keahlian yang harus dimiliki helper gudang

7 Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Helper Gudang

Diposting pada 328 views

7 Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Helper Gudang – Menjadi helper gudang tentu sebuah tantangan tersendiri, apalagi jika sebelumnya belum pernah bekerja di bagian gudang. Mungkin kamu adalah salah satu dari mereka yang ingin bekerja atau melamar sebagai helper gudang.

Sebelum mengetahui tentang keahlian dan kemampuan apa saja yang harus dimiliki, sebaiknya kamu ketahui dulu tentang Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang, agar kamu mengerti apa saja yang dikerjakan oleh mereka.

7 Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Helper Gudang

Sedangkan, untuk keahlian dan kemampuan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

1. Cermat dan Teliti

Barang yang disimpan di gudang tentu berjumlah tidak sedikit. Ketika melakukan pendaataan keluar dan masuk, helper gudang harus mengawasi proses keluar masuk secermat dan seteliti mungkin agar tidak ada kesalahan penghitungan.

Helper gudang bertanggung jawab atas segala aktivitas perusahaan yang terjadi di gudang tersebut.

2. Tingkat Kerapian Tinggi

Seorang helper gudang harus memperhatikan kerapian gudang ketika sudah dipenuhi dengan barang-barang produksi. Dengan kerapian, gudang jadi tidak mudah berdebu atau kotor karena tertata rapi, begitu juga tidak ada hama yang berani mengganggu.

2. Mampu Menyesuaikan Diri

Dalam melakukan pekerjaannya, helper gudang harus mampu beradaptasi untuk bekerja sama dengan kepala gudang maupun divisi lainnya.
Beberapa tugas akan dilakukan secara mandiri, beberapa akan diselesaikan secara tim. Helper gudang harus mampu melakukan pekerjaan secara maksimal dalam bentuk kegiatan apapun.

3. Pekerja Keras

Keahlian khusus yang harus ditemukan pada setiap pribadi helper gudang. Ketika mereka mau bekerja keras, maka pekerjaan yang ditargetkan akan selesai secara tepat waktu.

Belum lagi kalau helper gudang harus menerima job yang mengharuskannya untuk lembur. Kemauan yang tinggi untuk bekerja menjadi nilai tambah untuk seorang pelamar helper gudang.

4. Mengoperasikan Komputer dan Software

Di beberapa perusahaan, helper gudang akan berkesempatan untuk mengaplikasikan komputer dan software di dalamnya untuk melakukan pencatatan atau merekap barang masuk dan keluar.

Apabila sudah menguasai dasarnya, maka akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan kebutuhan software yang update untuk memudahkan pekerjaan helper gudang menjadi efisien.

5. Komunikasi yang Baik

Helper gudang akan bertemu dengan banyak orang, tidak hanya di lingkup internal, tetapi juga eksternal. Apabila ada hal yang perlu disampaikan, mereka harus mengomunikasikannya dengan bahasa yang sopan dan profesional.

Begitu pula ketika harus berhadapan dengan pelanggan perusahaan ketika harus mengantar barang bersama supir atau menggantikan pekerjaan sopir.

6. Memiliki SIM C dan SIM A (Opsional)

Di beberapa perusahaan seorang helper gudang akan mengambil dan mengantarkan barang ke luar kantor, bukan tidak mungkin harus menggunakan mobil untuk mengantarkannya. Maka dari itu, perlu untuk memiliki sim C dan sim A.

Terlebih lagi, di dalam gudang juga terdapat kendaraan yang harus bisa dikendarai oleh helper gudang, sebagai contoh car lift untuk mengangkat dan memindahkan barang-barang yang berat.

7. Dapat Bekerja Tim

Untuk mengelola stok barang di dalam gudang tentu tidak bisa dilakukan sendiri, apalagi posisinya adalah sebagai helper gudang yang membantu staff maupun supervisor gudang.

Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh helper gudang adalah mampu bekerja secara TIM, itu artinya mereka harus mampu untuk berkoordinasi dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tugas yang telah diberikan.

Baca juga : Tugas Staff PPIC : Tanggung Jawab, Syarat dan Gajinya

Mungkin itu adalah 7 keahlian yang harus dimiliki helper gudang. Kalau kamu berminat melamar pekerjaan pada posisi ini, kamu bisa meningkatkan beberapa keahlian di atas. Bagikan artikel ini kepada orang yang kamu inginkan agar mereka tahu.