jobdesk dan tugas admin gudang
Jobdesk dan Tugas Admin Gudang

Tugas Admin Gudang | Jobdesk, Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 434 views

Tugas Admin Gudang | Jobdesk, Persyaratan dan Gajinya – Dalam perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang biasanya ada satu atau beberapa karyawan yang ditugaskan sebagai admin gudang. Tugas utamanya adalah melakukan pencatatan barang yang masuk dan keluar dari gudang, selain itu juga melakukan perawatan terhadap produk atau barang yang berada di gudang.

Sebagai contoh, tugas admin gudang dalam perusahaan tempat saya bekerja (penerbitan dan penjualan buku), tugasnya adalah melakukan pencatatan semua stock buku, kemudian mencatat buku-buku baru yang masuk serta mencatat buku yang keluar di gudang.

Di perusahaan saya, admin gudang juga bertanggung jawab dalam melakukan pengiriman barang sampai ke konsumen. Admin gudang biasanya diisi oleh satu atu dua orang, tergantung besar kecilnya gudang yang dipegangnya.

Tidak ada syarat khusus untuk menjadi admin gudang, minimal harus teliti dan paham pengoperasian dasar komputer seperti microsoft excell, microsoft word dan aplikasi untuk mengelola stock barang.

Agar lebih siap ketika bekerja menjadi admin gudang, mungkin beberapa tugas admin gudang sekaligus persyaratan dibawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan penambah wawasan.

Jobdesk dan Tugas Admin Gudang

1. Memeriksa dan melakukan pencatatan (surat) penerimaan barang

Setiap barang yang masuk ke gudang harus dicatat agar tahu jumlah stock yang ada di gudang jumlahnya berapa. Admin gudang juga harus membuat surat penerimaan barang sebagai tanda bukti bahwa barang telah diterima oleh perusahaan.

2. Melakukan pemerikasaan kondisi stok barang dan peralatan gudang

Setiap barang yang ada di gudang harus diperiksa kondisinya, termasuk melakukan perawatan barang dan peralatan gudang agar selalu dalam kondisi yang baik (tidak rusak).

3. Menginput data inventory ke program secara tepat dan cepat

Jumlah stock yang ada di gudang harus selalu di update, baik itu barang yang masuk maupun keluar. Tugas admin gudang salah satunya adalah menginput data inventory ke program.

4. Melakukan packing barang sebelum dikirim ke konsumen

Admin gudang juga bertugas untuk menyiapkan barang sebelum dikirim ke konsumen seperti menyesuaikan ukuran sesuai pesanan, cek kualitas, cek barang sampai dengan packing.

5. Melakukan penerimaan dan pengecekan barang retur dari Konsumen.

Dalam bisnis mungkin sudah biasa terjadi barang rusak ketika sampai di konsumen, biasanya karena kesalahan pada saat pengiriman entah karena terjatuh, tertindih barang lain atau karena keteledoran si kurir. Atau bisa juga karena produk yang cacata saat produksi.

Barang yang cacat akan diretur (dikembalikan) ke perusahaan, admin gudang bersama-sama admin marketing bertugas menerima dan mencatat barang retur tersebut kemudian menyisihkannya ke tempat khusus.

6. Melaksanakan stock opname

Stock opname adalah menghitung persediaan fisik yang ada di toko atau gudang. Tujuan dari stock opname adalah memastikan jumlah stock yang ada di sistem dengan yang ada di gudang. Kegiatan ini termasuk kedalam sistem pengendalian intern (SPI).

7. Melakukan update produk yang akan expired

Barang yang ada di gudang atau toko harus selalu di cek, terutama barang yang berbentuk makanan atau minuman. Mengingat barang tersebut memiliki batas waktu expired yang tidak boleh sampai terlewat tapi masih dipajang di toko.

Tugas admin gudang salah satunya adalah memeriksa dan mencatat produk-produk yang akan expired.

8. Menyusun laporan bulanan untuk administrasi stock gudang

Selain melaporkan kinerja selama satu bulan, admin gudang juga bertugas melaporkan administrasi stock gudang kepada atasan, laporan ini terdiri dari jumlah stock sebenarnya, jumlah barang yang masuk dan keluar, jumlah barang yang rusak, jumlah barang yang akan expired dll.

9. Membuat surat jalan

Surat jalan adalah dokumen yang harus dibawa oleh sopir ketika melakukan pengiriman barang. Surat jalan dibuat oleh admin gudang dengan tanda-tangan dari pimpinan. Surat jalan ini harus dibuat ketika akan mengirim barang dalam jumlah yang besar.

Baca juga : 10 Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang Disertai Gajinya

Kualifikasi Admin Gudang

Untuk menjadi Admin Gudang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, semakin banyak kualifikasi yang terpenuhi tentu akan semakin besar peluang untuk diterima kerja sebagai admin gudang. Apa saja kualifikasinya? Simak berikut ini :

  • Setidaknya jurusan Diploma.
  • Memiliki pengalaman di bidang yang sesuai lebih disukai.
  • Memiliki kemampuan dalam supply chain, logistik dan manajemen stock.
  • Memiliki ketelitian dan keterampilan komunikasi yang baik.
  • Prosedural, struktur dan rapi.
  • Jujur dan bertanggung jawab.
  • Terbiasa dengan deadline dan target.
  • Komunikatif, cepat tanggap, tegas dan rajin.
  • Dapat mengoperasikan komputer dengan baik, terutama microsoft excell dan ms word.

Baca juga : 10 Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang Disertai Gajinya

Gaji Admin Gudang

Di beberapa perusahaan besar gaji admin gudang terbilang cukup besar. Tim kitapunya.net telah mencari-cari informasi di internet, dan menemukan beberapa lowongan kerja yang didalamnya terdapat informasi gaji. Berikut ini adalah hasil pencarian kami berdasarkan lowongan kerja yang dibuka di Jobstreet :

Gaji Admin Gudang di Surabaya untuk Lulusan Diploma (PT Inter Buana Mandiri (Surabaya) : Rp 3.000.000 – Rp 3.500.000

Gaji Admin Gudang di Jakarta (PT Indo Talenta Plastik) : Rp 5,000,000 – 6,500,000

Gaji Admin Gudang di Tangerang (PT Golden Flexible Packaging) : Rp 3,800,000 – 4,500,000

Gaji Admin Gudang di Bali (PT Mowilex Indonesia) : Rp 3,000,000 – 4,000,000

Gaji Admin Gudang di Yogyakarta (PT XC Cleanindo) lulusan SMK : Rp IDR 1,800,000 – 2,340,000.

Kurang lebih itu adalah beberapa contoh besar pendapatan seorang admin gudang di beberapa perusahaan dan daerah. Mungkin saja gajinya berbeda-beda setiap perusahaan, tergantung besar kecilnya perusahaan dan tanggung jawab yang dibebankan kepada karyawan.

Terlepas dari itu semua, jika itu merupakan passion Anda. Maka mau gaji berapapun yang penting bisa bahagia, dan pastinya jika kinerja Anda baik bukan tidak mungkin Anda akan diangkat sebagai supervisor gudang.

Baca juga : Admin Produksi – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.