tugas kasir minimarket
Ilustrasi tugas kasir minimarket secara umum.

7 Tugas Kasir Minimarket Beserta Tanggung Jawabnya

Diposting pada 746 views

Tugas kasir minimarket – Kasir merupakan bagian yang selalu ada di minimarket. Kasir biasanya selalu berada di bagian area depan minimarket atau bagian masuk/keluar minimarket. Seperti yang kita tahu, kasir memiliki tugas untuk membantu segala transaksi pembelanjaan para pelanggan swalayan. Sebenarnya tugas kasir toko swalayan tak hanya sesederhana melayani transaksi pelanggan taapi juga memiliki tugas dan tanggung jawab lain.

Profesi sebagai kasir minimarket ini biasanya juga cukup sering membuka lowongan pekerjaan. Nah untuk kamu yang berminat untuk melamar untuk posisi kasir minimarket, perlu kamu ketahui dan melakukan sedikit riset tentang tugas dan tanggung jawabnya.

Ini berguna agar saat kamu diterima nanti sebagai seorang kasir kamu memiliki pengetahuan sedikit banyak tentang profesi yang kamu jalani. Berikut ini ulasan mengenai 7 tanggung jawab dan tugas kasir minimarket secara umum.

7 Tugas Kasir Minimarket

tugas kasir minimarket

1. Melayani transaksi penjualan

Hal yang paling menonjol dair tugas kasir minimarket adalah membantu para pelanggan untuk melayai segala transaksi penjualan dan penerimaan pembayaran. Setelah pelanggan dirasa sudah membeli barang-barang sesuai kebutuhannya tentu saja ia langsung melakukan transaksi pembayaran di kasir.

Sebagai seorang kasir, usahakan berkomunikasi dengan pelanggan dan berikan sifat yang ramah. Kasir juga harus mampu teliti untuk mengecek segala penerimaan pembayaran melalui cash ataupun menggunakan kartu kredit/debit agar tidak keliru.

Baca juga : 10 Tugas Kasir Toko Ritel yang Perlu Diperhatikan

2. Melakukan packing barang

Selain melayani transaksi pelanggan, seorang kasir juga harus melakukan packing barang-barang belanjaan pelanggan yang telah dibayarkan di kasir. Terkadang di beberapa minimarket terdapat seorang yang membantu kasir untuk packing.

Tapi kebanyakan seorang kasir harus mampu sekaligus mengemas barang belanjaan pelanggan. Usahakan untuk cepat tapi tetap berhati-hati. Pastikan barang belanjaan pelanggan tidak tertinggal satu pun di area kasir.

3. Membantu memberikan informasi kepada pelanggan

Tugas kasir minimarket tak hanya sekadar melayani transaksi barang belanja pelanggan tapi juga mampu memberikan informasi kepada pelanggan mengenai produk-produk di minimarket. Tak hanya mengenai spesifikasi produk tapi juga harga dan tanggal kaduluarsa.

Ini karena pada saat check out, pelanggan lebih sering menanyakan informasi produk kepada kasir. Maka dari itu seorang kasir harus mampu membantu pelanggan untuk memberikan informasi yang benar dan baik.

Baca juga : 8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

4. Mencatat segala transaksi dengan teliti

Walaupun setiap transaksi minimarket telah dilengkapi mesin kasir yang canggih, tapi tidak memungkinkan untuk selalu berhati-hati dan teliti dalam mencatat seluruh transaksi pelanggan.

Kasir juga harus berhati-hati dalam memasukkan nilai pembayaran yang harus dibayar pelanggan agar tidak keliru dan menimbulkan kerugian. Telitilah dalam menerima uang cash pelanggan dan pastikan mesin kasir memiliki sinar ultraviolet untuk pengecekan uang asli atau palsu.

5. Membersihkan area kasir

Jangan lupa untuk selalu membersihkan area tempat kasir. Biasanya area kasir akan dilengkapi dengan peralatan kebersihan. Sebelum memulai transaksi tentu saja kasir harus memastikan semua area sekitarnya tetap bersih dan nyaman saat transaksi berlangsung. Mesin kasir yag kurang terjaga kebersihannya akan memberikan kesan yang kurang baik kepada pelanggan minimarket.

Baca juga : Daftar Gaji Pramuniaga Sesuai Bidang dan Tanggung Jawabnya

6. Melalukan penyetoran uang transaksi penjualan

Setelah tugas kasir minimarket telah usai hal selanjutnya yang dilakukan adalah menyetorkan seluruh transaksi penjualan kepada atasan dan seluruh bukti-bukti pembayaran transaksi dari mesin kasir. Jangan lupa selalu catat hal-hal transaksi yang penting seperti penerimaan voucher, kupon, atau bentuk pembayaran dalam bentuk lainnya.

7. Melapor pada atasan

Jika terdapat sesuatu yang dirasa kurang mengerti atau kebetulan kurang teliti dan terdapat sedikit gangguan dalam transaksi, segera untuk melapor pada atasan atau senior kasir agar gangguan segera diatasi dan proses transaksi kembali lancar.

Itulah 7 tugas kasir minimarket yang biasa ditemui secara umum. Untuk kamu yang akan melamar pekerjaan sebagai kasir swalayan tentu saja harus mengetahui tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh para pegawai.

Baca juga : 10 Tugas Pramuniaga dan Tanggung Jawabnya

Karena seorang kasir merupakan bidang pelayanan maka seharusnya seorang kasir minimarket harus memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggan seperti mengajak interaksi pelanggan dengan melakukan sapa senyum dan salam.  

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in