tips marketing motor
tips marketing motor

10 Tips Marketing Motor Agar Cepat Laku dan Banyak Untung

Diposting pada 93 views

Tips marketing motor agar cepat laku– Setiap perusahaan sudah pasti memiliki divisi marketing. Tak terkecuali dengan perusahaan produk kendaraan seperti motor. Tentu saja motor merupakan suatu kebutuhan yang saat ini sangat banyak dibutuhkan seluruh masyarakat. Akhirnya, saat ini pun dealer motor pun semakin banyak.

Hal inilah yang membuat para dealer untuk terus memaksimalkan pemasarannya. Maka dari itu, dalam pemasarannya tentu saja perusahaan akan membutuhkan marketing motor sebagai tombak penjualan produk perusahaan.

Lantas apa perbedaan marketing dan sales? Bukankah keduanya bergerak dalam bidang yang sama yaitu penjualan. Nyatanya marketing dan sales berbeda. Divisi marketing lebih memfokuskan pada menjaga brand image perusahaan sedangkan sales untuk eksekusi penjualannya. Nah berikut ini akan diulas mengenai cara kerja seorang marketing motor. Untuk kamu yang ingin terjun pada bidang marketing, yuk simak ulasannya.

10 Tips Marketing Motor Agar Cepat Laku

cara kerja marketing motor

1. Melakukan riset dan perencanaan

Tim marketing motor biasanya memiliki tugas untuk melakukan perencanaan penjualan, analisis atau riset pasar, dan evaluasi terkait pemasaran produk motor tersebut. Berbeda dengan sales, marketing motor lebih fokus pada hal-hal tersebut yang berguna sebagai strategi dalam memasarkan motor.

2. Membina relasi

Tugas seorang marketing motor lebih menjurus pada membina dan menjaga relasi mitra bisnis dan vendor yang terkait dengan pemasaran motor. Seperti kerja sama antar vendor motor, leasing, maupun mitra bisnis lainnya semua diurus oleh pihak marketing. Seorang marketing harus mampu menjalin hubungan dengan baik.

3. Merumuskan konsep pemasaran

Seorang marketing motor akan membuat rumusan terkait promosi penjualan motor. Seperti hal-hal inovatif maupun kreatif lainnya yang menunjang promosi penjualan produknya. Tim marketing akan membuat seluruh konsep promosi. 

4. Analisis 5P

Seorang marketing memiliki tugas yang lebih kompleks daripada sales. Marketing harus mampu mengerjakan dan menganalisa terkait 5P yaitu product, price, place, promotion, process, people,dan physical evidances. Seorang marketing harus mampu menciptakan brand image yang tak hanya memenuhi kebutuhan konsumen tapi juga keinginan konsumen,

5. Membuat iklan yang menarik

Karena seorang marketing motor akan selalu terlibat dengan pembuatan konsep pemasaran ia juga harus dapat merencanakan tentang iklan yang harus dibuat menarik agar konsumen sadar akan produk mereka dan tertarik untuk membelinya. Seperti iklan-iklan motor yang menarik yang dikemas dengan sekreatif mungkin di televisi.

Baca juga : Simak 7 Tips Marketing Property yang Handal

6. Melakukan riset kepuasan pelanggan

Tips marketing motor yang ke-enam agar motor cepat laku adalah dengan melakukan riset kepuasan pelanggan. Seorang marketing memiliki jobdesk yang bersifat long-term. Salah satunya melakukan riset.

Riset kepuasan pelanggan adalah hal yang wajib dikerjakan seorang marketing motor. Ia harus melakukan riset kepuasan pelanggan yang berguna untuk memastikan produk tersebut diterima di masyarakat dan memastikan kepuasan pelanggan tetap terjaga.

7. Memastikan produk yang dijual menarik

Tentu saja ranah kerja marketing motor akan memfokuskan bagaimana produk yang dijual menarik. Hal ini akan dibutuhkan banyak riset dan Analisa-analisa terkait menentukan sebuah produk yang dijual agar menarik.

Baca juga : 7 Tips Sukses Jadi Marketing Pemula

8. Menjaga stabilitas penjualan

Artinya, seorang marketing motor tak hanya mampu menganalisa target pasar atau membuat iklan menarik terkait penjualan produk tapi juga harus mampu menjaga stabilitas dalam penjualan perusahaan.

9. Mencari info pesaing

Dalam dunia bisnis tentu saja selalu terdapat kompetitor. Begitu pula dengan perusahaan motor di mana produk ini memiliki banyak jenis yang sama hingga fitur ditampilkan sama. Kerja seorang marketing inilah yang harus mampu menganalisis dengan mencari info produk yang sama dengan pesaing dan mampu mengevaluasi produknya.

10. Mencapai target penjualan

Salah satu tugas marketing motor ialah juga harus mampu mencapai target penjualan agar perusahaan dapat terus memiliki laporan penjualan yang stabil.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Sales Motor yang Sukses, Simak di Bawah ini

Nah jika kamu termasuk salah satu orang yang menyukai bidang menganalisa dan riset, atau memang memiliki latar belakang marketing kamu bisa merambah ke dunia marketing salah satunya ini adalah menjadi seorang marketing motor. Anda bisa bereksplorasi dan mencoba mempraktikkan tips marketing motor di atas agar jualan Anda cepat laku dan banyak untung.

Terlebih lagi industri kendaraan saat ini sangat berkembang maju pesat sehingga kebutuhan untuk armada dari masyarakat pun meningkat. Perusahaan kendaraan semakin memaksimalkan ekspansi bisnisnya dengan mencari para kandidat yang cocok dan mampu berkontribusi dengan perusahaan terlebih lagi pada bidang marketing.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in