tugas kasir toko ritel

10 Tugas Kasir Toko Ritel yang Perlu Diperhatikan

Diposting pada 1.144 views

Tugas kasir toko ritel – Kasir merupakan bagian yang tak asing lagi dijumpai di pusat perbelanjaan maupun toko ritel. Seorang petugas kasir biasanya memiliki tanggung jawab untuk melakukan pelayanan transaksi pembelanjaan konsumen.

Tak hanya memberikan pelayanan pembayaran terhadap konsumen, ternyata sorang kasir toko juga memiliki tugas lain yang menjadi tanggung jawabnya. Simak 10 tugas kasir toko ritel di bawah ini. 

10 Tugas Kasir Toko Ritel 

1. Menyiapkan kebutuhan transaksi 

Tugas pertama seorang kasir toko ritel sebelum menuju counter kasir ialah diwajibkan untuk menyiapkan segala kebutuhan transaksi seperti uang modal, struk penjualan, form transaksi, dan lainnya. Hal ini agar seorang kasir tampak siap dan profesional sebelum melakukan tugas selanjutnya yaitu melayani transaksi pelanggan. 

2. Melakukan proses transaksi penjualan 

Melakukan segala bentuk transaksi penjualan merupakan tugas kasir toko ritel yang utama. Para petugas kasir diwajibkan mampu mengoperasikan segala bentuk mesin kasir dan teliti dalam melakukan transaksi kepada konsumen. Petugas kasir juga dituntut untuk sangat berhati-hati dalam melakukan transaksi penjualan agar tidak ada yang salah. 

3. Membantu pelanggan untuk informasi produk

Seorang petugas kasir toko ritel juga wajib mengetahui informasi beberapa produk. Ini karena terkadang konsumen saat diakhir pembayaran akan menanyakan informasi produk yang ia masih belum ketahui. 

4. Memberikan penawaran produk 

Tak hanya seorang pramuniaga yang memiliki tugas untuk selalu menawarkan produk penjualan. Seorang petugas kasir pun juga harus siap memberikan penawaran produk untuk para pelanggan ketika bertransaksi. Hal ini berguna untuk menunjang penjualan toko ritel tersebut. 

5. Melakukan pengecekan barang 

Seorang kasir harus mampu bekerja secara teliti dan hati-hati. Salah satunya memastikan barang yang telah dibeli konsumen telah masuk dalam satu kantong plastik dan tidak ada yang tertinggal. Jika ada barang yang tertinggal dikhawatirkan akan merugikan konsumen. 

Baca juga : 10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

6. Memberi laporan pada atasan 

Seorang petugas kasir juga diwajibkan untuk selalu melaporkan sesuatu yang sekiranya tidak diketahui kepada atasan atau senior kasir. Hal ini berfungsi agar petugas kasir tidak mengalami kerugian atau kesalahan yang fatal. 

7. Memberikan sapa dan senyum kepada pelanggan 

Setiap konsumen yang datang menuju kasir, petugas wajib memberikan senyum dan sapa. Terlebih lagi menanyakan apakah pembelanjaannya sudah selesai dan tidak ingin menambah kembali. Hal ini untuk memastikan bahwa konsumen tidak akan menambah barang pembelanjaan kembali dan siap untuk melakukan transaksi pembayaran.’

Baca juga : Jobdesk Store Manager – Tugas, Tanggung Jawab dan Persyaratan 

8. Merekap laporan transaksi penjualan

Setelah shift seorang kasir telah usai, tugas selanjutnya adalah merekap seluruh transaksi penjualan dan menyetorkan uang tunai pada bagian senior kasir. Seluruh penjualan dan penerimaan uang kasir saat itu akan direkap menjadi satu. 

9. Menjaga kebersihan area kasir 

Tugas kasir di toko ritel juga harus menjaga kebersihan area mesin kasirnya agar pelanggan saat melakukan transaksi dan check out akan merasa tetap nyaman dan merasa pelayanan yang diberikan baik. Biasanya setiap counter kasir akan selalu tersedia alat-alat pembersihan seperti lap atau cairan pembersih. 

10. Menyebutkan uang yang diterima atau uang kembali 

Seorang petugas kasir akan selalu menyebutkan uang diterima pembeli maupun sisa uang kembaliannya. Ini agar memastikan jumlah transaksi dan uang tepat. Selain itu, petugas kasir wajib selalu teliti dalam menerima uang kertas agar terhindar dari kerugian akibat uang palsu.

Baca juga : 7 Tanggung Jawab dan Tugas Karyawan Toko Elektronik

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.