prospek kerja manajemen bisnis

10 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Disertai Gajinya

Diposting pada 245 views

10 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Disertai Gajinya – Setiap bisnis, baik berskala kecil, menengah sampai besar sekalipun pastinya membutuhkan seorang manajer bisnis yang baik. Namun sayangnya hanya segelintir orang saja yang memiliki background dalam bidang manajemen ini.

Karena itu prospek kerja manajemen bisnis ini patut untuk kita acungi jempol. Lalu apakah Kamu termasuk salah satu yang memiliki background manajemen? Jika iya, tentu Kamu beruntung karena prospek di cabang ilmu yang satu ini sangat luas, kamu bisa memilih di perusahaan apapun karena pada dasarnya setiap lini usaha membutuhkan seorang yang mengatur (manajer).

Kita tahu bahwa suatu bisnis agar dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya membutuhkan yang namanya manajemen. Sehingga siapapun itu yang menjalankan bisnis atau usaha sangat penting untuk mendalami ilmu manajemen jika tidak ingin usaha atau bisnis yang digeluti berantakan dan terlantar.

Apa Itu Jurusan Manajemen Bisnis?

Suatu kegiatan mulai dari merancang, mengelola, dan mengoperasikan sebuah bisnis atau usaha disebut dengan manajemen bisnis. Kegiatan tersebut mencakup semua pengaturan termasuk proses pengerjaan,

Pengelolaan sampai cara mencapai suatu tujuan bisnis sehingga mencapai pada hasil yang diinginkan. Tidak dibutuhkan status pemula atau senior untuk menjadi manajer bisnis.

Satu hal yang bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis adalah ketahanan diri Kamu dalam menghadapi segala tantangan dan hambatan. Agar bisnis tetap bertahan, strategi bisnis untuk mengetahui tren pasar pun harus disusun.

Laju roda bisnis dan pemenuhan target yang diinginkan suatu usaha ditentukan oleh beberapa komponen dalam manajemen bisnis.

10 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Disertai Gajinya

1. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis - prospek manajemen bisnis
Konsultan bisnis

Peluang kerja lulusan manajemen bisnis yang pertama adalah dengan menjadi konsultan bisnis. Tugas utama seorang konsultan bisnis adalah untuk menganalisis sebuah bisnis dan memberikan solusi/saran agar bisnis tersebut dapat berkembang pesat atau bisa juga keluar dari zona bahaya (kebangkrutan misalnya).

Seorang konsultan bisnis minimal harus menguasai beberapa ilmu pengetahuan dan teknis seperti keuangan, akuntansi, manajemen, bisnis, data analys dan lain sebagainya.

Konsultan bisnis juga harus memiliki kemampuan analysis yang baik, sehingga dapat menyusun strategi dan rencana yang strategis agar dapat diikuti oleh perusahaan untuk mencapai goals.

Sebagai lulusan jurusan manajemen bisnis yang berprofesi sebagai konsultan bisnis, harus bisa memahami kebutuhan konsumen perusahaan dan kondisi pasar. Sehingga keputusan yang diambil tepat dan berimpact bagus bagi perusahaan klien mu.

Gaji tahunan rata-rata menurut PayScale: $ 75.580. Rekomendasi tempat kerja untuk profesi ini adalah:

  • Perusahaan
  • Agency business consultant

2. Analis Bisnis – Prospek Kerja Manjemen Bisnis

prospek kerja manajemen bisnis sebagai analisi
Ilustrasi prospek kerja sebagai analisis bisnis

Seorang analis bisnis adalah seorang spesialis yang tanggung jawabnya mungkin sebelas dua belas dengan konsultan bisnis, namun mereka tetap berbeda. Mereka memiliki kedalaman dan keluasan pengetahuan yang mendalam di masing-masing bidang.

Seorang analisis bisnis harus familiar dengan data-data, sehingga kemampuan analys data sangat diperlukan. Untuk itu beberapa kemampuan khusus yang harus dikuasai antara lain keuangan, teknologi informasi, bisnis, marketing, statistika dasar.

Posisi ini sangat sesuai untuk Kamu yang suka berpikir, menanalisis dan suka dengan tantangan untuk memecahkan masalah kompleks pada sebuah bisnis.

Rekomendasi perusahaan:

  • Perusahaan Startup
  • ASTRA International – Jakarta
  • McKinsey & Company – Jakarta
  • PT Bank Mandiri (Persero) – Tbk
  • PT Chevron Pacific Indonesia

3. Manajer Proyek – Prospek Manajemen Bisnis

manajer proyek

Seorang lulusan manajemen bisnis ketika lulus juga dapat menjadi manajer proyek. Seorang manajer proyek biasanya merencanakan dan mengawasi semua aspek proyek, termasuk memulai, merencanakan, melaksanakan, memantau dan meringkas proyek.

Manajer proyek dapat bekerja sama dengan manajemen tingkat atas untuk memastikan bahwa setiap proyek berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal.

Manajer proyek juga bertugas untuk mengeola tim dan membagi tugas-tugasnya kedalam anggota tim tersebut. Yang tidak boleh dilupakan, manajer proyek juga harus mampu untuk menyusun anggaran yang seefektif mungkin, jangan sampai anggarannya melambung tinggi karena ada pemborosan.

Jika kamu adalah orang yang suka mengatur, menyusun rencana dan mengawasi proyek hingga eksekusinya kamu mungkin berbakat menjadi manajer proyek.

Gaji tahunan rata-rata menurut PayScale: $ 98.362. Rekomendasi perusahaan:

  • PT Interdinamika Konstruksitama – Jakarta Utara
  • PT Jaya Kencana – Jakarta Pusat

4. Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) – Peluang Manajemen Bisnis

manajer sdm
Manajer sdm

Memperoleh gelar dari jurusan manajemen bisnis tidak berarti Kamu harus bekerja dalam batas-batas strategi bisnis, analisis, atau produksi. Jika Kamu lebih suka bekerja dengan mengurusi para karyawan, menjadi manajer SDM mungkin pilihan yang tepat untuk Kamu.

Tugas dari seorang manajer SDM adalah mengelola karyawan mulai dari perekrutan, pelatihan, manajemen kinerja, motivasi karyawan, layanan konsultasi, menghitung kebutuhan karyawan organisasi dan masih banyak lagi.

Tujuan utama adanya manajemen SDM adalah memastikan SDM di perusahaan tersebut dapat bekerja sebaik mungkin untuk kepentingan perusahaan serta mengembangkan kemampuan karyawan.

Gaji tahunan rata-rata menurut PayScale: $ 57.647. Rekomendasi perusahaan:

  • PT Rajawali Nusantara Indonesia
  • PT.Indosat Ooredoo

Baca juga : Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis

5. Manajer Event – Prospek Kerja Manajemen Bisnis

manajer event
Manajer event

Lulusan manajemen bisnis juga memiliki prospek kerja sebagai manajer event. Biasanya perusahaan-perusahaan besar membutuhkan manajer event ini untuk mengelola event yang mereka buat, atau kamu juga bisa membentuk sendiri tim mu sebagai EO (Event Organizer) dan kamu menjadi leadernya.

Tugas utama dari manajer event ini adalah merencanakan, membuat dan mengatur berlangsungnya sebuah acara sampai selesai dan sukses. Intinya membuat acara itu dapat berlangsung dengan baik dan sukses, termasuk didalamnya mempersiapkan tempat, alat-alat, randown acara, konsumsi hingga artis dan undangannya.

Beberapa event sekala besar seperti konferensi, konser, konvensi, pameran, seminar, festival dan acara lain.

Proyek event biasanya sangat bersar, bahkan bisa sampai ratusan juta rupiah. Tugas seorang manajer event tentu juga harus mengalokasikan anggaran yang diberikan seefektif mungkin, sehingga tidak merugi setelah acara selesai.

Manajer event tentu tidak bisa bekerja sendiri, pasti membutuhkan tim yang solid. Hal itu juga menjadi tugas utamanya, yaitu mengelola tim yang solid agar acaranya dapat berjalannya dengan lancar.

Berapa waktu yang dibutuhkan manajer event untuk menyelesaikan event? Tergantung, semakin besar tentu membutuhkan waktu yang lama untuk persiapannya. Bahkan bisa menghabiskan waktu 1 tahun atau lebih untuk mempersiapkan acara tersebut.

Jika kamu memiliki pengalaman atau tertarik mengorganizer sebuah event, memiliki keterampilan interpersonal yang hebat dan memiliki multi-talent ini bisa menjadi pilihan profesimu setelah lulus kuliah jurusan manajemen bisnis.

Gaji tahunan rata-rata menurut PayScale: $ 61.607.Rekomendasi perusahaan:

  • The BIG Organizer Jakarta
  • Lily Wedding Services Kuta
  • Agung Podomoro Bandung

6. Manajer Operasional – Prospek Kerja Manajemen Bisnis

manajer oprasi
Ilustrasi manajer oprasi sebagai peluang kerja manajemen bisnis

Prospek kerja manajemen bisnis yang selanjutnya adalah menjadi manajer operasi. Seorang manajer operasi bertanggung jawab mengelola dan memantau tim untuk memaksimalkan efisiensi, produktivitas, dan keuntungan untuk bisnis.

Pada beberapa perusahaan, manajemen orpasi juga bertugas untuk membuat anggaran, merumuskan prosedur (alur kerja) dan sistem serta menganalisis keuangan produksi untuk mengendalikan pengeluaran.

Seorang manajer operasi juga bertugas menetapkan goals serta membagi dan mengawasi tugas para staffnya.

Gaji tahunan rata-rata menurut PayScale: $ 90.714. Rekomendasi perusahaan:

  • Securindo Packatama – Jakarta
  • BERSIH BIJAK SEJAHTERA – Pasuruan
  • PT. Alleka Kreatif Desain – Jakarta

7. Pengusaha – Prospek Kerja Manajemen

peluang kerja wirausaha
Peluang kerja sebagai wirausaha

Semua jurusan bisa menjadi seorang wirausahawan. Kamu bisa membangun bisnis kamu sendiri, apalagi dengan ilmu yang kamu bawa kamu telah memiliki modal pengetahuan untuk mengelola sebuah bisnis, , pemasara, mengatur keuangan, mengelola keuangan dan produksi.

Tinggal mau usaha apa? Kamu harus dapat menemukan peluang dan mengambilnya untuk kamu jadikan sebagai bisnismu. Kamu dapat menyesukan juga dengan minat dan bakatmu, jika bakatmu dagang kamu bisa berdagang, jika bakatmu ada pada jasa, maksimalkan kemampuan itu sampai kamu menjadi pengusaha sukses.

Gaji seraong wirausaha tentu unlimited, namun rata-rata untuk pengusaha kecil mendapatkan uang 5 – 10 juta itu sesuatu yang mudah.

8. Manajer Akuntansi – Prospek Kerja Manajemen Bisnis

manajer akuntansi
Ilustrasi manajer akuntansi sebagai propsek manajemen bisnis

Manajer akuntasi bertanggung jawab pada administrasi keuangan perusahaan seperti mencata pengeluaran/pemasukan, melaporkan kesehatan keuangan dengan laporan-laporannya dan semua kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan keuangan.

Gaji per bulan sekitar 7 juta. Rekomendasi perusahaan:
• The Body Shop Indonesia – Jakarta
• DANAMART – Jakarta
• ZALORA Indonesia – Jakarta
• PT Gihon Telekomunikasi Indonesia – Tangerang

9. Perencana Bisnis Berkelanjutan

Perencana bisnis berkelanjutan - prospek kerja manajemen bisnis
Ilustrasi perencana bisnis berkelanjutan

Sebagai orang yang memiliki ilmu manajemen dan bisnis, banyak perusahaan yang mencari orang-orang ini untuk ditempatkan di dalam posisi perencana bisnis berkelanjutan.

Tanggung jawab seorang perencana bisnis berkelanjutan secara umum adalah melakukan analisis risiko bisnis serta efeknya terhadap kelanjutan bisnis suatu perusahaan setelah krisis.

Dari sana Kalian diminta untuk mengambil strategi bisnis berdasarkan analisis sebelumnya. Selain itu Kalian juga diminta untuk membuat rencana manajemen darurat untuk pengambilan keputusan serta komunikasi pemulihan.

Menjadi ahli perencana bisnis memiliki jenjang karir yang sangat bagus seperti analis, manajer, koordinator, hingga direktur manajemen bisnis berkelanjutan.

Gaji untuk profesi ini paling sedikit berkisar diantara Rp 5.000.000,- hingga Rp 7.000.000.- dan bisa mengalami kenaikan. Peluang kerja ada pada tiap perusahaan yang baru saja mengalami kritis.

10. Manajer Administrasi – Prospek Kerja Manajemen Bisnis

manajer administrasi
Manajer administrasi

Manajer administrasi boleh dibilang gajinya tidak kalah dari seorang manajer umum dan operasional. Manajer administrasi memiliki fungsi umum melakukan perencanaan dan mengkoordinasi suatu perusahaan, dalam bidang administratif tentunya. Hal ini mencakup pencatatan, informasi, surat menyurat, hingga operasi custodian.

Secara rinci Kalian memiliki tugas perencanaan, pengkoordinasian, hingga mengevaluasi dan melaporkan segala hal terkait manajemen administrasi suatu perusahaan. Kalian juga diperkenankan mengubah suatu prosedur ataupun kebijakan di bidang administrasi dengan tunjuan meningkatkan produktivitas perusahaan tentunya. Terakhir, yang paling menarik tentunya.

Gaji yang biasa didapatkan seorang manajer administrasi baru berada di dalam rentang Rp 4.500.000,- hingga Rp 10.000.000,-. Rekomendasi perusahaan:

  • PT Raksasa Indonesia – Medan
  • PT. ALUTAMA – Semarang

Jika Kamu kuliah di jurusan manajemen bisnis, maka peluang karirmu sangat luas. Beberapa pekerjaan di atas mungkin tidak seperti yang kamu bayangkan sebelumnya.

Apakah Kamu ingin memiliki pekerjaan di atas? Melalui ilmu manajemen bisnis semua bisa terwujud. Para lulusan baru dari manajemen bisnis biasanya memulai gaji dari tingkat rendah dan lambat laun semakin naik.

Kondisi pasar, pengalaman, dan pendidikan terakhir pada kenyataannya memang mempengaruhi prospek kerja dan gajinya.

Baca juga : Prospek Kerja Administrasi Bisnis Dengan Gaji Terbaik

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.