tugas kasir restoran

7 Tugas Kasir Restoran: Tanggung Jawab, Kualifikasi, Skills dan Gajinya

Diposting pada 18,704 views

Tugas kasir restoran – Setiap restoran sudah pasti memiliki bagian kasir sebagai penanggung jawab segala transaksi pemesanan menu pada restoran tersebut. Saat ini pun restoran banyak sekali didirikan oleh pebisnis. Mulai dari restoran dengan skala menengah hingga restoran mewah.

Maka dari itu tak jarang banyak pula beberapa restoran yang menawarkan lowongan pekerjaan sebagai kasir restoran. Menjadi kasir restoran tentu saja bukan perihal yang mudah. Tugas kamu dituntut untuk tetap berhati-hati dalam menjaga dan melakukan segala transaksi pelanggan restoran.

Jika kamu berminat untuk melamar pekerjaan sebagai kasir restoran biasanya beberapa restoran lebih memilih seseorang dengan pengalaman kasir restoran yang lebih lama. Tapi tak jarang juga mempersilakan untuk membuka peluang bagi siapapun yang masih belum berpengalaman alias fresh graduate. Maka dari itu, sebelum melamar pekerjaannya kamu perlu mengerti tugas dan tanggung jawab seorang kasir restoran. Simak 7 poin tugas kasir restoran di bawah ini.

7 Tugas Kasir Restoran

tugas kasir restoran

1. Pastikan mesin kasir berfungsi dengan baik

Sebelum melakukan pekerjaan, tentu saja seorang kasir harus bertanggung jawab untuk memastikan segala mesin kasir dan alat-alatnya berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada yang error. Pengecekan ini berguna agar seorang kasir tetap lancar dan tidak ada gangguan saat restoran mulai buka dan pelanggan mulai bertransaksi.

2. Melakukan transaksi dengan cepat dan ramah

Menjadi seorang kasir harus menerapkan sifat yang ramah kepada pelanggan. Memberi salam dan selalu tersenyum. Sifat seperti inilah yang menjadi nilai plus bagi pelanggan karena benar-benar sangat dilayani dengan baik.

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat karena jika seorang kasir tidak bergerak dengan cepat ini akan mengakibatkan antri panjang, pelanggan yang jadi sebal dan justru tidak kondusif. Meskipun cepat, tapi seorang kasir harus tetap berhati-hati.

Baca juga : Karyawan Restoran – Tugas, Macam, Kualifikasi dan Gajinya

3. Jangan lupa bersihkan area kasir

Bagian kasir merupakan bagian terdepan atau yang paling terlihat oleh semua pelanggan restoran. Sebagai seorang yang bertanggung jawab pada bagian kasir, kamu diharuskan untuk rajin dan setiap hari membersihkan bagian meja kasir, mesin kasir, kursi, vas bunga, dan berbagai bagian di mesin kasir. Kebersihan merupakan salah satu aspek paling utama dalam restoran.

4. Menjawab telpon masuk

Di bagian kasir biasanya terdapat telepon untuk menerima segala informasi maupun pemesanan melalui telepon. Maka dari itu, salah satu tugas kasir restoran adalah harus mampu menjawab telepon melalui telepon dengan santun dan baik sehingga penelepon akan sangat dihargai dan senang karena pelayanan restoran yang memuaskan.

5. Menerima pesanan dengan baik

Beberapa restoran menerapkan sistem “pesan langsung bayar” artinya kasir memiliki tugas tak hanya melayani transaksi pelanggan tapi juga melayani pemesanan pelanggan yang datang maupun pemesanan online. Kasir harus teliti dan mendata pesanan pelanggan dengan baik dan benar.

Pastikan ulangi sekali lagi pesanan pelanggan untuk menghindari kesalahan. Jangan lupa teliti untuk menerima pembayaran melalui cash maupun credit card.

Baca juga : Tugas Pramusaji (Waiter), Jobdesk Syarat dan Gajinya

6. Bertanggung jawab atas transaksi pada hari itu

Jika shift seorang kasir telah usai, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mencatat segala transaksi yang terjadi pada hari itu. Transaksi melalui cash maupun kartu kredit/debit. Hitunglah dengan teliti dan jangan terburu-buru agar laporannya yang kamu serahkan benar dan tidak ada yang kurang.

7. Membantu memberikan informasi pelanggan

Seorang kasir restoran juga harus mampu menguasai product knowledge mengenai makanan dan minuman yang tersedia di restoran tersebut. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang benar dan akurat khususnya memberikan informasi update harga terbaru ataupun stok makanan yang tersedia.

Hal ini merupakan sesuatu yang harus benar-benar diketahui kasir, karena ia merupakan bagian yang pertama kali ditemui oleh pelanggan untuk memesan makanan dan minuman atau melakukan transaksi.

7 poin tersebut inilah merupakan informasi mengenai 7 tugas dan tanggung jawab sebagai seorang kasir restoran. Tugas dan tanggung jawab tersebut merupakan hal yang umum yang biasanya ditemui seorang kasir di restoran manapun. Tapi tentu saja semua kembali lagi dengan kebijakan dan tanggung jawab pada restoran masing-masing. Hal yang paling utama adalah tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi dan selalu jujur.

Baca juga : 8 Tugas Kasir Indomaret Disertai Kualifikasi dan Gajinya

Kualifikasi Kasir Restoran

  1. Persyaratan Pendidikan
    Biasanya, lulusan SMA atau setara adalah persyaratan minimum untuk posisi kasir restoran. Beberapa restoran mungkin mengharapkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, seperti diploma atau sarjana dalam bidang terkait, tetapi ini tergantung pada kebijakan perusahaan dan tingkat restoran.
  2. Pengalaman
    Pengalaman kerja sebelumnya sebagai kasir restoran atau di bidang layanan pelanggan dapat menjadi nilai tambah dalam lamaran Anda. Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya, sertakan informasi tentang peran yang telah Anda jalani, tugas dan tanggung jawab yang dilakukan, serta prestasi yang dicapai.
  3. Keterampilan matematika
    Sebagai seorang kasir, Anda akan berurusan dengan transaksi keuangan, menghitung uang tunai, memberikan kembalian, dan mengelola sistem kasir. Keterampilan matematika yang baik, termasuk kemampuan menghitung dengan cepat dan akurat, sangat penting untuk posisi ini.
  4. Keterampilan komunikasi
    Sebagai kasir restoran, Anda akan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan, diperlukan untuk melayani pelanggan dengan baik dan menjelaskan menu, promosi, atau prosedur pembayaran dengan jelas.
  5. Keahlian dalam penggunaan sistem kasir
    Banyak restoran menggunakan sistem kasir komputer untuk memproses pembayaran pelanggan. Jika Anda memiliki pengalaman atau keahlian dalam menggunakan sistem kasir elektronik, ini dapat menjadi keunggulan tambahan dalam lamaran Anda.
  6. Kemampuan multitasking
    Pekerjaan kasir restoran sering melibatkan multitasking, seperti mengambil pesanan, mengelola pembayaran, memberikan kembalian, dan menjaga kecepatan layanan. Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik, tetap tenang dalam situasi yang sibuk, dan tetap fokus pada tugas-tugas yang berbeda adalah keterampilan yang sangat dihargai.
  7. Integritas dan kejujuran
    Sebagai seorang kasir, Anda akan bekerja dengan uang tunai dan informasi pelanggan yang sensitif. Integritas, kejujuran, dan kemampuan menjaga kerahasiaan adalah nilai-nilai yang penting dalam pekerjaan ini.

Skill Yang Harus Dimiliki seorang Kasir Restoran

Seorang kasir restoran harus memiliki sejumlah keterampilan yang penting untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Berikut adalah beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang kasir restoran:

  1. Keterampilan Matematika
    Keterampilan matematika yang baik sangat penting bagi seorang kasir restoran. Mereka harus mampu menghitung dengan cepat dan akurat, mengelola uang tunai dengan tepat, dan memberikan kembalian dengan benar.
  2. Keterampilan Komunikasi
    Seorang kasir restoran berinteraksi langsung dengan pelanggan, jadi keterampilan komunikasi yang baik sangat diperlukan. Mereka harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan ramah, menjawab pertanyaan pelanggan, dan menjelaskan menu atau promosi dengan baik.
  3. Kemampuan Pengelolaan Waktu
    Seorang kasir restoran seringkali harus melayani banyak pelanggan dalam waktu yang terbatas. Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik dan mengutamakan tugas-tugas penting adalah keterampilan yang krusial.
  4. Keterampilan Teknologi
    Banyak restoran menggunakan sistem kasir komputer, jadi seorang kasir restoran harus memiliki keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak kasir dan peralatan terkait. Mereka harus mampu memasukkan pesanan dengan cepat, mengelola pembayaran elektronik, dan mengoperasikan printer struk.
  5. Keterampilan Layanan Pelanggan
    Seorang kasir restoran adalah salah satu anggota tim yang memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Keterampilan dalam melayani pelanggan dengan ramah, mendengarkan dengan baik, dan menyelesaikan masalah dengan baik adalah penting.
  6. Kejujuran dan Kepercayaan
    Seorang kasir restoran seringkali berurusan dengan uang tunai dan informasi pelanggan yang sensitif. Kejujuran, integritas, dan kemampuan menjaga kerahasiaan adalah kualitas yang penting dalam posisi ini.

Selain itu, kesabaran, ketelitian, kemampuan dalam bekerja di bawah tekanan, dan kemampuan bekerja dalam tim juga merupakan keterampilan yang berharga untuk seorang kasir restoran. Peningkatan keterampilan ini dapat dicapai melalui pelatihan dan pengalaman kerja yang relevan.

Gaji Kasir Restoran

Berikut adalah perkiraan kisaran gaji kasir restoran di 15 kota terbesar di Indonesia. Perlu dicatat bahwa angka-angka ini hanya perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran restoran, jenis restoran, pengalaman, dan negosiasi gaji individu.

KotaKisaran Gaji Kasir Restoran (per bulan)
JakartaRp 3.000.000 – Rp 4.500.000
SurabayaRp 2.500.000 – Rp 4.000.000
BandungRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
MedanRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
BekasiRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
SemarangRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
TangerangRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
DepokRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
PalembangRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
MakassarRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
South TangerangRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
BatamRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
PekanbaruRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
BogorRp 2.000.000 – Rp 3.500.000
Bandar LampungRp 2.000.000 – Rp 3.500.000

Harap diingat bahwa ini hanya kisaran perkiraan dan gaji sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti ukuran dan tingkat keberhasilan restoran, pengalaman kerja, kualifikasi, dan negosiasi gaji individu.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in