karakteristik wirausahawan menurut bygrave

10 Karakteristik Wirausahawan Menurut ByGrave (10D)

Diposting pada 55.712 views

Karakteristik Wirausahawan Menurut ByGrave – Setelah share mengenai tujuan, sasaran dan asas kewirausahaan, sekarang kita punya akan berbagi tentang karakteristik wirausahawan menurut pendapat para ahli. Dan berikut ini adalah penjelasannya.  

Karakteristik adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki seseorang. Jadi karakteristik wirausahawan adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki seseorang wirausahawan yang membedakannya dengan orang lain. Agar lebih jelas di bawah ini dikemukakan beberapa karakteristik wirausahawan menurut pendapat para ahli.  

Karakteristik Wirausahawan menurut ByGrave

wirausahawan

Karakteristik wirausahawan menurut bygrave dikenal dengan istilah 10 D yaitu sebagai berikut :

1. Dream (Memiliki Cita-cita)

Karakteristik wirausahawan yang pertama adalah dream atau cita-cita/mimpi.


Di mana seorang wirausahwan harus mempunyai visi atau keinginan terhadap masa depan baik yang bersifat personal/pribadi dan juga usaha yang dijalaninya, ditambah lagi seorang wirausahawan juga harus memiliki kemampuan untuk mewujudkan impian atau cita-citanya.

2. Decisiveness (Tegas)

Karakteristik wirausahaawan yang kedua adalah decisiveness. Decisive mempunyai arti tegas. Jadi untuk menjadi seorang wirausahawan harus mempunyai ketegasan, tidak bekerja lambat.

Mereka harus membuat keputusan yang cepat dan tepat serta dengan penuh perhitungan. Kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan ini merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan bisnisnya.

3. Doers (Pelaku)

Karakteristik wirausahawan yang ketiga adalah doers. Dalam bahasa Indonesia doers artinya adalah seorang yang berbuat atau sebagai pelaku.

Seoarang pengusaha yang telah membuat keputusan harus langsung menindaklanjutinya dan menerapkannya. Mereka harus bertindak secepat mungkin, dan tidak menunda-nunda.

4. Determination (Kebulatan Tekad)

Karakteristik wirausahawan yang keempat adalah determination. Determination ini mempunyai arti kebulatan tekad, ketetapan hati.

Jadi seseorang yang berwirausaha harus memiliki kebulatan tekad atau ketetapan hati sehingga dalam menjalankan usahanya dapat memperoleh hasil yang terbaik.

Kebulatan tekad juga berarti mempunyai keinginan yang kuat untuk sukses, disamping itu juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan tidak mudah untuk menyerah begitu saja.

5. Dedication (Pengabdian) – Karakteristik Wirausahawan Menurut ByGrave

Wirausahawan yang kelima adalah dedication yang mempunyai arti pengabdian, persembahan.

Jadi seseorang yang berwirausaha harus memiliki pengabdian terhadap bisnisnya, dengan kata lain harus menjalankan usahanya dengan serius atau tidak setengah-setengah, terkadang juga orang yang memiliki dedication sangat tinggi terhadap usahanya rela mengorbankan kepentingan keluarga demi usaha yang dijalankannya.

Tidak sampai disitu saja, dedikasi atau pengabdian ini bisa juga diartikan secara luas. Semisal, pengabdian kepada bangsa dan negara. Ketika seorang pengusaha mampu membuka lapangan kerja, maka secara tidak langsung mereka telah membuka lapangan kerja baru bagi para pengangguran dan mensejahterakan mereka.

Dimana pengangguran ini menjadi salah satu permasalahan ekonomi di Indonesia yang harus diatasi oleh pemerintah. Menjadi pengusaha sama saja membantu bangsa ini terbebas dari jeratan kemiskinan.

6. Devotion (Ketaatan)

Karakteristik wirausahawan yang ke enam adalah devotion yang mempunyai arti kesetiaan atau ketaatan.

Jadi seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya harus setia dan taat sesuai dengan peraturan yang telah dibuatnya sendiri, seorang wirausaha juga tidak mudah untuk mengeluh, tetap semangat dan semua kegiatannya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnisnya.  

Taat disini juga berarti taat terhadap aturan atau peraturan yang dibuat oleh pemerintah atau daerah setempat. Wirausahawan yang sejati tidak akan melanggar aturan dan merugikan orang lain.

Bisa juga diartikan bahwa melalui usahanya tidak akan menghianati kepercayaan konsumennya, tidak menghianati aturan yang dibuat pemerintah apalagi Tuhan.

Baca juga : Manfaat Kewirausahaan, Sikap dan Perilaku Wirausahawan

7. Details (Rinci)

Karakteristik wirausahawan yang ke tujuh adalah detail yang mempunyai arti rinci. Jadi seorang wirausahan sangat memperhatikan faktor-faktor kritis dengan sangat rinci dan teliti.

Mereka tidak mau mengabaikan faktor-faktor kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

Rinci terhadap hal apa? Semuanya, baik itu yang kaitannya dengan keuangan, barang produksi, barang yang dijual bahkan sampai hal-hal sepele dalam perjalanannya sebagai wirausaha juga diperhatikan seperti pemilihan tempat, pemilihan barang, penentuan harga barang dll.

Ketika wirausahawan tidak rinci, bisa saja terjadi kesalahan bahkan mudah untuk ketipu oleh orang lain.

8. Destiny (Nasib)

Karakteristik wirausahawan yang ke delapan adalah destiny, artinya adalah nasib.

Jadi seorang wirausaha akan bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dengan kata lain wirausahawan sadar bahwa nasib hidupnya nanti ditentukan oleh usaha-usaha sekarang.

Apabila sekarang berusaha semaksimal mungkin, harapannya nasib kedepannya akan baik. Ingat pepatah “Hasil tidak akan menghianati usaha” kan?. Sama, bahwa nasib dimasa depan salah satunya ditentukan oleh apa yang kita lakukan sekarang.

9. Dollars (Uang) – Karakteristik Wirausahawan menurut ByGrave

Karakteristik wirausahawan yang ke sembilan adalah dollars, maksud disini adalah uang.

Dimana seorang wirausaha tidak mengutamakan hal-hal yang berkaitan dengan uang atau kekayaan semata. Untuk itulah diletakkan di nomor 9 bukan di nomor 1, uang bukan segalanya. Tapi uang tetap dibutuhkan untuk keberlangsungan usaha dan bisnis.

Intinya adalah motivasinya bukan karena uang saja. Karena uang ini dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. Ia berasumsi jika berhasil dalam bisnis maka ia layak memperoleh untung/laba (uang), bonus/hadiah.

10. Distribute (Distribusi)

Karakteristik wirausahawan yang kesepuluh menurut by Grave adalah distribute.

Jadi seorang wirausaha harus bersedia mendistribusikan kepemilikian bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak mencapai sukses dalam bidang bisnis.

Dengan kata lain, seorang wirausaha seharusnya dapat bermanfaat bagi orang lain termasuk bagi karyawannya. Distribusi disini bisa dikatakan bahwa wirausaha dapat berbagi lapangan pekerjaan dengan orang lain.

Bahkan nantinya bisa saling bertukar ilmu, atau mengajari karyawan-karyawannya sampai sukses.

Demikian saja artikel tentang karakteristik wirausahawan menurut by grave yang jumlahnya ada 10. Semoga dapat bermanfaat dan terimasih. Baca juga artikel lain berikut ini :

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.