tips interview bagi pramuniaga

6 Tips Hadapi Interview Bagi Calon Pramuniaga

Diposting pada 143 views

Tips Hadapi Interview Bagi Calon Pramuniaga – Interview kerja adalah sebuah jenis tahapan dalam seleksi kerja yang melibatkan pihak dari perusahaan dan calon kandidat pekerja. Interview biasa dilalui oleh seluruh para pencari kerja dimana pun perusahaannya.

Perkembangan perusahaan ritel di Indonesia pun semakin besar dan luas sehingga tak jarang selalu membutuhkan banyak kandidat para calon pramuniaga di perusahaannya.

Tentu saja saat akan interview para calon pramuniaga diharuskan memiliki peforma yang baik saat menjalani wawancara kerja tersebut. Nah ulasan kali ini akan memberikan tips dalam menghadapi interview pramuniaga. 

6 Tips Interview Pramuniaga

1. Riset informasi perusahaan ritel yang dituju

Sebelum menjalani panggilan interview alangkah baiknya calon pramuniaga menggali informasi terkait perusahaan yang akan dituju. Hal ini berguna agar calon pramuniaga sedikit banyak mengetahui seluk beluk dan gambaran perusahaan tersebut.

Pertanyaan HRD pun akan selalu dihubungkan dengan topik tersebut. Diharapkannya calon kandidat dapat menjawab dengan mantap dan percaya diri.

Baca juga : 10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

2. Mengurangi grogi

Rasa grogi atau nerveous memang wajar dirasakan oleh para pelamar pekerjaan ketika akan menjalani interview. Walaupun hal tersebut sangat sulit hilang tapi usahakan untuk tetap mengontrol rasa grogi yang dimiliki.

Kandidat yang terlalu nerveous berlebihan dikhawatirkan akan mengganggu proses interview dan penilain HRD. Terlebih lagi sebagai calon pramuniaga diharuskan untuk mengurangi rasa grogi atau nerveous. Ini karena bidang pramuniaga mayoritas akan bergelut dengan pelayanan dan berhadapan langsung dengan konsumen. 

3. Menjawab dengan jelas dan percaya diri

Menjawab pertanyaan para HRD memang susah-susah gampang. Selain calon pramuniaga diharuskan menggali informasi terkait perusahaan yang dituju, tips selanjutnya adalah menjawab segala pertanyaan HRD dengan jelas dan percaya diri dengan kata lain jawaban tidak ragu dan kurang berwibawa.

Tunjukkan jawaban yang jelas dan lugas. Hal ini juga menjadi penilaian karena seorang pramuniaga diharuskan memiliki komunikasi yang baik karena komunikasi merupakan aspek paling penting yang harus diperhatikan oleh calon pramuniaga kepada pelanggan. 

 Baca juga : Daftar Gaji Pramuniaga Sesuai Bidang dan Tanggung Jawabnya

4. Menjaga sikap

Hati-hati dalam tingkah laku bahkan apapun yang diutarakan calon kandidat. Usahakan menjada sikap dengan tetap ramah, sopan, menjabat tangan para HRD dan memberikan senyuman. Hindari perkataan yang tidak penting, sok tahu, dan arogan.

Seorang calon pramuniaga bergerak dalam bidang pelayanan yang berarti sikap merupakan hal yang sangat penting dalam peforma pekerjaannya. Pramuniaga yang memiliki sikap kurang ramah dan arogan akan sangat mempengaruhi citra perusahaan tersebut. 

5. Hindari berpikir terlalu lama

Sebelum mengikuti interview pramuniaga, alangkah baiknya melatih diri sendiri dengan menggali informasi terkait perusahaan atau dengan belajar otodidak bagaimana menyikapi interview yang baik dan benar.

Sebanyak mungkin membuka wawasan baru tentang bidang pramuniaga yang akan digeluti. Hal ini bermanfaat agar calon pramuniaga memiliki sikap tanggap dan cepat.

Usahakan untuk menghindari berpikir terlalu lama karena akan memberikan penilaian yang kurang baik. Karena sesungguhnya seluruh para pramuniaga diharuskan untuk selalu berpikir cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan pada konsumen. 

6. Berikan jawaban singkat, padat, dan jelas

Berikan jawaban yang tidak berbelit-belit pada HRD. Usahakan singkat, padat, dan jelas sehingga para HRD mengerti maksud dari jawabanmu tanpa penjelasan panjang lebar. Jawaban yang terlalu panjang dan berbelit-belit akan semakin mengulur waktu dan menilaimu kurang efisien.

Karena untuk memberikan penjelasan informasi pada konsumen, pramuniaga diharuskan memberikan penjelasan yang tidak berbelit-belit yang dikhawatirkan akan semakin bingung. 

Baca juga : 10 Tips Jadi Pramuniaga yang Baik dan Profesional

Itulah 6 tips interview pramuniaga yang dapat dimanfaatkan para calon pramuniaga di berbagai perusahaan ritel. Selain tips tersebut, usahakan telah mengetahui tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pramuniaga sehingga semakin memudahkan kandidat dalam menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh HRD. 

Kontributor: Soffya Ranti (LinkedIn

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.