tugas kasir restoran

7 Tanggung Jawab dan Tugas Kasir Restoran

Diposting pada 83 views

Tugas kasir restoran – Setiap restoran sudah pasti memiliki bagian kasir sebagai penanggung jawab segala transaksi pemesanan menu pada restoran tersebut. Saat ini pun restoran banyak sekali didirikan oleh pebisnis. Mulai dari restoran dengan skala menengah hingga restoran mewah.

Maka dari itu tak jarang banyak pula beberapa restoran yang menawarkan lowongan pekerjaan sebagai kasir restoran. Menjadi kasir restoran tentu saja bukan perihal yang mudah. Tugas kamu dituntut untuk tetap berhati-hati dalam menjaga dan melakukan segala transaksi pelanggan restoran.

Jika kamu berminat untuk melamar pekerjaan sebagai kasir restoran biasanya beberapa restoran lebih memilih seseorang dengan pengalaman kasir restoran yang lebih lama. Tapi tak jarang juga mempersilakan untuk membuka peluang bagi siapapun yang masih belum berpengalaman alias fresh graduate. Maka dari itu, sebelum melamar pekerjaannya kamu perlu mengerti tugas dan tanggung jawab seorang kasir restoran. Simak 7 poin tugas kasir restoran di bawah ini.

7 Tugas Kasir Restoran

tugas kasir restoran

1. Pastikan mesin kasir berfungsi dengan baik

Sebelum melakukan pekerjaan, tentu saja seorang kasir harus bertanggung jawab untuk memastikan segala mesin kasir dan alat-alatnya berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada yang error. Pengecekan ini berguna agar seorang kasir tetap lancar dan tidak ada gangguan saat restoran mulai buka dan pelanggan mulai bertransaksi.

2. Melakukan transaksi dengan cepat dan ramah

Menjadi seorang kasir harus menerapkan sifat yang ramah kepada pelanggan. Memberi salam dan selalu tersenyum. Sifat seperti inilah yang menjadi nilai plus bagi pelanggan karena benar-benar sangat dilayani dengan baik.

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat karena jika seorang kasir tidak bergerak dengan cepat ini akan mengakibatkan antri panjang, pelanggan yang jadi sebal dan justru tidak kondusif. Meskipun cepat, tapi seorang kasir harus tetap berhati-hati.

Baca juga : Karyawan Restoran – Tugas, Macam, Kualifikasi dan Gajinya

3. Jangan lupa bersihkan area kasir

Bagian kasir merupakan bagian terdepan atau yang paling terlihat oleh semua pelanggan restoran. Sebagai seorang yang bertanggung jawab pada bagian kasir, kamu diharuskan untuk rajin dan setiap hari membersihkan bagian meja kasir, mesin kasir, kursi, vas bunga, dan berbagai bagian di mesin kasir. Kebersihan merupakan salah satu aspek paling utama dalam restoran.

4. Menjawab telpon masuk

Di bagian kasir biasanya terdapat telepon untuk menerima segala informasi maupun pemesanan melalui telepon. Maka dari itu, salah satu tugas kasir restoran adalah harus mampu menjawab telepon melalui telepon dengan santun dan baik sehingga penelepon akan sangat dihargai dan senang karena pelayanan restoran yang memuaskan.

5. Menerima pesanan dengan baik

Beberapa restoran menerapkan sistem “pesan langsung bayar” artinya kasir memiliki tugas tak hanya melayani transaksi pelanggan tapi juga melayani pemesanan pelanggan yang datang maupun pemesanan online. Kasir harus teliti dan mendata pesanan pelanggan dengan baik dan benar.

Pastikan ulangi sekali lagi pesanan pelanggan untuk menghindari kesalahan. Jangan lupa teliti untuk menerima pembayaran melalui cash maupun credit card.

Baca juga : Tugas Pramusaji (Waiter), Jobdesk Syarat dan Gajinya

6. Bertanggung jawab atas transaksi pada hari itu

Jika shift seorang kasir telah usai, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencatat segala transaksi yang terjadi pada hari itu. Transaksi melalui cash maupun kartu kredit/debit. Hitunglah dengan teliti dan jangan terburu-buru agar laporannya yang kamu serahkan benar dan tidak ada yang kurang.

7. Membantu memberikan informasi pelanggan

Seorang kasir restoran juga harus mampu menguasai product knowledge mengenai makanan dan minuman yang tersedia di restoran tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang benar dan akurat khususnya memberikan informasi update harga terbaru ataupun stok makanan yang tersedia.

Hal ini merupakan sesuatu yang harus benar-benar diketahui kasir, karena ia merupakan bagian yang pertama kali ditemui oleh pelanggan untuk memesan makanan dan minuman atau melakukan transaksi.

7 poin tersebut inilah merupakan informasi mengenai 7 tugas dan tanggung jawab sebagai seorang kasir restoran. Tugas dan tanggung jawab tersebut merupakan hal yang umum yang biasanya ditemui seorang kasir di restoran manapun. Tapi tentu saja semua kembali lagi dengan kebijakan dan tanggung jawab pada restoran masing-masing. Hal yang paling utama adalah tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi dan selalu jujur.

Baca juga : 8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in