tugas karyawan toko elektronik

7 Tanggung Jawab dan Tugas Karyawan Toko Elektronik

Diposting pada 212 views

Tugas karyawan toko elektronik – Setiap kali saat kita masuk toko elektronik sudah pasti akan disambut hangat oleh pramuniaga toko tersebut. Beberapa konsumen yang kurang mengerti barang elektronik hal pertama yang dilakukan adalah langsung menanyakan kebutuhan barang elektronik yang akan dibeli.

Maka dari itu, pramuniaga harus cepat tanggap dan mengerti kebutuhan konsumen. Tugas seorang pegawai toko elektronik pun sedikit berbeda dengan pramuniaga pada umumnya. Lantas apa saja tugas dan tanggung jawab karyawan toko elektronik? Simak ulasan berikut ini. 

7 Tugas Karyawan Toko Elektronik 

1. Memberikan arahan pada konsumen 

Pengunjung toko elektronik biasanya akan langsung menuju tempat display barang elektronik yang akan dipilih sesuai kebutuhan. Tugas karyawan toko elektronik ialah membantu mengarahkan konsumen untuk ke tempat barang elektronik yang dibutuhkannya.

Karena toko elektronik yang begitu cukup luas, tentu saja pelanggan akan perlu sedikit arahan untuk menemukan kebutuhan barang elektronik yang dicarinya. 

2. Merekomendasikan barang elektronik sesuai kebutuhan

Tak jarang para konsumen akan sedikit bimbang dengan kebutuhan barang elektronik yang akan dibeli. Pengunjung biasanya akan menanyakan barang elektronik yang sesuai dengan kebutuhan budget yang dimiliki kepada karyawan toko.

Maka dari itu karyawan toko harus mampu mengetahui produk apa yang cocok dengan kebutuhan konsumen dari segi harga dan kualitas. 

Baca juga : 10 Tips Jadi Pramuniaga yang Baik dan Profesional

3. Menguasai informasi produk 

Berhubungan dengan poin kedua, karyawan toko memiliki tugas untuk menguasai informasi produk elektronik secara baik. Ini karena beberapa pelanggan yang akan membeli barang elektronik terkadang kurang mengetahui detail produk yang akan dibelinya.

Selain itu, karyawan toko elektronik harus mengetahui produk promo pada hari itu sehingga konsumen menjadi lebih tertarik dan melakukan pembelian. 

4. Mendata stok barang elektronik 

Tanggung jawab seorang karyawan toko elektronik tidak terlalu jauh berbeda dengan pramuniaga toko lainnya yaitu mendata stok produk barang elektronik. Ini agar stok produk selalu terjaga dan tidak kehabisan sehingga konsumen dengan mudah menemukan produk yang diinginkan. 

5. Mendisplay barang elektronik 

Seperti tanggung jawab karyawan toko lainnya, di toko elektronik juga diharuskan untuk mendisplay produk elektronik yang tepat, baik, dan aman sehingga dapat dijangkau oleh banyak konsumen dan mudah dilihat dari sisi manapun.

Seperti display kulkas yang harus berada di tempat cukup lebar agar pengunjung dapat membuka dan melihat detail bagian dalam kulkas. 

Baca juga : 10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

6. Memberi arahan mengoperasikan barang elektronik 

Seorang karyawan toko elektronik juga harus dapat memberikan arahan kepada pembeli untuk memberikan informasi mengenai bagaimana cara menggunakannya maupun perawatannya.

Tugas yang satu ini sangat penting karena jika informasi yang diberikan salah atau kurang tepat dikhawatirkan pelanggan akan merasa kecewa setelah membeli produk tersebut.

7. Memberikan informasi cara pembayaran

Tentu saja toko barang elektronik memiliki metode pembayaran yang berbeda dengan toko ritel. Barang elektronik cenderung memiliki harga yang lebih tinggi sehingga biasanya terdapat beberapa cara pembayaran dapat dipilih oleh konsumen.

Tugas karyawan toko elektronik ialah memberikan informasi mengenai informasi pembayaran yang dapat dilakukan konsumen yaitu dengan cara kredit maupun dengan pembayaran lunas. 

Baca juga : Daftar Gaji Pramuniaga Sesuai Bidang dan Tanggung Jawabnya

Nah, 7 poin di atas merupakan tanggung jawab dan tugas karyawan toko elektronik pada umumnya. Tugas-tugas di atas tentu saja dapat disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Sebagai karyawan elektronik selain harus memperhatikan tugas di atas, karyawan juga diwajibkan memberikan pelayanan yang baik dan prima kepada seluruh konsumen. 

Kontributor: Soffya Ranti (LinkedIn

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.