jobdesk administrasi gudang

Jobdesk Administrasi Gudang – Tugas, Kualifikasi dan Gajinya

Diposting pada 179 views

Jobdesk administrasi gudang – Kita sudah tak asing lagi dengan profesi satu ini yaitu profesi admin atau administrator perusahaan. Tentu saja administrasi memiliki bidangnya masing-masing.

Salah satunya administrasi bagian pergudangan dalam suatu perusahaan. Banyak di antara kalian menemui profesi sebagai administrasi gudang atau tertarik dalam profesi administrasi.

Lantas apa saja jobdesk, tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan seorang administrasi gudang? Sebenarnya tidak jauh beda dengan bidang administrasi lainnya hanya saja ada beberapa poin yang membedakannya. Simak yuk tugas-tugasnya di bawah ini.

Jobdesk Administrasi Gudang

jobdesk administrasi gudang

1. Mengawasi manajemen stok gudang

Tugas admin gudang sudah pasti selalu berhubungan dengan beberapa kegiatan seperti menerima, menerbitkan dan mengirimkan stok barang perusahaan. Tak hanya itu, tugas admin gudang juga menangani atau memfollow up perusahaan pengangkutan dan pelanggan gudang.

2. Mencatat pesanan barang

Sudah tidak asing lagi jika tugas admin gudang adalah mencatat segala pemesanan barang perusahaan yang akan dikirimkan kepada konsumen. Catatan ini meliputi seperti stok barang dalam gudang, pemesanan barang, pembayaran serta pembelian barang.

Admin gudang biasanya akan mencatatnya dalam komputer maka dari itu ia harus familiar dan mampu dalam menjalankan program komputer seperti Excel, Word, Data Entry, dan beberapa program lainnya.

3. Entry data dan Inventory Stok

Tugas admin gudang satu ini harus memperhatikan ketelitian dan analisis yang tepat. Pada tugas ini ia memiliki tanggung jawab dalam pencatatan stok barang dan memberikan hasil perhitungan yang tepat,sama dan akurat.

Jika terdapat hasil yang tidak sama dipastikan terdapat kesalahan dalam perhitungan dan admin gudang harus lebih detail kembali memeriksa perhitungannya.

4. Memeriksa stok dan peralatan dalam gudang

Tentu saja seorang administrasi gudang harus selalu memperhatikan stok produk perusahaan dalam gudang.

Ia harus memastikan arus keluar masuk produk tersebut agar dalam proses penjualan dan pemesanan produk berjalan dengan teratur dan baik serta selalu tersedia untuk konsumen.

Admin gudang tak hanya mencatat segala bentuk administrasi pergudangan tapi juga memastikan selalu memeriksa segala peralatan pergudangan agar dapat digunakan secara maksimal dan baik.

5. Membantu packaging produk

Tak hanya mengatur segala administrasi pergudangan, jobdesk administrasi gudang juga diharuskan untuk membantu dalam packaging beberapa barang/produk gudang.

Dalam pergudangan, biasanya karyawan tidak terlalu banyak dan dianjurkan untuk saling membantu agar pekerjaan dalam gudang efisien dan cepat.

6. Mengatur display produk dalam gudang

Banyak sekali berbagai produk dan barang perusahaan yang tersimpan dalam gudang.

Sebagai seorang yang bertanggung jawab di wilayah pergudangan, admin gudang harus mampu mendisplay secara baik dan rapi tatanan barang-barang yang tersimpan dalam gudang.

Ia harus memastikan tata letak barang tersebut seperti memilih tempat barang agar mudah dalam mengambilnya.

7. Mengatur jadwal karyawan pergudangan

Jobdesk administrasi gudang selanjutnya adalah mengatur jadwal shift para karyawan gudang secara baik dan teratur agar segala tugas dalam pergudangan berjalan secara optimal dan efisien.

Tak hanya itu, ia harus mampu memberikan arahan kepada para karyawan gudang untuk memudahkan pekerjaan satu sama lain.

8. Menyimpan dokumen secara baik

Sudah seharusnya admin gudang dapat mengelola dokumen-dokumen pergudangan dan menyimpannya secara baik dan benar.

Maka dari itu ia harus teliti, rapi, dan terorganisir dengan baik dalam mengerjakan segala dokumen.

9. Menyiapkan barang pesanan

Admin gudang bertugas untuk menyiapkan segala pesanan konsumen melalui surat jalan yang dibuatnya.

Ia juga harus memastikan produk dalam kualitas yang baik untuk segera dikirimkan pada konsumen dengan jadwal yang tepat.

10. Bertanggung jawab pada barang-barang di gudang

Tak hanya mengelola segala administrasi pergudangan dan pemesanan barang, seorang admin gudang memiliki tanggung jawab yang besar dalam penyimpanan barang di dalam gudang dari pencurian, kehilangan, kebakaran, dan lainnya.

Baca juga : Account Administrator – Tugas, Persyaratan dan Gaji

Kualifikasi Administrasi Gudang

Memiliki profesi sebagai seorang administrasi gudang juga memiliki beberapa kualifikasi yang harus diperhatikan seperti di bawah ini:

  • Mampu mengoperasikan perangkat komputer seperti program-program layaknya Excel, Word, Data Entry, dan beberapa program software komputer lainnya. Ini diwajibkan karena seorang admin gudang akan melakukan berbagai tugas inventory dan pendataan segala produk gudang melalui komputer.
  • Memiliki ketelitian tinggi. Ini karena tugas admin gudang dituntut untuk memeriksa ketersediaan stok barang dan menghitungnya secara teliti dan mengahasilkan laporan yang akurat.
  • Komunikatif, hal ini sudah tak asing lagi setiap aspek pekerjaan akan membutuhkan kualifikasi komunikatif agar segala pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan optimal.
  • Dapat bekerja dalam tim, tentu saja seorang admin gudang akan selalu berhubungan dengan segala staff pergudangan untuk mengoordinasikan segala pekerjaan dalam pergudangan seperti pemesanan barang, barang masuk, keluar dan sebagainya.
  • Memiliki perencanaan yang baik dalam mengatur segala rencana administrasi dan pengelolaan dalam pergudangan.

Baca juga : Admin Produksi – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya

Gaji Administrasi Gudang

Berikut ini adalah beberapa referensi besar gaji admin gudang yang kami dapatkan dari beberapa lowongan kerja di situs pencari loker.

Gaji Administrasi Gudang di Surabaya untuk Lulusan Diploma (PT Inter Buana Mandiri (Surabaya) : Rp 3.000.000 – Rp 3.500.000

Gaji Administrasi Gudang di Jakarta (PT Indo Talenta Plastik) : Rp 5,000,000 – 6,500,000

Gaji Administrasi Gudang di Tangerang (PT Golden Flexible Packaging) : Rp 3,800,000 – 4,500,000

Gaji Admininistrasi Gudang di Bali (PT Mowilex Indonesia) : Rp 3,000,000 – 4,000,000

Gaji Administrasi Gudang di Yogyakarta (PT XC Cleanindo) lulusan SMK : Rp IDR 1,800,000 – 2,340,000.

Gaji di atas adalah perkiraan saja, mungkin disetiap daerah berbeda-beda. Dan masing-masing perusahaan pun bisa aja berbeda tergantung besar kecilnya tanggung jawab yang di embannya.

Baca juga : Admin Sales – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya

Nah itulah jobdesk administrasi gudang beserta tanggung jawab dan kualifikasinya. 10 tugas tadi dilihat dari tugas dan tanggung jawab admin gudang secara umum. Untuk tugas lainnya semua disesuaikan pada kebijakan perusahaan masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in