tips mencari karyawan yang jujur
Bagaimana cara mencari karyawan yang selalu jujur dan terpercaya?

7 Tips Mencari Karyawan yang Jujur dan Terpercaya

Diposting pada 76 views

Mencari karyawan yang jujur – Sebagai seorang pengusaha atau wirausaha umumnya selalu membutuhkan karyawan untuk membantu segala aspek kebutuhan bisnis dan penjualan. Ini berlaku juga pada recruiter perusahaan. Seorang perekrut diwajibkan untuk mencari karyawan perusahaan sesuai kualifikasi dan tentu saja perilaku yang baik.  

Mencari karyawan yang jujur sangatlah diperlukan, mengingat kejujuran merupakan salah satu sifat yang selalu menjadi syarat kualifikasi pelamar di setiap perusahaan yang mengiklankan lowongan pekerjaan. Selain keterampilan/keahlian dan semangat untuk bekerja, jujur merupakan sifat yang selalu dibutuhkan para pengusaha atau perusahaan untuk setiap calon karyawan.

Karena mencari karyawan yang jujur terkadang memiliki tantangan tersendiri. Maka dari itu berikut ini 7 tips mencari karyawan yang jujur untuk perusahaan maupun usaha anda.

7 Tips Mencari Karyawan yang Jujur

mencari karyawan yang jujur

Teruntuk para recruiter/ HRD perusahaan maupun pengusaha, berikut di bawah  ini 7 tips yang dapat digunakan untuk mencari karyawan yang jujur dan kompeten:

1. Cari di platform terpercaya

Sebaiknya para pengusaha maupun recruiter selalu menggunakan platform terpercaya untuk mencari karyawan baik online maupun offline. Saat ini banyak sekali yang menggunakan media online untuk mencari karyawan-karyawan sesuai kualifikasi.

Untuk mendapatkan talent yang berkualitas salah satunya sumber daya manusia yang baik dan jujur, para recruiter atau pengusaha juga harus mencari pada platform-platform terpercaya dan akurat.

Baca juga : Tips Bisnis #2 Membuat Karyawan Merasa Bangga

2. Lakukan interview yang professional

Setelah mendapatkan kandidat yang telah dipilih, selanjutnya lakukan wawancara dengan kandidat secara professional. Saat wawancara pun anda dapat menilai kandidat melalui postur gerak tubuh dan mimik wajah ketika menjawab pertanyaan. Tuliskan daftar pertanyaan yang sistematis dan tidak asal-asalan. Jangan lupa memberikannya tes tertulis.

3. Buat perjanjian kerja atau masa percobaan

Inilah hal yang sangat penting, sebenarnya kejujuran dapat dilihat ketika sang pelamar berada langsung di lingkungan kerja. Kita dapat melihat bagaimana pekerjaan serta perilaku kesehariannya. Jika tidak sesuai harapan, perusahaan atau pengusaha dapat memutuskan masa kontrak atau percobaan tersebut.

4. Jika memungkinkan mintalah nomor kontak atasan tempat ia kerja dahulu

Jika memungkinkan dan calon pelamar terbuka, anda sebagai pengusaha maupun recruiter agar untuk meminta kontak atasan atau rekomendasi dari perusahaan tempat ia kerja dahulu. Rekam jejak calon karyawan dapat dilihat dari riwayatnya dahulu.

Baca juga : Cara Mencari Karyawan di Internet Simak 7 Tips Ini

5. Ajak rekan recruiter lain

Untuk sesi wawancara, jika memungkinkan ajaklah rekan recruiter atau HRD lain dalam mewawancara kandidat calon karyawan. Ini berguna agar para recruiter dapat sangat matang mempertimbangkan apakah calon karyawan dapat memenuhi kualifikasi dan memiliki sikap jujur.

6. Memberikan apresiasi

 Untuk tips satu ini berlaku saat karyawan sudah mulai bekerja dan telah cukup lama mengabdi di perusahaan anda. Menjadi seorang yang jujur terlebih lagi di lingkungan perusahaan merupakan hal yang tidak mudah, maka dari itu sebagai atasan jangan ragu untuk memberikannya sebuah apresiasi untuk karyawan anda yang telah bekerja secara jujur dan baik.

7. Budayakan sikap keterbukaan di lingkungan kerja

Saat sudah memasuki fase pekerjaan dan berada di lingkungan kantor, usahakan untuk selalu menanamkan budaya keterbukaan satu sama lain. Artinya, ciptakan komunikasi yang terbuka dan jujur. Jadwalkan sewaktu-waktu untuk diskusi bersama karyawan. Hal inilah yang akan semakin membuat hubungan antarkaryawan dan atasan akan semakin baik dengan keterbukaan dan jujur.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Karyawan Yang Tidak Produktif

Itulah 7 poin di atas bagaimana cara mencari karyawan yang jujur. Jika memungkinkan lakukanlah beberapa tes kejujuran yang dapat dicoba sebelum karyawan bergabung di perusahaan. Jujur merupakan sifat yang terbilang sangat sulit ditemui oleh banyak orang terlebih lagi untuk kepentingan perusahaan hal ini sangatlah penting diperhatikan. Sebagai tambahan, selalu biasakan bersikap jujur dimana pun dan kapanpun kita berada.

Terlebih lagi jika anda sebagai atasan, sikap jujur dan terbuka harus dibiasakan dan diterapkan karena dengan membiasakan bersikap terbuka dan jujur, karyawan akan menilai anda sebagai contoh pemimpin yang baik.

Kejujuran akan memberikan dampak yang sangat baik bagi diri kita sendiri maupun lingkungan sehingga tak ada salahnya selalu menanamkan sifat kejujuran sedari dini.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Bahasa dan Sastra yang suka menulis. Linked in