pengertian sales executive

Pengertian Sales Executive Beserta Jenis dan Tugasnya

Diposting pada 148 views

Pengertian sales executive

Pengertian sales executive adalah sebuah profesi yang memiliki bagian tugas untuk melakukan penjualan dan menjalankan pemasaran perusahaan dengan membina hubungan baik pada seluruh konsumen. Terkadang sales executive dituntut untuk berpergian dalam hingga luar kota untuk bertemu client untuk mencapai target penjualan.

Seorang sales harus memiliki tanggung jawab yang cukup besar, ini karena bidang ini merupakan tombak penjualan bagi perusahaan. Harus mempertahankan hubungan konsumen secara baik karena bertahan lama atau tidaknya konsumen menggunakan produk tersebut tergantung pada sales dengan segala pelayanannya.  Sales executive pun terbagi menjadi beberapa macam, berikut ini jenis-jenis sales executive beserta tugasnya

Jenis- Jenis Sales Executive

Setelah mengetahui pengertian sales executive, berikut ini adalah beberapa jenis sales executive secara umum :

pengertian sales executive

Sales Executive

Jenis profesi ini biasanya lazim ditemui di dunia startup. Tugas sales executive biasanya lebih kepada pengawasan penjualan sebuah bisnis. Tim sales executive juga bertugas untuk menciptakan dan mengembangkan target penjualan produk dan layanan perusahaan tersebut.

Peran sales executive juga dituntut memberikan pantauan kemajuan, arahan dan menerima laporan. Setelah itu laporan tersebut akan diolah dan dianalisis mengenai penjualan dan anggarannya.

Financial Advisor

Financial advisor juga memiliki peran yang kurang lebih sama dengan sales executive. Di beberapa perusahaan tugas seorang financial advisor adalah membantu klien untuk menyusun rencana keuangan seperti tabungan atau investasi dan menyediakan konsultasi terkait asuransi juga perencanaan investasi.

Account Executive

Seorang yang memiliki peran sebagai account executive akan mempunyai tugas yang lebih fokus untuk menjembatani klien dengan perusahaan. Account executive juga bertugas untuk menyusun brief dan anggaran.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Sales Motor yang Sukses, Simak di Bawah ini

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Executive

Umumnya tugas seorang sales executive akan tergantung pada masing-masing perusahaan tempat bekerja. Ada dua jenis perusahaan seperti B2B (business to business) dan B2C (business to customer). Berikut uraian yang lebih lanjut.

Sales Executive B2B

Tugas seorang sales executive B2B lebih mengarah pada menjembatani perusahaan dengan perusahaan. Untuk lebih ringkasnya sales executive B2B akan menjual produk dari perusahaannya ke perusahaan lain.

Sales executive B2B harus memiliki kemampuan presentasi yang baik sehingga dapat menjelaskan manfaat dari produk secara baik dan menarik.

Sales Executive B2C

Sedangkan sales executive B2C akan lebih memfokuskan penjualan produk pada customer alias akan menerapkan pendekatan pada customer lebih personal.

Sales executive B2C akan lebih sering berhadapan dengan berbagai client sehingga ia harus lebih mengerti karakter pada client dan memberikan tawaran produk yang menarik sehingga client pun tertarik dan berpotensi melakukan pembelian.

Tugas dan Tanggung jawab lain seorang sales executive

Adapun terdapat tugas dan tanggung jawab lain seorang sales executive. Tentu saja tugas tersebut tidak jauh dengan penjualan. Seperti berikut ini:

  • Membuat strategi perencanaan penjualan
  • Menganalisis posisi penjualan kompetitor
  • Mengumpulkan laporan dan data penjualan perusahaan
  • Menjalin hubungan baik dengan client personal atau individu. Konsumen lama atau baru
  • Mengejar target penjualan dan mempertahankan kepuasan pelanggan
  • Bertugas terhadap promosi produk

Jika kamu berminat untuk bergabung untuk terjun dalam profesi sebagai sales executive tentu saja ada syarat dan skill yang diperlukan untuk menjadi sales executive seperti ini.

Baca juga : Gaji Sales Executive di Hotel Bintang 2, 3, 4, dan 5

Skill yang harus dibutuhkan

1. Mampu analisis prospek

Prospek di sini berarti perusahaan, organisasi, maupun client personal. Seorang sales executive harus mengerti potensi sasaran penjualan dan memahami kondisi pasar sehingga penjualan yang dilakukan perusahaan akan lebih maksimal.

2. Paham product knowledge

Sudah pasti seorang sales harus mengetahui informasi produk secara baik dan lengkap sehingga dapat menawarkan atau mempresentasikan produk perusahaan dengan menarik dan menyampaikan keunggulan dan manfaat apa yang akan diterima konsumen setelah menggunakan produk tersebut.

3. Mampu menganalisis data dan informasi penjualan

Sales executive harus memiliki kemampuan untuk menganalisis dan menerjemahkan data penjualan perusahaan sehingga hal tersebut dapat menghasilkan pemahaman terkait kondisi pasar yang akan dirumuskan dan diimplementasikan pada strategi penjualan perusahaan.

4. Komunikasi yang baik

Sales executive akan berhubungan langsung dengan client personal maupun perusahaan lain untuk menjalin kerja sama dan kemitraan.

Sebagai seorang sales executive, kamu harus memiliki skill komunikasi yang baik yang dapat menarik dan membuat client cukup nyaman dan tertarik menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaanmu.

Semakin baik jika kamu menguasai bahasa asing yang akan menambah skill komunikasimu.

Demikian artikel tentang pengertian sales executive, jenis dan tugas-tugasnya. Semoga bermanfaat :v.

Baca juga : Admin Sales – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in