Tips agar tidak mengantuk saat bekerja
Foto : pexels.com

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja, Terbukti Ampuh!

Diposting pada 105 views

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja – Terkadang, saat sedang melakukan pekerjaan pasti selalu ada rasa mengantuk. Rasa mengantuk tentu datang bukan tanpa sebab. Melainkan, banyak sekali faktor yang menyebabkan rasa ngantuk ini datang seperti kurang tidur, kelelahan, mata lelah atau kurang minum.

Sangat penting untuk tidak mengantuk saat sedang bekerja. Karena, saat mengantuk maka pikiran akan menjadi kurang fokus terhadap apa yang dikerjakan. Bahkan bisa bisa membuat kesalahan saat kerja.

Banyak sekali tips yang bisa dilakukan agar tidak mengantuk saat bekerja, berikut beberapa tips agar tidak mengantuk saat bekerja.

Tips Agar Tidak mengantuk Saat Bekerja

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk saat bekerja. Berikut ini beberapa caranya:

1. Minum Kopi

minum-kopi

Ya, pasti sudah sangat tidak asing bahwa kopi dapat membantu untuk mengurangi rasa mengantuk. Kopi mengandung kafein yang berfungsi untuk meningkatkan berbagai fungsi dari otak. Selain itu, kafein juga bisa menjadi stimulan bagi tubuh. Untuk itu, sangat disarankan jika ingin tetap terjaga dalam pekerjaan sebaiknya minum kopi.

Namun, untuk minum kopi juga tidak bisa secara sembarangan. Minum secukupnya saja, setidaknya 1 gelas kopi saat sedang merasakan mengantuk. Dengan 1 gelas kopi sudah sangat cukup memberikan stimulan pada tubuh. Tidak disarankan untuk minum kopi secara berlebihan.

2. Mendengarkan Musik

mendengarkan musik
Foto: pexels.com

Salah satu cara yang bisa digunakan agar tidak mengantuk yaitu dengan mendengarkan musik. Rasa kantuk terkadang hadir karena kebosanan. Cobalah untuk mendengarkan musik saat sedang bekerja. Terpenting, lagu yang anda dengarkan memang sesuai dengan kesukaan masing-masing.

Mulailah dengan musik yang membangunkan semangat untuk diri. Bukan lagu yang justru membuat mengantuk. Pilih musik yang bisa membuat anda merasa lebih bersemangat dan tetap fokus terhadap pekerjaan. Cara ini cukup efektif dan sudah banyak dilakukan oleh banyak orang.

Baca juga : 9 Tips Bekerja Dengan Ikhlas Tanpa Beban Apapun

3. Melakukan Peregangan

olahraga

Sudah berapa jam anda bekerja hari ini? Jika anda mengantuk, cobalah untuk melakukan peregangan. Untuk melakukan peregangan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Seperti berdiri sejenak dari tempat duduk, kemudian lakukan peregangan di bagian tangan, kaki dan pinggul.

Anda bisa melakukan langkah ini setiap 1-2 jam sekali. Cukup dengan melakukan peregangan 5 menit saja, maka tubuh anda akan menjadi lebih fresh. Efeknya, rasa mengantuk menjadi hilang dan kembali semangat dalam bekerja!

4. Mencuci Muka

mencuci muka
Foto : pexels.com

Cara menghilangkan ngantuk di kantor berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mencuci muka. Pasti banyak yang merasakan rasa mengantuk berlebihan saat sedang melakukan pekerjaan. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencuci muka. Mengapa harus mencuci muka? Dengan mencuci muka, bisa mengembalikan lagi kesel gerakan pada tubuh khususnya muka.

Disarankan, untuk mencuci mukanya dengan menggunakan air yang dingin. Air dingin yang menyentuh pada bagian kulit akan mampu untuk menghilangkan rasa ngantuk. Namun, tidak harus juga mencuci muka secara sering. Lakukan disaat anda sedang merasakan rasa kantuk yang amat mendalam.

Baca juga : 30+ Tips Cepat Dapat Kerja Dalam 1 Minggu

5. Menghirup Aromaterapi Segar

tips agar tidak mengantuk
Foto : pexels.com

Cara agar tidak ngantuk saat bekerja selanjutnya yaitu dengan menghirup aromaterapi yang segar. Tidak dapat dipungkiri, jika harum wangi dari aromaterapi memang sangat membantu pikiran agar tetap tenang. Cara ini bisa dilakukan untuk anda yang sedang mengantuk. Cobalah menghirup aromaterapi yang anda miliki.

Seperti bau dari minyak kayu putih, bau bunga tertentu dan yang lainnya. Secara tidak langsung. Tips ini sangat berpengaruh dalam membuat pikiran kembali menjadi lebih jernih. Serta, dapat memberikan efek yang lebih maksimal agar tidak mengantuk.

6. Beristirahat Sejenak

beristirahat sejenak
Foto : pexels.com

Jika anda bekerja terlalu lama, maka cobalah untuk beristirahatlah sejenak. Gunakanlah waktu istirahat dengan semaksimal mungkin. Karena, waktu beristirahat ini akan sangat membantu untuk memberikan efek pada tubuh anda. Khususnya, jika merasakan lelah secara berlebihan.

Rasa lelah secara berlebihan akan membuat mengantuk saat bekerja. Jika sudah mengantuk, maka pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak fokus. Untuk itu, ada baiknya anda beristirahat sejenak dan jernihkan pikiran. Dijamin, cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk.

7. Buat Ruang Kerja Lebih Terang

ruang kerja
Foto : pexels.com

Apakah ruang kerja anda selama ini dalam kondisi yang redup? Jika ya, maka mulai sekarang harus dibuat dengan lebih terang. Ruang kerja yang terang dapat membantu untuk memberikan pikiran yang lebih jernih. Selain itu, mata juga semakin lebih mudah untuk melakukan penglihatan pada pekerjaan.

Sebaliknya, jika ruangannya gelap maka kinerja mata akan menjadi lebih tinggi. Hal ini akan membuat mata anda mudah lelah dan hasilnya merasakan mengantuk. Untuk itu, mulai dari sekarang buatlah ruangan kerja menjadi lebih terang. Denah ruang kerja yang lebih terang, dijamin saat bekerja tidak akan mengantuk.

Baca juga : 7 Tips Jitu Agar Selalu Semangat Dalam Bekerja

Itulah beberapa tips agar tidak mengantuk saat bekerja. Dengan menggunakan tips diatas, dijamin tidak akan mengantuk saat bekerja. Jadi, apakah anda sudah mencoba beberapa tips diatas? Jika belum, anda bisa mencobanya ya. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.