tugas pramuniaga

10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya + Gajinya

Diposting pada 134,039 views

Tugas pramuniaga dan tanggung jawabnya – Setiap masuk di pusat perbelanjaan toko ritel maupun mall besar sudah pasti selalu menemui seorang pramuniaga yang biasa menyambut maupun membantu konsumen jika dibutuhkan.

Tugas pramuniaga sangat berperan penting dalam memasarkan produk dan melayani konsumen ketika berada di toko tersebut. Tak hanya sekadar itu saja, ternyata pramuniaga juga memiliki tugas yang lain. Yuk simak 10 tugas pramuniaga dan tanggung jawabnya di bawah ini: 

10 Tugas Pramuniaga

1. Menata produk di rak sesuai dengan jenisnya

Salah satu tugas wajib seorang pramuniaga adalah mendisplay atau menata produk yang berada di rak maupun gondola sesuai dengan jenisnya. Ketika stok di rak hampir habis, pramuniaga bertugas untuk mengisi ulang dengan stok produknya.

Pramuniaga juga harus rajin menata produk yang terkesan kurang rapi maupun mendisplay produk secara baik agar terlihat menarik dan mudah dijangkau oleh konsumen. 

2. Mendata produk dan memeriksa ketersediaan stok produk

Seorang pramuniaga memiliki tanggung jawab untuk selalu memeriksa stok/ketersediaan produk. Pramuniaga harus selalu melaporkan ketersediaan produk kepada staff gudang agar selalu menjaga ketersediaan produk yang berada di rak atau gondola toko. 

Baca juga : 8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

3. Menjaga kebersihan toko dan area penjualan

Kebersihan adalah salah satu aspek penting dalam sebuah toko atau minimarket. Minimarket yang bersih akan membuat konsumen lebih percaya terhadap toko tersebut.

Salah satu orang yang bertugas menjaga kebersihan adalah Pramuniaga. Jadi, tugas pramuniaga yang ketiga adalah menjaga kebersihan produk maupun area penjualannya seperti rak tempat display produk. 

Pramuniaga harus berusaha untuk tetap menjaga produk dari debu-debu yang menempel. Maka dari itu sebelum pembukaan toko, pramuniaga selalu memastikan area penjualan bersih dan rapi. 

4. Mengemas produk yang dijual secara bundle

Tugas lain pramuniaga adalah mengepak produk sesuai ketentuan. Seperti produk bundle beli 3 gratis 1, pramuniaga membungkus produk-produk yang di bundle.

Selain itu terkadang di minimarket ada bonus atau hadiah seperti gelas / piring. Nah pramuniaga juga mengemas hadiah yang ditempel di dalam produk. 

5. Menulis laporan penjualan 

Pramuniaga juga diharuskan untuk menulis laporan penjualan. Seperti laporan stok atau yang lainnya. Pramuniaga wajib teliti dalam menulis laporan penjualan. 

6. Memberikan label harga pada produk

Karena banyaknya produk yang terdisplay masalah utama adalah label harga yang biasanya tidak sesuai dengan tempatnya. Mungkin kamu pernah menemukan permasalahan ini, harga di rak dengan harga di kasir berbeda.

Ini bisa terjadi karena sebuah produk bisa saja sering mengalami perubahan harga, terutama untuk produk seperti telur, buah, sayuran, beras dll.

Nah, tanggung jawab dan tugas pramuniaga selanjutnya adalah memastikan produk yang didisplay benar dan sesuai. Pramuniaga juga harus selalu up to date untuk memeriksa harga agar label yang tertempel di rak akan selalu sesuai. 

Baca juga : Karyawan Restoran – Tugas, Macam, Kualifikasi dan Gajinya

7. Memberikan pelayanan prima pada konsumen 

Memberikan pelayanan yang ramah dan terbaik pada pelanggan merupakan tugas utama seorang pramuniaga. Pramuniaga dituntut memberikan pelayanan prima kepada konsumen seperti membantu mencarikan produk, mengarahkan konsumen dengan tepat, maupun memberikan informasi yang akurat. 

8. Mencapai target penjualan 

Memasarkan sebuah produk merupakan kewajiban pramuniaga. Maka dari itu pramuniaga harus mampu menjual produknya agar mencapai target penjualan sesuai ketentuan perusahaan. 

Baca juga : Daftar Gaji Pramuniaga

9. Mempromosikan promosi kepada pelanggan

Hal yang biasanya dicari oleh pelanggan pertama kali saat memasuki toko adalah informasi promo pada hari atau bulan saat itu. Tak jarang para konsumen akan selalu menanyakan langsung pada pramuniaga.

Tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mengetahui dan paham promosi saat itu. Pramuniaga yang kurang menguasai informasi saat itu justru akan memberikan citra yang kurang baik pada perusahaan maupun toko ritel tersebut. 

10. Peka dan tanggap terhadap konsumen 

Terkadang terdapat beberapa konsumen yang tidak sempat bertanya atau merasa ragu untuk bertanya pada pramuniaga. Tugas pramuniaga satu ini adalah adalah memikili sikap tanggap terhadap konsumen untuk selalu menanyakan kebutuhannya saat ia bimbang mencari maupun memilih produk yang sesuai. 

Pramuniaga bertugas untuk memberikan informasi maupun referensi produk yang sesuai dan cocok untuk konsumen. Hal inilah yang membuat citra perusahaan semakin baik dan konsumen merasa terbantu dan puas terhadap pelayanan toko. 

Kualifikasi Pramuniaga

Jika Anda tertarik untuk menjadi pramuniaga, ada beberapa syarat kualifikasi yang harus Anda penuhi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan ramah.
  • Mampu bekerja secara tim dan individu.
  • Memiliki pengetahuan tentang produk dan layanan yang dijual.
  • Mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi pasar.
  • Memiliki motivasi dan inisiatif yang tinggi.
  • Bersedia bekerja dengan sistem shift dan hari libur.
  • Memiliki penampilan yang rapi dan profesional.

Skill Wajib untuk Pramuniaga

Untuk menjadi pramuniaga tidak semudah yang dibayangkan. Pramuniaga harus memiliki beberapa skill wajib yang dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanannya. Skill-skill ini juga dapat membantu pramuniaga untuk menghadapi berbagai situasi dan tantangan yang mungkin terjadi di lapangan.

Apa saja skill wajib untuk pramuniaga? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Komunikasi yang baik

Skill ini adalah skill utama yang harus dimiliki oleh pramuniaga. Pramuniaga harus bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara ramah, sopan, jelas, dan efektif. Pramuniaga harus bisa mengetahui kebutuhan, harapan, dan keluhan pelanggan, serta memberikan solusi atau saran yang sesuai.

Pramuniaga juga harus bisa menguasai bahasa tubuh, intonasi suara, dan ekspresi wajah yang dapat menunjukkan sikap positif dan antusias.

2. Pengetahuan produk atau jasa

Skill ini adalah skill pendukung yang harus dimiliki oleh pramuniaga. Pramuniaga harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Pramuniaga harus bisa menjelaskan fitur, manfaat, keunggulan, dan harga produk atau jasa dengan detail dan akurat. Pramuniaga juga harus bisa membandingkan produk atau jasa dengan kompetitor dan memberikan alasan mengapa produk atau jasa tersebut lebih baik.

3. Memiliki skills penjualan dan negosiasi

Skill ini adalah skill khusus yang harus dimiliki oleh pramuniaga. Pramuniaga harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan dan mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Pramuniaga harus bisa menggunakan teknik-teknik penjualan yang efektif, seperti menciptakan kebutuhan, memberikan testimoni, menunjukkan bukti, memberikan insentif, dan lain-lain. Pramuniaga juga harus bisa melakukan negosiasi dengan pelanggan jika ada hal-hal yang perlu dibicarakan, seperti diskon, cicilan, garansi, dan lain-lain.

4. Kemampuan dalam kerjasama tim dan adaptasi yang baik

Skill ini adalah skill tambahan yang harus dimiliki oleh pramuniaga. Pramuniaga harus bisa bekerja sama dengan tim atau rekan kerja lainnya untuk mencapai target dan tujuan perusahaan. Pramuniaga harus bisa saling mendukung, berbagi informasi, memberi masukan, dan menyelesaikan masalah bersama-sama.

Pramuniaga juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dinamis dan berubah-ubah. Pramuniaga harus bisa mengikuti aturan, prosedur, standar, dan kebijakan perusahaan yang mungkin berbeda-beda di setiap toko atau outlet.

5. Memiliki Etos kerja yang baik dan bertanggung jawab

Skill ini adalah skill dasar yang harus dimiliki oleh pramuniaga. Pramuniaga harus memiliki etika kerja yang baik, seperti disiplin, jujur, loyal, profesional, dan bertanggung jawab. Pramuniaga harus bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan benar. Pramuniaga juga harus bisa menghormati pelanggan, rekan kerja, atasan, dan perusahaan.

Gaji Pramuniaga

Sementara itu berikut adalah kisaran gaji pramuniaga di beberapa kota besar di Indonesia:

DaerahKisaran Gaji Pramuniaga (per bulan)
JakartaRp 3 juta – Rp 7 juta
SurabayaRp 2 juta – Rp 5 juta
BandungRp 2 juta – Rp 4 juta
MedanRp 2 juta – Rp 4 juta
MakassarRp 2 juta – Rp 4 juta
YogyakartaRp 2 juta – Rp 4 juta
SemarangRp 2 juta – Rp 4 juta
PalembangRp 2 juta – Rp 4 juta
BatamRp 2 juta – Rp 4 juta
BalikpapanRp 2 juta – Rp 4 juta

Perbedaan Kasir dan Pramuniaga

Kasir dan pramuniaga adalah dua profesi yang sering ditemukan di berbagai tempat usaha, seperti supermarket, toko, restoran, dan lain-lain. Meskipun keduanya berhubungan dengan pelayanan pelanggan, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok antara kasir dan pramuniaga. Berikut adalah tabel perbedaan kasir dan pramuniaga yang dapat membantu Anda memahami lebih jelas tentang kedua profesi ini.

KasirPramuniaga
Bertanggung jawab untuk menerima pembayaran dari pelanggan, baik tunai maupun non-tunai, serta memberikan kembalian dan struk pembelian.Bertanggung jawab untuk membantu pelanggan dalam mencari, memilih, dan menyarankan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
Memerlukan kemampuan menghitung dengan cepat dan akurat, serta mengoperasikan mesin kasir, barcode scanner, dan alat pembayaran lainnya.Memerlukan kemampuan berkomunikasi dengan baik, ramah, dan sopan, serta mengenal produk atau jasa yang ditawarkan dengan detail.
Biasanya bekerja di lokasi yang tetap, yaitu di meja kasir atau loket pembayaran.Biasanya bekerja di area yang luas, yaitu di lantai penjualan atau display produk.
Harus mengikuti prosedur dan aturan yang ketat dalam melakukan transaksi pembayaran, serta menjaga keamanan uang dan barang dagangan.Harus fleksibel dan kreatif dalam menangani berbagai situasi dan permintaan dari pelanggan, serta meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa kasir dan pramuniaga memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama penting dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk menjadi kasir atau pramuniaga, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik dan mengembangkan kemampuan yang sesuai dengan profesi yang Anda pilih.

FAQ tentang Tugas Pramuniaga di Toko

1. Apa itu pramuniaga?

Pramuniaga adalah seorang karyawan toko yang bertanggung jawab untuk melayani pelanggan dan menjaga toko tetap rapi dan terorganisir. Mereka memastikan bahwa produk-produk toko mudah ditemukan oleh pelanggan dan membantu menjual produk kepada pelanggan.

2. Apa saja tugas utama pramuniaga?

Tugas utama pramuniaga meliputi:

  • Melayani pelanggan dan menjawab pertanyaan tentang produk dan layanan
  • Menjaga tampilan dan organisasi toko
  • Mengatur dan merapikan produk di rak atau etalase
  • Mengawasi persediaan produk dan melaporkan kebutuhan stok
  • Membantu pelanggan dalam memilih produk
  • Melakukan penjualan produk, termasuk mencatat transaksi dan menerima pembayaran
  • Membantu mengelola dan mengawasi area kasir
  • Meresapi produk yang baru masuk atau yang perlu diisi kembali di rak

3. Apa keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pramuniaga yang baik?

Untuk menjadi pramuniaga yang baik, sebaiknya Anda memiliki:

  • Kemampuan komunikasi yang baik, baik lisan maupun tertulis
  • Keterampilan interpersonal yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan dan rekan kerja
  • Keahlian dalam menjual produk, termasuk promosi dan penawaran
  • Kemampuan untuk bekerja secara efisien dalam lingkungan yang sibuk
  • Kesabaran dan kemampuan untuk menangani situasi yang sulit atau pelanggan yang menuntut

4. Apakah pramuniaga harus memiliki latar belakang pendidikan tertentu?

Meskipun tidak ada persyaratan khusus untuk pendidikan, latar belakang dalam pelayanan pelanggan atau penjualan biasanya dianggap sebagai nilai tambah. Pengalaman kerja dalam bidang ritel atau pelayanan juga akan sangat membantu.

5. Bagaimana prospek karier untuk pramuniaga di toko?

Pramuniaga memiliki prospek karier yang baik terutama jika mereka bekerja di toko yang berkembang dan memiliki banyak peluang promosi. Dengan pengalaman yang memadai, pramuniaga dapat dipromosikan ke posisi manajerial, seperti supervisor toko, manajer penjualan, atau bahkan manajer toko keseluruhan. Selain itu, keahlian dalam pelayanan pelanggan dan penjualan akan selalu dicari dalam berbagai bidang industri.

6. Dimana biasanya pramuniaga bekerja?

Pramuniaga adalah orang yang bertugas menjual barang atau jasa di toko, supermarket, pasar, atau tempat lain yang berhubungan dengan perdagangan. Pramuniaga biasanya bekerja di bawah pengawasan manajer penjualan atau pemilik usaha.

Pramuniaga biasanya bekerja di tempat-tempat seperti:

  • Toko ritel / Swalayan
    Toko ritel adalah tempat yang menjual berbagai macam barang konsumen, seperti pakaian, sepatu, aksesoris, kosmetik, elektronik, buku, mainan, baju, dan lain-lain. Pramuniaga di toko ritel harus bisa menarik perhatian pelanggan, memberikan saran tentang produk yang cocok, serta membantu proses pembayaran dan pengemasan barang. Contoh lain toko ritel yaitu indomaret, alfamart.
  • Supermarket
    Supermarket adalah tempat yang menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, alat rumah tangga, obat-obatan, dan lain-lain. Pramuniaga di supermarket harus bisa mengatur barang secara rapi dan bersih, menjaga kualitas dan kesegaran barang, serta melayani pelanggan dengan cepat dan efisien.
  • Pasar
    Pasar adalah tempat yang menjual berbagai macam barang dagangan, seperti sayur, buah, daging, ikan, bumbu masak, kue, dan lain-lain. Pramuniaga di pasar harus bisa menawar harga dengan pelanggan, menjaga kebersihan dan keamanan barang, serta menimbang dan mengukur barang dengan tepat.
  • Toko online
    Toko online adalah tempat yang menjual barang atau jasa melalui internet. Pramuniaga di toko online harus bisa membuat deskripsi produk yang menarik dan informatif, mengupload foto atau video produk yang berkualitas, serta mengirimkan barang dengan aman dan tepat waktu.

Baca juga artikel berikut :

Kontributor: Soffya Ranti (LinkedIn

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.