Pertanyaan Interview Sales

Pertanyaan Interview Sales dan Cara Menjawabnya

Diposting pada 1,087 views

Apa saja pertanyaan interview sales? Profesi sales, dikenal sebagai orang yang percaya diri dan pandai berkomunikasi. Memang benar, kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang sales agar target mereka tercapai.

Apakah teman Kitapunya sedang mencari pekerjaan sebagai sales? Artikel kali ini akan mengulas dan memberikan contoh apa saja pertanyaan interview sales dan cara menjawabnya. Yuk kita simak!

Contoh Pertanyaan Interview Sales dan Jawabannya

Contoh Soal Pertanyaan Interview Sales

Masuk di tahap interview berarti kamu sudah terpilih dari ratusan bahkan ribuan pelamar lain. Saatnya kamu mempersiapkan diri lebih semangat lagi dibandingkan sebelum masuk tahap ini bukan? Kitapunya sudah merangkum beberapa contoh pertanyaan interview sales dan jawabannya. Interview akan dimulai dari pertanyaan umum tentang pengenalan diri dan apa yang kamu ketahui tentang perusahaan. Kemudian, dilanjutkan dengan pertanyaan terkait tugas sales, bagaimana cara mencapai target hingga menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Langsung saja, inilah beberapa pertanyaan interview sales!

1. Ceritakan tentang Diri Anda

Ini adalah pertanyaan yang sangat umum dalam hampir setiap wawancara, termasuk wawancara di bidang penjualan. Gunakan kesempatan ini untuk memberikan gambaran singkat tentang latar belakang, pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan penjualan. Hindari cerita yang terlalu panjang dan menjurus ke topik yang tidak terlalu relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Buat recruiter terkesan dengan pengenalan yang kamu jabarkan, namun jangan berlebihan ya!

2. Apa yang Anda Ketahui tentang Perusahaan Kami?

Pertanyaan interview sales ini digunakan recruiter untuk mengetahui ketertarikan dan kesiapan pelamar dalam bekerja di perusahaan ini. Sebelum melamar bekerja, kamu pasti sudah mencari tahu informasinya bukan? Pastikan kamu menelusuri informasi perusahaan seperti profil dan bidang perusahaan.

3. Apa yang Membuat Anda Tertarik untuk Bekerja di Bidang Penjualan?

Jawaban pada pertanyaan ini seharusnya mencerminkan motivasi dan semangat dalam menjalani karir di bidang penjualan. Jelaskan apa yang kamu nikmati dari pekerjaan ini dan bagaimana kamu merasa memiliki kecocokan dengan pekerjaan sales.

4. Ceritakan Pengalaman Kamu dalam Melakukan Penjualan Produk atau Jasa Sebelumnya. Ada Kisah Menarik Apa yang Ingin Kamu Bagikan?

Wah, siapa sih yang tak suka bercerita? Di sini, kamu mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuanmu dalam memikat calon pembeli melalui cerita yang menarik. Jangan ragu untuk berbagi kisah sukses, momen lucu, atau tantangan berarti yang telah kamu lalui di pekerjaan sebelumnya.

5. Menurutmu, Apa Kunci Utama dalam Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan?

Sales Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pertanyaan interview sales ini untuk mengetahui bagaimana kamu bisa membangun komunikasi yang lancar dengan pelanggan. Kamu bisa menjawab sesuai dengan apa yang kamu ketahui tentang kunci membangun hubungan. Misalnya, kunci membangun hubungan yang baik dengan pelanggan yaitu dengan bersikap jujur, peduli dan tulus. Lalu ceritakan bagaimana sikap kamu dalam berinteraksi dengan mereka, misalnya ramah saat berhadapan dengan pelanggan dalam keadaan apa pun.

Baca Juga Artikel Berkaitan Lainnya:

Pengertian Sales Officer – Jobdesk, Tugas dan Kualifikasinya
Pengertian Telesales: Tugas, Skills, dan Gajinya
Ini Perbedaan Marketing dan Sales Yang Tidak Banyak Orang Tahu

6. Bagaimana Kamu Menghadapi Penolakan atau Keberatan dari Calon Pelanggan?

Wah, momen yang tak terhindarkan dalam dunia penjualan, yaitu penolakan! Jangan merasa minder untuk mengakui bahwa kamu juga pernah mengalami penolakan, karena itulah hal biasa. Ceritakan bagaimana kamu menghadapinya dengan penuh semangat dan bagaimana kamu berusaha untuk memahami keinginan pelanggan.

7. Bagaimana Cara Kamu Menentukan Target Penjualan dan Strategi untuk Mencapainya?

Di sinilah kamu bisa menunjukkan sisi analitis dan organisasimu. Ceritakan bagaimana kamu menyusun rencana penjualan yang jelas dan terukur. Pastikan untuk menonjolkan bahwa target-targetmu adalah realistis dan dapat dicapai, tetapi tetap menantang agar tetap memacu untuk mencapainya.

8. Apa yang Anda Lakukan saat Penjualan Turun?

Penjualan tidak selamanya konsisten naik. Saat tiba di pertanyaan ini, recruiter ingin memastikan bahwa kamu mempunyai rencana ketika berada dalam kondisi yang tidak stabil. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu bukan orang yang mudah menyerah.

9. Bagaimana Cara Anda Beradaptasi dengan Perubahan dalam Industri atau Pasar?

Dalam dunia yang terus berkembang seperti penjualan, perubahan adalah hal yang tak terhindarkan. Ceritakan bagaimana kamu dapat memberikan inovasi terhadap perubahan yang terjadi di pasaran.

10. Bagaimana Anda Mengatasi Situasi Sulit dengan Pelanggan?

Pertanyaan interview sales ini menguji kemampuan kamu dalam menangani konflik dan masalah dengan calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada. Ceritakan contoh situasi sulit yang pernah kamu hadapi dan bagaimana kamu berhasil menyelesaikannya hingga terjalin hubungan yang baik.

Persiapan Diri Interview Sebagai Sales

Cara Sales Menghadapi Pelanggan

Bagaimana teman Kitapunya sudah siap wawancara sales? Kunci kesuksesan dari interview adalah persiapan. Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan interview di atas dengan penuh percaya diri dan jujur. Ceritakan pengalaman yang pernah kamu lakukan di pekerjaan sebelumnya. Kalau kamu seorang fresh graduate ceritakan saja pengalaman yang relevan, misalnya saat mengikuti organisasi semasa sekolah kamu mengambil peran untuk menawarkan barang-barang kepada siswa dan guru.

Selain berkaitan dengan penjualan, tunjukkan bahwa kamu mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, kepemimpinan, pantang menyerah dan tekun. Sikap ini memang harus dimiliki seorang sales bukan?

Nah, itulah beberapa Pertanyaan Interview Sales yang Sering Ditanyakan. Kitapunya juga menyediakan artikel lain tentang karir, pekerjaan dan pendidikan yang update tiap harinya. Semoga sukses selalu!

Gambar Gravatar
Winarsih adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang pendidikan. Memberikan banyak tips, tutorial dan informasi akurat untuk para pembaca KitaPunya.net.