perbedaan marketing dan sales

Ini Perbedaan Marketing dan Sales Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Diposting pada 365 views

Marketing dan sales adalah dua fungsi bisnis yang saling berkaitan dan penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Namun, banyak orang yang masih bingung atau salah mengartikan perbedaan antara marketing dan sales. Padahal, marketing dan sales memiliki definisi, proses, ruang lingkup, prioritas, aktivitas, dan strategi yang berbeda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap apa itu marketing dan sales, apa perbedaan marketing dan sales, serta bagaimana hubungan antara marketing dan sales. Mari kita mulai!

Apa itu Marketing?

Marketing adalah proses memasarkan sesuatu dengan cara membuat masyarakat tertarik dengan produk atau jasa yang dipromosikan. Marketing meliputi segala hal yang membantu meningkatkan ketertarikan pada barang dan jasa yang dijual. Marketing juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan bisnis yang dijalankan pun akan tumbuh.

Marketing melibatkan berbagai kegiatan seperti:

  • Menganalisis dan meriset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen
  • Menentukan target konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan
  • Menentukan strategi marketing di berbagai platform seperti media sosial, website, email, dll
  • Membangun dan menjaga persona yang baik bagi branding perusahaan
  • Membuat dan menyebarkan konten yang menarik dan relevan untuk konsumen
  • Mengembangkan dan melaksanakan kampanye pemasaran yang kreatif dan inovatif
  • Mengukur dan mengevaluasi efektivitas dan dampak dari kegiatan pemasaran

Apa itu Sales?

Sales adalah proses menjual sesuatu dengan cara membujuk konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Sales merujuk pada semua aktivitas penjualan barang dan jasa. Sales juga bertujuan untuk memenuhi permintaan dan menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen.

Sales melibatkan berbagai kegiatan seperti:

  • Menghubungi dan mengunjungi calon konsumen atau pembeli
  • Menyampaikan informasi dan manfaat produk atau jasa yang dijual
  • Menjawab pertanyaan dan keberatan konsumen
  • Menawarkan harga dan diskon yang sesuai dengan kebijakan perusahaan
  • Menutup transaksi dan melakukan pembayaran
  • Memberikan layanan purna jual dan menangani keluhan konsumen
  • Membina loyalitas dan kepuasan konsumen

Perbedaan Marketing dan Sales

Setelah mengetahui apa itu marketing dan sales, kita bisa melihat beberapa perbedaan antara marketing dan sales, yaitu:

1. Target

Marketing memiliki target yang lebih luas, yaitu seluruh pasar atau segmen yang berpotensi menjadi konsumen. Marketing berusaha untuk menjangkau sebanyak mungkin orang yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa yang dijual.

Sales memiliki target yang lebih spesifik, yaitu calon konsumen atau pembeli yang sudah menunjukkan minat atau niat beli. Sales berusaha untuk mengubah minat menjadi tindakan beli.

2. Proses

Marketing memiliki proses yang lebih panjang, yaitu mulai dari meriset pasar, menentukan strategi, membuat konten, menjalankan kampanye, hingga mengukur hasil. Marketing berfokus pada tahap awal dari funnel penjualan, yaitu awareness, interest, dan consideration.

Sales memiliki proses yang lebih pendek, yaitu mulai dari menghubungi calon konsumen, menyampaikan informasi, menawarkan harga, hingga menutup transaksi. Sales berfokus pada tahap akhir dari funnel penjualan, yaitu decision dan action.

3. Sumber Daya

Marketing membutuhkan sumber daya yang lebih banyak, baik dari segi waktu, tenaga, maupun biaya. Marketing harus mengelola berbagai platform, konten, dan kampanye yang memerlukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang cermat.

Sales membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit, karena hanya berhubungan dengan calon konsumen atau pembeli secara langsung. Sales hanya perlu mengandalkan kemampuan komunikasi, negosiasi, dan persuasi yang baik.

4. Strategi

Marketing memiliki strategi yang lebih berorientasi pada produk atau jasa yang dijual. Marketing harus mengetahui keunggulan dan manfaat produk atau jasa yang dijual, serta cara menyampaikannya kepada konsumen.

Sales memiliki strategi yang lebih berorientasi pada konsumen atau pembeli. Sales harus mengetahui kebutuhan dan masalah konsumen, serta cara menawarkan solusi yang sesuai dengan produk atau jasa yang dijual.

Tabel Perbedaan Marketing dan Sales

Untuk memudahkan pemahaman, berikut adalah tabel perbedaan marketing dan sales:

MarketingSales
Memasarkan sesuatu dengan cara membuat masyarakat tertarikMenjual sesuatu dengan cara membujuk konsumen untuk membeli
Meningkatkan ketertarikan pada barang dan jasa yang dijualMemenuhi permintaan dan menciptakan hubungan dengan konsumen
Memiliki target yang lebih luas (seluruh pasar atau segmen)Memiliki target yang lebih spesifik (calon konsumen atau pembeli)
Memiliki proses yang lebih panjang (meriset pasar, menentukan strategi, membuat konten, menjalankan kampanye, mengukur hasil)Memiliki proses yang lebih pendek (menghubungi calon konsumen, menyampaikan informasi, menawarkan harga, menutup transaksi)
Membutuhkan sumber daya yang lebih banyak (waktu, tenaga, biaya)Membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit (kemampuan komunikasi, negosiasi, persuasi)
Berorientasi pada produk atau jasa yang dijualBerorientasi pada konsumen atau pembeli

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.