pengertian sales officer

Pengertian Sales Officer – Jobdesk, Tugas dan Kualifikasinya

Diposting pada 95 views

Pengertian Sales Officer – Jobdesk, Tugas dan Kualifikasinya – Di dalam perusahaan tentu saja memiliki beberapa divisi penting. Salah satunya tak lepas dari bagian seorang sales officer.

Sales officer merupakan profesi yang selalu ada di setiap perusahaan. Hal ini memberikan peluang yang besar bagi kamu yang ingin menggeluti divisi sales dalam suatu perusahaan. Untuk lebih jelasnya siapakah sales officer itu?

Pengertian Sales Officer

Sales officer adalah seseroang yang mempunyai tugas dan tanggung untuk menjaga hubungan dengan calon klien/pelanggan yang akhirnya akan berujung pada sebuah penjualan.

Sales officer memiliki peran untuk meningkatkan dan mengembangkan target penjualan sebuah perusahaan. Para sales officer bertanggung jawab atas merencanakan strategi terbaik untuk meningkatkan pembelian. Berikut ini rincian mengenai tugas dan tanggung jawab seorang sales officer.

Jobdesk dan Tugas Sales Officer

jobdesk dan tugas sales offiicer

1. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen

Seorang sales officer akan selalu berhubungan dengan para pelanggan atau klien target perusahaan.

Mereka yang berprofesi sebagai sales officer bertanggung jawab untuk mempertahankan dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan para konsumen.

Maka dari itu sales officer harus memiliki sikap dan keterampilan komunikasi yang sangat baik.

2. Bersama HRD merekrut dan melatih staff penjualan

Sales officer bertugas untuk merekrut, menyaring, dan melatih para staff penjualan yang mana nanti akan bergabung dalam divisi sales untuk mengembangkan serta membantu sales officer dalam penjualan barang atau jasa sebuah perusahaan tersebut.

Sales officer juga memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kinerja penjualan para staff.

3. Mengarahkan penjualan

Tanggung jawab seorang sales officer ialah mengarahkan distribusi produk berupa barang atau jasa dengan menetapkan wilayah penjualan produk, tujuan dari penjualan, dan menetapkan program pelatihan pada staff penjualan perusahaan.

Baca juga : Pengertian Sales Executive Beserta Jenis dan Tugasnya

4. Memfollow-up calon pelanggan

Profesi sales sudah tentu saja berkaitan dengan penjualan produk. Maka dari itu salah satu tugasnya ialah mencari calon konsumen perusahaan dengan cara menghubunginya dan memfollow up seperti menelepon calon pelanggan untuk menjelaskan detail produk perusahaan dan berusaha untuk mendorong pembelian pada konsumen.

5. Melakukan koordinasi dan kerja sama dengan divisi lain

Tugas sales officer tak lepas juga dari melakukan koordinasi dan kerja sama dengan para manajer dari divisi lain.

Salah satunya ialah dengan berkolaborasi dengan departemen pemasaran untuk memastikan bahwa perusahaan menjangkau pada target audiensnya dan dapat mengidentifikasi pelanggan yang nantinya dapat ditargetkan pada divisi sales.

Hubungan kedua departemen ini sangat penting untuk memperluas basis kliennya.

Baca juga : 7 Tugas Direct Sales Beserta Tanggung Jawabnya

6. Analisis pasar

Sales officer bertugas untuk menganalisis target pasar dengan tujuan mengetahui kebutuhan target konsumen seperti melakukan perubahan dan peningkatan pada produk perusahaan.

Sales officer akan mengordinasikan pada divisi pengembang produk untuk memberikan laporan agar pengembang produk dapat merencanakan atau memberikan inovasi pada produk perusahaan yang disesuaikan dengan target pasar.

Ia juga harus melakukan analisis statistik penjualan untuk menentukan potensi penjualan dan memantau preferensi konsumen.

7. Melakukan analisis biaya

Para sales officer akan bertugas untuk menganalis beberapa biaya dan manfaat untuk calon konsumen baru maupun lama dengan tujuan agar dapat memberikan dan menentukan pilihan pembelian yang paling sesuai oleh konsumen.

8. Melakukan analisis produk pesaing

Sales officer juga memiliki tugas untuk menganalisa fitur produk, manfaat, dan kekurangan pada produk pesaing dengan tujuan dapat memberikan sebuah inovasi pada produk perusahaan sendiri yang mana harapannya dapat memberikan kesuksesan dan menjawab segala kebutuhan pasar.

Baca juga : Collection Officer – Tugas, Persyaratan dan Gajinya

Kualifikasi yang harus dimiliki

Menjadi sales officer harus memiliki kualifikasi dan keterampilan yang harus dimiliki seperti kemampuan analisis yaitu, sales officer harus mampu menganalisis data-data kompleks dalam menargetkan demografis dan strategi penjualan yang tepat.

Kemampuan berkomunikasi yaitu sales officer harus memiliki keterampilan dalam bekerja sama dengan tim dan berkomunikasi secara baik dengan pelanggan dan yang terakhir adalah leadership untuk mengatur dan mengordinasikan para staff penjualan lainnya.

Agar lebih jelas lagi berikut adalah kualifikasi umum seorang sales officer :

  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki kemampuan negosiasi yang baik.
  • Paham tentang marketing.
  • Bekerja keras dan pantang menyerah.
  • Target oriented.
  • Sabar dan ulet menghadapi konsumen.
  • Suka dengan tantangan.
  • Memiliki pengalaman berjualan setidaknya 1 tahun.
  • Lulusan paling potensial : manajemen, pemasaran, akuntansi, komunikasi.

Baca juga : Pengertian Funding Officer (FO) – Tugas, Kualifikasi dan Gajinya

Gaji Sales Officer

Memang paling susah ngomongin masalah gaji, mengingat setiap daerah memiliki UMK atau UMP yang berbeda-beda. Kerja sebagai sales officer di Jakarta tentu akan berbeda besar gajinya jika kerja di Yogyakarta.

Tapi berikut adalah kisaran gaji seorang sales officer di beberapa daerah :

  • Jakarta : Rp 3.500.000 – 5.000.000
  • Jawa Tengah : Rp 2.300.000 – 3.500.000
  • Yogyakarta : Rp 2.000.000 – 3.000.000
  • Surabaya, Jawa Timur : Rp 2.400.000 – 3.500.000

Untuk kamu yang memiliki jiwa tantangan, sales officer merupakan profesi yang tepat.

Alangkah baiknya kamu mencermati tugas-tugas dan kualifikasi yang harus dimiliki seorang sales officer seperti ulasan pada artikel ini. Semoga artikel ini memberikan informasi yang kamu butuhkan terkait sales officer ya.

Baca juga : Tugas Seorang Field Officer & Skill Yang Dibutuhkan

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in