cara menjadi resepsionis yang baik

Cara Menjadi Resepsionis yang Baik dan Profesional

Diposting pada 180 views

Cara menjadi resepsionis yang baik – Kita sudah tidak asing lagi dengan profesi resepsionis yang biasa ditemui di beberapa tempat seperti kantor, hotel, restoran, dan lainnya. Resepsionis biasanya akan ditempatkan di bagian lobby yang bertujuan untuk menyambut tamu yang datang.

Nah, sebelum mengarah pada bagaimana cara menjadi resepsionis yang baik dan professional, sebelumnya akan dijelaskan pengertian profesi resepsionis itu sendiri.

Resepsionis merupakan pegawai yang memiliki tugas untuk melayani, menyapa, memberikan informasi berbagai tamu yang akan berkunjung di perusahaan tersebut.

Tugas resepsionis pun sebenarnya tergantung pada tempat ia bekerja. Untuk resepsionis yang bekerja pada perusahaan biasanya lebih terarah untuk melayani, menerima tamu, dan menghubungkan para tamu dengan pihak manajemen perusahaan sedangkan untuk resepsionis hotel atau restoran lebih terarah pada melayani, menerima, dan membantu tamu terkait hal-hal yang akan dipesan atau dibutuhkan tamu tersebut.

Nah untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai resepsionis atau yang akan mendalami profesi tersebut, berikut ini akan diulas mengenai cara menjadi resepsionis yang baik dan professional.

cara menjadi resepsionis yang baik
Ilustrasi seorang resepsionis

Cara Menjadi Resepsionis yang Baik dan Profesional

1. Murah senyum, ramah, dan santun

Seorang resepsionis sudah pasti pertama kali yang akan ditemui para tamu. Hal yang harus kamu lakukan sebagai seorang resepsionis yang baik ialah menciptakan kesan pertama yang baik untuk tamu.

Berikan sapa dan senyum terbaikmu dan berikan sikap yang ramah. Apa yang terjadi jika kamu menempatkan diri sebagai tamu dan bertemu dengan resepsionis yang kurang ramah dan memasang wajah yang datar? Akan merasa tidak nyaman bukan?

2. Berpenampilan menarik

Sebagai seorang resepsionis yang baik dan professional, penampilan juga menjadi nomor satu yang perlu diperhatikan. Ini karena seorang resepsionis akan berhadapan langsung dengan para tamu sehingga penampilan yang menarik dan sopan merupakan hal yang wajib diaplikasikan pada resepsionis.

3. Mampu memberikan informasi yang jelas

Tugas resepsionis adalah membantu memberikan informasi terkait apa yang dibutuhkan oleh tamu. Sebagai resepsionis yang baik kamu harus mampu memberikan informasi yang akurat dan jelas.

Usahakan untuk mengerti segala aspek terkait perusahaan yang kamu tempati sehingga informasi yang kamu berikan pada tamu akan lebih pasti dan akurat.

4. Cepat dan tanggap

Kamu juga diperlukan untuk bekerja secara cepat dan tanggap terhadap segala kebutuhan atau hal yang ditanyakan oleh tamu. Maka dari itu, penting rasanya seorang resepsionis harus memiliki wawasan yang luas dan mengetahui segala aspek tentang tempat ia bekerja.

5. Bertanggung jawab

Seorang resepsionis harus mampu bertanggung jawab atas segala tugas yang diberikan dan apapun yang dilakukan. Sikap tanggung jawab sesuai jobdesk merupakan hal yang patut dipegang erat oleh seroang resepsionis. Fokuslah pada pekerjaan yang kamu miliki dan selesaikan secara baik dan optimal.

6. Komunikasi yang baik

Mampu berkomunikasi dengan baik yang berarti seorang resepsionis harus memiliki etika berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta santun.

Usahakan untuk selalu berbicara formal kepada setiap tamu yang datang. Jika memungkinkan belajarlah untuk menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Ini berguna agar ketika bertemu dengan tamu asing kamu tidak merasa kesulitan menyambut dan membantunya karena resepsionis merupakan seseorang yang pertama kali ditemui para tamu.

7. Menguasai keterampilan teknis

Menjadi seorang resepsionis yang baik dan professional diharuskan untuk mampu menguasai keterampilan teknis seperti mampu mengoperasikan perangkat komputer, telepon, dan perangkat perkantoran lainnya agar memperlancar kerja resepsionis.

Baca juga : Gaji Resepsionis di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5 Lengkap

Berikut tadi merupakan 7 poin cara menjadi resepsionis yang baik dan professional. Tentu saja kembali lagi pada perusahaan masing-masing yang menerapkan standar pekerjaan atau jobdesk sebagai resepsionis.

Karena resepsionis bergerak dalam bidang pelayanan, maka dari kamu harus mempelajari dan paham mengenai pelayanan dalam resepsionis dalam bidang perusahaan manapun mulai dari perkantoran hingga perhotelan.

Khusus untuk kamu yang berminat atau ingin menjadi resepsionis hotel usahakan untuk mengambil pendidikan hospitality formal atau khursus perhotelan untuk menunjang kamu menjadi resepsionis hotel yang handal.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in