perbedaan cv dan resume

Perbedaan CV Dan Resume Yang Harus Dipahami Para Pencari Kerja

Diposting pada 10 views

Sangan penting untuk kita mengetahui Perbedaan CV dan Resume agar kita punya gambaran ketika ingin membuat keduanya sebelum mengirim ke HRD.

Jika Anda ingin melamar sebuah pekerjaan pasti ada persyaratan yang harus dipenuhi misalnya dengan membuat CV dan resume. Akan tetapi masih banyak calon pelamar yang tidak memahami perbedaan CV dan resume bahkan ada yang menganggapnya sama. Di bawah ini ada beberapa perbedaan dari CV dan resume yang harus Anda pahami sebelum melamar pekerjaan.

Pengertian CV dan Resume

Resume merupakan suatu ringkasan dari riwayat hidup seperti pengalaman bekerja, keahlian atau kemampuan yang Anda miliki dan pendidikan yang pernah ditempuh oleh calon pelamar. Resume dapat berbentuk abstrak, stricto sensu dan ikhtisar serta harus dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang akan Anda lamar.


Curiculum Vitae atau CV adalah sebuah dokumen yang di dalamnya berisi daftar riwayat hidup dari calon pelamar pekerjaan. Komponen di dalamnya harus ditulis lengkap mulai dari data pribadi hingga prestasi yang pernah diraih.

Perbedaan dari CV dan Resume

Berikut ini adalah perbedaan CV dan Resum dilihat dari beberapa aspek seperti :

1. Konten CV dan Resume

Perbedaan pertama dari dua dokumen tersebut adalah dari konten atau isinya. Jika CV isinya lebih detail dan informasi di dalamnya lengkap seperti biodata diri, riwayat pendidikan, pengalaman dan prestasi. Ketika menulis CV urutannya juga harus sesuai dengan format yang ada. Akan tetapi berbeda dengan resume dimana fungsinya memang sama yaitu untuk memperkenalkan diri kepada rekruter.

Perbedaannya adalah isi resume lebih ringkas dan to the point. Anda bisa menulis resume secara singkat tetapi informasi mengenai data diri harus lengkap. Misalnya Anda menulis tentang pengalaman kerja sesuai bidang yang dibutuhkan perusahaan, skill yang dimiliki dan prestasi yang relevan. Yang harus Anda isi ketika membuat resume adalah keahlian atau ketrampilan Anda, riwayat pendidikan dan jangan menulis riwayat yang sifatnya personal.

2. Tujuan Penggunaan CV dan Resume

Perbedaan berikutnya terdapat pada tujuan penggunaan kedua dokumen tersebut. Biasanya jika resume hanya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan akan tetapi jika CV bisa digunakan untuk berbagai hal misalnya ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, melamar beasiswa dan sebagainya. Karena itu informasi yang tertulis di dalam CV harus lengkap agar bisa menjadi bahan pertimbangan.

Kalau resume informasi yang ditulis singkat dan batas maksimalnya hanya 1 halaman itulah kenapa hanya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan saja. Isinya juga bisa dirubah-rubah sesuai dengan ketentuan. Selain itu resume juga biasanya digunakan untuk perusahaan yang pekerja yang tidak terlalu memikirkan dokumen pelamar kerja.

Adapun CV biasanya digunakan untuk melamar pekerjan full time di sebuah perusahaan yang fungsinya untuk mendapatkan gambaran mengenai diri Anda apakah sesuai dengan kirteria penyedia lapangan pekerjaan.

3. Panjang CV dan Resume

Perbedaan berikutnya terletak di seberapa panjang resume dan CV yang Anda tulis. Karena isi dari resume tidak terlalu banyak biasanya hanya 1 halaman saja. Akan tetapi karena informasi yang dipaparkan dalam CV lebih banyak biasanya ditulis dua halaman atau lebih dan tidak ada batasan maksimalnya.

Resume bertujuan untuk memberikan infromasi secara singkat, padat dan jelas kepada rekruter. Jadi Anda tidak boleh menggunakan bahasa yang bertele-tele karena itu akan menghabiskan waktu untuk membacanya serta khawatir rekruter tidak mengerti apa yang ditulis. Sedangkan CV isinya lebih mendalam daripada resume Anda juga bisa memodifikasikan tulisan yang ada di CV.

4. Tergantung Melamar di Perusahaan Negara Apa

Perbedaan CV dan resume yang berikutnya adalah berdasarkan negaranya. Ada negara seperti Kanada dan Amerika Serikat yang hanya meminta pelamarnya untuk membuat resume saja tidak perlu CV. Akan tetapi negara lain di benua Eropa seperti Irlandia, Jerman dan Inggris lebih banyak meminta pelamar untuk membuat CV tanpa resume.

Orang Jerman memiliki nama sendiri dalam menyebutkan CV yaitu Lebenslauf dan CV sendiri berasal dari bahasa latin curriculum vitae. Perusahaan yang ada di Selandia Baru juga biasanya lebih sering meminta calon pelamar kerja untuk membuat CV. Untuk negara yang ada di Benua Asia seperti Indonesia, India dan benua Australia serta Benua Afrika menggunakan CV dan resume sebagai persyaratan.

5. Tempat Bekerja

Perbedaan berikutnya terletak di perusahaan yang ingin Anda lamar. Misalnya ingin melamar  menjadi pelayan publik maka harus menggunakan CV. Sedangkan untuk perusahaan swasta lebih mengutamakan resume. Karena itu sebelum melamar pekerjaan Anda harus mencari informasi yang dijadikan sebagai persyaratan di perusahaan terkait.

6. Sifatnya

CV adalah sebuah dokumen yang bersifat statis jadi tidak akan mengalami perubahan untuk posisi apapun karena itu penulisannya harus sistematis. Sedangkan untuk resume Anda tidak perlu mengikuti format, karena bisa ditulis secara acak sesuai dengan tujuan pelamar.

7. Kedalaman Informasi

Perbedaan CV dan resume yang berikutnya adalah terletak di kedalam informasinya. Karena resume hanya 1 halaman saja otomatis informasi yang dipaparkan tidak terlalu lengkap. Jika CV memiliki ruang yang lebih luas jadi informasi yang tidak ada di resume bisa disebutkan pada CV.

Komponen yang harus ada di dalam CV adalah nama lengkap Anda, nomor telepon, gelar atau profesi, ringkasan resume objektif, minat, penelitian, pengalaman dan pernah mempublikasikan tulisan kemana, riwayat pendidikan, prestasi, konferensi yang pernah diikuti, sertifikat dan bahasa yang Anda kuasai.