tugas direct sales

7 Tugas Direct Sales Beserta Tanggung Jawabnya

Diposting pada 200 views

Tugas direct sales – Sebelum mengarah pada penjelasan tugas dan tanggung jawab direct sales, sebelumnya kita harus mengerti pengertian dari salah satu metode penjualan ini. Pengertian menurut Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Direct sales merupakan metode penjualan barang atau jasa tertentu yang dilakukan secara langsung dengan tatap muka. Dikembangan dari mitra usaha dan seorang sales yang bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan, dan iuran keanggotaan.

Ada beberapa bentuk direct sales di antaranya yang dapat ditemui seperti promosi penjualan, penjualan pribadi, penjualan langsung, dan merchandising serta point of purchase.

Penjualan langsung ini biasanya digunakan sebagai penjualan dengan produk-produk dengan harga jual rendah seperti barang-barang kebutuhan sehari-hari. Untuk kamu yang akan terjun untuk melakukan direct sales berikut ini 7 tugas dan tanggung jawab seorang direct sales.

Tugas Direct Sales

tugas direct sales

1. Melakukan promosi langsung

Seorang direct sales akan langsung berhadapan dengan para konsumen. Tugas direct sales adalah melakukan promosi dan memasarkan langsung pada konsumen tak lupa dengan pelayanan yang memuaskan. Seorang direct sales harus pintar dalam membawa diri untuk memasarkan sebuah produknya. Usahakan selalu ramah dan santun pada setiap konsumen.

2. Menguasai product knowledge

Menguasai product knowledge merupakan hal yang paling penting untuk seorang direct sales. Karena ia akan berhubungan langsung dengan konsumen dan produk yang ia langsung bawa. Konsumen akan selalu menanyakan segala informasi produk pada seorang sales.

Sebagai direct sales yang handal dan professional harus menguasai product knowledge agar konsumen merasa sangat puas dan mengerti tentang  produk yang akan dibelinya.

Baca juga : Jobdesk Sales Advisor – Tugas, Tanggung Jawab dan Persyaratan

3. Mampu mempresentasikan produk

Direct sales harus mampu mempresentasikan produk secara langsung dengan baik dan menarik. Karena produk yang dijual akan didisplay secara langsung dan sudah pasti produk akan bertemu langsung dengan konsumen sehingga seorang direct sales harus memperagakan produk sesuai fungsinya secara menarik dan baik dan mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian.

4. Melakukan pendekatan pada konsumen

Namanya saja penjualan langsung, tentu saja para direct sales harus melakukan pendekatan langsung pada konsumen dengan cara langsung menawarkan produk pada target yang dituju.

Usahakan lakukan pendekatan langsung dengan santun dan baik seperti memberikan sapa, salam, dan senyuman yang ramah ketika akan mempresentasikan produk yang akan ditawarkan. Hal ini akan membuat kesan baik tersendiri pada konsumen.

5. Mampu membaca prospek pasar

Tugas direct sales adalah menjual produk secara langsung tentu saja biasanya akan terjun ke lapangan. Sebelum terjun ke lapangan harus mempersiapkan dan mampu membaca prospek lokasi mana yang tepat dan sesuai untuk melakukan direct selling.

Baca juga : Admin Sales – Tugas, Tanggung Jawab, Kualifikasi dan Gajinya

6. Menjelaskan keunggulan produk

Kegiatan satu ini sebenarnya termasuk dalam mempresentasikan produk. Tetapi, sebagai direct sales wajib untuk menjelaskan keunggulan produk dengan jelas, baik, dan menarik sehingga akan menimbulkan rasa tertarik sehingga akan menimbulkan keinginan untuk membeli.

7. Mencatat daftar konsumen yang telah membeli

Setelah melakukan promosi, presentasi, dan menawarkan produk secara langsung dan konsumen berhasil untuk membelinya, jangan lupa tugas selanjutnya adalah mencatat data diri seperti kontak konsumen yang dapat dihubungi sehingga nantinya bisa difollow up kembali dan tentu saja menambah jaringan bagi direct sales untuk memperluas konsumennya.

Berikut tadi adalah tugas seorang direct sales. Seorang direct sales benar-benar berhubungan langsung dengan konsumen maka dari itu jika terjun pada penjualan langsung seperti ini tentu saja diharapkan tidak menjadi pasif atau malu untuk menghadapi segala konsumen.

Menjadi direct sales tentu saja juga harus mampu membaca karakter konsumen dan target pasar yang akan dituju. Seperti menentukan tempat untuk melakukan promosi dan penjualan langsung.

Tak hanya fokus pada penjualan, tugas direct sales juga harus mampu melayani penjualan dengan pelayanan prima dan terbaik. Pelayanan adalah nomor satu untuk setiap penjualan karena hal ini dapat mencerminkan citra perusahaan dan penilaian konsumen pada produk tersebut.

Jika kamu berminat lebih mendalami profesi sebagai direct sales tentu saja harus mempelajari atau mengikuti berbagai pelatihan dan seminar mengenai direct sales dalam marketing.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Sales Mobil Pemula Yang Profesional

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in