marketing executive

Marketing Executive: Pengertian, Tugas, Syarat dan Kualifikasi

Diposting pada 71 views

Banyak orang masih beranggapan bahwa marketing executive adalah sales person. Memang tidak sepenuhnya salah, namun juga sebenarnya tidak tepat. Marketing executive memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan seorang sales. Sebab, tugas mereka tidak hanya untuk menjual produk dari perusahaan tempat mereka bernaung, tetapi lebih dari itu.

Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan khusus untuk bisa menduduki posisi sebagai seorang marketing executive. Sebab, semua orang bisa menjual barang, tetapi tidak semua orang bisa menjual produk dengan cara yang cerdas.

Pengertian Marketing Executive Adalah

Tugas utama dari marketing executive adalah memasarkan produk dari perusahaan, selain itu mereka juga bertuga menjaga citra perusahaan yang baik.

Bisa dikatakan bahwa para ME adalah agen representatif dari perusahaan yang dapat membawa perusahaan menjadi lebih dekat dengan konsumen.

Seorang ME harus siap dengan target, mereka harus bisa menembus dan melampauinya jika memang mampu. Tingkatan target tentu disesuaikan oleh perusahaan dengan pertimbangan target tersebut sudah diukur dan harus mampu dilakukan.

Jika seorang ME gagal mencapai tujuan tersebut, maka tentu akan berimbas pada target selanjutnya. Semakin kecil target yang dicapai seorang ME pada bulan tertentu, maka akan semakin besar tanggung jawabnya untuk menyelesaikan tunggakan target dan ditambah target yang baru di bulan berikutnya.

Apabila target bisa tercapai, maka ini berarti visi dan misi perusahaan juga sudah mengalami kemajuan dan akan menembus tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan tanggung jawab yang sebesar ini, maka para ME pastilah merupakan orang yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan lainnya.

Tugas Umum Marketing Executive

1. Promosi Produk

Untuk bisa menjual produk, tentu langkah awal yang harus dilakukan adalah mempromosikan produk tersebut. Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk memasarkan produk, mulai memperkenalkan produk secara langsung kepada konsumen maupun calon konsumen atau mempromosikan lewat media.

Ketika akan mempromosikan produk, maka seorang marketing executive harus paham betul tentang produk yang dibawanya. Dengan demikian, mereka tidak akan memberikan informasi yang salah tentang produk yang tidak hanya akan merugikan konsumen namun juga perusahaan.

2. Mencapai Target Penjualan

Sebagai orang hebat yang ditempatkan di posisi marketing executive, mereka juga memiliki tanggung jawab yang besar mengenai pencapaian target. Target tidak hanya berbicara tentang kuantitas produk yang bisa dipasarkan saja, tetapi juga waktu pelaksanaan hingga tingkat kepuasan konsumen.

Semakin tinggi target yang bisa dicapai menunjukkan seberapa besar kemampuan pemasaran yang dimiliki oleh seorang ME. Selain ramah, seorang ME juga harus mampu mengenali kebutuhan dari konsumen, sehingga bisa memberikan solusi yang tepat sasaran.

Baca juga : Tugas dan Tanggung Jawab CMO (Credit Marketing Officer) Di Perusahaan Finance

3. Membuat Strategi Pemasaran

Setiap produk memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda-beda, hal ini membuat strategi yang akan digunakan juga harus berbeda. Terlebih lagi ketika menghadapi pasar yang majemuk dengan banyaknya kompetitor, seorang ME harus kreatif dalam menciptakan sebuah strategi marketing. 

Seperti yang sering terjadi sekarang ini, segala macam konten yang viral langsung bisa menarik perhatian konsumen terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan konten viral tersebut. Selain karena faktor keberuntungan, kejelian melihat trend pasar adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang marketing executive. 

4. Menjaring Calon Pelanggan Baru

Loyalitas dari pelanggan lama memang harus terus dijaga, namun menjaring pelanggan baru juga harus terus dilakukan. Sebab, tidak semua pelanggan lama akan terus membeli produk yang ditawarkan, seringkali pasti ada jeda ketika mereka tidak membeli karena banyak faktor. Untuk mengisi kekosongan agar kondisi tetap stabil, maka diperlukan pelanggan baru.

Selain melakukan inovasi terhadap produk yang sudah ada, pengenalan akan produk baru juga bisa menari konsumen anyar untuk kemudian menjadi pelanggan setia. Marketing executive adalah seseorang atau kelompok yang memiliki kemampuan untuk meyakinkan konsumen akan produk yang mereka tawarkan. 

5. Menjaga Hubungan Baik

Setelah adanya transaksi jual beli, maka seorang marketing executive tidak bisa begitu saja melupakan para pelanggannya. Menerima keluhan, memberikan solusi bahkan hanya menyapa untuk menanyakan kabar adalah cara agar pelanggan tetap bisa terpantau dan tidak tergoda dengan produsen lain.

Hal ini tentu penting, sebab mencari pelanggan baru tentu lebih susah dibandingkan dengan merawat kesetiaan pelanggan lama. Menjaga hubungan baik tidak hanya dengan memberikan diskon maupun promosi lainnya, dengan memberikan pelayanan terbaik maka hubungan dengan pelanggan akan senantiasa terjalin.

6. Melakukan Riset Tentang Kompetitor

Tugas lain yang juga harus dikuasai oleh seorang marketing executive adalah mengerti tentang kompetitor yang harus dihadapinya. Pengetahuan tentang produk dari kompetitor juga harus dikuasai agar bisa memberikan penilaian yang obyektif.

Selain itu, pengetahuan ini juga berguna ketika mendapatkan pertanyaan dari calon pembeli yang membandingkan dengan produk pesaing.

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset perihal produk yang dimiliki oleh kompetitor. Bukan hanya tentang kelemahan tetapi juga keunggulannya.

Melakukan riset berbeda dengan menjatuhkan. Hasil riset ini bukan untuk menjelekkan produk kompetitor, tetapi untuk mencari celah yang bisa menjadi kekurangan produk sendiri dan bisa menanggulanginya.

Baca juga : 10 Tugas Admin Marketing Disertai Tanggung Jawab dan Gajinya

Tanggung Jawab Marketing Executive

  • Selalu menjaga hubungan dengan para pelanggan agar selalu baik
  • Mencapai target yang sudah disepakati
  • Melaksanakan tanggung jawab dan strategi yang sudah dibentuk oleh tim
  • Antisipasi agar penjualan bisa selalu stabil
  • Melakukan perluasan pasar
  • Menjaga citra perusahaan yang dibawa

Tugas Marketing Executive di Berbagai Perusahaan

Selain memiliki tugas dan tanggung jawab secara umum seperti di atas, berikut ini adalah beberapa tugas seorang marketing executiver di berbagai bidang perusahaan.

1. Tugas Marketing Executive di Perusahaan Teknologi

  • Buat dan jalankan rencana pemasaran terperinci berbagai saluran lainnya.
  • Koordinasi dengan digital & tim merek untuk mengembangkan aktivitas online.
  • Bekerja dengan departemen lain untuk mengelola semua aktivitas pemasaran dalam anggaran yang dialokasikan.
  • Dukung tim penjualan dengan memberikan jaminan pemasaran dan brosur produk jika diminta.
  • Pastikan kampanye pemasaran dioptimalkan untuk mencerminkan ROI yang efektif.
  • Atur acara dan pameran produk.
  • Perbarui database dan gunakan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM).
  • Koordinasi dengan pemasaran internal dan budaya organisasi serta pemantauan kinerja.

2. Tugas Marketing Executive di Perusahaan Ritel

  • Melakukan kunjungan ke toko/distributor/dealer.
  • Merencanakan strategi penjualan. 
  • Aktif merencanakan dan melaksanakan event promosi untuk area masing-masing.
  • Membuat laporan penualan.
  • Mengarahkan promotor untuk mencapai target penjualan.
  • Membuka Dealer baru yang berpotensi dan membangun hubungan baik. dengan Dealer yang sudah bekerja sama.

3. Tugas Marketing Executive di Dealer Motor / Mobil

Lowongan ini paling banyak bisa kita temui di dealer-dealer atau distributor sebuah produk/barang. Salah satunya adalah Dealer Motor seperti Astra, Yamaha, Kawasaki dan lain sebagainya.

Jika Anda pergi ke dealer, biasanya akan ada orang yang menemui Anda dan menjelaskan tentang produk-produknya. Katakanlah Anda pergi ke dealer Astra dan berniat membeli motor, ketika sampai disana pasti ada orang yang akan melayani Anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda mulai dari spesifikasi motor sampai harganya.

Orang tersebut bisa disebut sebagai sales executive atau marketing executive. Disebut sebagai executive mengingat nilai penjualannya yang tidak sedikit, kita tahu bahwa 1 mobil bisa dihargai 100 juta ke-atas, begitu juga motor yang harganya sekitar 15 jutaan ke atas.

Umumnya mereka memiliki tugas sebagai berikut :

  • Melakukan strategi marketing untuk menjual unit motor/mobil sesuai dengan target bulanan yang ditentukan.
  • Melakukan aktifitas prospecting untuk mendapatkan konsumen.
  • Promosi penjualan melalui berbagai channels seperti sosial media, brosur, plamfet, banner dll.
  • Melayani calon konsumen yang datang ke dealer sesuai standar dan melakukan persuasif sampai terjadi closing
  • Menjaga hubungan baik dengan para pelanggan.
  • Membuat event menarik untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga : 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Admin Marketing

Syarat Umum Menjadi Marketing Executive

Sebenarnya syarat umum yang akan dibeberkan di bawah ini bukanlah syarat mutlak, sebab setiap perusahaan pasti mempunyai standar tersendiri mengenai hal ini. Namun, beberapa syarat berikut bisa menjadi gambaran secara umum jika Anda tertarik dengan posisi ini:

  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Memiliki kemampuan persuasif yang baik
  • Memiliki kemampuan analytical yang baik
  • Kerja keras dan pantang menyerah
  • Pendidikan terakhir adalah SMA dan sederajat
  • Memiliki penampilan menarik
  • Memiliki kepribadian yang kuat dan dinamis
  • Mampu bekerja dalam tim maupun personal
  • Berani menerima tantangan
  • Mampu untuk mencapai target

Baca juga : 10 Tips Marketing Motor Agar Cepat Laku dan Banyak Untung

Kemampuan dan Keahlian Yang Harus Dimiliki Marketing Executive

1. Skills Komunikasi Yang Baik

Seorang marketing executive haruslah bisa berkomunikasi dengan baik. Komunikasi adalah percakapan dua arah, jadi seorang ME harus mampu memahami kapan dia berbicara dan kapan mendengarkan. 

Selain itu, dia juga harus mampu untuk menjabarkan pemikirannya secara sederhana, sehingga pesan bisa tersampaikan dengan mudah dan benar kepada konsumen. Jadi, tidak hanya pintar berbicara tetapi juga pintar dalam mengungkapkan hal yang tersurat menjadi gamblang.

2. Penguasaan Teknologi

Marketing executive adalah senjata bagi sebuah perusahaan untuk bisa memasarkan produknya secara luas. Maka selain menggunakan cara konvensional dengan penjualan tatap muka, para ME juga harus bisa menguasai teknologi, sehingga dapat melakukan pemasaran dan transaksi secara digital.

Mereka harus bisa menjadi seorang pembelajar yang cepat, karena sekarang ini semua hal membutuhkan kecepatan dan juga ketepatan.

3. Public Speaking

Kemampuan ini hampir sama dengan komunikasi, hanya saja cakupannya lebih luas. Untuk bisa menjadi seorang public speaker, maka seorang marketing executive juga harus mampu menguasai dirinya dan pendengar agar bisa tertarik dengan materi yang sedang dibicarakan. 

Selain itu, pengenalan karakter dari pihak yang sedang mendengarkan juga harus menjadi kelebihan lain yang dimiliki oleh seorang public speaker.

Dengan melihat semua penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa seorang marketing executive adalah mereka yang dituntut untuk bisa memiliki pandangan selangkah lebih depan dibandingkan dengan orang lain.

Gambar Gravatar
Suka dengan kata dan cinta dengan karya.