gaji housekeeping di hotel

Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 1, 2, 3, 4, dan 5

Diposting pada 688 views

Gaji Housekeeping di Hotel Berbintang – Salah satu profesi yang ada di dunia perhotelan adalah housekeeping. Housekeeping adalah bagian yang bertanggung jawab atas kebersihan, kenyamanan, dan kerapihan kamar hotel dan area publik lainnya. Housekeeping juga berperan dalam memberikan kesan positif kepada tamu hotel melalui pelayanan yang prima.

Apa itu Housekeeping Hotel?

Housekeeping hotel adalah salah satu bagian penting dalam operasional hotel. Housekeeping hotel bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kenyamanan, dan kerapihan kamar tamu dan area publik hotel. Housekeeping hotel juga berperan dalam menciptakan kesan positif bagi tamu yang menginap di hotel.

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping Hotel

Housekeeping hotel memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab, antara lain:

  • Membersihkan kamar tamu sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh hotel, termasuk mengganti sprei, handuk, sabun, dan perlengkapan lainnya.
  • Menyediakan fasilitas tambahan bagi tamu sesuai dengan permintaan, seperti bantal ekstra, selimut, pengering rambut, setrika, dan lain-lain.
  • Melaporkan kerusakan atau kehilangan barang-barang di kamar tamu kepada supervisor atau manajer housekeeping.
  • Menjaga keamanan kamar tamu dengan tidak membuka pintu atau jendela yang tidak terkunci, tidak memberitahukan nomor kamar tamu kepada orang lain, dan tidak membawa barang-barang pribadi tamu.
  • Menjaga kerahasiaan informasi tamu yang berkaitan dengan identitas, kebiasaan, dan preferensi mereka.
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan area publik hotel, seperti lobby, koridor, lift, tangga, toilet, restoran, dan fasilitas lainnya.
  • Menyortir dan mencuci linen hotel, seperti sprei, handuk, seragam, dan lain-lain.
  • Mengatur jadwal kerja, pembagian tugas, dan pengawasan staf housekeeping.
  • Melakukan inventarisasi dan pengadaan perlengkapan housekeeping sesuai dengan kebutuhan hotel.

Housekeeping hotel adalah bagian yang sangat penting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada tamu hotel. Housekeeping hotel harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan membersihkan yang profesional, sikap ramah dan sopan, serta motivasi kerja yang tinggi. Dengan demikian, housekeeping hotel dapat memberikan kontribusi positif bagi reputasi dan pendapatan hotel.

Gaji Housekeeping di Hotel Berdasarkan Bintangnya

Namun, tahukah Anda berapa gaji housekeeping di hotel? Apakah gaji housekeeping berbeda-beda tergantung bintang hotelnya? Artikel ini akan membahas tentang gaji housekeeping di hotel bintang 1 sampai bintang 5 di Indonesia.

Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 1

Hotel bintang 1 adalah hotel yang menawarkan fasilitas dan pelayanan yang sederhana dan minimalis. Biasanya, hotel bintang 1 hanya memiliki kamar tidur dengan kamar mandi dalam dan tidak ada fasilitas tambahan seperti restoran, kolam renang, atau spa. Hotel bintang 1 cocok untuk tamu yang mencari penginapan murah dan praktis.

Gaji housekeeping di hotel bintang 1 biasanya berkisar antara Rp. 2.000.000 hingga Rp. 2.500.000 per bulan. Gaji ini belum termasuk tunjangan, bonus, atau tip yang mungkin diberikan oleh tamu atau manajemen hotel.

Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 2

Hotel bintang 2 adalah hotel yang menawarkan fasilitas dan pelayanan yang sedikit lebih baik dari hotel bintang 1. Biasanya, hotel bintang 2 memiliki kamar tidur dengan kamar mandi dalam, televisi, telepon, dan AC. Hotel bintang 2 juga mungkin memiliki fasilitas tambahan seperti restoran, ruang rapat, atau parkir.

Gaji housekeeping di hotel bintang 2 biasanya berkisar antara Rp. 2.500.000 hingga Rp. 3.000.000 per bulan. Gaji ini juga belum termasuk tunjangan, bonus, atau tip yang mungkin diberikan oleh tamu atau manajemen hotel.

Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 3

Hotel bintang 3 adalah hotel yang menawarkan fasilitas dan pelayanan yang cukup lengkap dan berkualitas. Biasanya, hotel bintang 3 memiliki kamar tidur dengan kamar mandi dalam, televisi, telepon, AC, lemari es, dan fasilitas pembuat kopi atau teh. Hotel bintang 3 juga memiliki fasilitas tambahan seperti restoran, kolam renang, pusat kebugaran, atau layanan laundry.

Gaji housekeeping di hotel bintang 3 biasanya berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.000.000 per bulan . Gaji ini juga belum termasuk tunjangan, bonus, atau tip yang mungkin diberikan oleh tamu atau manajemen hotel.

Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 4

Hotel bintang 4 adalah hotel yang menawarkan fasilitas dan pelayanan yang mewah dan profesional. Biasanya, hotel bintang 4 memiliki kamar tidur dengan kamar mandi dalam, televisi, telepon, AC, lemari es, fasilitas pembuat kopi atau teh, brankas, dan meja kerja. Hotel bintang 4 juga memiliki fasilitas tambahan seperti restoran, bar, kolam renang, spa, pusat kebugaran, layanan kamar 24 jam, atau layanan concierge.

Gaji housekeeping di hotel bintang 4 biasanya berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000 per bulan . Gaji ini juga belum termasuk tunjangan, bonus, atau tip yang mungkin diberikan oleh tamu atau manajemen hotel.

Gaji Housekeeping di Hotel Bintang 5

Hotel bintang 5 adalah hotel yang menawarkan fasilitas dan pelayanan yang sangat mewah dan eksklusif. Biasanya, hotel bintang 5 memiliki kamar tidur dengan kamar mandi dalam, televisi, telepon, AC, lemari es, fasilitas pembuat kopi atau teh, brankas, meja kerja, sofa, dan balkon. Hotel bintang 5 juga memiliki fasilitas tambahan seperti restoran, bar, lounge, kolam renang, spa, pusat kebugaran, layanan kamar 24 jam, layanan concierge, layanan antar-jemput bandara, atau layanan butler.

Gaji housekeeping di hotel bintang 5 biasanya berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp. 8.000.000 per bulan . Gaji ini juga belum termasuk tunjangan, bonus, atau tip yang mungkin diberikan oleh tamu atau manajemen hotel.

Gaji Housekeeping Hotel di 12 Kota Besar di Indonesia

Gaji housekeeping hotel tentu saja bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti bintang hotel, lokasi hotel, pengalaman kerja, dan tunjangan yang diberikan. Secara umum, semakin tinggi bintang hotel, semakin besar pula gaji housekeeping. Selain itu, lokasi hotel yang strategis dan ramai juga dapat mempengaruhi besaran gaji housekeeping.

Berikut ini adalah daftar gaji housekeeping hotel di 15 kota besar di Indonesia berdasarkan data dari berbagai sumber:

1. Jakarta

Jakarta adalah ibu kota dan pusat bisnis Indonesia. Banyak hotel bintang 3 hingga 5 yang berdiri di Jakarta untuk melayani kebutuhan wisatawan dan pebisnis.

Gaji housekeeping hotel di Jakarta berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp6,5 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp2,5 juta, hotel bintang 4 adalah Rp3,6 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp5 juta per bulan.

2. Bandung

Bandung adalah kota wisata yang terkenal dengan udara sejuk, pemandangan alam, dan kuliner. Banyak hotel berbagai bintang yang menawarkan akomodasi dengan harga terjangkau di Bandung.

Gaji housekeeping hotel di Bandung berkisar antara Rp2 juta hingga Rp5 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp2 juta, hotel bintang 4 adalah Rp3 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp4 juta per bulan.

3. Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia dan merupakan pusat perdagangan dan industri di Jawa Timur. Surabaya juga memiliki banyak tempat wisata sejarah dan budaya yang menarik.

Gaji housekeeping hotel di Surabaya berkisar antara Rp2 juta hingga Rp5 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp2 juta, hotel bintang 4 adalah Rp3 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp4 juta per bulan.

4. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota budaya yang memiliki banyak objek wisata bersejarah dan religius, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, dan Malioboro. Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar dan seni yang memiliki banyak universitas dan galeri.

Gaji housekeeping hotel di Yogyakarta berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp4 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp1,8 juta, hotel bintang 4 adalah Rp2,5 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp3 juta per bulan.

5. Bali

Bali adalah pulau wisata terpopuler di Indonesia yang menawarkan keindahan alam, budaya, dan spiritualitas. Bali memiliki banyak pilihan akomodasi dari hostel hingga villa mewah yang sesuai dengan anggaran dan selera wisatawan.

Gaji housekeeping hotel di Bali berkisar antara Rp2 juta hingga Rp6 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp2 juta, hotel bintang 4 adalah Rp3 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp4 juta per bulan.

6. Medan

Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia dan merupakan pintu gerbang menuju Sumatera Utara. Medan memiliki banyak tempat wisata alam dan kuliner yang menggugah selera.

Gaji housekeeping hotel di Medan berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp4 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp1,8 juta, hotel bintang 4 adalah Rp2,5 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp3 juta per bulan.

7. Makassar

Makassar adalah kota terbesar di Sulawesi Selatan dan merupakan pusat perdagangan dan pariwisata di wilayah timur Indonesia. Makassar memiliki banyak tempat wisata pantai dan pulau yang eksotis, seperti Pantai Losari, Pulau Samalona, dan Pulau Khayangan.

Gaji housekeeping hotel di Makassar berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp4 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp1,8 juta, hotel bintang 4 adalah Rp2,5 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp3 juta per bulan.

8. Semarang

Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata sejarah dan budaya, seperti Lawang Sewu, Kota Lama, Sam Poo Kong, dan Gedung Songo. Semarang juga terkenal dengan kuliner khasnya, seperti lumpia, wingko babat, dan bandeng presto.

Gaji housekeeping hotel di Semarang berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp4 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp1,8 juta, hotel bintang 4 adalah Rp2,5 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp3 juta per bulan.

9. Malang

Malang adalah kota wisata yang terletak di Jawa Timur yang memiliki udara sejuk dan pemandangan alam yang indah. Malang memiliki banyak tempat wisata alam dan edukasi, seperti Gunung Bromo, Jatim Park, Museum Angkut, dan Batu Secret Zoo.

Gaji housekeeping hotel di Malang berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp4 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp1,8 juta, hotel bintang 4 adalah Rp2,5 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp3 juta per bulan.

10. Palembang

Palembang adalah ibu kota Sumatera Selatan yang memiliki banyak tempat wisata sejarah dan kuliner yang menarik. Palembang dikenal dengan ikonnya yaitu Jembatan Ampera dan kuliner khasnya yaitu pempek.

Gaji housekeeping hotel di Palembang berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp4 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp1,8 juta, hotel bintang 4 adalah Rp2,5 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp3 juta per bulan.

11. Batam

Batam adalah kota yang terletak di Kepulauan Riau yang merupakan salah satu kawasan industri dan perdagangan bebas di Indonesia. Batam juga memiliki banyak tempat wisata pantai dan belanja yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Gaji housekeeping hotel di Batam berkisar antara Rp2 juta hingga Rp5 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp2 juta, hotel bintang 4 adalah Rp3 juta, dan hotel bintang 5 adalah Rp4 juta per bulan.

12. Balikpapan

Balikpapan adalah kota terbesar di Kalimantan Timur yang merupakan pusat industri minyak dan gas di Indonesia. Balikpapan juga memiliki banyak tempat wisata alam dan pantai yang menawan, seperti Pantai Melawai, Pantai Lamaru, Taman Bekapai, dan Taman Hutan Mangrove Margomulyo.

Gaji housekeeping hotel di Balikpapan berkisar antara Rp2 juta hingga Rp5 juta per bulan. Rata-rata gaji housekeeping hotel bintang 3 adalah Rp2 juta, hotel bintang 4 adalah Rp3 juta, dan hotel bintang

Demikianlah ulasan tentang gaji housekeeping di hotel bintang 1 sampai bintang 5 di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di bidang housekeeping atau sekadar ingin mengetahui informasi tentang dunia perhotelan.

Baca juga:

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.