jobdesk store manager

Jobdesk Store Manager: Tugas, Persyaratan dan Gajinya

Diposting pada 26,695 views

Jobdesk store manager atau manajer toko dapat Anda ketahui melalui artikel ini. Pada umumnya manajer toko memiliki tanggung jawab yang cukup besar, poin paling utamanya adalah menjaga agar performa toko tetap optimal. Performa toko yang dimaksud adalah pelayanan yang baik, mencapai target penjualan dan memastikan tingkat kepuasan pelanggan.

Biasanya store manager ini membawahi beberapa staff seperti petugas pelayanan, kasir, sampai dengan petugas kebersihan jika ada. Manajer toko bersama staff-staffnya inilah yang kemudian memaksimalkan performa toko untuk mencapai sasaran yang telah disepakati.

Jobdesk & Tugas Store Manager (Manajer Toko)

Store manager adalah pimpinan toko, yang posisinya berada di bawah general manager. Artinya, store manager bertanggung jawab langsung dengan general manager.

Menurut Betterteam, seorang store manager bertanggung jawab untuk mengawasi operasional harian toko dan memastikannya berjalan dengan lancar dan efektif. Tugas umumnya memotivasi tim sales, membuat strategi penjualan, mengembangkan materi promosi, dan melatih staf baru.

Store manager dapat bertanggung jawab pada satu toko saja, maupun membawahi ratusan cabang toko. Semuanya tergantung pada skala bisnis yang dijalankan.

Store manager tak hanya dilihat dari pendidikannya, namun juga pengalaman yang dimiliki. Itulah mengapa sebagian store manager awalnya adalah staf biasa. Mereka bisa diangkat menjadi manajer karena dedikasinya, performanya, keterampilan, kemampuannya dalam memimpin, serta pengalamannya.

Berikut ini adalah beberapa tugas utama dari seorang store manager atau seseorang yang memimpin karyawan yang ada di toko :

  1. Membuat dan mengembangkan strategi toko yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang datang, meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan keuntungan.
  2. Memimpin, melatih, memotivasi, membimbing dan memberi feedback kepada staff toko.
  3. Memastikan pelayanan toko sebaik mungkin untuk menciptakan kepuasan pelanggan yang tinggi.
  4. Mengatur layout/penempatan barang dan mengatur lokasi produk yang tepat untuk menciptakan customer experience yang baik.

Baca juga : Tugas Brand Manager : Tanggung Jawab, Syarat dan Gajinya

Tanggung Jawab Store Manager

  1. Mengembangkan strategi bisnis guna meningkatkan jumlah customer, meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan keuntungan.
  2. Memimpin, memotivasi, melatih, membimbing dan mengawasi staff kantor secara efektif.
  3. Memastikan pelayanan toko seoptimal mungkin guna menciptakan kepuasan pelanggan yang tinggi.
  4. Membagi tugas kepada staff kantor termasuk memberikan jadwal masuk, ijin, dll.
  5. Menjaga agar kondisi/suasana/kebersihan toko terjaga dengan baik dan membuat pelanggan merasa nyaman.
  6. Mengawasi administrasi toko dan memastikan pekerjaan staff administrasi sesuai dengan peraturan dan prosedur.
  7. Menganalisis dan melaporkan tren pembelian dan kebutuhan pelanggan.
  8. Menangani semua masalah yang muncul dari staff atau pelanggan seperti keluhan maupun kritik.
  9. Melakukan penilaian kinerja staff dan menimbang apakah diperlukan pelatihan atau tidak. Termasuk memutuskan apakah kontrak kerja staff akan dilanjutkan atau stop sampai disitu.
  10. Mendesain layout toko / tampilan toko semenarik mungkin, termasuk mendesain tema pada saat-saat tertentu seperti pada bulan puasa, idul fitri, kemerdekaan dan natal.

Baca juga : Simak 10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

Persyaratan Store Manager (Manajer Toko)

1. Memiliki pengalaman setidaknya 2 tahun sebagai manajer toko.
2. Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu memimpin para staff.
3. Memiliki keterampilan manajemen pelanggan.
4. Memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik.
5. Jurusan manajemen/ekonomi/akuntansi/komunikasi lebih disukai.
6. Berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Gaji Store Manager di Indonesia

Pemberian gaji untuk posisi store manager tentu saja berbeda tergantung dari masing-masing perusahaan. Baik perusahaan besar atau perusahaan kelas menengah tentu gaji yang diberikan akan berbeda pula nominalnya. Sehingga tidak bisa disamaratakan karena mengingat perusahaan kelas menengah dan perusahaan besar tentu tugas dan tanggung jawabnya sangat berbeda.

Di Indonesia khususnya untuk posisi store manager rata-rata gaji yang diberikan untuk perusahaan-perusahaan besar senilai Rp 27.200.000 per bulannya, perusahaan kelas menengah sebesar Rp 16.000.000 per bulannya. Gaji tersebut belum termasuk uang lembur, insentif dan lain sebagainya.

Namun, gaji store manager juga dipengaruhi oleh lokasi toko yang dikelolanya. Berikut ini adalah daftar gaji store manager di 15 kota besar di Indonesia berdasarkan data dari Indeed.com:

  • Jakarta: Rp 7.421.840
  • Bandung: Rp 4.500.000
  • Surabaya: Rp 4.500.000
  • Medan: Rp 4.500.000
  • Makassar: Rp 4.500.000
  • Semarang: Rp 4.500.000
  • Yogyakarta: Rp 4.500.000
  • Denpasar: Rp 4.500.000
  • Palembang: Rp 4.500.000
  • Balikpapan: Rp 4.500.000
  • Tangerang: Rp 8.910.920
  • Bogor: Rp 5.000.000
  • Malang: Rp 4.500.000
  • Kuta: Rp 5.211.055
  • Bekasi: Rp 5.000.000

Dari daftar di atas, terlihat bahwa Tangerang memiliki gaji store manager tertinggi, yaitu Rp 8.910.920 per bulan, diikuti oleh Jakarta dengan Rp 7.421.840 per bulan, dan Kuta dengan Rp 5.211.055 per bulan.

Sementara itu, kota-kota lain seperti Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Balikpapan, dan Malang memiliki gaji store manager yang sama yaitu Rp 4.5000 per bulan.

Kesimpulan

Store manager adalah posisi yang penting dalam bisnis retail yang memiliki toko fisik. Store manager bertanggung jawab untuk mengawasi operasional harian toko dan memastikannya berjalan dengan lancar dan efektif.

Gaji store manager di Indonesia bervariasi tergantung dari skala perusahaan dan lokasi toko. Rata-rata gaji store manager di Indonesia adalah Rp 5.500.000 per bulan, namun ada beberapa kota yang memiliki gaji store manager di atas rata-rata, seperti Tangerang, Jakarta, dan Kuta.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.