tugas dan tanggung jawab kasir indomaret
Sumber : surabaya.tribunnews.com

8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 306 views

8 Tugas Kasir Indomaret dan Keahlian yang Dibutuhkan – Saat berbelanja ke Indomaret, pasti Kamu sering mendengar beberapa penawaran seperti, “Mau beli pulsanya sekalian, Mbak?” atau “Kalau beli tissue satu lagi, bisa dapat bonus. Mau ambil?” atau “Mau bayar tagihan listrik atau airnya juga, biar sekalian?” Sebaiknya, tidak perlu merasa sebal dan biarkan dia menjalankan tugas seorang kasir Indomaret dengan baik.

Kalau Kamu tidak membutuhkan penawaran yang diberikan maka bisa membalasnya dengan, “Sudah cukup, ini saja dulu.” atau “Lain kali saja ya, terima kasih”.

Bahkan hanya dengan memberikan isyarat menolak sambil tersenyum pun sudah cukup. Hal tersebut penting karena membuat kasir merasa dihargai di saat banyak tanggungjawab yang harus diemban. 

Apa itu Kasir Indomaret?

Kasir yang bekerja di Indomaret memiliki kewajiban yang sama dengan kasir toko retail pada umumnya. Tugas utamanya adalah menangani transaksi pembelian mulai dari menghitung jumlah keseluruhan, menerima uang, menghitung kesesuaian, mengecek keaslian uang, memberikan kembalian, dan menyimpan uang sesuai dengan nominalnya. Semua dilakukan secara berurutan dalam satu waktu sehingga harus cekatan. 

Apabila Kamu berniat menjadi kasir, maka berlatihlah mengendalikan emosi diri dan selalu ramah kepada orang lain. Sebab, kasir harus mampu bersikap sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Sebagai contoh, saat pembeli komplain sambil marah-marah maka Kamu harus bersikap mengalah, tetap mendengarkan tanpa menunjukkan emosi yang kesal, dan menanggapi dengan tenang.  

Tugas dan Tanggung Kasir Indomaret

1. Melayani Transaksi Pembayaran Pembeli

Tugas utama kasir memang berhubungan dengan uang, lebih tepatnya menerima uang atas pembelian barang dan menyerahkan kembalian apabila dibutuhkan.

Kasir juga harus jeli dalam membedakan uang yang palsu dengan yang asli, dan jangan sungkan untuk menmberitahukannya ke pembeli. Uang yang sudah diterima, harus kasir kelompokkan sesuai dengan nominal agar rapi.  

2. Melakukan Pembungkusan Barang

Pada supermarket besar, pembungkusan barang dilakukan oleh karyawan lain di meja kasir. Namun, Indomaret hanya menempatkan satu karyawan saja sehingga kasirlah yang harus memasukan barang ke kantong belanja.

Kantong plastik sudah tidak lagi digunakan demi gerakan ramah lingkungan sehingga kasir akan menawarkan kantong kain seharga Rp5.000 kepada pembeli, namun sifatnya tidak memaksa. 

3. Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Pembeli

Sebagai seorang yang selalu stand by, kasir seringkali ditanyai berbagai hal oleh pembeli seperti ketersediaan produk, lokasi produk diletakkan, harga yang tidak tertera di kemasan, produk yang direkomendasikan, atau produk baru di etalase. Namun, memberikan informasi kepada pembeli memang sudah menjadi tugas kasir sehingga harus paham mengenai semua produk. 

4. Menawarkan Promosi yang Sedang Berlangsung kepada Pembeli

Indomaret sering mengadakan promo harian untuk produk tertentu atau promo besar-besaran saat ada event spesial. Tugas seorang kasir Indomaret adalah memberitahukan mengenai promo tersebut dan menanyakan dengan sopan apakah pembeli berminat atau tidak. Selain itu, informasi secara tertulis juga diberikan melalui brosur promo yang diberikan kepada pembeli setelah selesai transaksi.   

5. Melayani Pembelian Pulsa dan Tagihan 

Kamu yang sering belanja di Indomaret pasti sering ditanya apakah akan membeli pulsa atau tidak, bukan? Wajar memang karena sudah menjadi kewajiban kasir untuk menawarkan jenis layanan lain.

Beberapa tagihan juga akan dilayani oleh kasir mulai dari tagihan listrik, air, BPJS, belanja online, TV berlangganan, tiket kereta api, tiket pesawat hingga angsuran kredit motor. 

6. Mengecek Stok Produk Bulanan

Ketersediaan produk menjadi tanggungjawab seorang kasir sehingga laporan bulanan dibutuhkan agar bisa dilakukan penyetokan barang. Namun, pengecekan dapat dilakukan secara harian untuk mengetahui mana saja produk yang paling cepat terjual.

Apabila belum satu bulan dan produk sudah menipis, maka kasir wajib memberikan laporan dini kepada atasan. Pengecekan rutin juga memudahkan kasir saat pembeli menanyakan stok. 

7. Mencatat Kas Keluar dan Melaporkannya Kepada Atasan 

Kas keluar merupakan sejumlah uang yang dibelanjakan untuk urusan operasional kerja. Kasir harus mencatat dan membuat pembukuan tersendiri sehingga mudah dipahami saat akan diserahkan kepada atasan.

Pembukuan harus disertai dengan bukti transaksi sehingga tugas kasir harus menyimpannya. Dengan adanya bukti transaksi, kesalahan dalam pencatatan juga akan teratasi. 

8. Memiliki Tanggungjawab Penuh Terhadap Uang Transaksi yang Masuk

Seorang kasir harus jujur dan tanggungjawab dalam mengelola uang yang masuk dari transaksi pembelian. Penghitungan harus dilakukan dengan teliti agar tidak salah catat.

Apabila kasir melakukan salah input saat transaksi yang menyebabkan kurangnya uang yang masuk, maka kasir harus menggantinya.

Saat shift kasir sudah selesai, maka serah terima wajib dilakukan kepada kasir lain tanpa meninggalkan uang dari transaksi sebelumnya.   

Kualifikasi dan Keahlian yang Harus Dimiliki Kasir Indomaret

1. Mampu Berkomunikasi secara Efektif dan Sopan 

Seorang kasir harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif untuk memastikan informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada pembeli.

Kasir yang memiliki kemampuan tersebut dapat dilihat dari penggunaan tata bahasa yang tepat, artikulasi yang jelas, percaya diri saat berbicara sehingga meyakinkan pembeli, dan mampu mengendalikan volume suara tanpa mudah terpancing emosi terutama saat menghadapi keluhan pembeli.   

2. Cekatan Melayani Pembeli

Tugas seorang kasir Indomaret membutuhkan kecekatan yang baik saat melayani pembeli. Saat ada antrian yang panjang, maka kecekatan dapat membuat transaksi lebih cepat karena minim kesalahan.

Sedangkan, saat hanya ada satu pembeli kecekatan tetap dibutuhkan agar menghemat waktu sehingga bisa digunakan untuk mengerjakan tugas lain. Selain itu, pembeli pun akan merasa puas. 

3. Mampu Menghitung dengan Teliti dan Sabar

Ketelitian tinggi harus dimiliki oleh seorang kasir karena hampir jutaan uang menjadi tanggungjawabnya. Apabila terjadi kesalahan yang menyebabkan kerugian perusahaan, maka ksir harus mengganti atau bisa juga dipotong dari gaji.

Posisi kasir juga membutuhkan orang yang sabar dalam menghadapi konsumen saat memiliki keluhan, misalnya kartu debit tidak terdeteksi atau permintaan wadah tambahan seperti dus.   

4. Terampil Menggunakan Komputer

Keahlian komputer penting dimiliki kasir karena penghitungan jumlah harga barang tidak dilakukan secara manual. Dengen berbekal keahlian yang memadai, kasir akan lebih mudah beradaptasi dengan perangkat komputer kasir yang biasa digunakan oleh perusahaan.

Kemampuan mengoperasikan Microsoft Excel dan Words juga penting untuk membuat pembukuan kas sederhana, dan daftar ketersediaan stok.  

5. Dapat Membuat Pembukuan yang Rapi

Seorang kasir setidaknya memiliki pengetahuan tentang bagaimana membuat pembukuan yang benar. Ciri-ciri pembukuan sederhana yang memenuhi syarat antara lain berisi:

  1. Pemasukan dan pengeluaran uang kas yang disertai dengan tanggal serta bukti transaksi;
  2. Hasil penjualan selama periode tertentu untuk dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan sehingga diketahui laba dan ruginya. 

Baca juga : 10 Tugas Admin Marketing Disertai Tanggung Jawab dan Gajinya

Gaji Kasir Indomaret 

Nominal pasti gaji kasir Indomaret tergantung dari UMR masing-masing daerah. Secara umum kisaran gaji berada pada rentang terendah 1,5 juta rupiah hingga tertinggi 3 juta rupiah per bulan. Namun, beberapa daerah yang memiliki UMR kecil besaran gaji kasir hanya sekitar 500 ribu rupiah per bulan. Besaran tersebut hanya berupa gaji pokok dan belum ditambah dengan hak lain yang bisa didapat seperti:

  1. Gaji dari jam lembur
  2. Tunjangan spesial dari toko
  3. Tunjangan Hari Raya 

Sesekali, bonus juga didapat oleh kasir sebagai reward telah melakukan kinerja yang bagus dan tanpa kesalahan. Besaran bonus dapat bervariasi tergantung dari omset per tahun, atau jumlah pelanggan yang bertambah.

Bekerja sebagai kasir membutuhkan ketangguhan karena Kamu dituntut untuk multitasking mulai dari memindai barcode barang, menghitung jumlah barang, memasukkan ke kantong belanja, hingga harus menahan diri saat pembeli marah-marah.

Namun, posisi ini juga menawarkan pengalaman yang baik untuk melatih banyak kemampuan seperti berhitung cepat, dan lebih peka dengan keadaan. 

Pekerjaan Terkait

Admin Sales | Kasir Restauran | Kasir Indomaret | Kasir Alfamart

Pendidikan Terkait

Akuntansi | Administrasi Perkantoran