yang perlu diperhatikan saat menjadi admin marketing

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Admin Marketing

Diposting pada 89 views

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Admin Marketing – Menjalankan tugas sebagai admin marketing merupakan sebuah tantangan tersendiri, selain mengharuskan melampaui target penjualan juga harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

Admin marketing di dalam perusahaan umumnya bertugas menangani proses pemasaran atau penjualan di lini terdepan seperti membalas chatt, melayani pertanyaan konsumen, merekap order hingga melakukan pencatatan order bulanan.

Baca juga : 10 Tugas Admin Marketing Disertai Tanggung Jawabnya

Dalam menjalankan berbagai tugas tersebut, maka admin marketing perlu memperhatikan beberapa hal agar kinerjanya maksimal dan tidak mengalami kesalahan. Apa sajakah itu? Simak melalui artikel di bawah ini :

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Admin Marketing

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjadi admin marketing, semoga membuat kamu menjadi lebih baik ya dalam menjalankan tugas.

1. Kecermatan dan Ketelitian Dalam Bekerja

Admin marketing akan berhadapan dengan rekapan penjualan yang tidak sedikit. Dalam melakukan input hingga pengarsipan, tugas tersebut harus dilaksanakan dengan kecermatan dan ketelitian.

Dengan kecermatan dan ketelitian, tidak akan ada data yang hilang atau tertinggal karena sudah tercantum lengkap di bagian rekapan.

Tidak hanya itu, dalam beberapa tugas lain seperti pengelolaan database, juga diperlukan kemampuan tersebut. Jangan sampai ada pelanggan yang tertinggal informasi terbaru seputar layanan perusahaan.

2. Belajar Untuk Teratur dan Sistematis

Kamu pasti bisa membayangkan bagaimana tugas seorang admin marketing, yaitu ketika harus mampu menyusun segala sesuatu dengan rapi setiap hari.

Kemampuan ini akan sangat mendukung admin marketing dalam menyelesaikan pekerjaannya. Seluruh kegiatan administrasi dituntut untuk serapi dan selengkap mungkin.

Keteraturan adalah gaya hidup yang menjadi nilai tambah bagi seorang pelamar kerja di posisi admin marketing.

3. Beradaptasi Dengan Teknologi

Mengoperasikan komputer, software, dan teknologi lain yang sejenis akan memudahkan admin marketing mengurus pekerjaan yang dipercayakan oleh perusahaan.

Apabila ada penguasaan teknologi terbaru yang direkomendasikan perusahaan, mau tidak mau admin marketing harus tanggap mempelajari pengoperasiannya. Sehingga, pekerjaan harian maupun bulanan dapat terselesaikan secara maksimal.

4. Komunikasi Dengan Pelanggan dan Rekan Kerja

Selain melakukan aktivitas arsip mengarsip, tentunya ada tugas dan tanggung jawab lain yang berhubungan dengan pelanggan, yaitu cara memberikan umpan balik dan solusi dalam bentuk komunikasi.

Beberapa pelanggan mungkin akan membalas Direct Mail yang dikirimkan oleh admin marketing. Isinya dapat berupa pertanyaan hingga keluhan. Di sini admin marketing akan menggunakan kelihaian dalam berkomunikasi.

Dengan tetap menjunjung etika, sopan, ramah, dan mampu mengatasi permasalahan, begitu pula sikap yang harus diterapkan kepada sesama rekan kerja ketika berkoordinasi dan bekerja beriringan.

5. Ramah dan Utamakan Kepuasan Pelanggan

Tentu saja ketika menjadi admin marketing Anda akan berhadapan langsung dengan pelanggan, dimana terkadang pelanggan itu banyak maunya dan bikin kesel. Bahkan bisa juga bikin naik darah, bukankah begitu?

Tapi, Anda harus bekerja secara profesional. Jangan libatkan hati saat Anda menerima kritik dari pelanggan. Justru, Anda harus tetap ramah dan melayani konsumen sebaik-baiknya. Utamakan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang maksimal.

6. Peka dengan Kebutuhan Pelanggan

Marketing berasal dari kata “market” yang berarti pasar. Dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk memahami kebutuhan dan kondisi pasar. Dimana pelanggan dan calon pelanggan adalah target pasar kita, untuk itu sangat penting memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keiingan pelanggan.

Saat melayani pelanggan, terkadang banyak keluhan datang. Disaat itulah seorang admin marketing harus peka dan paham tentang apa yang dibutuhkan oleh pelanggan di era saat ini.

Ketika sudah mendapatkan feedback dari pelanggan, tinggal menyampaikannya kepada manajer marketing untuk ditindaklanjuti.

7. Responsif dan Tahu Tentang Produk

Menjadi admin layaknya menjadi cutomer service yang baik, haru paham betul mengenai product knowledge. Pasalnya nanti mereka akan berhadapan langsung dengan pelanggan seperti menjawab keluhan atau pertanyaan.

Selain itu admin marketing juga harus responsif dengan berbagai permasalahan yang dialami pelanggan, harus bisa memberikan solusi pada berbagai macam kasus dan situasi.

Nah kurang lebih itu adalah 7 hal yang perlu diperhatikan pada saat menjadi admin marketing. Jangan lupa baca artikel yang lain :

1. 10 Tugas Administrasi Keuangan Dan Kualifikasinya
2. 10 Persyaratan dan Skills Yang Dibutuhkan Staff Administrasi Perkantoran
3. Tugas Seorang Staff Administrasi dan Gajinya