tugas dan tanggung jawab helper gudang

10 Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang Disertai Gajinya

Diposting pada 32.331 views

10 Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang Disertai Gajinya – Sebuah gudang milik perusahaan akan dipenuhi dengan barang-barang dan produk yang akan dijual kepada pelanggan. Di samping itu, gudang berfungsi sebagai tempat penyimpanan produk dengan kuantitas yang banyak. Tidak heran apabila ada perusahaan yang memiliki banyak gudang di daerah tertentu.

Helper gudang dibutuhkan untuk menjadi pihak yang akan mengontrol aktivitas gudang, selain membantu mengurusi perihal keluar masuk produk di gudang, mulai dari pencatatan, pemeriksaan sampai angkat mengangkat.

Kira-kira apa saja tugas seorang helper gudang? Kamu bisa jadi tertarik untuk melamar setelah menyimak penjelasan seputar helper gudang berikut

Apa itu Helper Gudang

Helper sendiri merupakan sebuah pekerjaan yang sifatnya membantu mempersiapkan keperluan yang berhubungan dengan alat-alat.

Helper gudang merupakan seseorang yang bekerja untuk menyiapkan keperluan di gudang sebuah perusahaan, seperti memastikan kondisi alat berat, mengangkat dan meletakkan barang, mencocokkan stock dengan pencatatan dan lainnya.

Mereka akan memenuhi kebutuhan gudang dan bisa jadi membersihkan gudang bahkan sampai melakukan perawatan pada produk yang ada di gudang.

Helper gudang biasanya mengandalkan kekuatan fisik karena harus bekerja dengan otot, selebihnya diperlukan kemampuan kejelian yang tinggi.

Pekerja yang cekatan dan ulet tentu akan menghasilkan area gudang yang tertata dengan rapi.

Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang

Meskipun terkesan menggunakan fisik ketika bekerja, tugas seorang helper gudang melebihi hal tersebut.

Di beberapa perusahaan, mungkin tidak sebanyak tugas helper gudang seperti yang disebutkan di bawah ini. Mengingat semakin besar perusahaan tentu saja tanggung jawabnya semakin besar.

Bisa jadi di suatu perusahaan yang besar, ada helper gudang yang tugasnya 1 atau 2 saja, seperti mencatat stock barang yang masuk dan keluar kemudian mengeceknya.

Setidaknya ada bebarapa tugas dan tanggung jawab yang biasanya dibebankan kepada helper gudang, yaitu sebagai berikut :

1. Memasukkan Barang Produksi ke Gudang

Setelah diolah di pabrik perusahaan yang bersangkutan, produksi segera dialihkan ke area gudang untuk disimpan sebelum didistribusikan.

Helper gudang akan siap sedia untuk memindahkan barang-barang tersebut sambil mengeceknya, apakah jumlahnya sudah sesuai dengan invoice yang tersedia.

2. Memastikan Stock Barang di Gudang Sesuai dengan Sistem

Tugas dan tanggung jawab helper gudang yang kedua adalah memastikan stock barang di gudang sesuai dengan yang tercatat di dalam sistem. Pada perusahaan yang sangat besar dengan berbagai macam produk, memiliki sistem informasi tentang stock sangat diperlukan. Hal ini demi efisiensi ketika dibutuhkan atau akan didistribusikan ke pelanggan.

Jumlah stock yang ada di gudang ini juga menjadi salah satu dasar kapan perusahaan harus memproduksi barang lagi. Helper gudang bisa saja ditugaskan untuk memastikan stock barang di gudang sesuai dengan yang tercatat di sistem.

Tugas ini untuk mencegah terjadinya miss data antara gudang, produksi dan bagian marketing.

3. Mencatat Stock Barang Yang Masuk dan Keluar Gudang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa jumlah stock barang real harus sama dengan yang terdapat dalam sistem. Agar tidak bekerja dua kali, maka setiap barang masuk dan keluar harus dicatat.

Dalam pencatatan ini perlu ketelitian dan kecermatan, karena ketika terjadi kesalahan tentu bisa berakibat fatal seperti produk telat sampai ke konsumen, atau konsumen batal order.

Para pimpinan gudang bisa juga menugaskan tugas dan tanggung jawab ini kepada helper gudang, ketika posisi ini kosong atau karyawan yang bersangkutan tidak berangkat.

Baca juga : Tugas Seorang Staff Administrasi dan Gajinya

4. Bertanggung Jawab atas Kerbersihan Gudang

Gudang yang besar pasti sesak dan penuh dengan berbagai macam barang, entah itu hasil produksi hingga barang tambahan lainnya. Gudang harus rajin dibersihkan agar tidak dihinggapi oleh hama yang akan merusak produk.

Menjadi salah satu tugas helper gudang untuk memantau kebersihan gudang agar dapat difungsikan dengan baik.

5. Mengantarkan Barang

Barang produksi tersebut pasti akan disalurkan ke pelanggan perusahaan. Bersama supir, helper gudang akan mengantarkan barang sesuai pesanan yang diminta ke tempat yang dituju.

Namun, tugas seorang helper gudang ini tidak dilakukan setiap hari, pada waktu tertentu saja.

6. Membantu Persiapan Barang

Tugas dan tanggung jawab helper gudang yang ke-enam adalah membantu persiapan barang. Sebelum diantarkan ke tujuan, barang-barang dimasukkan ke dalam truk angkutan. Helper gudang akan bertugas melakukan packing, mengangkut, dan memasukkannya ke armada.

Selain itu, helper gudang juga harus mengecek kondisi dari barang yang akan dikirim. Jika ada yang rusak atau cacat harus dilaporkan ke pihak berwenang. Persiapan ini juga diakhiri dengan pengecekan kembali agar tidak ada yang tertinggal esok harinya.

7. Menjadi Supir Cadangan

Apabila supir armada berhalangan untuk mengantarkan barang, helper gudang akan bersiap untuk menggantikannya. Hal ini bertujuan supaya tidak ada pengiriman yang tertinggal atau terjadi keterlambatan.

Helper gudang akan melakukan konfirmasi kepada pihak terkait sebelum mengambil alih tugas mengantarkan barang. Konfirmasi tersebut dilakukan supaya tidak terjadi miss komunikasi atau kesalahpahaman yang berarti. Namun, point yang ke-tujuh ini biasanya merupakan tugas tambahan bukan merupakan tugas dan tanggung jawab utama seorang helper gudang.

8. Membuat Laporan

Dalam satu hari, area gudang pasti mengalami keluar masuk barang dengan jumlah yang tidak sedikit. Setiap hari helper gudang bertugas memantau, mengawasi, dan mencatat keluar masuk barang dari gudang.

Barulah kemudian helper gudang membuat laporan untuk diserahkan kepada atasan untuk ditinjau kembali kebenaran dan kecocokkan dengan data di lapangan.

9. Menangani faktur dan struk barang produksi

Helper gudang bisa juga memiliki tugas untuk menangani faktur dan struk barang produksi. Faktur merupakan nota yang berisi informasi biaya pengiriman dan daftar barang. Sedangkan struk barang merupakan nota dari harga barang produksi.

Staff gudang juga bertugas dalam mencatat dan melayani keluar masuknya barang. Ketika mendapatkan faktur atau struk dari pihak ke-3 maka staff gudang akan menerimanya, dan kemudian melaporkannya kebagian keuangan. Bisa jadi, tugas ini juga diberikan kepada helper gudang.

10. Melakukan pengelompokan barang

Barang yang menjadi stock akan diletakkan dalam gudang untuk sementara waktu, dan perlu untuk ditata atau dikelompokkan agar memudahkan saat dibutuhkan nanti.

Pengelompokkan barang ini bisa berdasarkan jenis, karakteristik, nama, hingga waktu produksi. Biasanya helper gudang hanya menerima intruksi dan arahan dari atasan, bahwa barang A masuk kategori 1, barang B masuk kategori 2 dan lain sebagainya.

Syarat Menjadi Helper Gudang

Terdapat beberapa kualifikasi khusus kalau Kamu akan melamar sebagai helper gudang

  • Usia tidak lebih dari 40 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tempat tinggal tidak jauh dari rumah
  • Fisik kuat, tidak mudah terserang penyakit
  • Memiliki kendaraan pribadi, yaitu sepeda motor
  • Memiliki SIM B1 dan lancar untuk mengemudi truk
  • Minimal pendidikan terakhir adalah SMA
  • Bersedia bekerja lembur bila dibutuhkan
  • Biasanya mengutamakan pelamar laki-laki

Gaji Seorang Helper Gudang

Di Indonesia, gaji rata-rata seorang helper gudang adalah Rp2.846.657 setiap bulan. Ada pula perusahaan yang memberikan gaji sebesar Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000. Biasanya, gaji tersebut sudah mencakup biaya makan dan transportasi.

Berikut rata-rata gaji helper gudang di beberapa wilayah

  • Surabaya, Rp2.229.000
  • Gresik, Rp3.424.365
  • Jakarta, Rp3.160.000
  • Medan, Rp4.000.000
  • Denpasar, Rp2.700.000

Kesimpulan

Helper gudang adalah pekerjaan yang berhubungan dengan alat berat dan mengutamakan kekuatan fisik. Tugas seorang helper gudang tentu tidak mudah dan membutuhkan kerja keras yang tinggi.

Namun, dengan tekad yang kuat dan jiwa yang ulet, pekerjaan di gudang akan terlaksana dengan baik. Latihlah diri sendiri untuk mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Bagi Kamu yang mempertimbangkan untuk melamar menjadi helper gudang, tidak ada salahnya untuk belajar dan menambah pengalaman dalam mengorganisir area gudang yang kritis untuk sebuah perusahaan.

Baca juga : Tugas General Affair (GA) Di Perusahaan dan Gajinya

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.