tugas pramuniaga

10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

Diposting pada 1.590 views

Tugas pramuniaga dan tanggung jawabnya – Setiap masuk di pusat perbelanjaan toko ritel maupun mall besar sudah pasti selalu menemui seorang pramuniaga yang biasa menyambut maupun membantu konsumen jika dibutuhkan.

Tugas pramuniaga sangat berperan penting dalam memasarkan produk dan melayani konsumen ketika berada di toko tersebut. Tak hanya sekadar itu saja, ternyata pramuniaga juga memiliki tugas yang lain. Yuk simak 10 tugas pramuniaga dan tanggung jawabnya di bawah ini: 

10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

1. Mendisplay produk di rak

Salah satu tugas wajib seorang pramuniaga adalah mendisplay produk yang berada di rak maupun gondola. Pramuniaga juga harus rajin menata produk yang terkesan kurang rapi maupun mendisplay produk secara baik agar terlihat menarik dan mudah dijangkau oleh konsumen. 

2. Mendata produk

Seorang pramuniaga memiliki tanggung jawab untuk selalu memeriksa stok/ketersediaan produk. Pramuniaga harus selalu melaporkan ketersediaan produk kepada staff gudang agar selalu menjaga ketersediaan produk yang berada di rak atau gondola toko. 

Baca juga : 8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

3. Menjaga kebersihan area penjualan

Tugas pramuniaga selanjutnya adalah menjaga kebersihan produk maupun area penjualannya seperti rak tempat display produk.  Pramuniaga harus berusaha untuk tetap menjaga produk dari debu-debu yang menempel. Maka dari itu sebelum pembukaan toko, pramuniaga selalu memastikan area penjualan bersih dan rapi. 

4. Mengemas produk/hadiah 

Tugas lain pramuniaga adalah mengepak produk sesuai ketentuan. Seperti produk beli 3 gratis 1 atau beberapa produk yang memberikan banded hadiah khusus yang biasanya menempel di produk tersebut. 

5. Menulis laporan penjualan 

Pramuniaga juga diharuskan untuk menulis laporan penjualan. Seperti laporan stok atau yang lainnya. Pramuniaga wajib teliti dalam menulis laporan penjualan. 

6. Memberikan label harga

Karena banyaknya produk yang terdisplay masalah utama adalah label harga yang biasanya tidak sesuai dengan tempatnya. Tanggung jawab pramuniaga adalah memastikan produk yang didisplay benar dan sesuai. Pramuniaga juga harus selalu up to date untuk memeriksa harga agar label yang tertempel di rak akan selalu sesuai. 

Baca juga : Karyawan Restoran – Tugas, Macam, Kualifikasi dan Gajinya

7. Memberikan pelayanan prima pada konsumen 

Memberikan pelayanan yang ramah dan terbaik pada pelanggan merupakan tugas utama seorang pramuniaga. Pramuniaga dituntut memberikan pelayanan prima kepada konsumen seperti membantu mencarikan produk, mengarahkan konsumen dengan tepat, maupun memberikan informasi yang akurat. 

8. Mencapai target penjualan 

Memasarkan sebuah produk merupakan kewajiban pramuniaga. Maka dari itu pramuniaga harus mampu menjual produknya agar mencapai target penjualan sesuai ketentuan perusahaan. 

Baca juga : Daftar Gaji Pramuniaga

9. Memahami informasi promosi

Hal yang biasanya dicari oleh pelanggan pertama kali saat memasuki toko adalah informasi promo pada hari atau bulan saat itu. Tak jarang para konsumen akan selalu menanyakan langsung pada pramuniaga.

Tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mengetahui dan paham promosi saat itu. Pramuniaga yang kurang menguasai informasi saat itu justru akan memberikan citra yang kurang baik pada perusahaan maupun toko ritel tersebut. 

10. Peka dan tanggap terhadap konsumen 

Terkadang terdapat beberapa konsumen yang tidak sempat bertanya atau merasa ragu untuk bertanya pada pramuniaga. Tugas pramuniaga satu ini adalah adalah memikili sikap tanggap terhadap konsumen untuk selalu menanyakan kebutuhannya saat ia bimbang mencari maupun memilih produk yang sesuai. 

Pramuniaga bertugas untuk memberikan informasi maupun referensi produk yang sesuai dan cocok untuk konsumen. Hal inilah yang membuat citra perusahaan semakin baik dan konsumen merasa terbantu dan puas terhadap pelayanan toko. 

Kontributor: Soffya Ranti (LinkedIn

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.