CV - yang dilihat HRD
Aplikasi pembuat CV

12 Aplikasi Pembuat CV Kreatif dan ATS Friendly yang Menarik HRD

Diposting pada 1.449 views

Aplikasi Pembuat CV – Seiring dengan berkembangnya teknologi, untuk para job seekers tak usah pusing dan ribet untuk membuat daftar riwayat hidup sebelum mengirimkan ke HRD perusahaan. Dengan aplikasi pembuat CV tentunya hal ini akan memudahkan para pencari kerja.

Sebagai nilai jual yang mempromosikan diri pribadi dalam dunia kerja, tentunya CV menjadi berkas terpenting yang mesti dipersiapkan dengan seksama. Pada kenyataanya, tidak semua orang dapat membuat CV yang menarik karena keterbatasan waktu dan kemampuan.


Kini Anda tidak perlu risau lagi! Dengan menggunakan aplikasi pembuat CV, Anda dapat dengan mudah membuatnya karena sudah banyak situs yang menyediakan portal pembuat CV secara online yang gratis.

Sehingga dapat lebih efisien dan menghemat waktu, bukan? Karena proses pembuatan yang hanya dalam hitungan menit, lho dengan menggunakan berbagai template yang sudah disediakan.

Apa itu Curriculum Vitae?

Salah satu dokumen yang wajib disiapkan dalam proses melamar kerja adalah Curriculum Vitae atau CV. Curriculum vitae berasal dari Bahasa Latin yang berarti perjalanan hidup.

CV merupakan dokumen yang berisikan informasi mengenai riwayat hidup yang dimiliki oleh seseorang mulai dari data diri, pendidikan, pengalaman, dan keahlian.

Sehingga terdapat informasi yang berguna untuk membantu memberikan bahan referensi ketika melamar atau mencari pekerjaan yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya simak dua jenis CV yakni kreatif dan ATS yang biasa dipakai dalam melamar pekerjaan.

1. Pengertian CV Kreatif

CV kreatif merupakan informasi yang memuat perjalanan seseorang yang menonjolkan visualnya. Biasanya memiliki warna yang beragam, font yang menarik serta desain sehingga sedap untuk dipandang. CV jenis ini sangat cocok apabila kamu melamar di bidang yang mengharuskan memiliki kreativitas tinggi.

2. Pengertian CV ATS Friendly

CV ATS atauApplicant Tracking System adalah sistem yang biasa digunakan oleh perekrut atau perusahaan untuk melacak pelamar yang paling cocok dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Sistem ini tentunya akan memudahkan HRD untuk menyeleksi lamaran yang masuk, tetapi menjadi tantangan dan kesulitan tersendiri bagi para pelamar, sebab sistem bisa saja tidak dapat membaca lamaran tersebut. Sebab itu ada beberapa kriteria dalam untuk bisa masuk ke sistem penyaringan, yakni:

  • Menggunakan jenis font yang umum seperti Calibri, Arial, Times New Roman, atau Georgia.
  • Menggunakan heading yang umum seperti “Summary, Education, Work Experience”. Jangan membuat heading khusus seperti “About Me, My Studies History, atau Where I Have Worked”.
  • Jangan menggunakan ikon atau gambar karena tidak terbaca oleh sistem, maka gunakanlah penomoran dengan bullets and numbering yang standar.
  • Jangan lupa masukkan kata kunci atau keyword dari kriteria posisi yang akan dilamar karena hal ini dapat menjadi peluang di sistem ATS.

3. Perbedaan CV Kreatif dan ATS

Hal mendasar yang membedakan CV kreatif dengan CV ATS friendly ialah dari segi tampilan. Biasanya CV ATS friendly memiliki desain yang minimalis dengan background warna hitam putih dan tidak memerlukan foto pendukung sedangkan kreatif memiliki desain visual yang menarik.

Sebelum mengirim lamaran kerja, ketahui terlebih dahulu lowongan dan perusahaan yang dituju agar CV yang Anda buat relevan sehingga memiliki peluang lolos seleksi yang lebih besar.

Biasanya, CV Kreatif dibutuhkan untuk posisi di bidang kreatif juga, seperti graphic designer, illustrator, motion graphic designer, art director, dan sebagainya.

Jika Anda memang melamar ke perusahaan besar seperti BUMN, Astra, Gojek, dan Shopee, sangat disarankan untuk menggunakan CV ATS karena persaingannya yang ketat. Besar kemungkinan perusahaan tersebut menggunakan ATS untuk menyaring aplikasi para pelamar.

Hal tersebut juga perlu diterapkan apabila Anda melamar melalui situs job portal seperti Indeed atau Jobstreet.

Aplikasi Pembuat CV

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat CV kreatif yang mudah dan gratis yang bisa kamu coba untuk mendesain daftar riwayat hidup supaya lebih menarik yang bisa kamu coba.

1. Canva

Aplikasi Pembuat CV – Canva

Pasti sering mendengar tentang aplikasi desain ajaib in ikan? Nah, Canva cocok banget untuk Anda yang ingin membuat CV kreatif yang menarik perhatian HRD dengan langkah yang super gampang.

Canva menyediakan berbagai desain template CV sehingga Anda dapat memilih desain sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu secara gratis. Sehingga bisa memudahkan kamu dalam membuat lamaran kerja.

Ternyata aplikasi desain ini dapat kamu akses dengan HP android atau iOS, Anda juga bisa mengakses melalui situs web resminya Canva.com. Canva juga menyediakan berbagai jenis format unduhan CV, seperti file jpeg, docs, dan pdf.

Kelebihan

  • Karena merupakan aplikasi khusus desain, canva menyediakan CV online yang beragam dan banyak pilihan mulai dari kreatif hingga minimalis
  • Mudah melakukan kustomisasi mulai dari jenis font, warna, foto, dan ikon sesuai dengan selera.
  • Dapat diakses melalui aplikasi di ponsel atau website

Kekurangan

  • Tidak ATS Friendly
  • Hanya bisa diedit dengan dan lewat akun Canva saat pertama kali dibuat.

2. CV Maker – Lamaran Kerja

Aplikasi yang tengah populer ini cukup direkomendasikan untuk urusan pembuatan CV yang menarik dan kreatif karena menyediakan lebih dari 500 template dengan hasil yang profesional dalam Bahasa Indonesia.

Anda dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia secara gratis. Dengan langkah pembuatan CV menjadi lebih mudah, sederhana, dan dapat dimodifikasi atau edit. Anda dapat mendownloadnya di PlayStore.

Kelebihan

  • Menyediakan berbagai template untuk resume, surat lamaran kerja, portofolio
  • Tampilan aplikasi ini sangat user interface dan friendly.
  • Dapat diunduh dengan format PDF
  • Menyediakan lebih dari 500+ template yang bisa Anda gunakan.
  • Dapat digunakan secara online dan offline

Kekurangan

  • Tata letak heading tidak bisa diatur di beberapa template.

3. Resume Builder & CV Maker – PDF Template Editor

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi pembuat CV yang menjadi favorit karena dapat diakses melalui ponsel serta memiliki berbagai macam template yang menarik dan patut dicoba. Untuk Anda yang ingin mencobanya, silahkan unduh melalui PlayStore.

Keunggulan dari aplikasi Resume Builder & CV Maker – PDF Template Editor adalah kamu bisa membuat CV lebih dari satu halaman. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengimpor profil akun LinkedIn kamu yang nantinya bisa diubah ke dalam format PDF.

 Kelebihan

  • Dapat diakses secara cepat dan mudah.
  • Membuat CV lebih dari satu halaman.
  • Dapat melakukan impor profil dari LinkedIn
  • Dapat diunduh dalam format PDF
  • Menyediakan fitur tanda tangan

Kekurangan

  • Aplikasi ini hanya tersedia di Play Store android, untuk iOS belum mendukung.

4. Resumemaker

Aplikasi pembuat CV gratis selanjutnya adalah resumaker. Menyediakan sebanyak 75 template menarik yang bisa Anda coba mulai dari simple, minimalist, hingga kreatif ada disini dan dapat mengunduhnya dalam format PDF.

Kelebihan

  • CV bisa disesuaikan dengan keinginan
  • File dalam bentuk PDF

Kekurangan

  • Hanya menyediakan template yang terbatas yakni hanya 75.
  • Pilihan format yang hanya PDF
  • Tidak bisa melakukan edit lagi apabila sudah di save.

5. CV Engineer

Aplikasi CV Engineer menjadi alternatif lain yang bisa Anda gunakan. Memiliki beragam fitur yang menarik yaitu dapat melakukan desain template CV dengan berbagai format unduhan serta dapat melakukan editing.

Dapat menyimpan CV di WhatsApp, Gmail, dan Google Drive sehingga aplikasi ini bisa diakses melalui HP atau website. Memiliki fitur unggulan yaitu “Scan my CV” untuk dapat mengunggah CV dan melakukan analisis kesalahan untuk dikoreksi.

Kelebihan

  • CV Engineer juga dapat menyimpan CV di berbagai platform, mulai dari Google Drive, Gmail, hingga WhatsApp.
  • CV bisa disesuaikan dengan keinginan karena tersedia fitur desain template dan editing.
  • File dalam bentuk berbagai format.
  • Memiliki fitur unggulan yaitu “Scan my CV”

Kekurangan

  • Sebelum memilih template, Anda harus mengisi data diri terlebih dahulu.

6. Resume Star

Resume Star adalah salah satu aplikasi pembuat CV yang bisa diakses melalui HP yang bisa dicoba.

Aplikasi ini punya banyak fitur menarik dan pastinya memudahkan pengguna. Seperti menyediakan 10 drafts contoh resume profesional yang bisa jadi inspirasi, membuat cover letter, mendeteksi typo, dan file CV yang dibuat bisa langsung dibagikan ke email dengan format PDF.

Kelebihan

  • Selain disediakan template resume atau CV, Anda juga bisa membuat cover letter
  • Memiliki fitur pendeteksi kesalahan ketik (typo)
  • Dapat diekspor ke email dalam bentuk PDF.

Kekurangan

  • Hanya menyediakan 10 template yang bisa Anda pakai.

Website Pembuat CV

Adapun beberapa situs website pembuat CV online yang dapat Anda coba dengan cepat dan praktis ialah sebagai berikut.

1. Kinzaa

Situs pembuat CV online profesional yang selanjutnya adalah kinzaa.com, yang juga menyediakan berbagai templates gratis.

Terdapat bagian ‘Skill’ dan ‘Personality’ yang isinya bisa disesuaikan dengan track record. Anda bisa memasukkan pas foto di tempat yang tersedia dan melengkapi bagian lainnya sesuai pengalaman dan riwayat hidup.

Kelebihan

  • Dapat attachment file untuk pas foto
  • Heading dapat disesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki.
  • Ada instruksi langkah pembuatan resume yang simple dengan hasil yang memukau

Kekurangan

  • Anda harus login dan membuat akun.

2. Enhancv

Website jasa buat CV gratis berikutnya yakni Enhancv. Anda dapat mengakses www.enhancv.com untuk membuat CV dengan format PDF. Sekedar informasi, apabila Anda ingin menjelajah dengan menggunakan berbagai template yang lebih lengkap dan canggih, Anda bisa berlangganan ke versi premium.

Kendati demikian, Anda tetap bisa membuat CV secara gratis tanpa berlangganan dan membayar terlebih dahulu karena menyediakan berbagai macam template.

Kelebihan

  • Menyediakan berbagai template yang dapat diakses secara gratis dan tampilannya user friendly.

Kekurangan

  • Desain kurang beragam jika dengan akun gratis.
  • Berbayar atau berlangganan menjadi premium apabila ingin desain yang lebih variatif.

3. Bikin CV

Situs ini merupakan sebuah website pembuat CV yang berasal dari Indonesia. Telah diakses lebih dari 30.000 orang yang membuat CV online secara gratis melalui situs Bikin CV dengan lebih banyak template berformat ATS.

Tampilan situs sangat Interface dengan alur buat cv online gratis yang user friendly. Memungkinkan para pengguna hanya mengisi tabel informasi, memilih desain, dan mengunduh file CV.

Kelebihan

  • Sangat ATS Friendly
  • Dapat diakses secara gratis dan tampilannya user friendly

Kekurangan

  • Desain kurang beragam
  • Tidak bisa melakukan pengubahan jenis font, warna dan kustomisasi heading.

4. KickResume

Kickresume menyediakan berbagai template yang rapi, elegan, dan menarik untuk CV. Setelah memilih template sesuai selera dan kebutuhan, isilah data diri dan biografi Anda sesuai kebutuhan lowongan kerja serta pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki.

Situs pembuat CV secara online dan gratis dengan tema yang lebih profesional dengan template dikelompokkan berdasarkan industri pekerjaan.  Jadi, Anda bisa menambahkan lebih dari satu foto atau gambar, Kickresume memiliki fitur attachment file.

Kelebihan

  • Memiliki banyak fitur otomatis yang mendukung CV profesional
  • Terdapat fitur attachment file untuk gambar.
  • Memiliki fitur proofreading untuk mendeteksi kesalahan ejaan dan membuat resume secara otomatis

Kekurangan

  • Kickresume kurang fleksibel dalam pengaturan tata letak dan kustomisasi heading.
  • Tidak bisa melakukan perubahan desain, pengaturan tata letak dan kustomisasi heading.

5. Visual CV

Aplikasi Pembuat CV – Visual CV

Website untuk membuat cv satu ini memudahkan Anda mengisi data lho. Jadi, Anda tidak perlu report menulis data diri atau riwayat hidup, karena situs ini dapat mengambil informasi dari LinkedIn Anda.

Desain yang disediakan simple dan professional dan Anda dapat mengatur tata letak heading serta mengganti background.

Apabila CV Anda di share ke berbagai sosial media, Anda bisa melacak viewers dan memantau grafik melalui dashboard. Kemudian, jika Anda membuat CV untuk berbagai industri, Anda dapat mengelompokkan di dashboard pribadi seperti misalnya kreatif, startup, marketing, e-commerce, dan lainnya.

Kelebihan:

  • Bisa impor data dari LinkedIn
  • Bisa melacak viewers CV
  • Memiliki dashboard pribadi.
  • CV professional.

Kekurangan:

  • Tata letak heading informasi dan desain monoton karena terlalu simple.

6. CV Maker

Situs pembuat CV gratis dan dapat diakses secara online. Menyediakan template desain yang bersih dan simple. Dengan alur pembuatan CV sangat user friendly.

Cv dapat diunduh dalam berbagai format mulai dari PDF, HTML, sampai TXT sehingga sangat ATS friendly.

Kelebihan:

  • Tampilan website yang user friendly
  • ATS friendly karena menyediakan format file yang beragam seperti PDF, HTML, dan TXT
  • Menyediakan desain yang simple dan bersih.

Kekurangan:

  • Tata letak heading tidak fleksibel
  • Sedikit template kreatif
  • Tidak ada kategori dalam pencarian template sehingga harus mencari satu per satu sesuai dengan keinginan.

Tips Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik HRD

Mengutip dari buku Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Kerja & Curriculum Vitae (2007:56-57) oleh Paramitha Selviana Oktora, cara membuat CV lamaran kerja yang menarik ialah sebagai berikut.

1. Menuliskan Data Diri dengan Benar dan Lengkap

Hal pertama yang perlu ditulis dalam sebuah CV adalah menuliskan data diri, mulai dari nama lengkap, wilayah tempat tinggal, media sosial, nomor telepon, alamat email yang bisa dihubungi dengan benar dan lengkap.

Untuk informasi wilayah tempat tinggal tidak perlu memasukkan alamat lengkap, cukup memasukkan nama kota dan kode pos. Contoh: Jakarta 13510.

Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan alamat email yang terkesan tidak profesional, seperti xxyzmileee.imoeettt25@gmail.com, tetapi gunakanlah alamat email yang terkesan profesional, seperti zahramelani25@gmail.com

2. Memasukkan Riwayat Pendidikan

Pada bagian ini, Anda tidak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan formal di Taman Kanak-kanak, tetapi cukup dari SMA/SMK sampai Perguruan Tinggi.

Anda juga bisa memasukkan riwayat pendidikan informal, seperti kursus dan camp tertentu di bagian ini.

3. Masukkan Pengalaman Kerja dan Pengalaman Berorganisasi

Jika sebelum melamar pekerjaan ini, Anda telah memiliki pengalaman bekerja, seperti magang, maka masukkan pengalaman tersebut secara singkat, padat dan jelas. Demikian pula halnya dengan pengalaman berorganisasi yang pernah Anda ikuti.

Untuk pengalaman bekerja, masukkan nama perusahaan, kota perusahaan, durasi bekerja, posisi terakhir, dan garis besar dari pekerjaan yang kamu lakukan di sana.

Sementara untuk pengalaman berorganisasi, Anda bisa memasukkan nama organisasi, tempat organisasi (di sekolah, perguruan tinggi atau lain-lain), durasi berorganisasi, posisi terakhir, dan garis besar dari apa yang Anda kerjakan.

4. Mencantumkan Kemampuan yang Menunjang

Anda juga bisa menyebutkan beberapa keahlian yang dapat menunjang untuk posisi yang kamu lamar, seperti desain grafis, digital marketing, Search Engine Optimization, SQL, dan lain-lain.

5. Mencantumkan Prestasi dan Penghargaan

Jika Anda pernah memiliki prestasi tertentu, maka jangan ragu untuk memasukkannya secara singkat dan padat, mulai dari nama prestasi tersebut, waktunya, dan lokasinya.

Itulah rekomendasi aplikasi dan website membuat CV terbaik yang bisa Anda coba. Proses pembuatannya sangat mudah dan pastinya membantu Anda sehingga lebih efisien, kan? Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga tips mencari pekerjaan lainnya:

7 Hal Yang HRD Lihat dari CV yang Kamu Kirim

Tips Saat Interview Yang Perlu Anda Pahami

Perbedaan CV Dan Resume Yang Harus Dipahami Para Pencari Kerja

Skills Komputer dalam CV

Cara Mendeskripsikan Diri saat Interview Melamar Kerja dan Contohnya