tips menjadi sales motor

7 Tips Menjadi Sales Motor yang Sukses, Simak di Bawah ini

Diposting pada 131 views

Tips menjadi sales motor yang sukses – Sales merupakan bagian dari suatu perusahaan yang fokus kegiatannya adalah menjual. Apapun jenis perusahaannya biasanya terdapat divisi bagian sales/marketing. Saat ini profesi sales pun sangat benar-benar dibutuhkan untuk memaksimalkan pemasaran sebuah produk. Tak terkecuali produk kendaraan yaitu motor. Motor saat ini sudah menjadi sebuah hal yang benar-benar dibutuhkan.

Maka dari itu banyak sekali bermunculan dealer-dealer motor yang memberikan kemudahan dalam pembelian unit kendaraan. Banyaknya permintaan kebutuhan kendaraan ini pun membuat banyak dealer menerjunkan banyak para sales motor untuk menggaet pasar.

Sehingga lowongan sebagai sales motor ini terus tetap dibutuhkan. Jika kamu seorang sales motor dan ingin berhasil dalam penjualan. Simak cara menjadi sales motor yang sukses di bawah ini

Tips menjadi sales motor yang sukses

cara menjadi sales motor

Baca juga : Jobdesk Sales Advisor – Tugas, Tanggung Jawab dan Persyaratan

1. Mampu berkomunikasi dengan baik

Seorang sales tentu saja lebih banyak mengandalkan komunikasi pada calon-calon clientnya. Mampu berkomunikasi dengan baik artinya ia harus pandai berbicara dengan santun, professional dan tahu lawan posisi lawan bicaranya. Jika memungkinkan sedikit banyak dapat menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris untuk menambah nilai plusnya.

2. Menguasai product knowledge motor

Sebagai sales motor tentu saja kamu akan berhubungan langsung dengan calon client. Client akan lebih sering berinteraksi denganmu dan menanyakan apapun terkait motor yang akan dibeli. Maka dari itu kamu harus wajib menguasai product knowledge terkait motor yang kamu jual seperti spesifikasi, jenis motor, perbandingan dengan motor lain, sampai dengan cara pembayaran.

3. Attitude is number one

Sikap adalah nomor satu dan yang selalu utama diperhatikan setiap orang. Tak hanya untuk sikap untuk pekerjaan tapi segala aspek sudah pasti harus mementingkan attitude.

Sebagai seorang sales motor yang professional tentu saja kamu harus selalu menghormati dan menghargai berbagai macam client mu.

Selalu ramah, sabar, dan santun. Pembeli adalah raja maka segala sikapmu yang dirasa kurang pantas atau sopan akan sangat mempengaruhi penjualanmu.

Baca juga : Simak 7 Tips Marketing Property yang Handal

4. Bangun relasi dan jaringanmu

Jangan lupa untuk membangun relasi di berbagai kalangan. Cobalah untuk berteman dengan siapa saja dan bergabung dengan grup-grup sosial media maupun mengikuti seminar tentang sales. Ini akan bermanfaat agar kamu juga cepat banyak dikenal dan tentu saja jaringanmu semakin luas untuk memasarkan sebuah produkmu.

5. Rutin promosi maupun beriklan

Promosi dan iklan inilah yang menjadi tombak untuk penjualanmu. Kamu harus rutin memasarkan motor di berbagai platform online maupun offline yang biasanya dengan menyebarkan brosur atau banner. Jangan sampai lupa untuk selalu cantumkan kontak yang dapat dihubungi.

6. Fastresponse

 Untuk menjadi sales motor yang sukses tentu saja harus cepat dan tanggap dalam melayani client. Walaupun client masih sekadar bertanya-tanya tapi kamu harus tetap melayani dengan sepenuh hati dan meresponnya dengan cepat. Ini akan membuat client akan merasa puas dengan pelayananmu.

7. Pantang menyerah

Menjadi seorang sales nyatanya tak semudah yang dilihat. Seorang sales biasanya memiliki target penjualan tersendiri. Seorang sales juga harus mengetahui karakter pelanggan dan mampu membaca peluang pasar maka dari itu akan selalu terjadi seringnya penolakan oleh pelanggan. Maka dari itu menjadi sales motor harus tidak mudah menyerah.

Nah 7 poin tadi merupakan sebagian dari tips menjadi sales motor yang sukses. Seorang sales tak akan lepas dengan segala bentuk interaksi pelanggan.

Maka dari itu selalu utamakan pelayanan prima pada pelanggan dan mengedepankan segala attitude yang baik seperti tidak membeda-bedakan pelanggan, selalu jujur, menghormati, dan memiliki komunikasi yang baik.

Untuk menjadi seorang sales motor yang sukses tentunya harus juga mau belajar hal baru dan usahakan untuk bergabung atau mengikuti berbagai seminar terkait sales agar mendapatkan ilmu dan skill sebagai salesmu meningkat dan penjualan semakin optimal.

Bergabung dalam komunitas sales di berbagai grup sosial media juga tak ada salahnya karena dengan bergabung bersama para anggota komunitas sales kamu dapat bertukar ilmu dan pengalaman terkait dengan perjalananmu sebagai divisi sales.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in