gaji engineering di hotel berbintang

Gaji Engineering Hotel Lengkap Bintang 2,3,4 dan 5

Diposting pada 3.224 views

Gaji Engineering Hotel Lengkap Bintang 2,3,4 dan 5 – Semua perhotelan pasti memiliki engineering untuk menyelesaikan permasalahan di hotel. Engineering berkaitan dengan penyelesaian masalah tentang alat,mesin, instalasi air,gas maupun listrik. Jadi, sangat penting tugas engineering pada bagian hotel. Biasanya, engineering bergerak dalam bentuk tim agar bekerja lebih cepat. 

Menjadi seorang engineering dituntut untuk selalu melakukan pengecekan kondisi alat,mesin dan instalasi dalam keadaan yang baik. Beberapa dari anda mungkin tertarik ingin menjadi engineering. Sebelum itu, ada baiknya anda mengetahui gaji engineering hotel secara lengkap pada artikel ini.

Apa Saja Tugas Engineering Hotel?

Banyak yang mungkin ingin mengetahui lebih dalam mengenai tugas dari engineering hotel. Berikut ini beberapa tugasnya:

1. Penghematan Energi Penggunaan Hotel

Engineering memiliki tugas untuk membantu memberikan masukan mengenai energi yang digunakan. Utamanya, untuk membantu dalam penghematan energi dalam penggunaan hotel. Karena, dengan melakukan penghematan energi bisa menekan pada biaya.

2. Menangani Masalah Pada Alat,Mesin dan Instalasi

Seorang engineer harus paham betul mengenai apa yang dikerjakan. Seperti, dapat menangani masalah pada alat,mesin maupun instalasi.

Seperti untuk alat listrik, kemudian mesin seperti lift, sampai dengan instalasi listrik dan air. Tentunya, engineering bergerak secara team yang memiliki keahlian khusus untuk menyelesaikan permasalahan tersebut

3. Pemeliharaan Alat,Mesin,Instalasi Dan Fasilitas

Engineering bekerja untuk membantu dalam proses pemeliharaan alat, mesin, instalasi dan fasilitas yang terdapat di hotel tersebut. Hal ini berguna, untuk mencegah terjadinya kerusakan atau bisa mengantisipasi terlebih dahulu. Tentunya, dibutuhkan pemahaman yang tepat mengenai pemeliharaan karena tidak sembarang orang bisa melakukan maintenance.

Baca juga : Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

Gaji Engineering Hotel Lengkap

Setiap engineering memiliki gaji yang berbeda sesuai dengan kinerjanya masing-masing. Berikut ini gaji dari engineering hotel meliputi:

1. Gaji Engineering Hotel Bintang 2

Pekerjaan engineering di hotel bintang 2 memang tidak terlalu banyak. Karena, kebutuhan yang tersedia berkaitan dengan alat,mesin, instalasi juga masih dasar.

Tugas Engginering di hotel lebih pada melakukan checking apakah semuanya berjalan dengan optimal. Kemudian, melakukan perbaikan jika terdapat masalah pada alat atau mesin.

Untuk range gaji dari engineering hotel bintang 2 mulai dari Rp. 2.500.000 – Rp. 3.000.000. Dengan range tersebut, engineering tetap harus menyelesaikan pekerjaan jika nantinya terdapat masalah yang serius terjadi secara tiba-tiba.

2. Gaji Engineering Hotel Bintang 3

Engineering di hotel bintang 3 sudah dituntut untuk memiliki keterampilan yang jauh lebih baik. Karena, saat sudah memasuki hotel bintang 3 maka untuk fasilitas yang ada lebih banyak. Seperti untuk mesin yang terdapat pada hotel harus bekerja optimal. Kemudian untuk instalasi listrik,gas dan air harus selalu diperhatikan.

Engineering yang bekerja di hotel bintang 3 memiliki tanggung jawab besar. Harus menyelesaikan permasalahan yang berkaitan secara cepat.

Untuk gaji engineering di hotel wajar jika cukup tinggi. Yaitu berkisar Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000 per bulannya. Tuntutannya, harus bisa menyelesaikan permasalahan hotel secara cepat baik bekerja team maupun individu.

3. Gaji Engineering Hotel Bintang 4

Hotel bintang 4 sudah pasti memiliki pelayanan yang baik kepada tamunya. Untuk itu, persiapan seperti pekerja engineering pasti dilakukan dengan baik. Engineering yang bekerja di hotel bintang 4 harus memiliki pengalaman yang tinggi. Jam terbang akan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Jika terjadi permasalahan secara tiba-tiba tentu harus diselesaikan dengan segera. Tanggung jawab yang dimiliki juga tergolong besar. Karena, setiap saat harus memantau dan melakukan check alat,mesin, instalasi secara berkala. Gaji engineering hotel bintang 4 mencapai Rp. 8.000.000 – Rp. 10.000.000 per bulan.

4. Gaji Engineering Hotel Bintang 5

Fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh hotel bintang 5 tentu tidak perlu diragukan lagi. Untuk itu, para pekerjanya sudah pasti diharuskan harus memiliki keterampilan yang sesuai pada bidangnya. Termasuk, untuk engineering yang bekerja secara penuh di hotel bintang 5.

Engineering memiliki tugas yang besar untuk memastikan semua berkaitan dengan mesin,alat dan instalasi berjalan dengan baik. Jika terdapat keluhan atau terdeteksi masalah, maka harus segera diselesaikan secara cepat. Dengan tanggung jawab dan pekerjaan besar tersebut, gaji engineering hotel bali bintang 5 mencapai Rp. 10.000.000 – Rp. 12.000.000.

Apakah Gaji Diatas Sudah Beserta Tunjangannya?

Pertanyaan ini sudah pasti banyak dipikirkan oleh orang yang akan bekerja menjadi engineering. Jawabannya, gaji diatas hanyalah gaji pokok sebagai engineering saja. Belum termasuk tunjangan yang diberikan dari hotel untuk karyawan. Seperti tunjangan untuk BPJS,transportasi atau tunjangan makan.

Dengan begitu,total gaji yang diberikan tentu cukup besar. Sebanding dengan tanggung jawab yang ada pada pekerjaan engineering. Terutama, untuk engineering yang bekerja di hotel berbintang tentu tuntutannya jelas lebih banyak. Jadi, tidak heran jika gajinya lebih besar dibandingkan hotel yang lainnya.  

Baca juga : Gaji Daily Worker Di Hotel Lengkap Semua Bidang!

Setelah membaca daftar lengkap gaji engineering hotel, apakah anda sekarang masih berminat? Untuk menjadi seorang engineering harus membutuhkan skill yang tepat. Besaran gaji diatas bisa saja berbeda-beda, bergantung pada hotel tempat bekerja dan wilayahnya. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi!

Baca juga : Tugas Housekeeping Hotel dan Pembagian Kerjanya

Gambar Gravatar
Seorang praktisi Pemasaran, SEO dan Digital Marketing. Suka dengan kata dan cinta dengan karya. Turut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui beragam artikel pendidikan di kitapunya.net.