bagian-bagian kerja di hotel

Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

Diposting pada 132 views

Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya – Setiap hotel baik kecil maupun besar pasti memiliki beberapa karyawan atau staff yang memiliki tugasnya masing-masing. Hanya saja perbedaan hotel besar dan kecil mungkin terletak pada seberapa banyak karyawan yang dimiliki.

Umumnya hotel kecil memiliki struktur organisasi yang lebih sederhana, paling tidak ada bagian manajer, resepsionis, house keeping sama kitchen yang bagian masak-memasak.

Namun untuk hotel yang lebih besar, setiap bagian akan diperinci lebih lagi karena tugasnya juga cukup banyak. Sebagai contoh, untuk house keeping yang bertugas merawat hotel.

Pada hotel kecil, untuk merawat seluruh hotel mungkin 1 orang saja cukup. Tapi pada hotel yang besar mungkin perlu dibagi-bagi lagi seperti ada yang khusus bagian ruangan (room boy), bagian taman, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih detail tentang bagian-bagian kerja di sebuah hotel sekaligus struktur organisasinya secara umum. Oke langsung, saja berikut adalah penjelasannya :

Struktur Organisasi Hotel pada Umumnya

struktur organisasi hotel
struktur organisasi hotel

Gambar di atas adalah struktur organisasi untuk hotel pada umumnya, biasanya dipimpin oleh seorang General Manager, dan dibawahnya ada asisten manajer yang bertugas untuk membantu tugas manajer.

Dibawah GM terdapat beberapa departemen atau divisi yang juga dipimpin oleh manajer seperti room divisi, Food & Beverage Division, Human Capital, Marketing, Finance, dan Enginering.

Masing-masing divisi memiliki staff yang memiliki tugas individu, dalam beberapa departmen didalamnya juga terdapat divisi yang dipimpin oleh seorang supervisor (warna orange tua).

Biar lebih paham tentang tugas masing-masing posisi pekerjaan, berikut akan dijelaskan lebih detailnya.

Nama Posisi atau Bagian-bagian Kerja di Hotel

1. General Manager

General manager merupakan manajer tingkat atas yang bertanggung jawab atas keseluruhan kegiatan/pelayanan hotel dan kinerja seluruh karyawan. General Manager ini biasanya bertanggung jawab kepada CEO atau pemilik hotel tersebut.

General manager tidak bekerja sendirian, dia dibantu oleh assistant manager dan para manajer dari setiap departemen.

2. Assistant General Manager

Semakin besar sebuah hotel maka tanggung jawab seorang GM akan semakin besar. Untuk itu dalam beberapa hotel besar, GM akan dibantu dan didukung oleh Assistan General Manager.

Asisten manajer akan mendapatkan tugas langsung atau arahan dari GM. Dan terkadang seorang asisten manajer akan menggantikan peran GM ketika GM pergi keluar kota/sakit atau ada urusan di luar hotel.

3. Room Division Manager

Bagian kerja di hotel yang ketiga adalah Room Division Manajer. Manajer yang satu ini bertugas untuk memimpin room division yang bertugas dalam menyiapkan kamar, pemesanan kamar/booking, check in sampai check out agar dapat berjalan dengan lancar.

Departemen atau divisi ini dibagi menjadi dua yaitu housekeeping yang bertanggung jawab terhadap ruangan/kamar hotel baik sebelum digunakan maupun sesudah digunakan. Dan front office yang bertugas menerima tamu, memerika pesanan dan menginformasikan ketersediaan kamar terhadap konsumen.

a. Housekeeping

Houskeeping bertugas untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dam kenyamanan setiap bagian hotel, baik itu bagian dalam hotel maupun bagian luar hotel.

Bagian dalam hotel meliputi rcade, drugstore, bank, money changer, travel agent, beauty salon, barber shop, meeting room, restaurant dan lain sebagainya. Sedangkan bagian luar hotel meliputi area parkir, taman, kolam renang, tennis court dan lain-lain.

1) Public Area Section

Posisi ini bertugas dan bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan, keindahan, dan kenyamanan area hotel yang bisa diakses oleh semua pengunjung atau sifatnya publik. Contoh area yang menjadi tanggung jawab posisi ini antara lain : lobby, restroom, restaurant, meeting room, dll.

2) Room Section

Room section merupakan bagian atau posisi yang bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian sekaligus kelengkapan kamar tamu. Posisi ini akan menyiapkan kamar sebelum pengunjung check in, dan sesudah pengunjung check out.

Ada sebutan lain untuk posisi ini, yaitu room boy. Karena biasanya, posisi ini memang diisi kebanyakan oleh cowok demi keamanan hotel.

3) Linen dan Laundry

Linen section bertugas untuk mengatur pengelolaan linen di hotel, linen merupakan produk hotel yang terbuat dari kain. Meliputi sprei, sarung bantal, handuk bahkan sampai seragam karyawan.

4) Gardener Section

Dalam beberapa hotel berbintang biasanya terdapat taman atau kebun yang bertujuan untuk mempercantik tampilan hotel. Ada satu posisi disebut dengan gardener section. Bagian ini bertanggung jawab untuk membuat hingga merawat semua jenis tanaman di hotel. Mirip seperti tukang kebun, namun ini tukang kebun yang berkelas.

b. Front Office

Front office merupakan bagian yang bertugas untuk melayani check in dan check out tamu hotel. Front office ini terdiri dari beberapa bagian, ada yang bagian menyambut tamu, melayani tamu check in, melayani tamu check out dan pembayaran/administrasi.

1) Reception / Front Desk Attendant

Tugas reception adalah melayani tamu hotel untuk check ini dan check out. Posisi ini juga bertugas memberikan informasi kepada tamu terkait ketersediaan kamar. Reception akan berkoordinasi dengan housekeeping dalam menyiapkan kamar dan membereskan kamar ketika tamu sudah check out.

2) Reservation

Sesuai dengan namanya, tugasnya adalah untuk melayani pemesanan kamar oleh tamu. Termasuk pemesanan melalui website, telepon dan datang langsung.

3) Information / Call Center

Bagian ketiga dalam front office hotel adalah bagian information / call center. Posisi ini bertugas memberikan informasi termasuk pemesanan melalui telephone. Tidak hanya dari tamu saja, tapi telephone dari semua pihak yang ingin mencari informasi terkait hotel tersebut.

4). Cashier

Bagian bertugas sebagai tempat pembayaran. Biasanya letaknya sebelahan dengan bagian reception dan reservation.

4. Food & Beverage Manager

Bagian kerja di hotel selanjutnya adalah Food & Beverage Manager, bagian ini bertanggung jawab terhadap makanan dan minuman yang ada di hotel meliputi makanan untuk tamu hotel (sarapan), untuk karyawan hingga jika ada acara/event di hotel tersebut.

Bagian ini juga bertugas untuk merencanakan menu, menyajikan makanan dan minuman berkualitas mulai dari dapur sampai pelayanan di restoran tempat tamu untuk breakfast.

a. Food Production

Food production adalah bagian yang bertugas untuk memproduksi makanan, bagian ini biasanya ada di dapur dimana makanan dan minuman akan diproduksi.

1). Kitchen

Dapur adalah tempat dimana makanan dan minuman di produksi. Dalam hotel besar dan berbintang biasanya dapur memliki beberapa cheff yang memiliki spesialisasinya masing-masing.

2). Pastry

Bagian yang bertugas untuk membuat kue untuk kebutuhan sarapan, coffe break, makan siang & makan malam.

3). Pot Washing

Setiap alat masak dan alat makan yang telah dipakai pasti butuh dicuci agar bersih dan bisa dipakai kembali. Bagian kerja di hotel yang tugasnya mencuci adalah pot washing.

b. F&B

Ada juga bagian makanan dan minuman yang bertugas untuk melayani tamu. Bagian ini terdiri dari :

1. Bar

Beberapa hotel berbintang mungkin terdapat bar. Bar merupakan tempat yang menyajikan minuman-minuman untuk orang dewasa.

2. Restaurant

Bagian ini bertanggung jawab terhadap keberlangsungan restoran di hotel agar dapat berjalan dengan baik.

3. Room service

Ketika ada tamu hotel yang memesan makanan, maka room service ini yang bertugas mengantarkan makanan ke kamar hotel.

4. Benquet

Ketika di hotel terdapat sebuah acara atau event, maka benquet ini yang bertugas untuk menyajikan dan menjamu tamu dengan makanan/minuman.

5. Human Capital (HC)

Human capital dalam hotel berguas mengelola sumber daya manusia sebaik mungkin demi kemajuan dan keberhasilan hotel. Tugas HC secara lebih spesifik seperti mengatur penggajian, memotivasi karyawan, dan merekrut karyawan baru.

a. Recruitmen

Keluar masuk karyawan adalah hal yang biasa di dalam sebuah perusahaan. Untuk itu diperlukan karyawan yang mengatur keluar masuknya karyawan, yaitu staff recruitmen. Posisi ini bertugas untuk mencari karyawan hotel yang baru sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

b. Staff HC

Staff HC bertugas untuk mengelola karyawan mulai dari penggajian, mengurus cuti, training hingga memberikan motivasi karyawan.

c. General Affairs

Staff general affairs bertugas untuk menyediakan sarana dan prasarana yang terdapat di hotel agar dapat berlangsung dengan baik.

6. Marketing and Sales

Departemen ini bertugas untuk mempromosikan hotel agar dapat berkembang dengan bertambahnya tamu hotel. Marketing and sales ini terdiri dari beberapa bagian yaitu :

a. Public Relation
b. Sales E-Commerce
c. Sales Excecutive
d. Internet Marketing

7. Finance Manager

Bagian ini bertugas untuk melakukan pengelolaan administrasi dan keuangan di sebuah hotel. Termasuk bertugas dalam membuat laporan keuangan, pembayaran pajak dan melakukan pembayaran gaji. Bagian ini biasanya terdiri dari :

a. Purchasing
b. Accounting

8. Engineer

Engineer adalah karyawan yang bertanggung jawab atas pemeliharaan, pengelolaan, dan perbaikan seluruh aset yang meliputi: gedung hotel, perlengkapan mekanik dan elektronik, dan energi hotel.

9. Security Director

Security bertanggung jawab atas keamanan hotel secara keseluruhan. Ruang lingkup pengamanan hotel meliputi para karyawan, para tamu, dan aset hotel. Security juga bertugas untuk menciptakan kondisi yang aman sehingga tamu betah tinggal di hotel dan para karyawan bekerja dengan nyaman.

Nah kurang lebih itu adalah beberapa bagian atau posisi kerja di hotel. Jika kamu berminat bekerja di hotel kamu bisa pilih salah satu diantara posisi kerja di atas.