perguruan tinggi mensyaratkan harus mempunyai pendidikan minimal S2. Gaji yang bisa Kalian dapatkan mulai dari Rp. 5 juta dan bisa terus meningkat sesuai dengan jabatan dan lama kerja.

7. Human Resources Officer

Pekerjaan Human Resources officer ini mempunyai tugas mengembangkan dan melaksanakan berbagai kebijakan yang ada kaitannya dengan penggunaan sumber daya manusia (SDM) yang efektif dalam suatu perusahaan.

Tujuan dari tugas ini adalah agar mendapatkan kepastian bahwa perusahaan telah seimbang dalam mempekerjakan karyawan baik dalam segi ketrampilan maupun pengalaman.

Kalian juga memiliki tugas lain yaitu menyiapkan kesempatan untuk para karyawan agar bisa berkembang dan meningkatkan kinerja mereka sesuai dengan tujuan dari perusahaan.

Human resources officer ini juga akan terlibat dengan bagian HRD dalam hal praktek kerja karyawan, rekruitmen, negosiasi perusahaan, dan lainnya. Gaji yang dapat Kalian terima mulai dari Rp. 5 juta dan bisa naik hingga belasan juta tergantung dari kebijakan perusahaan.

Baca juga : Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

8. Housing Manajer

Tugas dari seorang housing manajer adalah melakukan pengelolaan tentang perumahan dan jasa. Biasanya Kalian bisa bekerja di pemerintah daerah seperti dinas pemukiman, asosiasi perumahan, atau di perusahaan penyedia akomodasi lainnya.

Pekerjaan yang dihadapi adalah tetap menjaga kontak yang teratur dengan pihak penyewa, mengurusi tentang perbaikan masalah, dan pendapatan sewa atas perumahan atau jasa tersebut.

Untuk beberapa pekerjaan tertentu seperti bekerja pada kantor perumahan lingkungan lokal yang berhubungan dengan tunawisma, orang cacat, dan kelompok minoritas.

Kalian akan diikat dengan peraturan perundang-undangan yang ketat dan kerangka acuan yang sudah disediakan. Walaupun demikian, gaji yang ditawarkan cukup tinggi yaitu mulai dari Rp. 5 juta dan naik sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

9. Pegawai Pemerintah

Sering juga disebut dengan ASN atau PNS pada masanya. Banyak sekali badan dan dinas pemerintah yang membutuhkan lulusan Sosiologi ini. Contohnya adalah Departemen Sosial, Bappenas, Bappeda, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Departemen Pendidikan, dan berbagai dinas serta departemen lainnya. Selain peluang yang cukup tinggi, jumlah pesaingnya juga masih sedikit.

Posisi yang ditawarkan tergantung dari kebutuhan masing-masing instansi. Untuk bisa menjadi pegawai pemerintah ini Kalian harus mengikuti tes seleksi yang rutin diadakan oleh pemerintah setiap tahunnya. Selalu amati informasi yang diterbitkan oleh pemerintah agar Kalian bisa mempersiapkan diri dan persyaratannya. Gaji yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 3 juta disertai dengan tunjangan yang berlaku.

10. Penggalang Dana Amal

Untuk pekerjaan ini lebih kepada pekerjaan sosial. Kalian akan bekerja untuk meningkatkan konstribusi dari masing-masing individu atau kelompok dalam pengumpulan dana. Tugas Kalian adalah melakukan pendekatan dan menjalin hubungan untuk menjajaki peluang agar bisa mendapatkan sumber dana yang baru. Contoh kegiatan dalam skala besar ini adalah bazaar atau konser untuk penggalangan dana.

Kemampuan untuk bisa memahami masyarakat yang Kalian dapatkan selama duduku di bangku kuliah akan sangat dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Hal ini penting karena Kalian akan langsung terjun ke masyarakat dan membangun hubungan baik dengan mereka. Seperti penggalangan dana juga akan sangat bergantung dari komunikasi yang dijalin. Pekerjaan penggalang dana ini walaupun bersifat sosial namun bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp. 3 juta.

Sosiologi selama ini dipandang sebagai jurusan yang tidak terlalu terkenal dan dipandang sebelah mata. Apalagi untuk orang-orang yang tidak begitu paham tentang apa itu Sosiologi. Bahkan banyak orang yang khawatir tentang masa depannya jika mengambil jurusan ini, karena bagi mereka tidak memiliki pandangan tentang prospek kerja jurusan Sosiologi, berbeda dengan jurusan lainnya seperti kedokteran atau teknik.

Padahal jika Kalian mau mengenal lebih jauh prospek kerja Sosiologi seperti yang telah diuraikan diatas ternyata cukup banyak dan gajinya cukup membuat untuk hidup. Luaskan wawasan dan pandangan Kalian akan sebuah jurusan yang mungkin belum begitu diminati namun memiliki peluang yang cukup tinggi. Bagi Kalian yang menyukai ilmu sosial tidak ada salahnya mencoba mempelajari tentang Sosiologi ini sebagai pilihan untuk studi lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *