daftar gaji pramuniaga

Daftar Gaji Pramuniaga Sesuai Bidang dan Tanggung Jawabnya

Diposting pada 1.509 views

Gaji Pramuniaga Sesuai Bidang dan Tanggung Jawabnya – Dalam artian sederhana pramuniaga memiliki pengertian sebagai profesi yang bergerak dalam bidang pelayanan. Tentu saja seorang pramuniaga seringkali ditemui di setiap pusat perbelanjaan maupun di toko ritel untuk membantu segala kebutuhan dan keluhan konsumen.

Gaji pramuniaga terbilang cukup standar karena di atas UMR, hal ini mengingat pramuniaga ternyata sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Maka dari itu, banyak sekali lowongan pekerjaan sebagai pramuniaga yang tersebar di berbagai portal lowongan pekerjaan.

Pekerjaan sebagai pramuniaga tentu saja tidak hanya sebagai promotor atau seorang sales produk. Nyatanya seorang yang bekerja di bidang pramuniaga juga bermacam-macam.

Jika anda berminat untuk bekerja sebagai pramuniaga pastikan anda mencari referensi gaji pramuniaga menurut bidang dan tanggung jawabnya agar dapat menjadi pertimbangan anda sesuai pengalaman dan kemampuan yang dimiliki.  Simak ulasan mengenai gaji pramuniaga. 

Baca juga : 10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

Besaran Gaji Pramuniaga Menurut Bidang dan Tanggung Jawabnya

Gaji Sales Promotion Girl/Boy 

Sales promotion girl/boy yang biasa disingkat SPG/SPB ini memiliki tanggung jawab untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang dijual.

Terkadang SPG/SPB memiliki target penjualan sehingga pekerjaan ini diharuskan memiliki teknik penjualan langsung yang dapat menarik pelanggan.

Kisaran gaji SPG/SPB ialah mulai dari rentang Rp.2.000.000-, sampai Rp3.500.000-, Gaji tersebut tentunya juga dipertimbangkan dari pengalaman pekerjaan spg, kinerja pekerjaan, dan sesuai tingkat penghasilan minimum di setiap kota. 

Baca juga : Jobdesk Sales Advisor – Tugas, Tanggung Jawab dan Persyaratan

Gaji pegawai kasir 

Kasir juga merupakan bagian dari pramuniaga toko. Seorang yang bekerja sebagai kasir akan bertanggung jawab terhadap segala bentuk transaksi penjualan.

Jika anda berminat atau memiliki pengalaman sebagai seorang kasir tentu saja sudah mengetahui kisaran rata-rata penghasilan yang diberikan. Gaji pramuniaga sebagai kasir berkisar mulai dari Rp.2.000.000-, hingga Rp4.500.000-.

Baca juga : 8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

Gaji customer service 

Customer service khususnya yang berada di toko ritel memiliki tanggung jawab pada pelayanan pelanggan jika terdapat keluhan atau masalah pada produk maupun hal yang berkaitan dengan toko.

Tugas lain customer service ialah melayani pembatalan produk. Untuk kisaran gaji customer service mulai dari Rp.2.000.000-, hingga Ro4.500.00-,. 

Gaji pelayanan lain

Maksud dari pelayanan lain ialah seorang yang berprofesi sebagai pramuniaga seperti pelayan bagian dapur seperti pembantu koki, waiter/waitress.

Tanggung jawab profesi tersebut biasanya lebih kepada pelayanan di food court pusat ritel tersebut.  Kisaran gaji mulai dari Rp.2.000.000-, hingga Rp.3.500.000-, 

Rata-Rata Gaji Pramuniaga

Dengan mengambil rata-rata di setiap bagian pramuniaga, dapat disimpulkan gaji pramuniaga di Indonesia berkisar mulai dari Rp.2.000.000-, hingga Rp.4.500.000 -, tentu saja gaji tersebut tidak paten dan dapat tergantung dari beberapa faktor lain yang mempengaruhi seperti upah minimum regional setiap kota dan kinerja setiap pramuniaga.

Khusus untuk seorang SPG/SPB yang biasanya memiliki target penjualan sudah pasti jika memenuhi target tersebut akan diberikan bonus dan tunjangan tersendiri oleh perusahaan masing-masing. Faktor lain yang mempengaruhi gaji seorang pramuniaga ialah tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. 

Untuk anda yang sedang mencari peluang pekerjaan sebagai pramuniaga wajib untuk mengetahui tugas seorang pramuniaga dan memiliki referensi gaji sesuai bidang pramuniaga yang akan anda geluti.

Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor di atas khususnya di mana anda bertempat tinggal karena setiap gaji pekerja juga tergantung pada upah minimum suatu daerah tersebut.

Mencari referensi gaji juga tak ada salahnya, karena besaran gaji juga merupakan salah satu pertanyaan yang biasanya diselipkan pada interview pekerjaan. Maka dari itu mencari referensi gaji merupakan hal yang penting. 

Kontributor: Soffya Ranti (LinkedIn)

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.