Jobdesk sales promotion girl

10 Job Desk Sales Promotion Girl (SPG) dan Tanggung Jawabnya

Diposting pada 106 views

Job desk sales promotion girlSPG merupakan sebuah profesi yang cukup sering ditemui di berbagai perusahaan terutama pada perusahaan ritel seperti supermarket, hypermarket, atau bahkan swalayan sederhana.

Seorang sales promotion girl memiliki peran yang penting bagi perusahaan sebagai ujung tombak penjualan secara langsung kepada para konsumen.

Dalam pengertiannya, sales promotion girl adalah sebuah profesi yang diemban oleh seorang wanita dan memiliki tanggung jawab untuk memasarkan sebuah produk pada konsumen.

Tak hanya itu, ia juga bertugas dalam menata/mendisplay secara baik dan rapi pada produk yang terpajang di rak-rak swalayan.

Selain tugas dan tanggung jawab tersebut, seorang sales promotion girl juga memiliki tugas lain yang tak kalah penting. Berikut ini 10 job desk sales promotion girl yang harus dilakukan secara baik.

Job Desk Sales Promotion Girl (SPG)

Tugas sales promotion girl

1. Melakukan direct selling

Direct selling merupakan teknik penjualan dan penawaran produk/jasa secara langsung kepada konsumen.

Ini mengapa profesi sales promotion girl sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi sebuah perusahaan karena melalui spg, penjualan akan dapat dilakukan secara langsung dan berpotensi memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas.

Teknik penjualan langsung dirasa juga cukup efektif dalam mendongkrak penjualan produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga : 7 Tugas Direct Sales Beserta Tanggung Jawabnya

2. Mengkoordinasi dan mengelola produk

Tugas yang dimaksud di sini ialah bahwa seorang spg harus mampu mengkordinasi dan mengelola produk di swalayan dengan merapikan, membersihkan, dan menata produk di swalayan dengan baik.

Hal ini juga merupakan pekerjaan sehari-hari spg untuk memberikan performa yang baik pada produk agar menarik konsumen untuk dilakukan pembelian.

3. Menjaga kebersihan area penjualan

Sales promotion girl biasanya dibagi dalam beberapa area penjualan. Tentu saja dalam area penjualannya akan terdapat barang produk, tempat produk yang dipajang (showcase) dan alat lainnya yang harus dijaga kebersihannya agar konsumen tetap nyaman dalam memilih dan melakukan pembelian produk tersebut.

4. Memenuhi target penjualan

Tanggung jawab seorang sales promotion girl salah satunya adalah mencapai target penjualan yang telah ditetapkan perusahaan tempat ia bekerja.

Biasanya seorang spg memiliki target per bulan untuk menjualkan produk/jasa yang ditawarkan.

Banyak perusahaan yang kemudian memberikan reward tersendiri pada spg jika terdapat target penjualan yang telah tercapai.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Sales Mobil Pemula Yang Profesional

5. Promosi produk

Program promosi akan selalu ada di setiap produk yang dijual. Promosi tersebutlah yang akan dilakukan seorang spg dengan cara semenarik mungkin agar konsumen tertarik dan melakukan pembelian.

Promosi yang dilakukan harus disampaikan semenarik dan sejelas mungkin agar konsumen mengerti secara keseluruhan produk yang dijual terlebih lagi alasan mengapa konsumen harus memiliki/membeli produk tersebut.

6. Melakukan catatan penjualan

Karena seorang sales promotion girl memiliki target penjualan produk, mereka pun memiliki tugas untuk mencatat data-data penjualan yang telah dilakukan.

Entah dicatat secara manual atau menggunakan komputer semua yang terpenting ialah harus dicatat dengan lengkap, detail, dan teliti sehingga nantinya laporan yang akan dibuat juga sangat lengkap dan akurat.

7. Membantu konsumen

Sudah menjadi tugas wajib seorang sales promotion girl (spg) membantu para konsumen untuk menemukan produk yang dibutuhkan sesuai keinginannya.

Seorang SPG harus memiliki sifat peka dan empati sehingga dapat membantu konsumen yang bimbang dan kurang mengerti pada produk yang akan dibelinya seperti cara penggunaan, expired produk, dan lainnya.

8. Memberikan pelayanan prima pada konsumen

Pelayanan prima didefinisikan sebagai pelayanan yang diberikan oleh SPG kepada konsumen dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana caranya? Salah satunya seperti pada poin sebelumnya yaitu memiliki kepekaan dan empati pada consumen untuk membantu, memberikan senyum, sapa, dan salam dan selalu bersikap ramah tamah agar konsumen merasa sangat nyaman dalam berbelanja di swalayan tersebut.

Baca juga : Apa Yang Harus Dilakukan Saat Konsumen Marah? Tips Bisnis #3

9. Memberikan informasi secara jelas

Seorang SPG tak hanya mampu memberikan informasi produk secara lengkap tapi juga segala informasi penting terkait program promosi, undian berhadiah atau informasi lain yang dibutuhkan oleh konsumen.

SPG harus memberikan informasi sejelas mungkin karena hal ini sangat berpengaruh pada potensi pembelian konsumen.

10.  Melayani komplain pelanggan

Melayani keluhan pelanggan juga menjadi salah satu job desk SPG selanjutnya. Tak hanya melayani dan memberikan informasi secara jelas dan baik, tapi SPG juga dituntut mampu melayani keluhan pelanggan dan menanggapinya dengan baik dan solutif. Hal ini merupakan bentuk pelayanan prima tugas SPG pada konsumen.

Itulah 10 job desk sales promotion girl secara umum yang biasa ditemui dari beberapa perusahaan ritel. Jika kamu tertarik dan tertantang untuk menjadi bagian dari sales promotion girl sebuah produk hal ini tidak mudah karena sebagian besar pekerjaan SPG akan selalu berhubungan dengan konsumen secara langsung.

Maka dari itu ada beberapa hal yang wajib diperhatikan seorang SPG dalam melaksanakan pekerjaannya seperti penampilan yang dituntut harus fresh dan wajib menggunakan make up serta mampu sedikit banyak memahami berbagai karakter konsumen.

Selain itu ia harus memiliki jiwa tantangan yang kuat karena setiap SPG selalu diberikan target penjualan produk yang dipasarkannya. Semoga ulasan mengenai job desk sales promotion girl ini bermanfaat ya.

Baca juga : Pengertian Sales Officer – Jobdesk, Tugas dan Kualifikasinya

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in