tips menjadi sales mobil

7 Tips Menjadi Sales Mobil Pemula Yang Profesional

Diposting pada 139 views

Cara dan tips menjadi sales mobil pemula – Profesi sales atau marketing ini sudah kita biasa sering kita jumpai di manapun sektor bisnis. Saat ini perkembangan profesi sales atau marketing ini sangat banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Maka dari itu tak jarang banyak pula peluang lowongan pekerjaan yang membuka kesempatan untuk bergabung dalam divisi sales. Sales pun memiliki bidang yang berbeda-beda tergantung pada perusahaan induk yang menaunginya. Salah satunya adalah sales mobil.

Kita sudah tak asing lagi sering menemui seseorang dengan profesi sales dalam bidang transportasi salah satunya dengan produk mobil. Tentu saja memiliki profesi sebagai seorang marketing kendaraan satu ini tidak terbilang mudah.

Pasalnya, produk mobil bisa dibilang memiliki range harga untuk kalangan menengah atas sehingga target pasar pun tidak sembarangan. Jika kamu tertarik dan tertantang untuk bergabung bersama divisi marketing atau sales mobil, ini dia panduan untuk kamu menjadi sales mobil pemula yang professional.

Tips Menjadi Sales Mobil Pemula yang Profesional

cara menjadi sales mobil pemula

1. Jangan malu bertanya

Sebagai yang baru saja terjun ke dunia penjualan atau sales, tentu saja masih tidak banyak hal-hal yang diketahui. Terlebih lagi jika kamu memang sebelumnya belum memiliki pengalaman sebagai seorang sales mobil. Kuncinya, jangan malu bertanya kepada para senior maupun mentormu sesama divisi marketing mobil.

Karena merekalah orang terdekat dan lebih memiliki ilmu serta pengalaman lebih banyak. Kamu pun dapat menanyakan apapun pada mereka secara langsung mengenai menjadi sales mobil yang professional.

2. Percaya diri

Salah satu kunci kesuksesan para sales adalah memiliki sifat percaya diri. Sebagai seorang sales mobil kamu akan dihadapkan dengan banyak orang yang tidak dikenal maupun dikenal. Maka dari itu percaya diri adalah kunci profesi sebagai sales untuk lebih professional.

Jika kamu kurang percaya diri, penjualan pun akan ikut terganggu dan pasti kamu akan cukup sulit menjadi sales mobil yang professional.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Sales Motor yang Sukses, Simak di Bawah ini

3. Kuasai product knowledge

Walaupun kamu merupakan sales mobil pemula, kamu juga harus mampu menguasai product knowledge. Ini adalah kunci agar kamu lebih mengerti produk yang kamu jual dan dapat memasarkannya dengan baik dan tanpa ragu.

Terlebih lagi produkmu adalah sebuah mobil yang mana produk ini akan selalu digunakan dalam jangka panjang. Seorang sales yang kurang menguasai product knowledge, konsumen akan ragu akan membeli.

4. Attitude yang bagus

Jika kamu sudah menemukan client sebagai calon konsumenmu, jangan lupa selalu memberikan sikap terbaik yang kamu miliki. Selalu berikan sikap yang ramah, selalu tersenyum fastresponse dan selalu menghadapi dengan sabar. Maka dari itu, kamu juga perlu mengerti dan memahami karakter calon konsumenmu.

5. Maksimalkan promosi

Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi produk. Sebagai seorang sales pemula kamu jangan lupa untuk melakukan promosi produk di manapun dan kapanpun untuk lebih memaksimalkan penjualanmu. Maksimalkan promosi offline maupun online.

6. Perluas jaringanmu

Bagi kamu yang mulai terjun berprofesi sebagai marketing kamu perlu menambah dan memperluas jaringanmu. Sering-seringlah berinteraksi dan bergabung dengan grup-grup marketing maupun grup lainnya. Usahakan kamu juga sempatkan untuk selalu mengikuti seminar maupun workshop marketing untuk menambah relasimu.

Baca juga : 10 Tips Marketing Motor Agar Cepat Laku dan Banyak Untung

7. Menggunakan cara presentasi

Sebagai sales mobil pemula, kamu dituntut untuk selalu bertanya mengenai marketing dengan rekan kantormu yang lebih senior. Salah satunya bagaimana penyampaian produk pada konsumen yang baik dan efektif. Salah satunya dengan cara memasarkannya dengan presentasi kepada konsumen yang baik dan elegant. Dengan cara ini konsumen akan lebih tertarik dan percaya.

Baca juga : Jobdesk Sales Advisor – Tugas, Tanggung Jawab dan Persyaratan

Nah 7 poin di atas merupakan tips untuk kamu yang baru saja terjun dalam bidang marketing khususnya yang berprofesi sebagai sales mobil. Sebagai sales mobil pemula teruslah belajar dengan para seniormu terkait dengan marketing.

Sebagai sales yang selalu berhadapan dengan banyak orang kamu juga perlu memperhatikan penampilanmu. Kamu akan bertemu dengan client besar dan penampilanmu akan selalu diutamakan dan diperhatikan.

Menjaga penampilanmu tetap bersih dan segar juga merupakan pelayanan yang baik untuk konsumenmu. Konsumen juga merasa nyaman dan dihargai.

Semoga tips menjadi sales mobil pemula yang profesional di atas bermanfaat, share ini ke teman Anda sesama sales ya biar mereka juga merasakan manfaatnya.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in