gaji resepsionis di hotel bintang 2, 3, 4, dan 5

Gaji Resepsionis di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5 Lengkap

Diposting pada 124 views

Gaji Resepsionis di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5 Lengkap – Menjadi resepsionis hotel mungkin impian bagi beberapa orang. Pekerjaan yang satu ini memiliki peran yang penting bagi hotel. Resepsionis secara langsung bertugas untuk memberikan sambutan kepada para pelanggan. Bukan hanya menyambut saja, masih banyak tugas dari seorang resepsionis hotel.

Hampir di semua hotel baik dari hotel bintang 2 sampai bintang 5 pasti memiliki receptionist. Meskipun, untuk kualitas dari resepsionisnya pasti berbeda-beda. Begitu juga dengan  gaji yang diberikan kepada receptionist setiap tingkatan hotel terdapat perbedaan. Jika anda tertarik mengetahui gaji receptionist hotel, maka artikel ini wajib untuk dibaca.

Tugas Seorang Resepsionis Hotel

Belum lengkap rasanya jika hanya ingin mengetahui gaji tanpa paham betul mengenai tugasnya. Berikut tugas dari seorang resepsionis hotel secara umum:

1.   Menyapa dan menyambut tamu dengan senyum,sapa,salam,sopan dan santun

2.   Memberikan citra image baik kepada para tamu

3.   Memberikan informasi mengenai produk yang tersedia

4.   Mencatat daftar pengunjung baik untuk check-in maupun check-out

5.   Melakukan check terhadap surat yang masuk kepada hotel

6.   Menginformasi mengenai fasilitas yang diberikan dan hal lain yang mungkin dibutuhkan oleh tamu

7.   Menjadi penunjuk dari tempat yang tersedia di hotel seperti kolam renang, cafe, bar, gym serta lainnya.

Baca lebih lanjut : Tugas Resepsionis -Tanggung Jawab, Keahlian dan Gajinya

Besaran Gaji Resepsionis di Hotel Berbintang

Untuk gaji yang diberikan kepada setiap resepsionis hotel berbeda-beda. Semuanya disesuaikan dengan kualitas dan keterampilan yang dimiliki. Ini dia besaran gajinya:

1. Gaji resepsionis Bintang 2

Resepsionis pada bintang 2 mungkin masih tergolong sederhana. Tugasnya masih tidak terlalu banyak, hanya berfokus pada menyapa kunjungan dari pelanggan.

Bintang 2 masih memiliki rate yang tidak terlalu tinggi. Jadi, tidak heran jika pelanggan yang menuju ke hotel ini juga masih seputaran lokal saja. resepsionis bertugas untuk membantu pelanggan baik untuk reservasi, check-in, check-out dan menawarkan produk.

Untuk range gaji kerja resepsionis hotel yaitu mulai dari Rp. 1.800.000 – Rp. 2.300.000 per bulannya. Dengan range tersebut, sudah cukup sesuai untuk pekerjaan resepsionis pada hotel di bintang 2. Karena tidak terlalu membutuhkan keterampilan yang tinggi dalam melakukan perjamuan dengan pelanggan.

Baca juga : Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

2. Gaji Resepsionis Bintang 3

Resepsionis bintang 3 harus lebih aktif dalam melakukan komunikasi kepada pelanggan. Biasanya, untuk hotel bintang 3 sudah menerima tamu dari luar kota. Jadi, diharuskan untuk bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar. REceptionist bisa membantu reservasi kebutuhan pelanggan, check-in,check-out.

Untuk kisaran gaji yang diberikan yaitu mulai dari Rp. 2.400.000 sampai Rp. 3.200.000 per bulannya. Range gaji yang diberikan sudah sangat sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Mengingat, untuk aktivitas yang dilakukan juga lebih banyak dibandingkan hotel pada bintang 2.

3. Gaji Resepsionis Bintang 4

Hotel bintang 4 sudah berjalan dengan sistem yang jauh lebih baik. Dengan begitu, pelayanan dalam hal resepsionis dituntut untuk jauh lebih baik juga. resepsionis diharuskan untuk bisa berbahasa Indonesia dan Inggris serta memiliki sikap yang baik. Karena, hotel bintang 4 juga sering menjadi tempat menginap bagi banyak orang luar negeri yang berkunjung ke Indonesia.

Jika anda mendapatkan tawaran untuk menjadi resepsionis hotel bintang 4, maka harus segera diambil. Mengapa demikian? Karena, untuk range gaji resepsionis hotel yang diberikan sudah cukup besar. Mulai dari Rp. 3.800.000 – Rp. 4.400,000 per bulannya. Gaji tersebut sangat wajar diberikan kepada receptionist bintang 4, mengingat tidak semua orang memiliki keterampilan yang baik untuk menjadi receptionist.

4. Gaji resepsionis Bintang 5

Pelayanan untuk hotel bintang 5 tentu jelas yang terbaik. Termasuk, pada pekerjaan di bagian resepsionis. Tidak sembarang orang bisa menjadi resepsionis yang bekerja secara langsung pada hotel bintang 5. Seorang resepsionis diharuskan untuk memiliki kefasihan dalam multi bahasa. Seperti bahasa indonesia, inggris, mandarin maupun lainnya. Namun, yang paling utama yaitu bahasa Inggris.

Selain itu, juga diharuskan untuk tampil secara profesional dan perfect setiap saat. Tidak boleh sedikitpun menampilkan wajah yang tidak menyenangkan kepada tamu hotel. Karena, semua tamu hotel merupakan VIP dan orang-orang yang berkelas. Image yang baik dari seorang resepsionis akan memberikan pandangan baik hotel dari pada tamu.

Lalu, berapa gaji resepsionist hotel bintang 5? Mulai dari Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000 Rupiah. Range tersebut sangatlah wajar diberikan, karena hotel bintang 5 umumnya sudah memiliki banyak cabang di dunia. Belum lagi mengenai tanggung jawab yang diberikan juga sangat berat karena tamunya begitu berkelas. Jadi, tidak heran jika gaji resepsionis hotel yang diberikan tinggi.

Baca juga : Gaji Kerja Di Hotel Lengkap Semua Bagian

Apakah Gaji Diatas Hanya Pokok Atau Sudah Beserta Tunjangannya?

Mungkin, banyak dari anda yang bertanya mengenai hal ini. Perlu diketahui, bahwa gaji yang diberikan diatas hanyalah gaji pokoknya saja. Belum termasuk dengan tunjangan lainnya yang diberikan oleh setiap hotel. Seperti tunjangan untuk kesehatan,transportasi,makan dan sebagainnya. Jadi, jika dijumlahkan total nilai penghasilannya tentu akan menjadi lebih tinggi lagi.

Setelah anda membaca semua artikel diatas, apakah tertarik untuk menjadi seorang resepsionis hotel? Jika tertarik, pastikan anda memiliki skill yang sesuai dengan dibutuhkan ya.

Terutama, untuk hotel berbintang yang jelas membutuhkan skill tinggi agar memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya. Selain itu, gaji resepsionis hotel diatas bisa saja berbeda sesuai dengan kualitas dan wilayah hotel. Semoga bermanfaat!

Baca juga : 10 Universitas Dengan Jurusan Perhotelan Terbaik